Skip to main content

3 CARA REALISTIS BLOGGING PEMULA SUKSES MENDATANGKAN HINGGA RIBUAN PENGUNJUNG PERHARI

Saya telah melakukan kegiatan ini, blogging, youtube, hingga mengelola beberapa akun media sosial. Untuk blogging sendiri saya telah menjalaninya hingga bertahun tahun menggunakan beberapa platform: Wix, Wordpress, Blogger, Jimdo hingga Weibo. Jujur saya tidak sukses. Tapi bukan tidak ada hal yang tidak saya pelajari. Bahkan banyak. Mari simak berbagi pengalaman dari saya. Tuliskan juga pengalaman anda semua, jika beruntung saya akan membuat konten dari pengalaman teman teman semua.
harus bekerja serius
harus bekerja keras dan serius

Pertama. Blogging tidaklah semudah yang pemula bayangkan, iya memang mudah ketika kita masih memiliki semangat, sama seperti pekerjaan lain, mudah ketika orang masih memiliki semangat ingin melakukan pekerjaan tersebut dan mendapatkan karir berupa kenaikan posisi, kenaikan gaji, dan kenaikan prestasi. Nah kebetulan saya melakoni keduanya. Blogging saya tidaklah jelek jelek amat kalau mau dikatakan standard. Oke saya akui semua orang memiliki kriteria mereka sendiri. Akan tetapi aman jika saya katakan semenjak tahun 2017, salah satu blog saya telah mendapatkan kunjungan satu juta kali. Dua blog saya pernah saya pasang adsense karena memang telah memenuhi atau memang karena beruntung saja.

Saya bekerja diperusahaan asing dengan standar Eropa-Amerika, waktu dan disiplin adalah hal yang sangat penting. Blogging masih merupakan hobi belaka. Hobi ya hobi, mau dapat uang, mau keluar uang  saya masih sangat tidak perduli. Bayangin saja saya membeli template template premium hingga jutaan rupiah hanya untuk mencoba, mempelajari sumber kodenya terutama terkait trik desain. Ujung ujungnya saya hanya percaya pada template buatan saya sendiri atau buatan Anissa, alasannya adalah karena lebih aman, lebih simpel dan lebih mudah di mengerti. Lagipula kami selalu mengujinya dan tanpa malu malu bertanya pada pakar koding dan pakar keamanan di sebuah forum ternama.

Kita sedang membicarakan bagaimana mendatangkan hingga ribuan pengunjung perhari, sedangkan kita hanyalah pemula? Jika nantinya anda tidak cocok dengan isi tulisan ini paling tidak anda tahu satu jalan dimana mungkin kelak anda memiliki kemampuan untuk melakukannya mengapa tidak? Ingat akan selalu ada jalan walau untuk masa sekarang mungkin anda merasa belum mampu atau belum ingin melakukannya.

1. Menggunakan Google Ads
Google Ads (sebelumnya Adwords) adalah produk Google, mungkin anda pernah sesekali melihat iklan pada situs anda yang telah menggunakan adsense melihat tayangan promo atau kampanye dari sebuah situs: 'Tirto.id, terpercaya, informatif..bla bla' ketika di baca ada tulisan yang tidak kentara: Ads by google dibawahnya ya sebuah situs seperti Tirto.id memiliki strategi seperti itu.Yakni mengkampanyekan lamannya, itu terlihat sukses.

Ya jika bersedia mengkampanyekan halaman blog dengan beaya  mulai 100 ribuan-sampai 2 jutaaan mengapa tidak? Dengan tujuan memperkenalkan blog blog kita ke hadapan pemirsa secara online mengapa tidak?

Tentukan sasaran target atau paling tidak ikuti saja saran dan petunjuk google. Google pemilik pasar online dengan bermilyar pengguna, jika kita ingin halaman web kita banyak pengunjung dan di kunjungi google akan memberikannya, jika ingin konten pada halaman kita mendapatkan lebih banyak klik Google juga akan memenuhi hal tersebut. Namun pengoptimalannya juga sedikit banyak bergantung kepada pengatahuan kita.

Halaman telah di monetisi dengan adsense? Tidak masalah kita dapat memanfaatkan Google Ads untuk meningkatkan pengunjung plus klik. Prinsipnya uang mencari uang. Walaupun sebenarnya Google Ads lebih di tujukan kepada bisnis dengan model branding dan produk produk nyata. Namun Google Ads bukanlah satu satunya ada pesaing potensial yang dalam beberapa hal telah mengalahkan Google: Facebook Ads.

2. Facebook Ads
Tidak kalah massif-nya dalam mendongkrak jangkauan bisnis adalah Facebook Ads. Bahkan ini menurut saya lebih mudah karena bisa terintegarasi langsung dengan media sosial milik kita baik itu facebook maupun Instagram. 

