Skip to main content

SERIUS BISAKAH BLOGGING DIANDALKAN BUAT DIJADIKAN BISNIS DAN PENGHASILAN TETAP?

Sederhananya : TIDAK, TIDAK, TIDAK. 
Dengan hanya memiliki blog, memasang Adsense dan menjadikan halaman blog sebagai publisher Ads? Anda tahu relatif betapa murahnya itu. Kita tidak bisa hidup dengan mengandalkan itu, karena ia juga setiap waktu berfluktuasi. Bahkan youtuberpun mulai merasakan imbasnya.
Karena saya sendiri sih sedang blogging, dan walaupun memasang adsense namun tujuan utama memang hanya sekedar HOBI. Ini juga bukan melulu pengalaman saya, tapi rangkuman dari banyak pengalaman orang lain juga, namun saya juga sedang blogging maka saya merasa ada fakta dan kebenaran dibaliknya. Sedikit agak memalukan. Tapi simak saja.

blogging

Dan saya tidak sedang menakut nakuti, tidak juga bermaksud membuat Anda pesimis, mungkin sedikit agak sinis ya...tetapi lebih kepada mengingatkan: Tidak ada cita cita dan impian yang dapat diraih semudah membalikan telapak tangan. Pertanyaannya 'Apakah blogging atau ngeblog itu dapat diandalkan untuk dijadikan penghasilan? Apakah blog dapat diandalkan sebagai mata pencarian?

Tapi yang benar, sesungguhnya jika blogging diposisikan sebagai bisnis adalah salah satu model bisnis online terberat bin tersulit di luar sana.  Berat sekali dipakai buat mencari uang. Ada beberapa alasan mengapa ini adalah fakta yang sebagian besar disalah fahami oleh para blogger,  terutama pemula. 

SEBAGIAN HANYA MITOS

Ada banyak contoh blogger yang menemukan sukses besar dalam waktu yang relatif singkat. Beberapa dari mereka adalah karena sudah blogging sejak dari awal platform blogger di kembangkan oleh Google maupun Wordpress, tidak sedikit beberapa dari mereka sukses karena mendapat 'DURIAN RUNTUH' alias karena faktor keberuntungan dan beberapa dari mereka adalah pemasar (marketing) yang sangat baik, yang terakhir ini sangat masuk akal meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya. 

blogger menangis klo ngarepin adsense
blogger menangis klo ngarepin adsense

Yang sering tidak Kita lihat adalah jutaan blog yang tidak pernah mendapatkan kesuksesan secara signifikan. Dan perhatikan juga tidak sedikit blogger yang sebenarnya adalah penghasil konten berkualitas dengan jumlah pengunjung tidak sedikit tapi akhirnya blognya menjadi layu karena ditinggalkan oleh pemiliknya. Mereka akhirnya menyerah karena apa? Karena kenyataan yang Anda pasti sudah mengerti.

Sebagai blogger tentu saya telah membaca ribuan artikel dari para blogger besar, Neil Patel hingga blognya Mas Sugeng. Dan sampai hari ini masih banyak saran manis bagaikan madu, dan lagi lagi berdasarkan mitos blogger tadi:

"Bagaimana sih cara mendapatkan trafik blog yang tinggi? "

Jawabannya selalu: "Mudah, buatlah konten hebat yang berkualitas dan di butuhkan orang, buatlah halaman blog yang SEO"

Kedengaran masuk akal, tetapi kebenarannya jauh lebih rumit dari yang kita pikirkan. 

Yang menjadi masalah adalah banyak blogger berkaca pada blogger sukses, blogger yang sudah blogging sebelum tahun tahun zaman now, dan itu seolah kini menjadi delusi, suatu obsesi dan mimpi para Blogger pemula. Dan kini banyak yang percaya bahwa untuk sukses itu hanya perlu membuat konten yang bagus, memasang keyword yang tepat dan mengoptimalkan SEO (baca='menarik perhatian mesin pencari)

Perhatikan baik baik fakta ini: Jika Rafi Ahmad atau Ayu Ting Ting membuat Blog, dan menerbitkan hanya sepotong kalimat omong kosong sekalipun menjadi kontennya segera dalam beberapa menit berjubel pengunjung dan segera pula kebanjiran ribuan komentar. Jika saya menulis sepanjang 300 kata paling seminggu -belum tentu juga - baru mendapatkan 300 orang pembaca. Faktanya banyak sekali postingan bagus tidak dapat di temukan namun itu bukanlah kesalahan Anda, bukan kesalahan sang mesin pencari. Itu hanyalah hukum Alam, hukum ke istemewaan Figur Publik.

Ah ternyata bukan, itu hukum baja bisnis! Mesin pencari ikut ikutan mengidolakan Ayu Ting Ting dan menjadikannya euforia massa. Dan pada setiap liku liku dunia blogging di internet, semua orang berteriak dengan mikrofon pengeras suara, ingin menarik perhatian tapi suara kita sendiri tidak terdengar dan tenggelam dalam hiruk pikuknya kebisingan. Akhirnya mereka semua koor: Ayu Ayu...tidak perduli apakah itu fans atau hanya sekedar haters.

Jika Anda mencoba menepi dan mencoba mencari celah maka Anda akan semakin frustasi: Semua tempat dari lorong hingga lobi lobinya telah sesak oleh persaingan dan permainan yang ketat. Mereka telah berada disana dan memiliki semua yang ingin kita tawarkan. Mereka lebih dahulu menawarkannya.

Namun Anda tidak harus berputus asa karenanya, ada banyak cara pansos dan mencari peluang agar segera dikenal dan dipandang oleh orang. Semua itu sah sah saja asal jangan main kotor.

Lagi pula apa sulitnya jika hanya sekedar membuat sebuah postingan blog, memangnya sesulit membangun perusahaan? Namun baik kesempatan maupun rintangan yang harus di hadapi selalu ada, pada setiap lorong lorong dan ceruk ceruknya sudah di penuhi oleh saingan. Itu yang harus kita hadapi jangan menutup mata.
 
Lalu bagaimana dengan blogging demi mendapatkan uang? Jauh lebih sulit untuk mendapatkan perhatian orang ketika Anda tidak meminta uang mereka dan juga lebih sulit untuk membangun kredibilitas Anda ketika semua yang Anda lakukan hanyalah blog. 

Ada yang mengatakan mengemis itu mudah, tetapi percayalah betapa sulitnya melaksanakannya. Semua terpulang dari dalam diri kita masing masing.

Dan jika hanya melulu ngeblog Kita akan mulai melihat Blogging is old job. Blogging itu pekerjaan yang telah usang. Dan jika Anda memaksakan diri lalu sampai menjadikan blogging sebagai obsesi Anda, jangan jangan besok saya akan menulis konten dengan Judul: Blogger yang menangis!

SEO

Banyak cara blogging bermunculan. Termasuk blogging dengan cara copy paste, mengcopy melalui cache di network untuk mendapatkan uang hasil iklan popup melakukan kerja sama seperti berkonsipirasi melakukan outsourcing. Hal seperti itu berkontribusi pada mitos blogger dan banyak ide tentang betapa mudahnya untuk mendapatkan trafik blog yang tinggi. Dan konon untuk mengumpulkan sen demi sen uang.

Namun Google telah melakukan langkah pencegahan yang sangat baik untuk melindungi pengguna dan terutama demi keamanan bisnis mereka sendiri, sehingga sulit untuk menembus celahnya. Google juga siap menghukum Anda dengan skak mat yang tidak ada ampun.

Dan Adsense juga tidak akan dapat dijadikan andalan jika dimaksud untuk dijadikan tulang punggung bisnis online melalui blog. Ia terus menyusut dari waktu ke waktu.

Namun bukan berarti Anda tidak harus memulai blogging apalagi berhenti blogging, blogging bukan semata mata uang. Dan jika uang adalah segalanya Anda salah karena memilih jalan yang sulit: blogging.

Rekomendasinya adalah Jadikan blog Anda adalah bagian dari bisnis Anda, bukan menganggap blog sebagai seluruh bisnis Anda.  Kebanyakan blogger sukses menjual produk, layanan, atau keanggotaan.  Bahkan jika mereka memulai sebagai "hanya" blogger, mereka kemudian membangun bisnis di sekitar blog mereka. Itu baru terlihat benar.

Saran berikutnya Anda bisa mulai dengan bisnis yang didasarkan pada penyediaan produk atau layanan yang sangat berguna untuk sekelompok orang yang sangat tertentu.  Dengan segala cara, gunakan blog, gunakan pemasaran konten untuk menjangkau lebih banyak orang.

Ingat mulailah dari orang orang yang Anda kenal, seperti keluarga teman teman, kolega dst. Anda tidak akan bisa sukses jika berambisi menarik perhatian 7 milyar manusia penghuni bumi ini sekaligus. karena tidak semua orang mencintai blogging, banyak yang tidak menyukainya. Anda baru bisa dikatakan sukses blogging jika berhasil menjadikan pengunjung Anda sebagai pelanggan yang setia. Jadi batasi penargetan 'produk' dan tawarkan hanya pada orang yang Anda kenal atau orang yang memang berminat pada produk Anda.

Jika sejak awal Anda telah memiliki tujuan konversi yang jelas (yakni mengubah pengunjung menjadi pelanggan seperti kita singgung di atas tadi) dan Anda selalu mengukur dan menguji blog Anda untuk memastikan bahwa itu melayani tujuan konversi itu, Berarti saya tidak perlu memberi nasehat kepada Anda, karena Anda sedang menuju sukses Anda dalam blogging.

Menilik dari tulisan di atas saya malah mulai bertanya tanya: benarkah blogging itu pekerjaan yang telah mulai usang? Lagian apa sih yang tidak akan di tinggalkan di atas dunia ini, jika bukan mereka yang pergi tentu kitalah yang akan pergi meninggalkan mereka. 

Dan orang memang suka mengikuti segala hal baru dan terutama apabila hal tersebut menjadi mainstream, Bapak saya dulu mungkin hampir populer di flatform Gooble Plus sebelum akhirnya Ia keburu di tutup oleh Google.

Sungguh, tiada yang abadi...

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

Comments

  1. Mencerahkan. Ini beberapa hal yang kadang luput oleh para blogger. Meski tidak ada statistik yang bisa dipegang berapa persen orang yang sukses, kurang sukses, atau bahkan gagal di dunia blogging. Terlalu mempercayai mitos-mitos ini memang naif.

    Pengalaman pribadi saya juga demikian. Saya merasakan bagaimana rasanya dapat penghasilan besar dari adsense, kemudian turun drastis. Disini saya paham bahwa 'bisnis' yang hanya mengandalkan penyajian informasi (artikel) tidak akan bisa bertahan lama. Sebab, informasi dari artikel begitu dinamis perkembangannya. Selalu mengejarnya, mustahil dengan resources yang seadanya.

    Solusinya. Betul, lakukan bisnis lain yang bisa disokong oleh blog. Misalnya jual template, bikin kursus blog, dan lain sebagainya. Ini menurut saya lebih menjanjikan.

    ReplyDelete
  2. Saya setuju karena saya salah satu konstributor blog ini he he he

    ReplyDelete
  3. Ini baru tulisan bagus... sekarang bahkan banyak yang mencoba menipu diri padahal ketakutan karena mengandalkan hanya ngeblog. Dulu mungkin bisa diandalkan untuk jangka pendek, kalau hanya mengandalkan iklan adsense dan tulisan pribadi, sekarang akan sulit, apalagi prospek kedepan.

    Semua sekarang direbut oleh para raksasa, bahkan youtuber juga banyak dilibas oleh para selebriti yang juga youtuber.

    Apalagi kalau kena banned, waduuuh... kalau untuk sampingan atau hoby itu yang tetap OK saja.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Pencerahan banget ini buat siapapun. Ada baiknya hanya dijadikan buat tambahan uang jajan, jangan membayangkan dapat penghasilan yang besar.

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

Popular Posts

CARA MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah katika terdapat problem yang muncul setelah template telah di kustom dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki. 

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list…

GOOGLE PAGERANK vs ALEXA

GOOGLE PAGERANK
Kalau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google.
Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya.

Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar!

MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU?

Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak sedikit pak…

BAHKAN PEKERJAAN PROGRAMMERPUN AKAN SEGERA DI AMBIL ALIH OLEH TEKNOLOGI A.I.

Kita tahu, pekerjaan pekerjaan dan bidang usaha di masa lalu yang kita anggap selamanya ada di peradaban manusia ternyata hilang oleh waktu, contohnya: Tidak ada lagi warnet zaman bapak bapak kita nongkrong di masa remaja mereka dulu. Ya bidang usaha yang sempat populer tersebut telah mati karena teknologi gagdet yang sedang kita pakai sekarang: Perangkat mobile dengan kecepatan internet yang cepat.Koran. Tidak banyak lagi orang baca koran, dan itu berimbas pada pekerjaan pekerjaan di pabrik surat kabar, usaha agen majalah, penjaja koran hingga usaha induknya: penerbitan koran. Itu bukan pekerjaan yang bisa di banggakan lagi oleh generasi berikutnya. Dulu orang terpaku pada halaman koran, sekarang orang terpaku pada layar hape.Kamera saku semakin menghilang karena telah di gantikan oleh kamera yang lebih praktis: kamera ponsel. Tidak ada lagi tukang photo keliling seperti dulu di kampung kampung.Banyak lagi hal lain yang patut kita jadikan referensi untuk melihat ke depan.Bidang usaha …

MARI MENYULAP TEMPLATE BLOGSPOT BAWAAN EMPORIO

4 varianTemplate terbaru milik blogspot blogger memiliki banyak sekali kelebihan: Kemudahan mengedit dan memkustomisasi template, kaya dengan style dan warna. Cobalah! Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lai…

PUNGUT WARNA DAN COPY PASTEKAN!

Berikut adalah daftar kode yang bila kalian menginginkan suatu kode cukup memilih dan mengklik warna yang di inginkan maka kode warna (berupa tagar dan angka) akan muncul di kolom pencarian bagian bawah kode warnanya dan tinggal copy, lalu pastekan ke dalam bagian HTML tempat kalian mengedit pekerjaan atau projek kalian.
Caranya
Pilih salah satu warna yang diinginkan dan lalu di klikSetelah keluar kodenya berupa tagar dan angka pada kotak kolom dialognya copy dengan cara tekan CTRL+CPastekan ke dalam kode CSS atau HTML di dalam template Kalian.
:

KABAR BURUK BAGI PENJIPLAK KONTEN EFEKNYA SANGAT BURUK BAGI DIRI SENDIRI

Pada site adedansasa.com ada sebuah artikel yang mendapatkan pengunjung luarbiasa, jumlahnya telah menembus lebih seratus ribuan pengunjung. Namun artikel tersebut telah di jiplak habis habisan oleh blog blog lain yang sebenarnya berpotensi jadi blog hebat asalkan mau bekerja keras.
Artika tersebut berjudul: Tahukah kamu bedanya iPhone bekas Jepang...
Benar benar di jiplak habis dan posisi artikel jiplakannya sudah menempati posisi kedua pada mesin telusur, saya ikuti terus sampai akhirnya situs itu sudah tidak bisa dibuka lagi alias di banned padahal samasekali tidak saya laporkan, lho. Lihat posisinya:

Ya artikel itu berada di posisi kedua setelah adedansasa.com. Sebenarnya saya bersikap ora op opo saja. Namun ternyata tidak dapat bertahan lama karena algoritma Google mulai bekerja dengan baik. Yang anehnya posisi itu tetap disana walau halamannya sudah tidak bisa di akses lagi.
HATI HATI MENYALIN DAN MENJIPLAK TULISAN ORANG LAIN
Bukan hanya perkara cara Google menghukum, akan tetapi leb…

HAPPY EID MUBAROK SELAMAT HARI RAYA IDULFITRI

Mengucapkan: Selamat Hari Raya IdulfitriHappy Eid Mubarak  Mohon Maaf lahir & Batin. Jika ada salah dan Silap baik yang di sengaja ataupun yang tidak di sengaja.


Insyaalah Kita semua akan melewati waktu tersulit di dalam kehidupan kita. Insyaalah Jika kita tidak berputus harapan kita akan jauh lebih sukses setela badai berlalu. karena cobaan hidup akan mendidik kita menadi lebih kuat, lebih bijak, lebih ber empati terhadap sesama makhluk hidup lainnya, bukan hanya terhadap sesama manusia.
2018 - © The EditblogTema