APAKAH INI ANOMALI TRAFIK BLOG?

Apakah ini sebuah anomali (lol) , saya tidak tahu. Kami memiliki dua blog utama, Yakni adedansasa.com. dan editblogtema.net. Yang menjadi konsen saya adalah trafik blog ini dalam dua minggu terakhir berfluktuasi aneh. 

Peebandingan blog lama dan baru

Walaupun blog editblogtema telah di isi konten secara teratur,  dan dalam waktu 3 bulan adedansasa tidak update sama sekali,  namun soal trafik alias pengunjung adedansasa.com ternyata menang jauh. Salah satu konten malah tembus diatas 100 ribu views selama 2 tahun. Dan sampai saat ini artikel tersebut masih di baca rata rata 500x lebih oleh pengunjung setiap minggunya. 

Saya tidak mengerti,  waktu membuatnya hanya menulis berdasarkan survey lapangan mengunjungi sumbernya (toko elektronik seken) jadi semacam pengalamanlah. Tidak ada mikir SEO segala,  tidak ada secara sengaja pasang keyword. Waktu itu juga tidak pernah blogwalking. Pengunjung rata rata organik. Lalu blog itu terbengkalai selama lebih 2 tahun namun selama itu visitornya tembus 1 juta pengunjung! 

Sampai sekarang saya benar benar belum mengerti, saya rasa itu hanya kebetulan dan sebuah keberuntungan. Lalu saya membandingkannya dengan blog kami yang lain: editblogtema.net.

Blog ini diurus dengan baik, walau mungkin tidak menutup kemungkinan ada terdapat salah urus. Rankingnya meningkat tajam jauh diatas adedansasa.com walau akhirnya terjun bebas lagi.  Yang aneh bin ajaib adedansasa akhir akhir ini selalu unggul dalam hal trafik dan jumlah pengunjung. Padahal tidak pernah up to date. Benar benar hanya mengandalkan artikel yang ada dan sekali sekali copas artikel dari editblogtema. 

USIA BLOG
John Mue pakar web Google mengatakan usia blog tidak akan berpengaruh pada trafik. Kalau di fikir masuk akal juga. Soalnya adedansasa.com walau lebih tuaan adalah blog terbengkalai tadinya. Sedangkan editblogtema.net awalnya dimulai dengan ragu ragu,  namun melesat laju mengungguli adedansasa pada awal tahun pembuatannya. Wajar karena kontennya dibuat sungguh sungguh. 

Saya melakukan percobaan, setiap artikel miskin pengunjung dari editblogtema yang saya pindah ke adedansasa, selalu jadi hit di adedansasa.com. Di pencarian Google ia lebih mudah ditemukam ketika menjadi artikel adedansasa.com. 

Yang luarbiasa ya itu tadi artikel yang di copas selalu menjadi lebih hit di adedansasa.net ketimbang di blog asalnya editblogtema. Saya telah menguji kedua templat yang dipergunakan, hasilnya sama. Namun pasti ada perbedaan dan kekuatan tersembunyi dari masing masing blog. Kami sedang mencari tool atau alat analisanya

Untuk sementara kami mencoba menarik kesimpulan walau belum bertemu benang merahnya. 
  1. Hampir setiap artikel yang tidak atau kurang populer di editblogtema jika di copas ke adedansasa akan mendapatkan traffik yang bagus dan mudah berada di atas mesin pencari. Padahal tidak dibagikan. 
  2. editblogtema selalu di update sedangkan adedansasa jarang sekali kalau tidak bisa dikatakan tidak.
  3. Usia adedansasa lebih tua dari editblogtema namun ia telah terbengkalai hingga 2 tahun lebih. 
  4. Keduanya di kelola oleh pemilik yang sama. 
  5. Terdapat beberapa artikel yang sama walau beda jumlah pengunjungnya. 
  6. Pada web analitik properti di analisa oleh web analitik dengan akun pemilik yang sama. 
  7. Kedua blog sama sama sering gonta ganti template dan kadang menggunakan template yang sama. 
Tentu saja pemiliknya tidak pernah berharap adedansasa akan melampaui editblogtema. Karena blog terakhir lebih sesuai dengan interest pembelajaran koding. 

Tunggu saja sampai kami temukan sebab musababnya... 


 Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini! Share:
sofyan Ya-an
Pekerja keras yang tidak fokus Menulis hanya buat kesenangan

2 komentar

  1. Aneh ya, blog yang tidak diurus malah trafiknya lebih banyak dari pada blog yang diurus serius. Artikel yang dicopas dari editblogtema malah lebih banyak pengunjung nya daripada yang disini.

    Apa mungkin ini pengaruh dari usia blog? Makin tua makin istimewa di mata google biarpun tidak di update.🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut John Mue tidak, bahkan tidak jarang blog baru mengungguli blog lama jika memang di update secara teratur. Barangkali ada yang salah pada editblogtema akhir akhir ini.

      Hapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE