MENGAPA PENGHASILAN ADSENSE TERASA SEMAKIN MENURUN DARI TAHUN KE TAHUN?

Follow: sofyan Ya-an
Jangankan Blogger, bahkan Youtuber juga. Terlepas dari kemampuan personal dari para Blogger dan Youtuber itu sendiri, tidak perduli seberapa lama anda telah menggeluti dunia blogging untuk menangguk duit daripadanya. Mungkin faktor faktor di bawah ini diantaranya adalah jawabannya.
penghasilan menurun dari tahun ke tahun?
penghasilan adsense menurun dari tahun ke tahun?
  1. Niche blog/youtube. Pastinya ada Niche mahal dan ada Niche murah.
  2. Jumlah View (cpm)
  3. Asal Traffik
  4. Durasi Video
  5. Jumlah Klik (CPC
Saya percaya salah satu blog saya sepertinya memiliki jumlah view 2-3rb/ hari tapi nichenya gado gado, 3 bulan tidak akan gajian. Asal trafiknya juga kebanyakan dari fanpage, dan memang jumlah klik sangat kecil. Total jumlah klik ada 7ribuan saja sejak tahun 2017 yang lalu. Ingat kita bicara adsense ya.

Apa yang salah?

Jika kita berasumsi karena jumlah blogger dan youtuber bertambah sehingga persaingan menjadi semakin sengit menyisakan sebagian blogger menjadi termarjinalkan kita juga harus ingat jumlah pengiklan juga bertambah kok. Artinya kebutuhan blogging masih seimbang dengan bagi bagi kue adsensenya. Belum lagi para artis, para politikus, kalangan menengah yang memiliki modal kuat kini sedang berlomba lomba membuat saluran youtube dengan konten konten menarik.

Sebabnya jika artis, pejabat dan kalangan ekonomi mampu dengan modal nama besar ikut ikutan main youtube memang sangat mungkin cepat sukses. Bayangkan saja mereka membuat konten dari rumah produksi mereka atau paling tidak memanfaatkan milik teman teman sesama sesama level mereka. Semuanya terlihat pada maang adsense. Sebagai sebuah badan usaha dengan tujuan keuntungan, wajar Google mengutamakan mereka.

Aduh daripada berpikir Adsense, itu bukanlah segalanya. Blogging adalah hobby dan masih banyak cara untuk mendatangkan penghasilan melaluinya. Demikian juga dengan Youtube yang sedikit lebih lumayan penghasilannya daripada blogging. 

Akan selalu ada hadiah bagi orang yang bekerja keras, demikian pepatah. Kalau menurut saya akan ada upah entah dalam bentuk penghargaan apa kita tidak akan pernah tahu. Jadi tetaplah membuat konten. Pada masanya konten konten tersebut akan dibutuhkan oleh orang lain.

Tentu saja tidak semua blogger mengalaminya, namun sudah semakin langka saja yang penghasilannya stabil apalagi terus meningkat pada masa masa ini. Kita harus melihat situasi sekarang:
  • Dunia sedang berjuang menghadapi pademi covid 19 dan ini sedikit banyak mempengaruhi dunia blogging terutama pada bagian penghasilannya, mengapa? Karena peneydia iklan juga terhubung langsung kepada perkembangan bisnis yagn sedang mereka iklankan.
  • Jumlah konten semakin banyak, beragam dan terulang ulang, sehingga pembaca dapat menemukannya di berbagai situs yang berbeda. Ini membuat kunjungan ke blog kita tertunda karena mereka sudah meneukan apa yang mereka cari.
  • Teknologi baru mulai menggantikan konten tulisan dalam bentuk video ringan, gambar animasi dll. Interest pembaca sedang teralihkan kepada hal hal baru.
  • Dll.
Disamping itu blogging tetap memiliki potensi yang baik, jika kita tetap konsisten dalam membuat konten konten baru dan bermutu. 

SHARE YA...

Comments

  1. adsense itu tipu muslihat jangan pernah percaya, lihat kasus di india

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari