BARU CARA MENGATASI GAMBAR THUMBNAIL TIDAK MUNCUL DI RELATED POSTS

Akhir akhir ini terdapat masalah yang cukup aneh, terutama setelah Blogger merombak tampilan atau antar muka dasbor blogger. Thumbnail gambar pada fitur related post atau artikel terkait kok jadi tidak muncul. Blank, dan menyisakan latar berwarna kegelapan. Bagaimana hal itu terjadi?

1. SEBAGIAN GAMBAR THUMBNAIL RELATED POST BLANK
Tampilan thumbnail related posts yang salah
Dari tampilan gambar di atas menggambarkan hasil pengamatan saya:
  1. Pada postingan baru terkadang gambar atau image thumbnail tidak muncul pada related posts
  2. Thumbnail postingan lama tetap tampil tumbnailnya dengan normal seperti biasanya pada Related posts.
  3. Kebetulan- terjadi setelah Blogger merombak antar-muka atau tampilan pengaturan dasbornya.
CARA MEMPERBAIKI:
Cobalah masuk ke pengaturan Blogger yakni pada halaman postingan untuk memposting atau mengedit konten yang telah di lengkapi dengan gambar namun tidak terlihat pada saat di tampilkan di widget 'related posts' atau cari konten yang gambarnya tidak muncul tersebut.
ukuran gambar yang dapat terbaca

Klik gambar dan klik tanda pencil untuk mengedit gambar tersebut. Jika ikon pencil telah di klik  akan muncul menu:

Tag Gambar:
  • Alt text - isi dengan tujuan atau keterangan gambar, agar gambar dapat di telusuri oleh mesin pencari dan konten gambar menjadi SEO
  • Title text - isi dengan judul keterangan gambar sehingga konten gambar tersebut menjadi jauh lebih SEO
Ukuran Gambar:
  • Small
  • Medium
  • Large
  • X-large
  • Original size
Perhatikan agar jangan lupa mengisi Alt tex dan Title text untuk menjadikan konten lebih cepat terindex (terendus) oleh mesin pencari. Kalian Jangan meremehkan Tag Gambar yang kami maksudkan diatas. Di era modern web dengan pencarian gambar oleh mesin pencari telah meningkat tajam.

Sedangkan Ukuran Gambar walau tidak ada hubungannya dengan Alt dan Text dalam konteks postingan kami, namun ia juga dapat meningkatkan tampilan halaman blog secara estetika karena dia memperbaiki tampilan gambar pada tampilan fitur widget related posts.

Jadi ceritanya setelah kalian klik gambar seperti pada tamiplan gambar pertama tadi maka muncullah ikon pencil bersama menu lainnya, pilih klik ikon pencil tadi, akan muncul menu tampak seperti gambar berikut:
ukuran gambar yang dapat terbaca

Kalian harus memilih Original size jika ingin agar gambar thumbnail konten kalian dapat tampil pada related posts. Kami telah memilih X-large, karena kami pikir tadinya itu sudah cukup gede ternyata berakibat tidak terbacanya image atau thumbnail pada fitur widget related post. Bukankah memilih original size, bisa berarti ukuran paling gede? Apakah tidak memberatkan loading halaman blog?

Namun jangan kuatir selagi template yang kalian pakai adalah template responsif, ukuran paling besar akan tampil sempurna pada halaman web kalian.

Keuntungan memilih Original Size walaupun ukurannya menjadi gede adalah gambar postingan kalian tidak akan di resize oleh browser secara online. Asal kalian tahu image yang di resize menurut GTmetrix dapat merugikan kecepatan.

Mungkin kalian berfikir ukuran gambar besar lantas bisa merugikan loading atau kecepatan blog? Tidak akan jadi masalah pada peramban peramban modern. Gambar dengan ukuran secukupnya namun berkualitas akan dapat menjadi prioritas mesin pencari, jika kita menggunakan gambar dengan kualitas jelek, mungkin juga akan menjadi sandungan kecepatan akibat -dalam beberapa kasus di karenakan masalah pass quahttps://youtu.be/YONEd7xr6d0lity.

Di samping itu tentu saja format gambar juga mentukan bagaimana peramban membaca kompatibalitasnya. Dimensi gambar juga ikut menentukan.

Cara di atas dapat kalian pilih terutama jika membuat konten melalui layar ponsel (mobile) namun jika menggunakan laptop kalian dapat memanfaatkan mouse untuk memperbesar atau memperkecil gambar sesuai dengan selera. Jika kalian pernah bekerja dengan Office Microsofpoint dan mengedit objek gambar persis seperti demikian. Kali ini terpaksa saya sertakan dalam bentuk video:
  

Lihat DEMO TEMPLATE

Pada demo halaman kami di atas diatas konten konten yang tadinya gambarnya tidak bisa di tampilkan oleh Related Posts telah di perbaiki dengan sempurna.

Owalah ternyata masalahnya terletak pada pilihan ukuran dimensi gambar pada pengaturan postingan kita sendiri yakni pada saat memasukan image atau gambar ke dalam postingan kita ada pilihan: Kecil, sedang, besar, dan ukuran asli. Nah dalam beberapa hal pengaturan web terbaru hanya dapat membaca gambar dalam ukuran aslinya atau pembaca gambar membaca gambar dalam ukuran berbeda sebagai 'tidak terlihat'.
 
2. RELATED POST TIDAK MUNCUL SECARA KESELURUHAN.
Alih alih hanya gambar pada kasus berikut malahan related post tidak muncul keseluruhan di bagian bawah konten tulisan, karuan ini mengurangi performa blog kalian.

Pada banyak kasus jika tidak ada kerusakan pada kode HTML dan scriptnya, hal ini terjadi justeru karena hal sepele, yakni masalah pada pengaturan atau setting 'site feed' pada dasbor blogger. Related post pada template tertentu buatan pihak ketiga mengharuskan kita merubah pengaturan dari feed singkat menjadi feed penuh. perhatikan gambar:

site feed blogger

Jadi kalian harus mengklik 'site feed' untuk memunculkan opsi: Full, until jump break, short, custom, dan none. Jelas agar related post bisa di tampilkan pada jenis template tertentu kalian harus memilih opsi 'Full'.

Sekarang kalian mengerti telah terjadi perubahan pada dasbor blogger, dimana template template lama harus di perbaharui agar sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia modern. Demikianlah dari waktu ke waktu.. 

Silahkan berikan saran dan masukan, kami sangat terbuka terhadap segala masukan.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

2 Comments

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE