4 ALASAN MENGAPA MICROSOFT HARUS MENGEMBANGKAN WINDOWS 10 MOBILE

Pada bulan Januari yang lalu Microsoft telah resmi menghentikan dukungannya pada sistem operasi Windows 7 dan artinya dalam beberapa bulan ke depan semua versi Windows 7 akan menjadi gratis sama sekali , namun akan kehilangan hal hal berikut:
windows 10 berjalan Macbook
windows 10 berjalan Macbook
  1. Tidak ada lagi update/peningkatan keamanan
  2. Tidak ada lagi update/peningkatan software
  3. Tidak lagi di berikan dukungan teknis.
Tentu itu buruk bagi pengguna corporate atau kalangan pengusaha dengan sistem management aman dan sehat jika masih menggunakannya. Namun berbeda dengan pengguna personal dan rumahan, untuk perangkat perangkat PC baik desktop maupun laptop pasti akan masih worth, karena alasan harganya termasuk saya yang memutuskan belum lagi akan pindah ke Windows 10 dalam waktu dekat.

1. KARENA PERANGKAT KERAS BERUBAH MENJADI SEMAKIN CANGGIH
Bak kata pepatah, 'tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri' Sebuah perangkat lunak sistem operasi memang harus menyesuaikan diri dengan isu perkembangan zaman, jadi harus selalu up to date. Karena perangkat keras komputer juga semakin canggih, kecepatan prosesor semakin meningkat, harddisk komputer juga telah berubah dari sistem harddisk berbasis mekanis yang bising menjadi SSD yang lebih portable, 8 kali lebih kencang dan tenang.

Perubahan ini berpengaruh besar pada bentuk, ukuran dan dimensi berat sebuah laptop. Jika laptop pada masa dulu lebih bongsor berat dan konvensional kaku, kini sebuah laptop tampak menjadi tipis, ringan namun memiliki kekuatan dan kecepatan yang berlipat ganda. Juga enak di pandang mata.

OS juga harus mengimbanginya demi memaksimalkan kinerja dan performa sebuah perangkat komputer, perubahan harus terjadi pada bagian tampilan layar melalui sistem operasi berikut ekosistemnya. Muncul tampilan tampilan yang semakin user friendly dan UX yang semakin memudahkan pengoperasian sebuah perangkat komputer. Secara umum kita melihat tampilan Windows 10 amat berbeda dengan tampilan sistem windows 7.

2. PERSAINGAN DAN PERANG ANTAR SISTEM OPERASI MOBILE
Di masa lalu Microsoft harus menelan kekalahan pahit ketika harus berhadapan dengan dominasi Android di ranah sistem operasi mobile. Pada masa itu Microsoft mengambil alih Nokia dan merilis ponsel Windows mobile 'Lumia'.

Tapi apa lacur? sistem tersebut terlihat sangat berbeda dengan Windows desktop dan laptop, pengguna berharap dapat melihat sebuah sistem windows mobile yang tersinkron secara teknis ke windows yang dipergunakan pada laptop dan desktop PC. Mereka kecewa karena sistem operasi tersebut ternyata terpisah tidak memberikan pengalaman produktivitas yang tinggi. Misalnya mereka berharap dengan memiliki ponsel berbasis sistem operasi Windows Lumia, mereka akan dapat paling tidak melakukan beberapa pekerjaan ringan melalui hape mereka.

Oke, mereka memang bisa mengirim, menerima dan menulis email, namun sistem operasi lain seperti RIM milik Blackberry, iOS milik Apple, Android milik Google telah terlebih dahulu memiliki hal itu. Jadi dalam banyak hal sistem operasi Windows telah kehilangan start. Seperti kata pepatah hanya ada satu singa di dalam satu kandang, Android dan Apple keluar sebagai pemenang yang mendominasi sistem operasi mobile di dunia sampai pada saat ini.

Sistem operasi seperti RIM dan Windows mobile pada akhirnya harus rela menepi. Sampai sampai Bill Gates pernah berkata: "Saya menyesal pada waktu itu membiarkan sistem Android menjadi besar pada saat pertama Google mengatakan kepada saya". 

Sekarang nasi sudah menjadi bubur.

Apple telah memisahkan sistem operasi mereka namun tetap terpadu dalam satu sistem environmental yang kokoh dan kuat. Misalnya: 
  1. Lini iPhone berjalan dengan sistem iOS, 
  2. Lini iPad berjalan dengan sistem iPadOS
  3. Lini Macbook berjalan dengan sistem MacOS
Semua sistem itu bekerja dengan sangat baik dan kompak pada jenis perangkat masing masing. iPhone sangat stabil dengan iOSnya namun sangat sinkron terhadap sistem iPadOS dan MacOS, iPad dengan iPadOS ini memiliki fitur hampir setara dengan MacOS, sehingga mampu menjalankan aplikasi aplikasi berat untuk produktifitas, seperti mengedit gambar gambar melalui autoCad, meakukan pekerjaan perkantoran secara full akses dsb.

Jadi memiliki sebuah iPad rasanya seperti pengalaman memiliki sebuah iPhone dan sebuah macbook sekaligus! Apple semakin pintar saja ya, gaes.

Tapi apa hubungannya sistem operasi Windows dengan sistem operasi mobile?

3. DEMI MENGEJAR TREND MOBILE DAN MOBILE
Google paling terdepan dalam hal kampanye penggunaan perangkat dan sistem mobile seluler, dan mereka menjadi pemilik sistem operasi paling besar di dunia, juga produsen ponsel pixel.

Kini terbukti lebih 4 milyar manusia telah memiliki perangkat mobile alias smartphone di dalam genggaman tangan mereka. Pada setiap web yang terkait dan terhubung dengan Google misalnya blog blog mainstream, media massa hingga situs situs bisnis di wajibkan menggunakan AMP (Accelaration Mobile Page). Mereka yang mengadopsi hal ini situsnya akan di utamakan oleh mesin pencari. Termasuk jika Anda blogging menggunakan template AMP dan mengelolanya dengan benar tanpa error!

Hal ini cukup mengkhawatirkan pesaing karena laju Google sebagai raksasa internet tampak tidak terbendung lagi. Internet yang tadinya adalah WWW tampak telah menjadi Google
Nah sistem operasi harus mengimbanginya! Apple juga terus meningkatkan sistem operasi MacOS pada perangkat mereka.

Bayangkan jika mulai hari ini dan apalagi nanti semilyar pelaku bisnis tidak selalu menggunakan laptop dan PC dekstop lagi tapi mengakses bisnis melalui perangkat genggam! Sistem operasi ponsel kini mendukung hampir semua aplikasi yang dulunya hanya ada pada desktop, mulai dari aplikasi perkantoran, pengeditan gambar, penulisan, blogging, kamera untuk kebutuhan artikel dan pelaporan. Semuanya kini dapat di lakukan melalui sebuah smartphone atau ponsel.

Karuan ini cukup signifikan mengurangi peranan laptop secara personal alias perorangan. Pasar laptop hanya menjadi margin jenis perusahaan.

Eh benar lho Gaes, lebih 80% blog ini di tulisnya pakai perangkat Mobile (hape dan tablet)  bahkan template template yang kami buat juga menggunakan tablet dan hape. 

Microsoft menaruh harapan pada sistem operasi Windows 10 yang pada akhirnya dapat dipergunakan pada perangkat perangkat mobile seperti hape dan tablet. Sistem ini mendukung layar sentuh dan tampilan seperti tampilan Metro yang pas untuk mobile terutama tablet. Secara pribadi saya yakin kalau tujuan di kembangkannya OS windows 10 ini akan dijadikan senjata oleh Microsoft untuk merebut pasar masa depan : Mobile.

4. DEMI TABLET MICROSOFT SURFACE
Menariknya Microsoft jauh jauh hari sudah memiliki dan memproduksi gadget ini : Microsoft Surface. Microsoft Surface ini bertujuan untuk mengimbangi bisnis pangsa tablet. Misalnya Google dengan tablet tablet Androidnya. Atau Apple dengan iPadnya. 
Gambar Microsoft Surface
Gambar Microsoft Surface
Dalam perkembangannya Microsoft Surfaces memiliki versi personal  dan Pro. Ia seolah berfungsi untuk menggantikan laptop notebook dan PC pada sisi produktivitasnya Karena memang memiliki fitur fitur premium untuk berproduktivitas.  Dilain pihak dimensi dan ukurannya benar benar mirip sebuah tablet dengan sistem operasi Windows 10 dan untuk alasan kompatibelitas tidak mungkin menggunakan Windows 7 yang telah didesain untuk di gunakan pada PC laptop dan desktop.

Yang unik adalah terdapat persamaan penggunaan Android dan Windows jika dilihat dari sisi pengguna melalui perangkat, sama sama memiliki banyak vendor dan produsen perangkat keras yang berbeda beda. 

Pada pasar mobile Android dipakai oleh ribuan produsen seluler dengan berbagai merek misalnya: Samsung, xiomi, oppo, vivan dll. 

Sedangkan windows pada perangkat yang sedang menguasai pasar PC baik laptop maupun desktop tercatat seperti Dell, HP,  Acer,  Asus, Samsung, dll. 

Karena tampak dunia sedang berubah bergulir ke pasar Mobile, Microsoft tidak tinggal diam. Mereka mulai menyiapkan sistem operasi windows 10 sebagai pemungkasnya: Sebuah sistem operasi yang akan bekerja pada perangkat perangkat pc dan mobile sekaligus. Jika tidak, mereka bisa tergulung oleh Android dan dilupakan oleh pengguna layaknya nasib sistem Syimbian Nokia dimasa lalu. Ini terdengar seperti  bukan dongeng. Dan ini seperti sebuah perang yang sedang berlangsung hangat, sengit dan intim. 

Kesimpulan:

Kedepannya Microsoft tentu ingin memenuhi harapan ini : sebuah sistem environment yang kuat terintegrasi dan meningkatkan pengalaman pengguna karena jika Google saja mencoba merambah pasar desktop komputer melalui usahanya. Maka wajar jika Microsoft ingin meminta bagian pasar mobile. Apalagi pasar Mobile adalah trend masa depan, mengabaikannya berarti kehilangan masa depan. 

Dengan sistem Windows 10 bukan mustahil dimasa depan Microsoft akan menjadi salah satu vendor OS mobile terbesar di dunia.

Ikuti terus trik, tips, teknik hack dan kabar terupdate dari blog ini!

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

4 Comments

  1. Semoga saja ya nanti Microsoft mengembangkan sistem operasi Windows 10 agar bisa menjadi OS saingan Android, masa semua hape dan tablet pakai android, kan kurang ada persaingan gitu.

    ReplyDelete
  2. Betul juga kalau microsoft ngga mau mengikuti langkah dari pesaingnya bakalan ditinggal oleh penggunanya kemudian beralih ke yang lebih 'ramah' di kantung.

    ReplyDelete
  3. saya sepakat pasar mobile adalah pasar masa depan jadi mau enggak mau ya harus update

    kalau enggak ya tertinggal jauh

    ReplyDelete
  4. Intinya jangan kaku2, windows jadi os mobile smartphone msh kalah laku krn tdk praktis dan mungkin hrg mahal dan sulit d customize sm develop.
    Jualan harganya mahal juga si ... jd buat yang mau coba2 sensasinya pikir2 ...

    ReplyDelete

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE