EditblogTema

Desain Panduan Perihal Kami
×
template design by: Anissa Auliasari

Inspire to clever

JANGAN SEPELEKAN HOBI BLOGGING

AvatarOleh:
Walaupun kata orang sekarang zamannya youtube, namun blogging beda, blogging itu kontennya harus menulis dan menulis adalah sebuah keahlian yang cukup berharga kalau tidak bisa dikatakan masih sangat berharga. Blogging dapat menjadi sangat bermanfaat ketika kita menekuninya dengan ikhlas dan nothing to loose saja. Caranya ya lupakan dulu niat selain hal itu, eh bagaimana caranya?
Jangan sepelekan hobi blogging Anda

Cara ini mudah dilakukan tapi bagi sebagian blogger berat melaksanakannya karena banyak alasan dan motivasi orang dalam ngeblog alias blogging. 

1. Ada yang blogging karena adsense dan uang, karena dengan adsense bisa menghasilkan uang. Problemnya kondisi perekonomian dunia dan juga pastinya negara yang sedang sulit ditambah populasi manusia yang semakin bertambah dan kompetisi dalam dunia blogging juga bertambah sengit, apalagi blogging dapat tantangan dari konten konten youtube,  ya jika tidak disesuaikan dengan persyaratan blogging adsense,  pasti akan kecewa. 

2. Blogging karena bisnis. Ini lebih baik namun di butuhkan kerja keras, keuletan,  kejujuran, skill bisnis dan pengelolaan halaman blog atau web yang disesuaikan dengan misi bisnis. Jika berhasil, model blogging ini akan mendatangkan kepuasan tersendiri. 

3. Blogging karena hobi. Nah ini yang paling mungkin bisa diterapakan sesuai dengan judul postingan kami: Blogging karena hobi. Buat apa buang waktu?  Woi orang hobi pakai sepeda walau sudah punya mobil. Hobi mancing walau panas terik matahari. 

Pasti dong ada manfaatnya. Apalagi blogging memiliki dimensi cukup luas, siapa tahu nantinya bisa berkembang menjadi bisnis online. Dan karena menggeluti hobi dengan serius banyak lho blogger model begini berubah menjadi website besar dan memiliki penghasilan dari bisnis yang mereka kelola didalamnya hingga adsense.

JANGAN SEPELEKAN HOBI. 

Sebenarnya sih hobi apa saja, termasuk hobi bikin kue, hobi ngobrol dan mempengaruhi orang, hobi travelling, hobi menulis, hobi bercocok tanam...dll. Semuanya akan berubah menjadi materi ketika kita menekuninya.

Dan, banyak lho yang akhirnya jadi sukses karena hobi, dari hobi jadi materi tadi. Keren bukan?  Eit, jangan buru buru mengkhayal, semuanya berjalan pada relnya masing. Segala hal memerlukan kerja keras dan konsistensi. Tidak boleh panas panas tai ayam. Itu namanya bukan hobi.

Jika kalian hobi blogging maka kalian memiliki banyak kesempatan yang sangat keren. Misalnya blogging properti, blogging traveling, blogging IT. Melalui media itu kalian dapat mempromosikan bisnis yang sebenarnya : properti. Travelling. Dengan bogging IT lebih mudah bagi kalian  menjangkau projek projek pembuatan aplikasi berbasis web. 

Tidak percaya? Iseng saja saya mendapatkan tawaran mengelola web sebuah perusahaan lokal, tentu saja saya batasi dong sampai pembuatan selesai hingga garansi 6 bulan setelah itu DONE. 

Jika diturut tentu akan lebih banyak orderan. Tapi karena saya harus bekerja di sebuah perusahaan Asing maka saya menawarkannya pada sahabat terdekat untuk mengerjakannya. 

Itu contoh manfaatnya. 

Jangan sepelekan hobi kalau sudah hobi ya hobi saja. Jalani saja disela sela waktu luang Kalian. Siapa tahu itu justeru jalan panjang yang telah kalian lalui sementara walau belum terlihat,  kesuksesan ternyata sudah dekat.

Menurut laman Finansialku, blog blog di bawah ini adalah contoh dari hasil blogging yang sukses, kalian dapat mampir untuk menjenguk dan belajar melalui laman mereka:
  1. Marikxon Manurung — Maxmanroe.com
  2. Rhein Mahatma — StartupBisnis.com
  3. Yodhia Antariksa — StrategiManajemen.com
  4. Trinity — The Naked Traveler.com
  5. Taufik Hidayat — TMCBlog.com
  6. Iwan Banaran — IwanBanaran.com
  7. Ilman Akbar — anakUI.com
  8. I Made Wirawan — BlogDokter.com
  9. Rusdianto — Writepreneurs.com
  10. Medhy Hidayat — BlogGueBo.com
  11. Sugeng Riyadi — Sugeng.id
  12. Budi Rahardjo — Rahard.Wordpress.com
  13. Wientor Rah Mada — BixBux.com
  14. Indri Lidiawati — JuraganCipir.com
  15. Adhy Suryadi — KompiAjaib.com
  16. Agus Mulyadi — AgusMulyadi.web.id
  17. Muhammad Ali Mudzofar — Dzofar.com
  18. Winda Krisnadefa — EmakGaoel.com
  19. Isnuansa Maharani — Isnuansa.com
  20. Aulia Masna — ADdiction.id
  21. Asri Tadda — AsriTadda.com
  22. Swastika Nohara — LifeTimeJourney.me
  23. Ahmad Khoirul Azmi — TautWeb.com
  24. PanduanIm.com
Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

10 comments:

  1. Artikel yang bagus. Blog saya terinspirasi dari blog yodhia antariksa. Memang baiknya ngeblog itu karena senang, menyalurkan hobi, bukan karena dikejar target adsense dan sejenisnya. Dijaminblog akan bertahan sampai sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar itu saya juga sudah merasakannya

      Delete
  2. blogging memang karena hobi. Malah awal2 karena tugas IT waktu SMA tahun 2009 mas, sampe sekarang ngeblog terus. Awalnya cuma nulis ala-ala blog personal. Sekarang mengarah ke personal finance. Malah, dari blog saya nyari audience lebih banyak lewat bikin podcast dengan tema yang sama.

    Alhamdulillah, dari hobi ini ada uang tambahan untuk beli kuota, bayar hosting, domain, beli theme dan masih banyak lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ikuti blog finance mas Sabda. Itu keren banget

      Delete
  3. tentunya gw ngeblog karna hobi mas, itu yang membuat gw bertahan sampai sekrang.. dilihat dari blog gw sepertinya gak akan mampu buat ads maupun bisnis, meski kadang ada arah pengen kesitu, tapi mau gimana lagi.. selama ini gw ngeblog masih seperti main sosial media aja :)

    ReplyDelete
  4. Kalau hobi jadi berasa nggak ada beban atau tuntutan. Mengalir aja, tahu-tahu malah jadi bisnis. Pengen juga donk, kayak blogger-blogger yang ditulis di atas
    Amin😁

    ReplyDelete
  5. Seni menulis itu susah lho, susah memberi penjelasan dalam sebuah kalimat.

    Dulu ngeblog karena buat catatan, lama kelamaan iseng pasang adsense, ya..aa itu aslinya kalau ngarep uang bnyak dari sana kayaknya mustahil. Munkin Bisa jg, tapi materi blog nya bukan yg ku buat saat ini. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tau materi yang bisa jadi duit itu apa ya biar kutingkatkan motivasi

      Delete
  6. Artikel yang luar biasa !! Artikel ini banyak membantu saya. Terus menulis dan terus berbagi. Terima kasih.

    ReplyDelete
  7. ya saya juga jadi blogger kerana hobi

    hanya suka berkongsi kisah-kisah peribadi yang bisa memberi manfaat kepada orang lain..

    ReplyDelete

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

2018 - © The EditblogTema