CARA MENGGUNAKAN DASBOR BARU BLOGGER UNTUK MENDESAIN TEMPLATE

Masih banyak blogger yang menggunakan pengaturan atau dasbor blogger lama. Wajar setiap kali perubahan datang kita butuh menyesuaikan diri. Akan tetapi perlu di ingat setiap perubahan di tujukan untuk lebih memudahkan pengaksesan, pengeditan, pekerjaan dan lain lainnya. Dan Google tentu saja tidak serta merta menghapus pengaturan dasbor lama. Itu masih disana, masih bisa di pergunakan. Tetapi nanti jika dasbor baru telah sempurna, dasbor lama akan di hapus. 
fitur baru dasbor blogger
Fitur baru dasbor blogger dengan fitur navigasi preview


Jadi sebaiknya membiasakan diri mulai sekarang. Karena menurut saya diantara segudang fitur baru salah satu fitur yang hebat telah datang pada dasbor baru ini yakni kemudahan navigasi atau U.I. (User Interface-nya) dalam mengedit, mengkustomisasi atau bahkan membuat template yang sebelumnya tidak pernah ada. Google memberi kita kesempatan untuk membuat sebuah desain template blogger melalui tool aplikasi mereka.

Walaupun hanya sebuah tutorial sederhana, tulisan ini memberikan petunjuk yang cukup lengkap.

MODE PRATINJAU (PREVIEW)

Ketika kita masuk ke pengaturan dasbor blogger dan memilih TEMA, lalu kita akan masuk ke halaman editor HTML, disanalah kita memulai pengeditan dengan menambahkan, atau hanya mengedit HTML, CSS dah Javascript yang telah ada. Pada pengaturan dasbor blogger lama tidak terdapat fitur tambahan pada fitur preview (pratinjau) seperti terlihat pada gambar ilustrasi berikut:
dasbor tampilan preview mode PC deskktop
dasbor preview mode PC deskktop

Mode pratinjau atau preview memang ada pada dasbor lama tapi perhatikan navigasi di bawahnya yang saya lingkari merah, itu baru. Pada gambar di atas saya memilih pratinjau tampilan desktop, maka yang tampil adalah tampilan template hasil editan kita jika di tampilkan melalui PC dekstop. 

Bagi saya ini penting untuk memastikan template yang sedang kita edit telah responsif, dan ketika saya memilih pratinjau dengan mengklik ikon hape/ponsel pada gambar ilustrasi berikut:
dasbor tampilan preview blogger mode ponsel
dasbor preview blogger mode ponsel

Begitu ikon hape saya tekan maka yang tampil adalah tampilan template halaman blogger pada tampilan ponsel. Dengan demikian pada saat saya melakukan perombakan sebuah template melalui tablet saya tidak perlu bolak balik lihat hape dan laptop untuk memastikan hasil template buatan saya seperti apa dan apakah sudah benar benar responsif. Fitur ini benar benar membantu mempercepat pekerjaan. 

Disamping itu kali ini saya hanya butuh satu perangkat untuk menguji tampilan template dari berbagai ukuran:
  1. Tampilan PC dekstop/laptop
  2. Tampilan tablet
  3. Tampilan hape/ponsel porrait
  4. Tampilan hape/ponsel landscape
Jadi untuk membuat dan mendesain template saya hanya butuh satu perangkat tablet atau paling kepepet sebuah ponsel dengan layar 5 inch ke atas. Dan di zaman yang serba mobile ini saya merasa di beri kemudahan pada saat mendesain template blog melalui hape, saya bahkan sekaligus jadi tahu bagaimana kelak tampilannya pada layar deskstop dan laptop.

Untuk memudahkan pemahamannya saya berikan saja contoh gambar berurut (barsambung sekaligus) di bawah berikut. Setelah kalian masuk ke pengaturan awal dasbor blogger:
  1. Klik Tema
  2. Klik tiga titik bersusun
  3. Pada menu dropdown yang muncul pilih Edit HTML
  4. Pada halaman Edit HTML klik 'pratinjau' (ikon mata satu)
petunjuk mengakses edditor HTML blogger
petunjuk mengakses edditor HTML pada dasbor baru Blogger

Gambar diatas adalah petunjuk dasar mengakses halaman editor HTML pada dasbor blogger untuk memudahkan kalian memahami cara menggunakan dasbor baru blogger ini. Semoga bermanfaat. Selamat Hari Raya Idulfitri

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

0 Comments