EditblogTema

Desain Panduan Perihal Kami
×
template design by: Anissa Auliasari

Inspire to clever

TIPS MENDESAIN DARK MODE BLOGGER YANG BAIK

AvatarOleh:
Ternyata membuat template itu bukan hanya sekedar memiliki pengatahuan dan menguasai kode HTML, itu sisi programingnya. Yang jelas pembuat template juga harus memiliki sisi personal sebagai desainer. Sehingga nantinya template yang kita buat akan terlihat menarik pandangan mata manusia.
desain dan kombinasi warna

Sisi desain itu sendiri bagaimana membuat program berjalan menjadikan sebuah tema atau template memiliki User Interface (UI) yang baik  dan memiliki sentuhan UX  -memberikan atau merobah pengalaman pengguna (UX atau User Experience). Merobah pengalaman pengguna? Betapa menariknya itu dan tidak mudah juga melakukannya. Saya mengalami kesulitan ini justeru pada saat mencoba menerapkan dark mode toggle ke dalam salah satu template yang sedang saya kerjakan.

Mengapa misalnya warna font (huruf) kok jadi terlalu terang pada saat pindah ke dark mode? Bukannya menjadikan mata menjadi nyaman malah jadi sakit. Karuan ini akan menjadi sebuah desain yang buruk. Akhirnya dari Google saya mendapatkan pelajaran:

1. Hindari warna hitam murni
Saya selalu berfikir hitam adalah hitam, seorang desainer tentulah harus menjadi seorang seniman juga. Sedangkan seorang seniman terutama yang mendesain hal hal berbentuk visual, haruslah mengerti seluk beluk pewarnaan. Mata manusia menangkap warna warni yang beraneka ragam.

Sedangkan kode warna HTML yang bernama hitam itu di tulis #000000 atau 'black', jika saya gabungkan dengan warna font murni putih di tulis #ffffff atau 'white', akan terjadi kontras! Benar latar terlalu hitam sedangkan huruf terlalu putih. Contohnya saya terapkan pada bagian CSS seperti ini:

<style>
body {
padding: 25px;
background-color: white;
color: black;
font-size: 25px;
}
.dark-mode {
background-color: black;
color: white;
}
</style>

Lihat DEMO PERCOBAAN nya.

Percobaan ini boleh dikatakan gagal dalam mengkombinasikan warna saya ternyata hanya faham 'black and white' saja.

Saya juga lupa mempertimbangkan seperti apa warna warna lain pada template blog yang sedang saya kerjakan ketika di beri latar hitam. Wah saya harus belajar banyak. Jadi bukankah lebih baik mengurangi warna font tulisan dengan kadar atau range tertentu misalnya jadi sedikit agak abu abu?

2. Hindari font warna saturasi pada latar Hitam
Warna warni saturasi tentunya cantik saat di sandingkan dengan latar warna putih cerah. Akan tetapi akan menghasilkan vibrasi warna pada saat di sandingkan dengan latar gelap dan membuat sakit mata pada saat membaca tulisan. Jangan membuat warna font tulisan dengan saturasi warna! Jadi kurangi atau hilangkan warna saturasi pada saat menggunakan dark mode.

Gunakan range (atau kadar pencahayaan) kecerahan diantara range 200-50 karena akan mudah di baca oleh mata dan tidak membuat mata pembaca menjadi lelah pada saat memandangi huruf di halaman blog anda.

3. Fahami standard warna warna kontras
Jika anda ingin memastikan konten tulisan anda tetap enak di baca bai pada saat normal mode maupun pada saat dark mode, dan untungnya Google ada memberikan panduannya. Material Desain dari Google merekomendasikan paling tidak level kontras yang baik itu adalah 15,8:1.

Warna latar harus benar benar hitam untuk dapat menampilkan font warna terang dan tampak putih, jika perlu gunakan tool pembanding atau rasio warna kontras di Google.

4. Test tampilan dark mode terlebih dahulu
Ya test dengan pandangan Anda sendiri, juga tanyakan pada teman anda apakah sudah nyaman di baca?
Jika kurang Anda harus mengejasnya, demikian juga jika terlalu berlebihan baik warna, kecerahan, saturasi hingga keyamanan matanya.


Warna juga dapat menampilkan sisi emosional dan secara visual dapat menjadi daya tarik tambahan yang sangat penting bagi sebuah tampilan template, kepiawaian mencampur dan memadukan warna sehingga menghasilkan efek visual dapat menjadikan sebuah template menarik dan berguna bagi blogger penggunanya dan membuat pengunjung betah membaca. 

Desain juga juga dapat mempengaruhi kesehatan mata dan sisi emosi pembaca. Jadi karena hal inilah saya benar benar masih harus banyak mempelajari teknik teknis desain.


Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

4 comments:

  1. Wah, aku nggak jago soal kayak ginian, tapi ini jadi wawasan tersendiri buat aku. Tapi, dark mode ini maksudnya gimana Kak? Apakah background gelap dan bisa dibaca di keadaan gelap atau bagaimana?

    ReplyDelete
  2. Haha, bener ni, kalo mau pasang dark mode warna tulisan juga kudu diperhati'in. Banyak ketemu blog-blog yang gelap latar belakangnya, warna font-nya juga gelap. Mata auto kesiksa :v.

    ReplyDelete

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

2018 - © The EditblogTema