CARA AWAL BELAJAR MENGETIK CEPAT MENGGUNAKAN SEPULUH JARI


Zaman ini orang orang telah mulai melupakan bagaimana mengetik sepuluh jari, sebabnya mereka kini lebih banyak melakukan pengetikan melalui layar ketik virtual di layar hape. Namun perlu kalian ketahui papan ketik layar sentuh itu formasinya juga berdasarkan papan ketik klasik yang ada pada mesin ketik manual zaman kakek dan nenek kalian pada zaman dulu.

keyboard bluetooth zaman now

Papan ketik bluetooth modern 

1. SEJARAH AWAL FORMASI HURUF DI PAPAN KETIK

Awal mulanya formasi papan ketik itu beda sekali dengan mesin ketik sekarang, kita justeru akan terheran heran dengan alasan mengapa akhirnya menjadi seperti sekarang susunan formasi abjad hurufnya. 

Sejarahnya, awal pertama tercipta tahun 1868, penemunya bernama Christopher menyusunnya berdasarkan abjad, yakni: A, B, C, D, F, E, G, H, dst,  Hal itu menghasilkan ketikan cepat. Akan tetapi, karena terlalu cepatnya, sampai-sampai Christopher menemui masalah. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu saling mengait/tersangkut antara satu dengan yang lainnya. Itu teknologi mesin ketik zaman itu lho.

Jadi Christopher terus memikirkan solusinya. Hingga akhirnya dia melakukan percobaan dengan berhari hari mengutak atik dan mengacak-acak susunan kata yang tertera. Beberapa minggu kemudian Dia membongkar papan mesin ketiknya itu untuk mengubah formasi susunan kata.

Setelah melakukan beberapa percobaan, ia menemukan kombinasi yang paling dianggap sulit untuk digunakan dalam mengetik.Tujuannya untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya. Aduh kok di pilih yang paling sulit ya...kalau zaman sekarang dengan dukungan teknologi yang memadai menurut logika kita yang dipilih harusnya yang cepat bukan.

Degan kata lain, apa yang diciptakan Christopher dengan QWERTY-nya pada 1873, bukanlah susunan yang efisien, karena menyebabkan orang pada waktu itu kesulitan dalam mengetik dan juga jadi lamban. Apalagi kalau mengetiknya menggunakan 2 jari.

Namun begitu,Christopher jauh jauh hari sudah yakin sekali bahwa model QWERTY adalah yang paling tepat. Tahun 1973 susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan kemudian diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Christopher resmi mematenkan hasil karyanya di hadapan publik dunia. Dia setelah itu menjadi sangat terkenal.

2. SEJARAH MENGETIK SEPULUH JARI

Jika formasi huruf pada papan ketik telah di temukan pada tahun 1868, sejarah mengetik cepat atau ditemukan teknik mengetik menggunakan sepuluh jari masih terbilang baru yakni ditemukan 120 tahun setelah papan ketik QWERTY di temukan oleh Christopher. Atau baru 32 tahun yang lalu, sedangkan hingga saat ini walaupun teknologi komputer telah berkembang pesat dan sedemikian majunya, papan ketik qwerty masih dipergunakan oleh kalangan sangat luas di dunia.

Tepatnya pada tanggal 25 Juli di tahun 1988 Seorang juru steno pengadilan yang berasal dari Salt Lake City bernama Frank Edward Mc Gurrin untuk pertama kali menemukan teknik mengetik 10 jari. Ia berprofesi sebagai seorang pengajar di kelas mengetik kala itu. Dia menggunakan touch typing dan berhasil memenangkan sebuah kontes mengetik yang diadakan di Cincinnati berhasil mengalahkan pesaing terberatnya, Louis Traub yang mengoperasikan Caligraph dengan cara 2 jari.

Sangat mengagumkan pada awal perkembangannya teknik ini di ajarkan di sekolah dan kursus mengetik di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

3. CARA BELAJAR MENGETIK SEPULUH JARI

Akhirnya dunia berkembang lebih maju, hari ini papan ketik layar sentuh pada gagdet juga mengadopsi mode QWERTY ini. Namun bagi kalian yang hobi menulis dan baru akan memulainya mengetik cepat masih merupakan modal yang sangat penting yang harus di kuasai. Menggunakan (memfungsikan) sepuluh jari jika dibandingkan dengan hanya menggunakan dua jari dapat meningkatkan kecepatan mengetik hingga 10x lipat. Bayangkan Pekerjaan pengetikan sepuluh jam dapat diselesaikan jika kalian mengetik menggunakan kesepuluh jari. Dan itu bisa di pelajari, di latih dan di biasakan. 

Perhatikan gambar di bawah ini:

posisi tangan dan jari untuk cara mengetik cepat
posisi tangan dan jari untuk cara mengetik cepat
Gambar di atas menjelaskan: 
a. Tangan kiri:
  1. Posisikan  jari kelingking tangan kiri pada tuts atau tombol A di papan ketik
  2. Posisikan jari manis pada pada huruf S
  3. Posisikan jari tengah pada huruf D
  4. Posisikan jari telunjuk pada huruf F
b. Tangan kanan
  1. Posisikan telunjuk tangan kanan pada tuts atau tombol J di papan ketik
  2. Posisikan jari tengah pada huruf K
  3. Posisikan jari manis pada huruf L
  4. Posisikan jari kelingking pada tuts atau tombol tanda baca :,; 
Dan posisikan kedua jempol pada bar spasi

Perhatikan jari kelingking tangan kiri dapat menjangkau huruf  Q.W.E.R.T.Y. diatas huruf yang telah kita tentukan tadi dan dapta menjangkau tombol caps dan shift. Lalu telunjuk dapat menjangkau huruf G.

Sebaliknya jari kelingkin tangan kanan dapat dengan mudah menjangkau karakter karakter huruf seperti: [, ], enter, shift sedangkan jari telunjuk kanan tersebut dapat menjangkau huruf H dengan mudah. Latihlah dengan teratur dan pengetikan kombinasi setiap harinya kalian akan merasakan manfaatnya...

Lebih lengkapnya kalian bisa memperhatikan gambar dibawah ini dan menerapkannya ke dalam latihan permulaan:
cara mengetik cepat bergambar

Penjelasan.
Tangan kiri:
  1. Gunakan jari kelingking tangan kiri untuk mengetik karakter, huruf dan angka berikut: 1, Q,A,Z
  2. Gunakan jari manis tangan kiri untuk mengeti karakter, huruf dan angka: 2, W, S, X.
  3. Gunakan jari tengan tangan kiri tersebut untuk mengetik: 3, e, d, c.
  4. Gunakan jari telunjuk tangan kiri untuk mengetik: 4, r, f, v, 5, t, g, dan b.
Tangan kanan:
  1. Gunakan telunjuk tangan kanan untuk mengetik: 6, y, h, n, 7, u, j, m.
  2. Gunakan jari tengah tangan kanan untuk mengetik: 8, i, k, ,.
  3. Gunakan jari manis tangan kanan untuk mengetik: 9, o, l, ..
  4. Gunakan jari kelingking tangan kanan untuk mengetik: o, p, ;, /.
Cara melakukannya cukup mengetikannnya dan melatihnya setiap hari dalam beberapa menit (3-5 menit lebih baik). Misalnya dengan jari kelingking kiri ketik 1, q, a, z berulang ulang lalu di bolak baik formasinya: z, a, q, 1 dan di acak acak. Demikian selanjutnya dengan jari jari lain. Saya melakukan hal tersebut dan kini malah lupa bagaimana menggunakan dua jari saja untuk pengetikan.
sofyan Ya-an
Pekerja keras yang tidak fokus Menulis hanya buat kesenangan

Posting Komentar