CARA MENINGKATKAN TRAFIK KUNJUNGAN BLOG MELALUI KONSOL Google Search

Ini bukan tentang MOZ, Semrush, Ahref, dan atau minta saran Neil Patel, yang paling meyakinkan itu justeru datang dari pemilik situs dan penguasa mesin pencari itu sendiri. Saya sendiri sedang mengikuti dan mempelajari fitur 'peningkatan' pada halaman konsol pencarian google. Hasilnya saya dapat memperbaiki beberapa kesalahan ringan hingga fatal setelah mengikuti petunjuknya dan konten konten saya dinyatakan valid setelah sukses di perbaiki. Hasilnya?

real human visitors the organic traffic one

Paling tidak untuk halaman web milik kami telah terjadi peningkatan trafik yang cukup signifikan setelah menerapkannya, ya paling tidak untuk situs situs milik sendiri kami meyakininya. Google sendiri menyiratkannya seperti demikian: Perbaiki dan sempurnakan halaman yang memiliki masalah, dan ternyata memang terbukti.

Cara ini bahkan gratis, cukup perhatikan saran saran dari Google Search Console dan itu dengan jelas memberikan pesan yang tepat dan kuat. Untuk mengetahui seberapa baik halaman blog dan melaluinya kita dapat melakukan langkah langkah berikut:

Langkah pertama: Masuk ke Google Search Console.

  1. Masuk melalui halaman dasbor blogger 
  2. Pilih setting atau setelan
  3. Scroll kebawah pada menu halaman kanan yang muncul hingga bertemu Google Search Console
Google search console from blogger dasbor

Langkah kedua: Memeriksa penyempurnaan halaman web atau blog.

Setelah masuk ke Google Search Control, kita cari fitur menu penyempurnaan dimana jika kita klik akan muncul 5 jenis penyempurnaan yang dapat kita perbaiki jika ada kesalahan di sampaikan melalui notifikasi merah, kelima jenis hal yang bisa saja eror dan memerlukan penyempurnaan tersebut adalah:
  1. Data Web Inti, terdiri dari seluler dan Desktop. Kalian tahu betapa vitalnya hal ini. Jika halaman tidak mudah di akses melalui kedua halaman (mobile dan dekstop) akan sulit mendapatkan trafik pengunjung. Google akan memberikan skor yang menggambarkan seberapa bagus halaman web kita.
  2. Kebergunaan seluler. Ini juga masalah serius, jika halaman blog dinyatakan dengan skor NOL sebaiknya sampeyan robah template blog dengan template terbaru bawaan (default) blogger seperti contempo, soho, emporio dan Notable. Atau hanya gunakan template lama yang telah di modififkasi menjadi responsif dan mobile friendly seperti template viomagz buatan mas Sugeng.
  3. Breadcrumb, berkaitan langsung dengan pengoptialan SEO halaman web atau Blogger jadi kalian tidak bisa mengabaikannya. Pasang Breadcrumb standar schema.org. Pelajari cara pemasangan melalui blog editblogtema, atau bertanyalah pada teman teman yang mengetahuinya.
  4. Kotak Penelusuran sitelink, dapat kita dapatkan setelah setiap konten, artikel, gambar dll di index oleh Ggoogle, ia juga erat kaitannya dengan fitur Breadcrumb lho, karena ia mengumpulkan link link utama halaman suatu web, jangan lupa pasang breadcrumb standar schema.org, lupakan data.vocalubary.
  5. Data terstruktur tidak dapat di urai, kalau yang ini terkait dengan konten langsung. Kita harus menulis konten yang baik, baik disisi penulisan (bebas dari kesalahan) hingga penggunaan bahasa yang benar. Misalnya hindarkan menggunakan Judul postingan dengan karakter karakter tidak lazim yang sintaksnya tidak dapat diurai, contoh: TARIAN 'RATU' SEJAGAT, sebaiknya di tulis normal saja menjadi: TARIAN RATU SEJAGAT. Hilangkan tanda kutip atau karakter komanya.
google konsol penyempurnaan
Perhatian! Gambar hanya contoh, tidak mempresentasikan hal yang sebenarnya

Langkah ketiga: Memastikan halaman telah terindex oleh Google.

Tandanya konten atau artikel telah di index oleh Google tanpa kesalahan, dan tandanya konten telah di index setelah di kirim ke Google search Consol adalah dengan label warna hijau:
  1. URL: ada di Google
  2. Cakupan: Dikirim dan di Index
  3. Kebergunaan Seluler: Halaman ini Mobile-Friendly
  4. Breadcrumb: 1-2 item terdeteksi
Item di kirim dan di index search consoleTentu saja penyempurnaan membutuhkan waktu, dan tidak seerta merta langsung terjadi perubahan, kalian bisa menunggu perubahan terjadi dalam beberapa hari setelah penyempurnaan dilakukan...

Kesimpulan:

Untuk mendapatkan penyempurnaan diatas sebuah halaman web atau blog sudah seharus nya:
  • Menggunakan template yang baik, responsif dan mobile friendly. Jika tidak ingin membeli, gunakan template varian terbaru bawaan (default) Blogger yakni: Contempo, Soho, Emporio dan Notable. Silahkan meminta template gratis ke editblogtema, kami jamin aman (keamanan adalah nomor satu)
  • Template harus memiliki breadcrumb, menu navigasi, widget widget dasar. (Tutorialnya ada di dalam blog ini)
  • Buatlah konten konten yang baik, sederhana namun berkualitas. Konten sederhana bisa saja lebih banyak yang membutuhkannya daripada konten tutorial milik editblogtema misalnya. Pangsa konten sederhana, mudah dimengerti, dan menggunakan bahasa penyampaian yang jelas pasti lebih luas dan jauh jangkauannya.
Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
Anissa Auliasari
Born in Riau Island. Love music, Social Media, watching youtube, reading, cooking cake. Now I am living in Bandar Lampung, Love HTML, Javascript, python and C++ Just only an ordinary with simple glitch..

13 komentar

  1. Terima kasih buat infonya Mbak.
    Boleh dicoba nih, biar bisa bikin blog yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama saling belajar bidang masing masing ya Mas..

      Hapus
  2. Boleh saya bertanya seputar GSC ini

    Jadi saya kan punya 24 artikel, nah pada "Cakupan" itu ada keterangan 11 artikel diindeks dan dikirim ke peta situs, sisanya itu (diindeks, tidak dikirim ke peta situs), nah pertanyaan saya : apakah ini masalah? dan apa yang harus saya lakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah, itulah gunanya GSC, 'penyempurnaan' yang dapat kita lakukan:

      1. Periksa Kembali artikel yang tidak masuk sitemap, coba perbaiki dengan cara memperbaiki bahasa, dumensi dan tag gambar.
      2. Kirim kembali Ke GSC.
      3. kadang kita memang harus menunggu antre sebelum Google membantu menyempurnakan konten konten di halaman sebuah web...

      Itu saja yang saya tahu.

      Hapus
    2. Ohh jadi seperti itu..

      Terus kalau sama2 ke indeks apa bedanya antara yang dikirim ke peta situs dengan yang tidak dikirm ke peta situs?.

      Hapus
    3. Laporan itu dapat diartikan begini:
      1. Halaman situs itu sudah terindeks (tertulis di laporan: URL sudah terdaftar di Google)
      2. Dan jika halaman situs tsb tidak terdaftar di peta situs itu karena menunggu giliran (prioritas) karena kerjaan Google tidak sedikit...

      Google tetap mengindeks halaman tsb meskipun tidak terdaftar di peta situs, maka tidak ada yg perlu dikhawatirkan.

      Percaya tidak, salah satu konten saya yang akhirnya page one justeru masuk ke peta situs setelah 2 tahun hi hi hi...

      Hapus
    4. Brarti tdk pengaruh sama hasil pencarian

      Oke kak Terimakasih penjelesanya 🙏🙏

      Hapus
    5. lagian bisa di artikan peta situs itu adalah alamat rumah kita halaman sendiri, sedangkan di daftar tayang Gugel, itu sudah tidak ada masalah, sudah berkeliaran kemana mana...

      Hapus
  3. Saya mau tanya, itu artikel udah keindex google dan labelnya udah warna hijau, nah kenapa aku cari di search google ko ga ada ya, mohon dijawab, saya juga blogger pemuls

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh waktu untuk dapat berada di top pencarian...dan juga harus memiliki keyword yang tepat..itu hanya masalah waktu saja.

      Hapus
    2. Terimakasih atas pertanyaan dan komentarnya, kebetulan artikel ini saya tulis ulang di medium juga dapat saya simpulkan dengan sangat jelas.

      Saya telah menulis artikel ini di halaman ini (editblogtema sejak tgl 11 Oktober, namun walau sudah terindex, belum muncul di pencarian. Lalu saya tulis ulang di Medium pada tgl 13 October dan begitu diketik kata pencarian muncul dari situs medium - buka editblogtema-setelah 16 jam di terbitkan.

      Disini yang jadi persoalan adalah bahwa blog kita Domain authoritynya jauh di bawah medium, kompas dan Tribun . Coba tulis di medium pasti bisa naik dengan cepat ke peringkat atas pencarian.

      Untuk halaman blog kita sendiri kita hanya membutuhkan waktu. Namun kesimpulannya bahwa tulisan cepat berada di puncak pencarian tentu saja:

      1. Nilai Domain Authority sebah halaman, tulisan berada di halaman blog personal lambat terangkat, akan tetapi jika ia berada di Quora, Medium, kompas atau washington Posts pasti cepat terangkat.

      2. Kualitas tulisan dan kualitas penulis, dua hal yang tidak terpisahkan. Penulis yang berkualitas dapat dipastikan akan menghasilkan tulisan yang berkualitas.

      Hapus
  4. Waah jd LBH paham skr. Aku baru tau yg ttg data struktur tidak dpt diurai, jd sebaiknya buat judul dgn tidak menggunakan karakter aneh. Noted :). Kadang2 aku pernah membuat judul dengan memakai karakter begitu soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, data tidak dapat diurai karena mesin Google tidak dapat memahami sintaksnya.

      Itu biasa terjadi pada saat penulisan judul, subjudul dst.

      Hapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE