Bagaimana caranya blogging sepenuhnya menggunakan hape atau ponsel Android

Tidak perlu aplikasi, tidak perlu harus mendownload aplikasi blogger/wordpress mobile, lakukan saja langsung melalui browser Chrome. Jangan kuatir, karena Tutorial yang ada di internet selama ini telah berlalu validitasnya. Karena kemampuan hape atau smartphone telah diimbangi oleh teknologi internet yang membuatnya semakin cepat dan kuat dan telah menghapus perbedaan antara kemampuan PC dan Mobile. Kalau mau jujur, mobile mulai menang.
Dulu, jika ingin blogging orang merasa harus memiliki laptop terlebih daulu. Akan tetapi seiring waktu dunia blogging berubah lebih mobile, bahkan sejak tahun 2017 lalu saya telah membuat sebuah halaman blog berikut membuat konten kontennya juga di lakukan menggunakan gadget genggam yang bernama Smartphone. Tapi beberapa diantaranya terpaksa dengan bantuan aplikasi seperti notepad, aplikasi blogging mobile yang dapat kita download di Play Store.

Di tahun 2020 saya jamin tidak perlu lagi melakukan itu, dan sebuah ponsel, smartphone atau hape Android telah memiliki kemampuan independen penuh menjelajah dan mengakses browser seperti halnya yang dapat dilakukan oleh perangkat PC Dekstop dan Laptop. 
blogging mobile Blogger and wordpress
Dulu halaman website di akses melalui PC, sulit membayangkan bahwa masa sekarang hal tersebut malah terbalik, orang orang mulai mengembangkan bisnis online berbasis mobile, dan mendapatkan banyak transaksi melalui mobile (smartphone) alih alih melalui PC desktop dan Laptop.

Jadi apa yang sedang kita bahas sekarang bukanlah hal yang baru lagi. Hanya saja masih banyak orang gagal melalukannya.

Namun memang ada caranya dan tergantung tipe dan jenis ponsel masing masing, tidak perlu hape mahal harga satu jutaan juga sudah cukup membuat kita menjadi blogger aktif yang memiliki produktivitas membuat konten yang banyak.

1. Keyboard sentuh yang vital buat ngeblog via hape atau ponsel Android

Keyboard adalah bagian terpenting dalam kegiatan tulis menulis karena dengan itulah kita membuat konten tulisan sebagai bagian utama dari kegiatan blogging. Untuk itu kita membutuhkan keyboard sentu yang baik. Tidak terkecuali jika perangkat tulis menulis itu adalah sebuah Ponsel!

Keyboard virtual lengkap untuk layar hape

Beberapa jenis hape memiliki set keyboard sentuh bawaan pabrik yang lengkap, mungkin yang lainnya tidak. Kalian dapat mendownload aplikasi keyboard via Play Store Android. Dan memilih keyboard mana yang paling cocok buat blogging atau cobalah cari yang terbaik.

Baiklah karena saya sedang menggunakan ponsel OPPO A83 yang kini harganya mungkin sudah sangat murah. Hape ini keluaran tahun 2018, layarnya 5,7 inch. Cukup lega buat menulis. Kelebihan oppo buat blogging adalah setting keyboard sentuhnya yang lengkap. Sehingga bisa untuk menuliskan karakter karakter koding dasar misalnya untuk menulis tulisan dengan karakter berikut: </>, <head>, </head>, <body>,</body> { post.body dst..

Bukan hanya kemampuan menulis karakter diatas akan tetapi keyboard ini mampu membuat pencarian pintas seperti yang dimiliki oleh keyboard fisik laptop, misalnya: 

Untuk melakukan pencarian cepat cukup tekan Ctrl+F dan meskipun virtual ternyata keyboard sentuh ini cukup responsif dalam melakukannya. Kalian tahu gunanya, yakni pada saat melakukan pencarian kode kode tertentu di halaman editor HTML blogger.

menampilkan karakter pada keyboard layar sentuh
Jadi memang dapat menggantikan keyboard fisik laptop. Untuk menggunakannya kalian hanya butuh:
  1. Memasang atau memilih ponsel dengan keyboard sentuh yang lengkap setting keyboard  lanjutan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  2. Membiasakan diri menggunakan keyboard senruh. Saya lebih suka menyebutnya 'membiasakan' ketimbang melatihnya.
  3. mulailah mencoba membuat konten melalui ponsel.
  4. Mulailah dengan konten konten ringan terlebih dahulu.
Ingat kenyaman menulis adalah kunci produktivitas, gunakan keyboard layar sentuh yang sesuai.

2. Ukuran dan resolusi Layar Hape atau Ponsel.

Ini relatif ada sebagian orang yang tidak masalah menulis pada layar ukuran di bawah 5 inch. Namun dengan asumsi kita telah terbiasa dengan layar macbook /Laptop seperti saya, maka semakin lebar semakin baik. Sebaiknya setting mode layar tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup untuk menghemat battery dan menghindari kelelahan mata. 

