EditblogTema

Desain Panduan Perihal Kami
×
template design by: Anissa Auliasari

Inspire to clever

TRIK MEMILIH LAPTOP BEKAS MURAH DI BATAM

AvatarOleh:
Laptop memang masih populer, saking populernya laptop membuat ia terlihat di mana mana, bukan hanya di kantor, tapi juga di kafe, kedai kedai minuman hingga di taman taman yang terdapat bangku panjang (lounge), mudah melihat mereka yang begitu serius menghadap ke layar 12 hingga 14 inchi tersebut. Melakukan pekerjaan dengan tekun.

ilustrasi laptop seken yang baik


Beberapa bulan yang lalu saya membantu kenalan membeli laptop seken di salah satu Mall di Batam. 

Mungkin pengalaman ini bermanfaat bagi yang sedang mencari laptop murah namun tetap berkualitas. Walaupun Batam mungkin bukan sorganya elektronik seperti masa lalu akan tetapi disini masih tersedia beberapa tempat yang bagus untuk berburu laptop seken. Diantaranya DCMall. Saya memang merekomendasikan tempat ini berdasarkan pengalaman.

DCMall berlokasi di Sei. Jodoh Batam mudah sekali menemukannya naik GOKAR oke, naik Gojek juga ok, tanya sama orang orang yang bertemu juga ok akan dijelasin lokasinya dengan simpel, jelas dan tuntas. Pada saat penjualan laptop lesu tempat ini masih menyediakan tempat tempat service dan perakitan PC baik desktop maupun laptop Masih mudah mendapatkan kios kios yang menjual laptop bekas, hingga jasa service dan perbaikan laptop. Walaupun juga di sana banyak toko toko yang menjual laptop laptop baru.

Kalau membicarakan laptop bekas tentu di butuhkan ketelitian dalam membelinya, dan ketika kita mendatangi sebuah toko kita memiliki kesempatan yang baik untuk mendapatkan laptop dengan kondisi masih bagus karena:
  1. Kita dapat memilih model
  2. Kita dapat meneliti kondisinya
  3. Kita dapat langsung mencobanya terlebih dahulu
  4. Kita dapat menawar harga.
Bagi orang yang pintar berbelanja bertemu langsung dengan penjual adalah sebuah seni, karena kita dapat beradu argumen sebagai pembeli vs penjual. Anda bisa saja keluar sebagai pemenang. Itu salah satu kelebihan bertransaksi langsung dengan penjual di banding dengan belanja online yang sekarang sedang marak.

Perlu anda ingat, dalam seni berbelanja anda jangan terlalu takut dengan penjual karena perihal bisnis itu bagi mereka adalah jangka panjang, dan kelangsungan bisnis tergantung dari kepercayaan pembeli ya meskipun sebuah tempat hanya menjual barang barang bekas alias barang seken. Prinsipnya pembeli adalah raja yang terhormat.

gambar DCMall masuk dari pintu 8
gambar DCMall masuk dari pintu 8 

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Pilih tempat belanja yang lengkap. 

Misalnya sebuah los, pasar, atau toko yang di dalamnya tersedia laptop dengan berbagai merek: Macbook, Dell, HP, dll. Dengan banyaknya pilihan apalagi jika toko tersebut memiliki banyak stock akan lebih memberikan peluang bagi pembeli untuk mendapatkan laptop yang masih bagus dan berkualitas.

2. Merek

Saya merekomendasikan Macbook jika memiliki dana lebih karena biasanya pengguna Macbook lebih apik dalam memelihara perangkat, sehingga kerusakan perangkat lebih minim saat telah dilepas menjadi barang bekas. Tentu saja jika anda sudah terbiasa dengan sistem operasinya. Pada prinispnya biarpun barang seken merek tetap menunjukan kualitas, dan pepatah tidak akan bohong: Ada harga ada rupa. Jika harga hanya selisih sedikit mengapa tidak? Karena anda akan mendapatkan barang bermerek dan berkualitas sekaligus.

Anda juga dapat memilih merek merek seperti HP dan Dell karena kedua merek laptop berbasis sistem operasi windows ini lebih sering dipergunakan di perkantoran sehingga kualitasnya masih di atas rata rata merek biasa. 

3. Kondisi fisik

Periksa kondisi fisik laptop, lalu minta agar penjual menghidupkannya, periksa kecepatan loadingnya pada saat starup, masuk ke menu, buka aplikasi, internet, gambar, pemutar video. Fokus pada kecepatannya, bandingkan dengan perangkat PC yang sering atau pernah anda pergunakan (cukup di ingat ingat saja)

4. Pilih spesifikasi Perangkat keras

Ingat spesifikasi itu terdiri dari dua hal: Perangkat keras dan perangkat lunak, saya menganjurkan agar Anda memahami speks perangkat keras, misal untuk kebutuhan tahun 2020 jangan membeli laptop tahun 2012 yang masih menggunakan HDD, karena pasti akan lambat pada saat menjalankan aplikasi yang paling up to date. Carilah laptop yang menggunakan basis SSD.

HDD atau Hardisk itu adalah perangkat laptop yang menggunakan cakram dan bekerja secara mekanis dengan cara berputar, jika Anda pernah menggunakan laptop pada tahun tahun 2010-2012 kadang terdengar suaranya mendesis, HDD memakan daya yang besar, cepat panas dan membuat laptop menjadi terlihat bongsor, komputer PC di beberapa perkantoran sebagian masih menggunakan HDD hingga saat ini. Memang untuk masa sekarang harganya lebih murah dibanding SSD, namun kinerjanya lambat, boros energi. HDD itu teknologi zaman old. Jadi jangan tanya ke penjual 'apa Harddisk'-nya apa tapi tanya apakah laptopnya sudah SSD. Saat ini laptop seken berbasis SSD dengan prosesor Core i5 misalnya telah dijual murah di bawah 3 jutaan.

Saya waktu itu dapat harga 2,8 juta. Jika saya banding dengan laptop Asus tahun 2012 yang pernah saya beli seharga 6,7 juta performanya sangat jauh....pokoknya jauuuhh. Laptop seken dengan spek SSD, Core i5 generasi ke empat ini rasanya puluhan kali lebih cepat, lebih baik performanya. lebih tahan batterynya, lebih enteng dan lebih tipis. Asus dulu pakai Harddisk, Core two dou, tebal, berat, lambat dan batterynya tidak tahan lama. Yang ini untuk teman saya belikan sama dengan merek laptop yang sedang saya pergunakan HP karena saya memperhatikan di perkantoran baik swasta maupun pemerintahan lebih sering terlihat menggunakan Dell dan HP. Artinya: Recommended banget.

Kembali ke perangkat keras. SSD itu tidak lagi bekerja dengan cara mekanis tapi murni elektrik, yang paling penting adalah:
  • SSD paling tidak delapan kali lebih cepat membaca data daripada HDD
  • Ukuran SSD jauh lebih kecil dan lebih kompak daripada HDD
  • SSD jauh lebih irit energi daripada HDD dan ini menguntungkan sekali bagi konsumsi battery jelas lebih hemat energi.
  • Dengan menggunakan SSD Anda tidak perlu takut data menjadi berantakan dan melakukan Fragmentasi, ingat setiap PC windows tua kadang sesekali perlu defrag? Nah tidak perlu lakukan itu pada perangkat laptop dengan perangkat berbasis SSD, atau Jangan lakukan.
  • SSD tidak mudah panas karena komponennya tidak bergerak. Berbeda dengan Harddisk yang didalamnya terdiri dari motor penggerak serta piringan cakram yang berputar ketika digunakan, sedangkan SSD (Solid State Drive) hanya terdiri dari Micro Chip, Integrated Circuit (IC), serta sejumlah komponen elektronik seperti kapasitor sebagai penyimpan arus dan tegangan.
Kelemahannya tentu saja harganya lebih mahal, namun seiring waktu telah terjadi penggunaan yang lebih luas, sehingga berakibat penurunan harga yang menguntungkan konsumen pengguna laptop SSD.

5. Prosesor

Saya tidak akan membandingkan AMD dengan intel karena itu bukan bidang saya. Akan tetapi untuk pemakaian umum saya merekomendasikan paling tidak Anda memilih prosesor Core i3 atau Core  i5 generasi keempat karena untuk sekarang mereka telah memasuki generasi ke 11. Setiap model dan generasi memiliki kelebihan demi kelebihan, misalnya speedclock, hemat daya, grafis tinggi dll.  Intinya semakin baru semakin mumpuni mengikuti kemajuan dan pencapaian teknologi. 

Generasi processor itu sendiri di antaranya:

1). Nehalem

Generasi ini adalah generasi pertama dari Intel Core i Series

Ini adalah perubahan dari seri pendahulunya yaitu penggabungan komponen ke dalam chip prosesor Controller RAM DDR3 langsung dari prosesor. Selain itu Nehalem ini masih menggunakan teknologi fabrikasi 45 nm. Nehalem ini terasa agak lambat karena memang sudah termasuk produk zaman old.

2). Sandy Bridge

Generasi kedua ini di luncurkan pada tahun 2011 untuk Intel Core yaitu Arsitektur Sandy Bridge. Teknologi Sandy Bridge ini  sudah suport dengan teknik fabrikasi 32 nm dan salah satu fitur barunya adalah adanya VGA di prosesor ini. Kalo di AMD namanya APU atau Fusion

3). Ivy Bridge

Generasi ketiga dari Intel Core adalah arsitektur Ivy Bridge yang merupakan generasi "Tock" dari Sandy Bridge. 

Perubahan mendasar pada teknologi ini adalah penggunaan fabrikasi 22 nm sehingga efisiensi daya listrik jauh lebih besar dari yang sebelumnya. Pada arsitektur ini juga Intel menambahkan dukungan untuk USB 3.0 dan PCI Express 3.0.

Prosesor Ivy Bridge bisa dipake pada motherboard untuk Sandy Bridge (LGA 1155) namun fitur seperti USB 3.0 tidak akan berfungsi karena keterbatasan dukungan chipset dari motherboard tersebut.

4). Haswell

Haswell adalah procesor Intel generasi ke empat yang diluncurkan pada tahun 2013, memiliki fitur baru internal VGA (GPU) lebih cepat. prosesor Sandy Bridge cuma dibuat sampai 3.3-3.4Ghz saja. Sedangkan Ivy Bridge dan Haswell berada di atas 3.4Ghz.

Prosesor ini memiliki soket yang berbeda dari yang sebelunya. Jadi jika ingin upgrade dari generasi sebelumnya harus membeli motherboard baru. Haswell memiliki internal grafik/VGA lebih baik dari Ivy Bridge, namun masih jauh dibawah eksternal VGA. Selain itu, arsitektur ini masih menggunakan fabrikasi yang sama dengan Ivy Bridge yaitu 22 nm. 

5). Broadwell

Diresmikan pada tahun 2014, Broadwell adalah arsitektur generasi kelima. Broadwell merupakan generasi "Tick" dari Haswell, dimana memiliki fabrikasi 14 nm. Dengan mengecilnya “penampang” pada Intel generasi 5 ini, membuat konsumsi daya makin kecil. Namun memliki performa yang lebih baik 5-20% dari generasi sebelumnya. Sama dengan Haswell, Broadwell menggunakan socket LGA 1150 dan LGA 2011-v3.
Kebetulan laptop saya masih menggunakan prosesor intel generasi ke lima ini.

6). Skylake

Intel resmi meluncurkan prosesor Core-i generasi ke enam pada September 2015. Sama seperti arsitektur sebelumnya, Skylake menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Ada teknologi baru dari prosesor ini, dengan teknologi yang dinamakan "speed shift" memungkinkan prosesor untuk bekerja lebih cepat tapi juga menghemat daya. Skylake meningkatkan performa hingga 50% dari generasi sebelumnya dan menghemat streaming video 4K. 

Skylake juga mendukung RAM dengan jenis DDR4 (frekuensi sampai 2133 MHz) dan juga DDR3(frekuensi 1600 MHz). Yang lebih kerennya lagi baru-baru ini diluncurkan Intel Core i9 yang disematkan di arsitektur ini, Intel juga mengeluarkan Intel Core seri m (m3, m5, m7) untuk Skylake.7. 


7). Kaby Lake

Intel generasi ke tujuh diluncurkan secara resmi pada Agustus 2016. Sama seperti 2 generasi sebelumnya, Kaby Lake menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Performanya meningkat sekitar 12% jika dibandingkan dengan Skylake.

Intel Core Generasi ke tujuh ini dapat menciptakan pengalaman multimedia yang maksimal. Pengguna dapat merasakan peningkatan grafis dalam bermain game populer dan paling baru, dan menjalankan video 4K dengan lancar tanpa mengalami penurunan fps.

Hadirnya prosesor Kaby Lake juga menandai persaingan yang akan berjalan ketat antara Intel dan AMD, yang akhirnya mengeluarkan prosesor andalannya yang bernama AMD Ryzen Series.

8). Coffee Lake

Coffee lake resmi diluncurkan pada Oktober 2017. Ini merupakan PAO (Process-Architecture-Optimization) dari Kaby Lake. Masih sama, Coffee Lake memakai teknologi fabrikasi 14 nm, namun pada versi mobile generasi ke-8 sudah menggunakan fabrikasi 10 nm. Performa tentunya meningkat dibandingkan generasi pendahulunya.

Salah satu keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya adalah jumlah core yang meningkat. Contohnya Core i3, yang sebelumnya hanya punya dua inti, kini menjadi empat inti. Sementara untuk Core i5 kini mempunyai enam 6, dan Core i7 juga punya enam inti dengan dukungan hyperthreading.

Oke kita bahas hanya sampai ke generasi ke 8 karena generasi selanjutnya lebih mahal dan semakin kesini akan semakin mahal lagi, he he he..namun mulai dari generasi ke empat Prosesor prosesor ini telah memiliki arsitektur dan kinerja yang sangat bagus untuk di jadikan pilihan di tahun 2020 ini untuk sebuah laptop seken,

6. Sistem Operasi

Biasanya laptop seken memiliki sistem operasi bawaan dari pabrikan artinya asli karena memegang lisensi paket Windows bawaan. Pastikan untuk menanyakan pada penjualnya atau jika Anda memiliki waktu coba pelajari perihal sistem operasi. Sama halnya seperti perangkat keras, perangkat lunak sebuah laptop juga harus di update atau bahkan harus di upgrade. Atau bandingkan dengan ponsel Android dan iOS yang setiap tahun terus mengalami peningkatan melalui versi update-nya.

Yang perlu di fahami sekarang adalah jika Anda membeli laptop berbasis windows, sistem operasi yang di sarankan oleh Microsoft sejak tahun 2019 adalah Windows 10, oleh akrena laptop laptop keluaran 2014 masih menggunakan Windows 7 mungkin patut di pertimbangkan untuk mengganti sistem operasinya ke Windows 10.

Karena sistem Windows 7 sudah tidak di berikan support lagi, maka tidak akan ada dukungan update dan peningkatan sistem keamanan.

Pada saat ini banyak sistem operasi Windows yang di tawarkan dengan seharga 100ribuan di Shopee..itu memang Windows asli dan memiliki lisensi dan produk key, namun mungkin telah di dapatkan dengan cara iligel dan lalu di jual dengan harga murah. Saya tidak menyarankan Anda membeli barang haram karena harga sebuah paket personal Windows 10 aslinya cukup mahal berkisar 1,8 juta hingga 2,5 jutaan tergantung edisinya:

Empat edisi utama dari Windows 10, yaitu:
  1. Windows 10 Home: dirancang untuk digunakan pada PC Dekstop, Laptop dan Tablet.
  2. Windows 10 Pro: Edisi ini di kembangkan dari edisi Home dengan menambahkan fitur penting untuk bisnis, dan memiliki fitur yang setara dengan Windows 8.1 Pro.
  3. Windows 10 Enterprise: memiliki semua fitur dari Windows 10 Pro, dengan fitur tambahan untuk membantu pekerjaan organisasi berbasis IT, dan akan memberikan fungsi yang setara dengan Windows 8.1 Enterprise dan hanya tersedia melalui Liciense Volume.
  4. Windows 10 Education: memiliki semua fitur Windows 10 Enterprise, dirancang untuk digunakan di sekolah, kampus dan universitas. Edisi ini akan tersedia melalui Lisensi Volume.
  5. Windows 10 Enterprise LTSB: Versi ini dikeluaran oleh Microsoft dengan tujuan memberikan opsi kepada kalangan enterprise untuk dapat mempunyai kontrol penuh terhadap update Windows sehingga para penggunanya dapat menolak update yang ditawarkan oleh Microsoft.
Demikian sedikit trik dan tips berikut penjelasan kami perihal speks, semoga berguna bagi pemburu laptop seken yang ingin menggunakannya buat bekerja, blogging, bisnis, desain ringan dsb. 

Ingat karena kecepatan itu penting untuk kesehatan jiwa agar tidak stress oleh ke'leletan' sebuah laptop, maka hal hal di atas wajib di ketahui.

Oh ya mengenai update di atas memang harus kita lakukan jika menyangkut pekerjaan, pengolahan dokumen, dan masalah keamanan data. Namun jika laptop hanya di gunakan buat ngeblog dan membuka browser, untuk sementara update dapat di tunda sampai blognya menghasilkan uang buat beli sistem operasi, atau bahkan buat laptop baru yang lebih modern. Amin.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

7 comments:

  1. Kalo nyebut barang batam kok rada negatif yah mas utama soal hape. Baca2 hasil gugling pada nyaranin hati2 gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada yang pernah terkena penipuan. Mungkin kampanye bisnis, mungkin.... Saya sih belum pernah mengalami hehehe..

      Lebih baik beli hape baru sudah murah kok dan spek sudah mumpuni.. Pilihan juga banyak

      Delete
  2. Kok murah ya harga MacBook dsana.. asli pengen jg kalau harga sgitu, secara layar MacBook pasti adem, 😁
    kmrn saya jg berniat beli laptop, tp karna budget pas pasan, ya ± 7jt an, dapatnya kurang mantapn karna tk pikir² saya gak pede jg bawa laptop kemana-mana, akhirnya rakit pc deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih keren bisa rakit....benar benar tangannya diberkati nih

      Delete
    2. Tapi kalau harganya segitu saya jg pengen loh.. 😁

      Delete
  3. pengalamanku cuma beli iphone bekas di batam, harga lebih murah sih tapi nggak jauh2 amat,, kalau kualitas sih oke, mungkin karena beli langsung dan di tempat yg terpercaya. next pengen beli macbook bekas, masih nabung :D

    -traveler paruh waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik menabung untuk hari tua daripada menabung buat beli laptop. Tapi kalau macbook nya dipakai untuk investasi yo wis..

      Delete

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

2018 - © The EditblogTema