APAKAH BEDANYA SITELINK DENGAN CUPLIKAN PILIHAN GOOGLE ITU?

Kotak penelusuran sitelink adalah beberapa kumpulan links daripada halaman suatu blog atau web yang tertera di bawah suatu blog atau website yang dituju. link tersebut merupakan link yang mengarah ke situs dari website tersebut bukan link yang mengarah ke situs lainnya, sehingga dengan begitu memberikan suatu kemudahan untuk para pengunjung.

Bentuknya di halaman muka pencarian google adalah sebagai berikut:
Itu terlihat setelah di ketikan kata: 'editblogtema'. Silahkan uji halaman blog kalian dengan menuliskan nama blog (tanpa embel embel .net .com dsb). 

gambar kotak penelusuran sitelink

Baca Juga: 

CARA MEMASANG BREADCRUMB PADA VARIAN TEMPLATE TERBARU BLOGGER


Manfaatnya kotak penelusuran? Mengutip kata pakarnya:
  • Menunjukan bahwa halaman web tersebut telah memiliki kualitas 
  • Mempermudah Pengunjung dalam mencari informasi yang tepat dari halaman web/blog tersebut.
  • Menghemat waktu pengunjung karena ia dapat berfungsi sebagai jalan pintas
  • Sitelink terbukti mampu meningkatkan traffik kunjungan ke halaman web atau blog tersebut, termasuk secara signifikan meningkatkan CPC/BPK Adsense dalam meningkatkan penghasilan (bagi yang memasang)
Itu juga kata Gugel sendiri lho. Cara mendapatkannya? 

Baca juga:

Lalu apa pula cuplikan Google (Google snippet) atau SERP itu?

SERP=Search Engine Result Page.

Menurut Google: Untuk beberapa jenis penelusuran, Google menyediakan jawaban cepat atau ringkasan dengan cuplikan konten dari situs yang relevan, mungkin saja itu situs kalian. Cuplikan pilihan ini kemungkinan besar akan muncul saat penelusuran Kalian berbentuk pertanyaan.

Tentang cuplikan pilihan

Cuplikan pilihan berada di kotak khusus di bagian atas hasil penelusuran Kalian dengan deskripsi teks di atas link. Ada yang menyebutnya 'cuplikan pilihan Google' ada yang menyebutnya 'Google Featured Snippet' ada yang menyebutnya 'Google SERP Snippet', apa saja deh yang penting kita tahu gambarannya terlebih dahulu.

Gunanya?
  • Katanya sih, Google akan memberikan peringkat no.0 kepada website apa saja yang termasuk dalam mesin pencarian itu sendiri. Ini artinya adalah rangking no.0 tersebut mengalahkan siapa saja yang menjadi web peringkat pertama di mesin pencari. Dalam hal ini dikarenakan banyak orang lebih suka menuliskan pertanyaan di Google yang mana nantinya mesin pencari akan langsung menyediakan informasinya secara otomatis.
  • Google SERP Snippet juga menunjukan bagaimana Google meningkatkan peluang bagi peningkatan CTR yang ada didalamnya. Ini tentunya akan berpengaruh signifikan. Pasalnya, hasil yang ditunjukan nantinya hanya sebatas ringkasan saja. Jika pengunjung ingin tahu lebih dalam atau lebih banyak, mereka wajib untuk masuk ke dalam situs hasil pencarian itu sendiri. Dalam hal ini Google SERP Snippet ternyata akan bisa berdampak signifikan dalam meningkatkan CTR itu sendiri. Hasilnya pun juga bisa dibilang cukup memuaskan.
Kalau menurut Gugel begini,

Cuplikan pilihan mencakup:

  1. Informasi yang dikutip dari situs pihak ketiga (bisa saja salah satu artikel terpilih dari blog kita)
  2. Link ke halaman
  3. Judul halaman
  4. URL halaman
Konten yang dikutip dalam cuplikan pilihan bisa berupa paragraf, daftar atau serangkaian langkah, atau tabel.

Cara pemilihan cuplikan pilihan:

Cuplikan pilihan berasal dari listingan penelusuran web. Sistem otomatis Google menentukan apakah halaman akan menjadi cuplikan pilihan yang bagus untuk menandai permintaan penelusuran tertentu. Masukan Kalian membantu Google dalam meningkatkan algoritme penelusuran dan kualitas hasil penelusuran Kalian.

Nah untuk cuplikan ini hanya Google yang menentukan dan memilih artikel mana yang memiliki snippet dapat di perkaya, perhatikan contoh halaman teratas Google yang sekaligus di pilih sebagai cuplikannya.

Editblogtema memiliki bebarapa artikel yang telah di jadikan 'featured snippet' ini tapi sulit juga mengetahui yang mana satu di antara 775 postingan, berikut salah satu 'Featured Snippet' artikel kami di Google penelusuran, ketikan saja: Bagaimana cara memodifikasi template blogger soho?

Atau:

Bagaimana cara memodifikasi template blogger Emporio?

Hasilnya:
cuplikan pilihan editblogtema
Jadi Sekarang kalian sudah tahu bedanya, untuk mendapatkannya tidak lain dan tidak bukan kalian harus membuat postingan yang berkualitas dan berguna bagi manusia.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
Anissa Auliasari
Born in Riau Island. Love music, Social Media, watching youtube, reading, cooking cake. Now I am living in Bandar Lampung, Love HTML, Javascript, python and C++ Just only an ordinary with simple glitch..

3 komentar

  1. Terima kasih buat ilmu dan tipsnya Kak. Jadi punya gambaran gimana caranya agar postingan bisa ditingkat 0.

    Jadi termotivasi nih.

    BalasHapus
  2. Alhamdulilah banyak artikel editblogtema dijadikan SERP snippet oleh Google...

    BalasHapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE