Skip to main content

TERNYATA BUKAN ARM, TAPI APPLE SILICON...

Seperti yang telah kita ketahui bulan lalu, CEO Apple, Tim Cook, mengumumkan bahwa mereka akan mengubah jajaran Mac, MacBooks, iMacs, semuanya, dari chipset Intel ke Apple Silicon khusus. 

ilustrasi chipset

Wah keliru bin meleset kitanya, ternyata bukan ARM, melainkan Apple Silicon kustom. Dan perbedaannya mungkin sangatlah halus tetapi juga sangat sangat signifikan.

Mengapa mereka tidak pindah ke ARM? 

Kalau ada yang mengatakan pada dasarnya itu adalah ARM, maka tidak sepenuhnya benar. 

Pertama ARM memiliki dua jenis lisensi. Yaitu untuk desain chipset. Apple membayar biayanya, Apple mengambil inti Cortex atau apa saja. 

Dan  lisensi ISA. Kalau hanya itu, Apple tidak mendapatkan desain chip. Tidak ada apa apa selain arsitektur set instruksi. Apple harus membuat sendiri desain yang sebenarnya. Kalau Intel dan AMD jelas sekali bayar selesai.  Itu bedanya ARM dengan Intel dan AMD yang memiliki pabrik, arm tidak punya pabrik seperti menjalankan bisnis waralaba. 

Dan, kedua, karena set instruksi ARM, bahkan CPU, secara harfiah hanya satu bagian kecil dari paket silikon Apple. Ia sudah bekerja pada perangkat iPad dan iPhone. 

A ADALAH CHIPSET ITU.

Pada Januari 2010, silikon Apple memulai debutnya di dalam iPad asli. Ditanamkan ke iPhone pada tahun yang sama. 

Mereka menyebutnya A4 dan itu adalah sistem-on-a-chip atau SoC. Itu berarti, alih-alih memiliki prosesor terpisah, kartu grafis, modul RAM, sebagaimana layaknya PC, semuanya diintegrasikan bersama menjadi satu chip tunggal. Pada dasarnya, bukannya seperti piringan pada komputer, itu lebih cocok jika dipadankan sebagai roti sandwich komputer.

Memanglah selama ini Ia menggunakan versi prosesor ARM Cortex-A8, karena saat itu, Apple melisensikan desain ARM. A5 menggunakan versi Cortex-A9. Jadi tidak heran jika orang menganggap itu adalah ARM.

Akan tetapi, pada tahun 2012, Apple beralih ke lisensi set instruksi dan merilis CPU kustom pertama mereka dengan A6. Dan pada bulan September 2013, Apple memperkenalkan tidak hanya chipset 64-bit pertama mereka, tetapi terlebih dahulu  memperkenalkan industri seluler: iPhone. 

Demikianlah adanya, sementara Qualcomm dan Samsung berpuas diri dengan R&D pada 32-bit selama itu dan  berlanjut hingga bertahun-tahun berikutnya, Apple benar-benar mengejutkan dunia silikon dengan memulai sesuatu yang hebat dan dimulai dari NOL yakni sebuah lompatan chipset menuju ke 64-bit.

Terlihat Apple selalu menjadi yang terdepan dalam membawa perubahan besar dan di ekori oleh pelaku bisnis berbasis teknologi serupa dibelakangnya. Apple yang penuh dengan kejutan. 

JADI BUKAN ARM, TAPI APPLE SILICON? 

Alasannya bukan semata mata karena menanamkan ARM ke Macbook seperti memasangkan mesin kecil ke perangkat besar, tetapi memang kita salah menangkap maksud Apple mau move on dari Intel dan AMD kita menyangka mereka mau pindah ke ARM, demikian yang telah di posting juga pada halaman blog ini keliru karena ikut ikutan opini umum yang sedang berkembang.

BACA: 6 PERBEDAAN PENTING MACBOOK DENGAN LAPTOP WINDOWS DI TAHUN 2020-2022

Apple bisa memutuskan membuat apa saja. Walaupun membuat chipset berarti berbisnis prosesor, namun Apple beda: Mereka melakukannya Nothing to loose, Apple tidak menjual chipsetnya. Mereka bukan vendor silikon. Mereka tidak harus beroperasi seperti layaknya vendor silikon. Mereka tidak perlu khawatir tentang pemasaran atau kenaikan harga atau berapa lama properti mereka disimpan. Mereka bahkan tidak peduli mendapat untung atau tidak dari setiap generasi chipset yang telah mereka buat. 

Tim teknologi platform Apple tidak dibatasi atau terhalang oleh semua itu, tidak dengan cara apa pun. Mereka independen - setidaknya dalam batasan ini. 

Dan lagipula, tim silikon Apple hanya memiliki satu pelanggan. Mereka tidak perlu khawatir akan keharusan mendukung banyak vendor yang berbeda beda dengan beragam variasi teknologi, tidak perlu membuat chipset untuk perangkat lain selain merek Apple,  tidak perlu menebak kebutuhan apa pada pabrikan lain seperti intel, AMD dan bahkan ARM yang memiliki banyak pelanggan dan pabrikan di luar mereka. Mereka hanya perlu fokus pada diri mereka sendiri.

Semua yang harus dilakukan oleh tim teknologi platform Apple saat ini, adalah hanya menjalankan iOS dan iPadOS dan tvOS dan watchOS  dan selanjutnya macOS  yang lebih cepat dari apa pun di planet ini. Hanya itulah satu-satunya pekerjaan mereka.

Sekali lagi kita perjelas bahwa set instruksi ARM bagian CPU, hanya bagian yang sangat kecil dari paket, semuanya telah disesuaikan di luar desain ARM.

Tetapi juga lebih dari sekedar CPU, Apple memulai prosesor grafis kustom mereka sendiri atau GPU. Sebelumnya, Apple telah menggunakan PowerVR .

Ada manajemen daya, akselerator kriptografi, Enklave Aman, pemrosesan audio efisiensi tinggi, mesin kedalaman, mesin pro display, pengontrol penyimpanan, encoder video HEVC, prosesor video HDR, prosesor selalu aktif, memori terpadu kinerja tinggi, cache bandwidth tinggi, silikon pengemasan, dan pemrosesan OLED yang ditingkatkan.

Bukan karena Apple ingin membuat setiap komponen di dalam setiap perangkat, karena kesombongan seperti itu bisa mengarah pada kejatuhan yang buruk. Tetapi, memang sangat terasa sepertinya Apple ingin memiliki setiap komponen yang mengarah pada pengalaman pengguna, berdampak besar bagi pelanggan.

Karena tim Apple silikon hanya memiliki satu klien, dan karena tim Apple bekerja sangat dekat baik dengan tim rekayasa piranti keras, tim piranti lunak bahkan tim antarmuka untuk manusia, tidaklah mengherankan jika mereka dapat membuat silikon secara khusus untuk mendukung perangkat keras, perangkat lunak, dan antarmuka yang diinginkan oleh tim tersebut. Apple adalah sebuah kesatuan yang terdiri dari tim tim yang paling solid di muka bumi.

Ini bukan desain ARM. Ini bukan soal membuang chip Qualcomm ke Surface atau bahkan AMD hybrid atau Intel Chip ke perangkat HP atau Dell. Ini memang beda alam, alamnya Apple. 

Mengapa selalu silikon? Karena sehebat dan secanggih apapun produsen teknologi mereka tetap membutuhkan tempat dan harus berdagang : membuat silikon mereka sendiri di Lembah Silikon. Mereka membutuhkan bisnis di Lembah Silikon.

Microsoft saja sampai menghabiskan waktu dan kekayaan mereka selama bertahun-tahun membuat silikon sendiri atau Qualcomm menciptakan sistem operasinya sendiri dan memproduksi perangkat keras komputer.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

Comments

Post a Comment

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

Popular Posts

CARA MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah katika terdapat problem yang muncul setelah template telah di kustom dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki. 

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list…

GOOGLE PAGERANK vs ALEXA

GOOGLE PAGERANK
Kalau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google.
Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya.

Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar!

MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU?

Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak sedikit pak…

BAHKAN PEKERJAAN PROGRAMMERPUN AKAN SEGERA DI AMBIL ALIH OLEH TEKNOLOGI A.I.

Kita tahu, pekerjaan pekerjaan dan bidang usaha di masa lalu yang kita anggap selamanya ada di peradaban manusia ternyata hilang oleh waktu, contohnya: Tidak ada lagi warnet zaman bapak bapak kita nongkrong di masa remaja mereka dulu. Ya bidang usaha yang sempat populer tersebut telah mati karena teknologi gagdet yang sedang kita pakai sekarang: Perangkat mobile dengan kecepatan internet yang cepat.Koran. Tidak banyak lagi orang baca koran, dan itu berimbas pada pekerjaan pekerjaan di pabrik surat kabar, usaha agen majalah, penjaja koran hingga usaha induknya: penerbitan koran. Itu bukan pekerjaan yang bisa di banggakan lagi oleh generasi berikutnya. Dulu orang terpaku pada halaman koran, sekarang orang terpaku pada layar hape.Kamera saku semakin menghilang karena telah di gantikan oleh kamera yang lebih praktis: kamera ponsel. Tidak ada lagi tukang photo keliling seperti dulu di kampung kampung.Banyak lagi hal lain yang patut kita jadikan referensi untuk melihat ke depan.Bidang usaha …

MARI MENYULAP TEMPLATE BLOGSPOT BAWAAN EMPORIO

4 varianTemplate terbaru milik blogspot blogger memiliki banyak sekali kelebihan: Kemudahan mengedit dan memkustomisasi template, kaya dengan style dan warna. Cobalah! Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lai…

PUNGUT WARNA DAN COPY PASTEKAN!

Berikut adalah daftar kode yang bila kalian menginginkan suatu kode cukup memilih dan mengklik warna yang di inginkan maka kode warna (berupa tagar dan angka) akan muncul di kolom pencarian bagian bawah kode warnanya dan tinggal copy, lalu pastekan ke dalam bagian HTML tempat kalian mengedit pekerjaan atau projek kalian.
Caranya
Pilih salah satu warna yang diinginkan dan lalu di klikSetelah keluar kodenya berupa tagar dan angka pada kotak kolom dialognya copy dengan cara tekan CTRL+CPastekan ke dalam kode CSS atau HTML di dalam template Kalian.
:

KABAR BURUK BAGI PENJIPLAK KONTEN EFEKNYA SANGAT BURUK BAGI DIRI SENDIRI

Pada site adedansasa.com ada sebuah artikel yang mendapatkan pengunjung luarbiasa, jumlahnya telah menembus lebih seratus ribuan pengunjung. Namun artikel tersebut telah di jiplak habis habisan oleh blog blog lain yang sebenarnya berpotensi jadi blog hebat asalkan mau bekerja keras.
Artika tersebut berjudul: Tahukah kamu bedanya iPhone bekas Jepang...
Benar benar di jiplak habis dan posisi artikel jiplakannya sudah menempati posisi kedua pada mesin telusur, saya ikuti terus sampai akhirnya situs itu sudah tidak bisa dibuka lagi alias di banned padahal samasekali tidak saya laporkan, lho. Lihat posisinya:

Ya artikel itu berada di posisi kedua setelah adedansasa.com. Sebenarnya saya bersikap ora op opo saja. Namun ternyata tidak dapat bertahan lama karena algoritma Google mulai bekerja dengan baik. Yang anehnya posisi itu tetap disana walau halamannya sudah tidak bisa di akses lagi.
HATI HATI MENYALIN DAN MENJIPLAK TULISAN ORANG LAIN
Bukan hanya perkara cara Google menghukum, akan tetapi leb…

HAPPY EID MUBAROK SELAMAT HARI RAYA IDULFITRI

Mengucapkan: Selamat Hari Raya IdulfitriHappy Eid Mubarak  Mohon Maaf lahir & Batin. Jika ada salah dan Silap baik yang di sengaja ataupun yang tidak di sengaja.


Insyaalah Kita semua akan melewati waktu tersulit di dalam kehidupan kita. Insyaalah Jika kita tidak berputus harapan kita akan jauh lebih sukses setela badai berlalu. karena cobaan hidup akan mendidik kita menadi lebih kuat, lebih bijak, lebih ber empati terhadap sesama makhluk hidup lainnya, bukan hanya terhadap sesama manusia.
2018 - © The EditblogTema