3. Posisi Pada saat menulis melalui hape atau Ponsel Android

Karena kelebihan hape adalah memiliki mobilitas yang tunggi dibanding laptop, Kalian jangan menulis ketika sedang berjalan atau berkenderaan dan sedang menyetir mobil apalagi pada saat sedang mengenderai sepeda motor.

Carilah tempat duduk yang aman. Dapat dilakukan di dalam kafe sambil menikmati kopi, dapat dilakukan di dalam dan diluar ruangan yang nyaman dan selamat. Kebanyakan menunduk dan menatap layar mungkin akan menimbulkan risiko kelelahan fisik dan mata, sekali sekali menjawab chat dan telpon sebagai selingan asalkan jangan kehilangan spot menulis.

Saya memandang lurus ketaman beberapa saat hingga beberapa menit sebagai usaha untuk refresh sebelum melanjutkan menulis lagi.

4. Cara menulis menggunakan hape atau Ponsel Android.

Kalian tidak perlu mendowload aplikasi blogger mobile, cukup langsung buka browser chrome atau firefox atau browser lainnya yang mendukung fitur fitur peramban modern. Ini adalah tahun 2020, bukan tahun 2014 lagi.

Teknologi Internet dan Browser semakin maju, semakin stabil dan semakin baik untuk di ramban melalui perangkat mobile seperti smartphone. Walaupun misalnya hape kalian adalah keluaran tahun lama, teknologi internet dapat akses kecepatan terhadap perangkat genggam kalian. Memang lebih baik jika kalian memiliki ponsel produksi tahun 2018, 2019 dan 2020, seharga satu jutaan. karena pertimbangan RAM dan ruang simpan lebih besar.

Tidak apa apa hape murah yang penting bermanfaat. Dan pada masa ini kita beruntung karena banyaknya produsen hape sedang bersaing ketat di segala merek. Mereka menawarkan harga murah namun dengan kualitas tetap bagus.

Kembali ke topik pembahasan, jika kalian sudah masuk ke browser dan siap untuk blogging maka ketikan Blogger di kotak pencarian Google. Setelah menemukannya masuk ke akun blogger, masuk ke dasbor blogger dan buatlah postingan baru dengan cara:
  1. Menambahkan Judul potinga
  2. Membuat konten tulisan dengan jumlah kata yang tidak terbatas
  3. Menambahkan label pada tulisan
  4. Membuat keterangan penelusuran.
Untuk konten gambar jika kalian ingin menyisipkan gambar sebagai pelengkap konten tulisan, gambar harus disetting ukuran besarnya menjadi full, karena jika tidak ia tidak akan muncul pada thumbnail di homepage blogger. Masalah ini mungkin hanya untuk sementara karena Google pasti akan terus elakukan penyempurnaan pada setiap platform yang di milikinya.

Pada prinsipnya menulis melalui hape dan melalui laptop tidaklah berbeda jika melalui browser, perbedaannya ya itu tadi: hape menggunakan keyboard virual layar sentuh dan ukuran layarnya kecil. Hasil akhinya juga tidak akan berbeda.

5. Cara mengedit HTML Blogger melalui Hape atau Ponsel Android

Dulu oran berfikir mengedit bagian HTML template blog melalui hape itu sulit dan memerlukan bantuan notepad khusus yang harus di download di Play Store Android, saya juga pernah mencobanya, tapi cara itu ungguh membosankan dan tidak serta merta membuat saya terbiasa. Mencopy-Paste terlebih dahulu sumber kode dari template lalu menyalinnya ke notepad, membuat pekerjaan memakan waktu banyak. Setelah selesai lalu memindahkannya kembali ke halaman editor HTML blogger. Bolak balik, dari sana kemari, dari sini ke sana lagi. Akhirnya saya membuka Laptop kembali.

Akan tetapi kunci mengedit HTML langsung ke halaman editor HMTL blogger ternyata ada pada kelengkapan keyboard sentuh hape itu sendiri. Saya katakan pada prinsipnya keyboard layar sentuh pada android itu sama akuratnya dengan keyboard fisik laptop bilamana dipakai untuk menulis dan mengedit konten. Misalnya ketika saya mencari kode </body> di halaman editor HTML blogger saya akan menekan: Ctrl+F dan mengetikan </body> kedalam kotak pencarian yang muncul di atas kiri halaman editor HTML Blogger. Saya menyertakan tangkapan layar video yang dibuat oleh tim kami dengan perangkat seadanya, yakni menggunakan hape juga, silahkan di tonton supaya mudah bagi kalian memahaminya secara visual:
 
  


Selamat mencoba menjadi blogger mobile yang sukses!

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
Anissa Auliasari
Born in Riau Island. Love music, Social Media, watching youtube, reading, cooking cake. Now I am living in Bandar Lampung, Love HTML, Javascript, python and C++ Just only an ordinary with simple glitch..

2 komentar

  1. Awalnya aku juga kagok blogging gunain hp, tapi ternyata .. malah asik.

    Kalau mengedit html pakai hape, aku belum pernah.
    Nah, disini di blog keren ini ada video tutorialnya.
    Aku siap mantengin cara2nya 😊.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, go ahead, blog travellingnya juga keren seperti mempromosikan destinasi Indonesia ke Luar negeri'''

      Hapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE