Skip to main content

6 ALASAN MENGAPA KITA HARUS MEMULAI MENULIS DI INTERNET HARI INI

Mengapa orang penulis buku dan mencetaknya di atas kertas? Mungkin saja zaman itu akan berakhir pada saat tablet telah menjadi semakin tipis, atau ia menjadi buku virtual yang sudah sempurna.  Anda harus tahu pada akhirnya manusia akan mempertimbangkan hal ini: Mempertimbangkan untuk menghentikan pemakaian Ruang perpustakaan yang luas, mengurangi bahkan jika mungkin menghentikan pemakaian kertas yang mengorbankan kayu dan tanaman, karena menebang isi hutan dan menjadikan sisanya sebagai sampah.

Berapa luas lagikah ruangan bangunan yang dipakai manusia untuk menyimpan 200 ribu buah buku? Bagaimana jika dua juta? Berapa juta kayu harus ditebang untuk menghasilkan Kertas dan bangunan perpustakaan sekaligus?
 
5 alasan orang harus menulis di internet

Bandingkan dengan sebuah hardisk, SSD yang hanya seukuran kuku jari manusia dengan kapasitas 100 Terabite yang mampu menyimpan seluruh perpustakaan akademik di dunia dan kita hanya perlu membacanya melalui sebuah tablet. Padahal ruang penyimpanannya hanya sebesar jari manusia bukan?

1.KARENA KITA MEMANG TELAH MULAI MENULIS MELALUI INTERNET.

Zaman telah berubah, bro. Kebayang gak waktu dulu dulu zaman orang orang tua menulis menggunakan mesin ketik? Naskah ditulis dengan lembaran kertas folio, lembar demi lembar diperiksa ulang atau di edit, gak cukup satu kertas, gak cukup dengan hanya membuang beberapa kertas ke tong sampah, lalu naskah itu dimasukan ke dalam amplop gede, dikirim melalui pos pakai perangko kepada majalah, penerbit atau apalah namanya, lalu si penulis menunggu berita jika tulisannya dimuat atau tidak dan kalau dimuat tentunya akan mendapatkan honor.

Dan hari ini tidak ada lagi kereta api express melaju kencang diatas rel sembari menghembuskan asap hitam diatas cerobongnya. Membawa naskah naskah itu bersama barang barang lain ke tempat tempat penerbitnya yang kemudian menumpuk di meja redaksi untuk diperiksa, di baca satu persatu dan hanya yang lulus proses ini yang akan di terbitkan ke dalam majalah majalah pada keesokan harinya.

Lalu kalau menulis artikel, cerpen dan cerbung melalui media massa itu yang nentuin besaran bayarannya ya penerbit dong. Penulis yang sudah payah menulis "kretek kretik" malam hari menggunakan mesin ketik terkadang hidupnya nampak begitu sudah, lusuh dan kurus, mana merokoknya kuat sekali.

Tentu saja ada yang sukses kayak penulis wiro sableng, Motinggo Busye, dan Asmarawan S Kho Ping Ho, tapi dapat dihitung dengan jari sebelah tangan, sekarang mari lupakan itu dan berterima kasihlah pada "zaman now". Kesempatan masih terbuka lebar. Dan manfaatkanlah itu.

Karena hari segini kalau punya keinginan menulis cukup hanya dengan memiliki gagdet, ponsel, laptop murah atau tablet kalian sudah bisa menulis dan menjadi penulis sukses. Kalau zaman bapak kita dulu harus punya mesin ketik dan harganya mahal, bawanya berat, gak bisa dimasukan kedalam tas kecil apalagi kedalam saku. Dan yang lebih penting berterimakasihlah kepada jaringan internet yang semakin hari semakin bertambah kecepatannya berkat penemuan teknologi.

Berkat internet kita tidak perlu lagi mengirim pakai amplop dan perangko, menulis dengan gagdet setelah selesai cukup teken tombol "publish" maka tulisan kita akan diterbitkan!

Tentu saja kita masih butuh ketrampilan menulis dan trik agar tulisan kita dibaca. Tetapi mari bandingkan,...zaman dulu pasang kertas folio dan mengetik "ktetek kretik" dan hari segini tinggal menulis dilayar hape atau tablet dan tekan publish lalu jutaan orang mungkin akan membaca tulisan tulisan kita. Lalu bagaimana dengan honor? Bukankah zaman dulu menulis dapat honor? Bagaimana dengan honor zaman now?

Zaman dulu menulis minggu ini gemparnya minggu depan. Hari ini langsung menulis di wall Twitter dan Facebook beberapa menit kemudian viral! Jadi sebenarnya hampir setiap hari kita telah menulis di internet melalui media sosial yang telah kita ikuti, melalui chatting WA dan Hang Out yang kita lakukan hampir setiap hari.

2. KARENA  PEKERJAAN DI INTERNET JUGA AKAN MENDAPATKAN BAYARANNYA.

Asalkan kita berusaha setiap pekerjaan yang kita tekuni akan mendapatkan bayaran, kecuali jika kita tidak memperjuangkannya. Dengan menulis di media online kita akan dibayar sesuai kontrak. Tetapi bagaimana kalau kita menyediakan sendiri media kita? Kita bisa membuat website atau blog dan menulis disana untuk menyalurkan hobi dan bukan hanya sekedar menyalurkan hobi tetapi kita juga dapat menjadikan blog kita menghasilkan uang, anggaplah itu sebagai gantinya honor menulis jika kita membandingkannya dengan penulis zaman dulu.

Caranya? Hampir semua orang tahu, jika tulisan kita memang berbobot dan berkualitas maka blog kita akan mendapat ramai pengunjung. Semakin ramai pengunjung blog kita semakin besar peluang kita untuk memonetesi blog kita, dan pada saat blog telah berhasil di monotesi dengan mendaftarkannya ke google adsense misalnya maka pemasukan akan dimulai dari sana. Dengan menulis dan memiliki kegiatan di blog maka kita akan diterima menjadi publisher iklan, iklan yang ditayangkan di halaman blog akan dibayar oleh Google.

3. KARENA MENULIS DI INTERNET ITU MUDAH

Karena menulis itu dapat dilakukan oleh siapapun asalkan dia tidak buta huruf. Dengan melatihnya terus menerus maka ketrampilan menulis akan semakin meningkat, pengetahuan kita juga akan bertambah dari waktu ke waktu. Pola berfikir kita juga akan menjadi semakin berkembang dan maju, tidak salah dengan menulis kita juga sedang menjalani proses belajar dan meningkatkan pengatahuan tanpa kita sadari.

Contoh seorang yang duduk dibangku akademi bahasa asing belum tentu pintar berbahasa asing jika dia tidak mempraktikannya, lama kelamaannya dia akan lupa. Coba bandingkan dengan seorang pekerja kasar yang bekerja di perusahaan asing, bukankah dari kehari bahasa inggrisnya semakin lancar dan malah secara tidak dia sadari mampu berbahasa Inggris dengan benar dan terstruktur. Dan jika diberi sedikit lagi kesempatan dia malah akan mampu menulis dengan baik dalam bahasa Inggris!

Dan di interntet telah tersedia hampir semua informasi yang kita butuhkan, kita dapat belajar koding, bahasa, dan berbagai jenis pengatahuan yang kita butuhkan untuk menunjang topik penulisan. Cara belajar di internet juga sangat beragam, kita dapat membaca, menonton video yang menampilkan contoh visual dengan jelas, apalagi jika sekedar ingin mencari referensi. Jangan meremehkan cara ini, sepuluh tahun lalu orang boleh beranggapan dan meremehkan kemampuan internet dalam menyampaikan dan menampilkan informasi. Namun hari ini internet telah berkembang sangat pesat. Dan kebanyakan fasilitas di internet itu gratis, kecuali ya kita harus beli qouta internet itu sendiri.

Seorang hacker handal yang akhirnya di rekrut oleh pemerintah Amerika dengan gaji yang membuat kita melongo ternyata ia hanya belajar dari internet. Dia hanya anak jalanan yang putus sekolah tetapi tergila gila dengan pengatahuan di internet, dia belajar dari hari kehari hingga menjadi seorang ahli pemrograman dan sayangnya pada awalnya pengetahuannya itu dia pergunakan untuk meretas dan merugikan orang lain. 

Syukur kisah anak lelaki tersebut berakhir dengan "happy ending"
Kini dia menjadi salah seorang penulis software yang paling handal di dunia dan telah di undang ke berbagai universitas besar untuk memberikan mata kuliah programming.
Seorang programmer zaman now bahkan berkata: "Jika tidak ada internet aku tidak akan berdiri disini memiliki hampir sejuta follower dan mendapatkan penghasilan, aku bahkan hampir tidak ingat kapan aku pernah sekolah karena ijasah SDpun aku tidak punya"

4. KARENA INTERNET PADA AKHIRNYA AKAN SEMAKIN TERINTEGRASI KEPADA KEHIDUPAN NYATA MANUSIA.

Dari bisnis online kita bisa mendapatkan hidup layak, bahkan semua itu dapat dimulai dengan blogging. Banyak kisah sukses pedagang online di mulai dari sebuah blog, dan banyak blog yang dibuat kemudian di pakai jasanya oleh pedagang online dan pengusaha kaya untuk berafiliasi dengan produk yang mereka tawarkan. Artinya blog blog ini telah sukses menghasilkan uang.

Dan yang paling penting adalah sebuah blog pada akhirnya tetap akan menjadi media tempat kita menulis dan menyalurkan hobi itu dengan bebas. Kita tetap dapat berekspresi, menyampaikan buah pikiran kita. Dengan ngeblog kita bahkan bisa memiliki nama besar dan menjadi terkenal, memiliki fans dan pengikut. Setelah itu mugnkin saha kita dapat mengandalkannya untuk membeayai hidup sehari hari.

5. KARENA DI INTERNET JUGA ADA TEMAN TEMAN DARI MEDSOS UNTUK BERBAGI

Jangan lupa, di interntet juga ada teman teman yang serupa dengan kita, mereka menulis, mereka bisa menjadi pesaing, teman, rival dan musuh kita. Akan tetapi kita harus memanfaatkan mereka atau dengan kata lain kita dan mereka bisa saling memanfaatkan: Berbagi ilmu. Kita juga dapat berbagi postingan, saling mensupport membentuk forum forum berbasis ilmu pengatahuan. Manfaat saling berbagi inilah yang sedikit banyaknya dapat membawa blog kita ketangga lebih tinggi.

Jadi jelas sebenarnya kita tidak kesepian. Paling tidak jangan hanya menscroll naik turun layar gagdet ponsel atau tablet saja, jangan hanya asik bermain game, mumpung masih muda belia, mulailah menulis! Kita tidak tahu bagaimana memberikan arti kepada kehidupan ini kelak, mungkin dengan menulis kita akan menemukan jalan hidup kita, apakah kita akan menjadi pedagang dan pebisnis online. ataukah akan menjadi penulis online yang tersohor. Menulis artikel bermutu, novel atau bahkan buku buku ilmiah secara online.

Dan Janga lupa menulis adalah pekerjaan untuk keabadian.

6. RUANG SIMPAN CLOUD TANPA BATAS

Ada masanya manusia butuh ruang waktu yang lain. Ada ruang baru untuk menyimpan seluruh properti virtual kita yang sangat berharga: Ruang cloud! Di atas postingan ini saya telah menyinggung tentang ruang simpan sebuah perpustakaan yang membutuhkan bangunan fisik dan mengorbankan materi, namun jika tidak di tanggulangi karena populasi manusia juga terus bertambah dan terus membutuhkan ruang fisik untuk bergerak, maka solusi paling bagus untuk menyimpan catatan dalam bentuk dokumen, buku dan hal hal lain bersifat tontonan visual adalah ruang simpan cloud!

Ya sudah masanya kita menghemat ruang dan bangunan, ada masanya kita tumbuh berkembang bukan hanya sebagai makhluk fisik tapi juga makhluk virtual. Itulah perkembangan zaman, kita akan segera menyimpan memori kita dalam cloud dan menajadi bagian dari makhluk yang abadi.

Caranya ya, kita harus menulis, menulis di internet. Karena menulis adalah cara paling alamiah dari alam semesta memprogram dirinya. kita semua akan menjadi sebuah tulisan ketika kita telah berlalu. Dan semuanya akan hidup dalam ruang simpan cloud di atas 'awan...


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

Comments

  1. Menulis di internet itu mudah kalau kita lakukan di ruang internet yang kita ciptakan sendiri, seperti blog atau sejenisnya. Namun, kalau sudah ikut platform-platform lain agak susah juga sih Kak karena kan harus mengikuti mereka.

    ReplyDelete
  2. Aku dulunya sempet keukeuh ttp LBH suka membaca buku dlm bentuk fisik drpd e-book. Krn buatku wangi kertas itu ga ada yg bisa ngalahin. Tp gara2 ruangan yg aku bikin khusus utk library udh ga bisa nampung lagi, mau ga mau, membaca hrs lwt online . Awal2 ga biasa apalagi mataku minus. Tp lama2 toh akhirnya mata bisa LBH Nerima :D. Yg terpenting, aku ttp bisa membaca buku2 yg aku suka.

    Kalo nulis, sejak internet mulai dikenal, aku memang jd LBH suka nulis di bbrp platform drpd buku harian :D. Apalagi nth kenapa itu buku harian sering banget dibaca mama ku walo udah disimpen di tempat rahasia :D. Makanya jd males nulis diary LG. LBH aman di blog, yg bisa kita setting public atopun private :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

Popular Posts

CARA MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah katika terdapat problem yang muncul setelah template telah di kustom dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki. 

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list…

GOOGLE PAGERANK vs ALEXA

GOOGLE PAGERANK
Kalau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google.
Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya.

Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar!

MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU?

Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak sedikit pak…

BAHKAN PEKERJAAN PROGRAMMERPUN AKAN SEGERA DI AMBIL ALIH OLEH TEKNOLOGI A.I.

Kita tahu, pekerjaan pekerjaan dan bidang usaha di masa lalu yang kita anggap selamanya ada di peradaban manusia ternyata hilang oleh waktu, contohnya: Tidak ada lagi warnet zaman bapak bapak kita nongkrong di masa remaja mereka dulu. Ya bidang usaha yang sempat populer tersebut telah mati karena teknologi gagdet yang sedang kita pakai sekarang: Perangkat mobile dengan kecepatan internet yang cepat.Koran. Tidak banyak lagi orang baca koran, dan itu berimbas pada pekerjaan pekerjaan di pabrik surat kabar, usaha agen majalah, penjaja koran hingga usaha induknya: penerbitan koran. Itu bukan pekerjaan yang bisa di banggakan lagi oleh generasi berikutnya. Dulu orang terpaku pada halaman koran, sekarang orang terpaku pada layar hape.Kamera saku semakin menghilang karena telah di gantikan oleh kamera yang lebih praktis: kamera ponsel. Tidak ada lagi tukang photo keliling seperti dulu di kampung kampung.Banyak lagi hal lain yang patut kita jadikan referensi untuk melihat ke depan.Bidang usaha …

MARI MENYULAP TEMPLATE BLOGSPOT BAWAAN EMPORIO

4 varianTemplate terbaru milik blogspot blogger memiliki banyak sekali kelebihan: Kemudahan mengedit dan memkustomisasi template, kaya dengan style dan warna. Cobalah! Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lai…

PUNGUT WARNA DAN COPY PASTEKAN!

Berikut adalah daftar kode yang bila kalian menginginkan suatu kode cukup memilih dan mengklik warna yang di inginkan maka kode warna (berupa tagar dan angka) akan muncul di kolom pencarian bagian bawah kode warnanya dan tinggal copy, lalu pastekan ke dalam bagian HTML tempat kalian mengedit pekerjaan atau projek kalian.
Caranya
Pilih salah satu warna yang diinginkan dan lalu di klikSetelah keluar kodenya berupa tagar dan angka pada kotak kolom dialognya copy dengan cara tekan CTRL+CPastekan ke dalam kode CSS atau HTML di dalam template Kalian.
:

KABAR BURUK BAGI PENJIPLAK KONTEN EFEKNYA SANGAT BURUK BAGI DIRI SENDIRI

Pada site adedansasa.com ada sebuah artikel yang mendapatkan pengunjung luarbiasa, jumlahnya telah menembus lebih seratus ribuan pengunjung. Namun artikel tersebut telah di jiplak habis habisan oleh blog blog lain yang sebenarnya berpotensi jadi blog hebat asalkan mau bekerja keras.
Artika tersebut berjudul: Tahukah kamu bedanya iPhone bekas Jepang...
Benar benar di jiplak habis dan posisi artikel jiplakannya sudah menempati posisi kedua pada mesin telusur, saya ikuti terus sampai akhirnya situs itu sudah tidak bisa dibuka lagi alias di banned padahal samasekali tidak saya laporkan, lho. Lihat posisinya:

Ya artikel itu berada di posisi kedua setelah adedansasa.com. Sebenarnya saya bersikap ora op opo saja. Namun ternyata tidak dapat bertahan lama karena algoritma Google mulai bekerja dengan baik. Yang anehnya posisi itu tetap disana walau halamannya sudah tidak bisa di akses lagi.
HATI HATI MENYALIN DAN MENJIPLAK TULISAN ORANG LAIN
Bukan hanya perkara cara Google menghukum, akan tetapi leb…

HAPPY EID MUBAROK SELAMAT HARI RAYA IDULFITRI

Mengucapkan: Selamat Hari Raya IdulfitriHappy Eid Mubarak  Mohon Maaf lahir & Batin. Jika ada salah dan Silap baik yang di sengaja ataupun yang tidak di sengaja.


Insyaalah Kita semua akan melewati waktu tersulit di dalam kehidupan kita. Insyaalah Jika kita tidak berputus harapan kita akan jauh lebih sukses setela badai berlalu. karena cobaan hidup akan mendidik kita menadi lebih kuat, lebih bijak, lebih ber empati terhadap sesama makhluk hidup lainnya, bukan hanya terhadap sesama manusia.
2018 - © The EditblogTema