MEMPERBAIKI MASALAH KOTAK PENELUSURAN SITELINK PADA BLOGGER MELALUI GOOGLE WEBMASTER

Anggap saja tulisan ini untuk melengkapi dan memperjelas tulisan kami sebelumnya yang berisi topik pertanyaan: Apa itu sitelink? Bisakah ia di dapatkan, dan bagaimana cara mendapatkannya? 
Perbaikan halaman mobile


Jawabannya bisa, dan hari ini syarat itu terlihat sederhana. Tetapi mengapa ia tekesan penting di sisi Google? Tidak lain dan tidak bukan karena hal hal berikut:
  • Karena Pengunjung akan lebih mudah mencari informasi yang tepat dari halaman web/blog tersebut.
  • Menghemat waktu pengunjung karena ia dapat berfungsi sebagai jalan pintas
  • SEO Menunjukan bahwa halaman web tersebut setidaknya di mata mesin pencari telah memiliki kualitas yang baik.
  • SEO Sitelink terbukti mampu meningkatkan traffik kunjungan ke halaman web atau blog tesebut.
  • Branding, meningkatkan kepercayaan dan brand suatu halaman web/blog.
Syarat mendapatkannya:
  • Jika mungkin 90% konten di dalam halaman blog telah ter index oleh Google. Jika belum terindex ya boro boro mau ditampilkan, jelas ini syarat.
  • Halaman blog telah terstruktur dengan baik, untuk itu pasang breadcrumb standar valid schema.org. Bukan struktur data vocalubary yang telah menyebabkan jutaan template dan halaman Web dan Blogger menjadi tidak terstruktur dengan baik datanya.
  • Hindari dan perbaiki kesalahan penulisan sintaks pada Judul artikel atau konten yang telah di publikasikan. Misalnya hindari menulis judul dengan tanda: Kisah para 'cenayang' harusnya di tulis Kisah para cenayang tanpa koma. Mesin pencari Google belum memiliki kemampuan untuk dapat memahami karakter tambahan seperti demikian.
  • Perbaiki halaman yang tidak mobile friendly misal konten terlalu lebar atau lebih lebar dari halaman mobilenya.
  • Konten yang berkualitas.
  • Gunakan template yang baik strukturnya.
Cara mengujinya:
Tuliskan nama situs/blog ke pencarian Google, bisa melalui browser chrome atau lainnya: Misal: editblogtema. (Jangan editblogtema.net)

Semakin banyak jumlah sitelink yang di tampilkan pada webmaster console akan semakin baik halaman web dimata mesin pencarian dan akan semakin tinggi kualitasnya.

Periksa kembali konten konten yang telah kita tulis melalui Google Webmaster Tool, jika ada peringatan error seperti breadcrumbs, kotak penelusuran sitelink kalian harus segera memperbaikinya. Lihat contoh perbaikan yang telah kamil lakukan:
Masalah Kotak penelusuran Sitelink pada situs https://www.editblogtema.net/ berhasil diperbaiki
13 Okt 2020
Kotak penelusuran Sitelink



Kepada pemilik https://www.editblogtema.net/,

Google telah memvalidasi perbaikan yang Anda lakukan untuk masalah Kotak penelusuran Sitelink di situs https://www.editblogtema.net/. Masalah spesifik yang divalidasi adalah 'Domain URL target berada di luar domain URL situs'.

2 halaman di situs Anda divalidasi sebagai telah diperbaiki.

Untuk memeriksa detail lengkap tentang proses validasi dan mengetahui apakah ada masalah lain terkait Kotak penelusuran Sitelink yang perlu diperbaiki, harap buka link ini.

Gambar di atas membuktikan halaman Google webmaster itu berguna dan sangat membantu penyempurnaan suatu halaman web dan bahwa kotak penelusuran sitelink sesungguhnya tidak sulit di peroleh dengan penyempurnaan dan peningkatan kualita halaman web/blog kita.

hasil penyempurnaan halaman blog
gambar hasil penyempurnaan halaman blog

Pada intinya halaman yang mudah terindex itu adalah halaman yang dapat di tingkatkan dan disempurnakan, jadi buatlah konten yang baik, sederhana, mudah di mengerti dan tentunya berkualitas...
adelina sofyan
I am just an ordinary, and when everything comes, like a plenty of leaves fall, I will not leave it behind me.. I am a student of Senior high school in Bandar Lampung

1 komentar

  1. Mantap, terima kasih buat ilmunya Kak, karena jadi bisa bikin blog yang lebih baik lagi.

    BalasHapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE