CARA MENGHUBUNGKAN INTERNET WIFI.ID KE LAPTOP SEBUAH PENGALAMAN BEKERJA DI LUAR KANTOR DAN RUMAH

Bukan hanya para blogger atau websider, orang umum juga kadang butuh tersambung ke jaringan internet dengan kecepatan bandwith yang besar. Misalnya untuk nonton video, download, atau streaming halaman halaman yang diperlukan buat berbagai kegiatan di network.

bekerja dengan santai di kafe menggunakan wifi

Nah bagi yang suka bekerja di kafe seperti saya sambil menikmati minum kopi dan merokok saya harus memiliki opsi jaringan cepat dan tersedia di tempat bernama coffeshop atau kafe kafe tersebut, kadang jika kita menggunakan wifi yang disediakan oleh tempat mangkal kita terasa tidak stabil karena banyaknya pengunjung yang menggunakannya, maka keterbatasan ini memang harus di bayar RP.5000, selama untuk akses wifi selama 24 jam, yakni via wifi.id. dengan kecepatan hingga 150 mbps. Beruntung saya tinggal di Batam yang akses point wifi.id-nya telah merata dimana mana tempat. Saya harap di kota Anda juga demikian.

Tentu saja saya bisa memilih membayar perminggu RP. 25.000,- atau perbulan RP. 5000,-, tapi saya kan tidak setiap hari berada di kafe kafe tersebut alias hanya di hari libur, jika mampir sebentar paling saya gunakan internet tathering via hape jika-sekali lagi-tidak ingin terganggu oleh wifi kafe yang kurang stabil.

Bayangkan, kita sedang bekerja lho soalnya kita kan bawa bawa laptop segala ke kafe pada hari libur.

Adapun keuntungan menggunakan wifi.id menurut saya adalah:
  1. Bisa sekali beli tanpa putus selama 24 jam bisa di tinggal untuk keperluan pulang, belanja, solat dll, ntar kalau datang sambung lagi selama masih dalam rentang waktu 24 jam he he he.
  2. Terdapat pilihan paket: Rp.5000,- untuk sekali bayar pemakaian rentang 24 jam, Rp. 25.000,-untuk rentang pemakaian selama seminggu, kalau rutin mengerjakan projek projek sambil santai di kafe, atau Rp. 50.000,- untuk satu bulan ini kalau tidak punya pekerjaan lain, saya mah blogging, ngoding dan kegiatan studi online hanya sambil sambilan.
  3. Internetnya stabil, dan hampir seluruh kafe di kota Batam terdaftar dalam titik jaringan bandiwth telkom.
  4. Menggunakan teknologi SSD. SSID yang dipancarkan adalah :
    @wifi.id,flashzone-seamless, seamless@wifi.id, indischool@wifi.id, bisa seluruhnya atau merupakan kombinasi dari SSID tersebut tergantung dari keriteria akses point-nya.
CARA MENYAMBUNGKANNYA KE LAPTOP.

Petama ya pastikan Anda berada di kafe yang ada akses pointnya Telkom, kalau sekarang di Batam hampir semua kafe, dan mall memiliki akses point tersebut. Saya pernah ke telaga punggur dan menunggu seseorang hingga dua jam dan menemukan tempat tersebut ternyata dalam jangkauan akses poinnya Telkom juga jadi memang bisa untuk terhubung ke wifi.id yang cepat.

Kedua nyalakan laptop Anda dan masuk ke browser, pastikan tombol wifi pada laptop si aktifkan lalu klik tanda jaringan wifinya untuk mengetahui apakah ada terpindai jaringan wifi.id disana. Jika ada klik 'hubungkan'.

memindai jaringan
Jika jaringan telah terpindai oleh sistem wifi laptop, tidak serta merta laptop Anda tersambung ke internet. Coba buka browser apakah chrome, firefox atau browser bawaan laptop, ketik pencarian apa saja. Begitu jaringan memindai internet wifi.id pada browser-dan biasanya ini butuh waktu hingga bermenit menit jika jangkauan akses pointnya lemah, namun jika kuat seperti di Batam hanya butuh hitungan detik, maka Anda akan di bawa ke halaman landing wifi.id. Disana akan muncul form berikut:

form wif.id pada halaman landing
Untuk bisa log in Anda harus membeli paket ambil saja misalnya paket yang Rp. 5000,- melalui telpon Anda. 
Masuk ke SMS
Ketikan NET 5000 (pakai spasi ya) dan kirim ke 98108, akan muncul pesan seperti pada tangkapan layar tablet saya berikut:
pembelian paket wifi.id

Nah nomor user itu dimasykan ke bagian 'username' pada layar laptop, kemudian passwordnya yang terdiri dari 3 huruf itu dimasukan bagian 'password' pada kolom bawahnya. Klik login, tunggu sampai laptop terhubung ke jaringan.Contohnya akan terlihat sebagai berikut:

memasukan nomor register dan password

Jika telah berhasil menurut pengalaman saya selama ini di lebih selusin kafe di Batam wifi.id menghasilkan kualitas jaringan yang cukup kencang, stabil dan kuat. Saya yakin di kota kota Anda juga akan demikian...

Menghubungkannya ke tablet atau hape? Kurang lebih sama saja caranya dengan cara menghubungkannya ke laptop di atas, hanya saja beli wifinya cuku melalui tablet atau hape yang ada.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!
sofyan Ya-an
Pekerja keras yang tidak fokus Menulis hanya buat kesenangan

4 komentar

  1. Wah harganya sangat murah ya untuk paket sebulan, cuma 50 ribu saja bisa menikmati jaringan internet lewat WiFi.id.

    Tapi itu jika sering dekat dengan kafe yang ada jaringan WiFi.id, sayangnya saya tinggal di kampung dan saya coba cari tidak ada jaringannya.

    BalasHapus
  2. Cara buat halaman di atas itu gimana bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya apakah yang dijadikan menu navigasi?

      Hapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE