EditblogTema

Desain Panduan Perihal Kami
×
template design by: Anissa Auliasari

Inspire to clever

CARA MEMASANG WINDOWS LIVE ESENTIAL MOVIE MAKER KE LAPTOP WINDOWS 7 DI TAHUN 2020

AvatarOleh:
Rasanya hingga tahun 2020 masih banyak orang yang memiliki laptop yang masih menggunakan sistem operasi windows 7 maka tidak lengkap kalau di dalamnya tidak terpasang aplikasi windows maker, yakni sebuah aplikasi atau software buatan Microsoft untuk mengedit video. Sebenarnya menurut saya pribadi tool pengedit video ini sederhana namun lengkap, bayangkan hanya dengan drag gambar dan video, drag audio baik itu musik, narasi atau langsung rekam kita sudah dapat membuat video dengan basis yang bagus. Termasuk jika ingin membuat subtitle sederhana ke dalam video yang sedang kita kerjakan.

cara memasang windows video maker 2020

Ketimbang harus membeli aplikasi atau software pengedit video yang tidak murah, mengapa tidak memanfaatkan Windows Video Maker yang telah di gratiskan dan bulan depan Windows 7 juga akan di gratiskan. Manfaatkan saja. Dan hemat uang.

Windows 7 akan di gratiskan
Ya tentu saja sistem operasi yang sampai saat ini masih bisa berjalan pada laptop PC Windows ini akan segera di pensiunkan dalam waktu dekat di tahun 2020. Ya kita juga sudah tahu nasib Windows XP di masa lalu, artinya walau masih bisa di pakai semenjak 14 Januari yang lalu tidak akan ada lagi hal hal penting sebagai berikut:
  1. Tidak ada lagi update/peningkatan keamanan
  2. Tidak ada lagi update/peningkatan software
  3. Tidak lagi di berikan dukungan teknis
Umumnya Microsoft mematok harga mahal untuk setiap paket Windows, namun karena pengembangannya telah di hentikan, sebuah OS akan di biarkan tanpa harga alias gratis. Dan sebagai gantinya Microsoft mewajibkan pengguna beralih ke sistem terbaru mereka: Windows 10.

Bagi para pengguna PC baik dekstop maupun Laptop Windows perkantoran yang masih menggunakan sistem operasi windows 7 enterprise (di atasnya windows 7 pro) yang pada umumnya di peruntukan untuk kalangan korporat tidak perlu pusing karena paket software telah terpasang lengkap pada laptopnya. Tapi bagi pengguna laptop personal ceritanya lain, kalau hanya menggunakan sistem operasi home premium tentu saja paket instalasinya dibatasi. 

Hari segini tentu gunanya tidak jauh jauh bagi blogger dan youtuber: Membuat konten video. Namun tentu saja, pengembangan aplikasi video ini telah di hentikan oleh tim Microsoft mulai tahun lalu dan Link pengunduhan resminya telah di hapus oleh pihak Microsoft. Dan Windows 7 menjadi di gratiskan mulai bulan depan kalau tidak salah. Windows ini akan tetap di pakai oleh pengguna hingga beberapa tahun ke depan. Dan aplikasi Windows Live Essentials  ini masih tetap bekerja dengan stabil dan kuat.

Dan jika Anda mencarinya di internet akan banyak link menawarkan download Windows Maker, tapi kebanyakan 'tiruan' atau aplikasi alternatif yang ujung ujungnya berbayar jika ingin menggunakan versi full (penuh) nya. Manalagi kita harus masuk ke halaman landing yang banyak iklannya. Salah klik bisa bisa pindah sana dan pindah sini karena jebakan Batman. Yang untung adalah pemilik situs..yaaa, namanya juga usaha. 


Link yang aman itu adalah link menuju halaman Microsoft itu sendiri:

https://support.microsoft.com/en-us/help/18614/windows-essentials

Link diatas itu selama ini tempat para pengguna PC Windows mendownload Windows Live Essential - Windows Movie Maker. Tapi disana kini kita hanya menemukan pengumuman yang bunyinya:

We're no longer offering the Windows Essentials 2012 suite for download, but if you already have it installed, it will continue to work as it does today. It reached end of support on January 10, 2017, and it isn't available in Windows 10.
(Kami tidak lagi menyediakan paket Windows Essentials 2012 untuk di download, namun jika Anda telah menginstal sebelumnya, maka paket tersebut tetap bisa bekerja hingga hari ini. Ia telah sampai batas terakhir support tanggal 10 Janurati 2017, dan Ia tidak tersedia di dalam Windows 10).

Windows 10 sistem operasi komputer Microsoft terbau telah menggunakan paket instalasi pengedit video yang berbeda dan lebih maju. 

PASANG WINDOWS LIVE ESSENSTIALS 2012
Untungnya masih ada situs seperti CNET yang menyimpan file tersebut dan masih siap untuk di download. Alih alih mencari dengan kata kunci 'Windows Video Maker' dan menghasilkan begitu banyak link yang kebanyakan penuh perangkap Batman, Anda lebih baik mencari kunci kata Windows Essentials 2012. Apakah Windows Live Essential itu?

Menurut Wikipedia:

Windows Essentials (sebelumnya Windows Live Essentials dan Windows Live Installer) adalah paket aplikasi perangkat lunak gratis dari Microsoft yang menawarkan layanan surel, pesan instan, berbagi foto, penerbitan blog, dan keamanan yang terintegrasi. Program-program Essentials dirancang untuk mudah terintegrasi satu sama lain, dengan Microsoft Windows, dan dengan layanan berbasis web Microsoft lain seperti SkyDrive (sekarang OneDrive) dan Outlook, sehingga semuanya bisa beroperasi dengan "mulus”

Faktanya:
  1. Windows Movie Maker adalah paket Windows Essential dan tidak di install secara terpisah, jika Anda mendapatkan paket terpisah besar kemungkinan akan 'corrupt' pada saat pemasangan.
  2. Windows Movie Maker yang paling User Friendly dan Paling populer itu adalah berasal dari tahun 2012, bukan 2014, 2016 dst karena setelah itu Microsoft memang telah menghentikan pengembangannya. Jika ada penawaran tahun setelahnya dapat dipastikan bkan Windows Movie Maker, bisa tiruan, bisa saja aplikasi alternatif.
  3. Windows Essentials menyertakan aplikasi aplikasi lain seperti Windows Messenger dan Windows Live Mail.
  4. Setelah tahun tahun belakangan Linknya hanya tersedia pada halaman non Microsoft seperti CNET dan beberapa halaman web serupa.
Linknya adalah (bukan halaman Microsoft):

https://download.cnet.com/Windows-Live-Essentials-2012/3000-20418_4-10805747.html

Dengan mengunjungi link di atas Anda akan langsung menemukan tombol download seperti terlihat pada gambar berikut:
paket windows live essentials 2012
Ada baiknya berhati hati sebelum mendownload, bagi pengguna PC windows yang menggunakan Antivirus saya selalu memasang tameng terhadap segala sesuatu yang mencurigakan. Dan memang beberapa kali Antivirus laptop saya 'ngamuk' karena saya memasuki situs situs tidak aman untuk melakukan pencarian windows maker ini. Dan Windows Maker ini saya pergunakan untuk mengedit video sebelum saya rilis ke Youtube yang mensupport hobi blogging saya.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

5 comments:

  1. Thanks to you, we learn something

    ReplyDelete
  2. hai mas! apa khabar? waduhhhh lama sungguh saya tak mampir ke sini. mas sihat ke tu? harap2 begitulah. maaflah sudah lama saya tak bertanya khabar dan hari ini baru dapat semangat dan momentum untuk kembali berblog. jika berkelapangan, sudi sudilah mampir ke blog saya ya! kita bertegur sapa seperti dulu ;-) see ya!

    ReplyDelete
  3. wah saya lama tidak menggunakan WM ini sejak enggak sekolah
    dulu suka utak atik foto jadi video sebelum marak andorid

    ini saya pingin coba lagi karena sepertnya ngedit di PC lebih mengasyikkan dari di HP
    makasih sharingnya mas
    salam

    ReplyDelete
  4. Waw, jadi nostalgia nih sama WMM. Dulu inget banget pertama kali belajar bikin video hardsub pakai ini, soalnya gratis dan memang dah kepasang di Win XP.

    ReplyDelete

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

2018 - © The EditblogTema