Untuk mempromosikan halaman web sama saja caranya dengan menjalankan bisnis online lainnya melalui facebook. Kita harus membuat halaman atau Facebook Page (tadinya Fan Page) melalui Page Facebook ini kita dapat mendaftarkan sistem pembayaran atau dana kampanye kita dengan cara pembayaran melalui kartu kredit. Cara sama saja dengan cara Google bisnis yang telah kita bahas sebelumnya. 

Kita dapat memilih apakah ingin mengkampanyekan situs kita secara keseluruhan ataukah hanya mengkampanyekan salah satu konten kita saja agar banyak di baca dan di kunjungi.

Facebook menawarkan jasa kampanye mulai 12 ribuan perhari sesuai dengan target yang kita inginkan, semakin besar anggaran akan semakin besar jangkauan. Bayangkan Facebook akan berkampanye kepada penggunanya sendiri dan menggiring mereka 'keluar' untuk mengunjungi website milik kita karena kita telah membayar. Jumlah pengunjungnya bisa luarbiasa dan semuanya nyata.

Facebook juga menghitung dan memisahkan antara pengunjung organik dengan pengunjung berbayar. Cara ini membuat kita mudah mendapatkan gambaran dan mengambil keputusan untuk menambah dan memangkas beaya pengiklanan.

3. Usaha sendiri: Berbagi dengan rajin ke media media sosial dan mengunjungi forum forum ternama.
Cara terakhir ini cara yang saya lakukan, cara seorang yang memiliki keterbatasan dana, dan lagipula saya tidak berharap terlalu banyak. Cukup tulisan saya dibaca dan bermanfaat ya sudah.

Adalah keliru jika hanya mengandalkan Traffik dari mesin pencari Google, kita juga seharusnya mendaftarkan situs kita ke mesin pencari Bing milik microsof dan yahoo. Bahkan juga ke mesin mesin pencari lainnya walaupun mereka tidak sebesar Google.

Sedangkan membagikan postingan di grup grup media sosial yang penggunakan memiliki intereset terhadap konten konten yang kita tawarkan sangat membantu dalam mem-'booster' halaman kita untuk menjadi ramai dengan pengunjung. 

Lakukan secara rutin setiap kali setelah selesai membuat postingan, konten atau artikel di blog anda. Kita harus melakukannya dengan konsisten dalam jangka panjang karena kita tahu untuk sukses tidak akan semudah membalikan telapak tangan.

Cara 1 dan 2 dapat kita lakukan jika uang bukan masalah sedangkan kita menginginkan popularitas halaman web. Namun cara terakhir (atau cara ke 3) tetap manjur walaupun cukup lama sebelum target dapat kita capai, cara terakhir ini saya rekomendasikan jika anda tidak ingin mengeluarkan budget kampanye.

Saya tidak mau membohongi anda, blogging itu memang bisa dipergunakan untuk mendatangkan penghasilan, tapi bukan dengan adsense. zaman sekarang itu bukan model lagi, itu segera berlalu. Anda tetap bisa blogging dan mendatangkan penghasilan dengan membangun merek, atau melakukan branding. Bila halaman web dirasa tidak cukup buatlah konten video, anda bisa mendaftarkan diri untuk membuat akun Youtube.

Saya ingin mengatakan untuk sekarang memang memulai blogging itu mudah, anak SD juga bisa, tapi yang sangat sulit adalah memelihara dan menjaga konsistensinya. kalau dari awal niat blogging buat cari uang memang akan rumit karena diatara seribu belum tentu satu berhasil. Terutama jangan membohongi para pemula dalam hal ini. Kalau mau blogging mending dijadikan hobi saja terlebih dahulu. 

Dari judul postingan ini saya tidak sedang mengajarkan blogger untuk jadi mata duitan, saya hanya menunjukan cara yang yang telah saya lewati dengan 3 cara diatas, untuk meningkatkan traffik pengunjung. Setelah itu berhasil barulah Anda bisa berfikir untuk mencari uang.

Pertama: Saya membuat sebuah blog baru umur satu bulan traffiknya sangat tinggi, visitornya hampir sejuta, saya bandingkan dengan salah satu blog lama saya yang sudah bangkotan alias sudah berumur 3 tahun traffiknya kalah 5 kali lipat! Performa? Jangan di tanya yang umur satu bulan gak perlu mikir optimasi dan SEO sudah automatis! Ya karena blog yang baru sebulan itu menggunakan jasa ads facebook, ranking alexanya jadi tinggi, lebih mudah di cari di mesin pencari...kurang ajar benar kesaktian uang...

Jadi prinsipnya ada mengandung kebenaran juga: Uang bisa buat cari uang.

Apa boleh buat walaupun blog bangkotan telah saya optimasi sampai gak tidur hingga larut malam alias KALAH JAUH. Namun saya tetap lebih mencintainya karena disana letak manisnya perjuangan saya. Blog usia satu bulan memang dapat menghasilkan uang, tapi kepuasannya semu, seolah itu bukan perjuangan sejati saya. Jadi bagi saya perjuangan blogging itu tetaplah:
  • LANDASANNYA KERJA KERAS
  • LALU BERBAGI (promo, dll)
  • SETELAH ITU BARU CARI UANG
Cari uang itu terakhir. karena memang ia tidak bisa dilakukan dengan ucapan 'simsalabim' harus bekerja keras terlebih dahulu. Cari uang itu butuh proses dan waktu, jadi jangan bermimpi setelah 3 bulan blogging lalu menghasilkan uang. Jangan bohongi pemula ya..

Semoga membantu.

Mungkin Anda Suka:

Comments

Popular Posts

ANDA PANASARAN, APAKAH IMUWAN PERCAYA KEPADA TUHAN?

Pertanyaan yang paling menggelitik para penganut agama perihal apakah ilmuwan percaya agama dan bagaimana cara mereka memandang penciptaan alam semesta diantaranya adalah:
Apakah Einstein percaya doaApakah Ilmuwan percaya akan keberadaan TuhanBagaimana dia memandang penciptaan Alam Semesta?Beda, beda banget dengan kita. Sebagian besar faktanya tercermin dari hasil penelitian ilmiah yang mereka presentasikan di depan umum, sebagian lagi dari statemen dan jawaban jawaban yang telah di publikasikan pada saat ceramah  sesi ilmiah yang pernah di berikannya.
Kita sedang membicarakan empat orang Ilmuwan dan penemu hebat, ilmuwan paling beken sepanjang masa: Albert Einstein, Stephen Hawking, Thomas Edison dan Charles Darwin. Terlepas bagaimana para pemeluk Agama yang taat memandang mereka, tidak dapat di sangkal lagi, ide ide, teori teori dan penemuan mereka telah meraut bulat lonjongnya dunia yang sedang kita huni di Dunia sekarang ini. Sebagian besar hasil sumbangsih mereka bahkan ikut andi…

CARA MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah karena terdapat problem yang muncul setelah template di buat dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal sudah di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki.

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tesebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list tadi hanya menampilkan tulisa…

2 CARA KEREN MEMASANG NAVBAR MENU PADA TEMPLATE NOTABLE

Saya suka Notable, bergaya desain rockpool, template ini dinamis, kencang, aman dan stylish. Tetapi untuk membuatnya tampak beda (stylish) kalian harus berusaha merubah, mengedit dan menambah pada bagian CSS, HTML atau bahkan hingga menambahkan Javascript. Salah satu cara merombak tampilannya adalah dengan menambahkan navbar custom ke dalam template Notable. Dan jika kalian ingin template tersebut menjadi beda, tampak premium dan lebih bagus performa nya, maka kalian dapat mengikuti langkah langkah berikut:
1. Menambahkan navbar dengan drop down Silahkan pasang template notable ke blogger untuk percobaan kalian, lalu masuk ke bagian pengaturan dasbor blogger. Saya anggap kalian telah menggunakan tampilan dasbor terbaru blogger: Pilih temaKlik menu (tiga titik bersusun)Ketika muncul menu dropdown pilih: Edit HTMLPerhatikan gambar: Pada halaman editor HTML blogger cari kode </head> dan letakan saja kode CSS berikut tepat diatasnya: <style>
body {margin:0;font-family:Arial}
.topnav …

PANDUAN LENGKAP SEDERHANA MENGEDIT TEMPLATE EMPORIO

4 varianTemplate terbaru milik blogspot blogger memiliki banyak sekali kelebihan: Kemudahan mengedit dan memkustomisasi template, kaya dengan style dan warna. Cobalah! Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lai…

PANDUAN MEROMBAK TEMPLATE BLOGGER SOHO

SOHO adalah template terbaru, template ini dapat di rombak dengan mudah karena memiliki pengaturan CSS yang melimpah.
Dalam kesempatan ini saya akan memberikan 6 trik merobah tampilan template Soho, yakni:
Menambahkan photo profile penulis di atas setiap postinganMerobah tampilan ikon menu pencarian menjadi kaca pembesar pada semua ukuran layar. Secara default ikon kaca pembesar hanya tampil pada layar ponsel, sedangkan pada ukuran layar PC laptop apalagi desktop tampilannya akan menjadi kata: 'Search'Mengatur margin konten, lebar konten, dan lebar sidebarMerobah tombol 'Subscribe' atau 'Langganan' menjadi berbentuk ikon Amplop Surat.Cara menghilangkan background gambar kucing pada bagian header template.Cara menghilangkan Judul Recent PostsTiga hal diatas cukup signifikan dapat merobah tampilan template SOHO kita menjadi lebih berwibawa dan berkarakter! Mari kita mulai. 1. MENAMBAHKAN PHOTO PROFILE DI BAGIAN ATAS SETIAP HALAMAN POSTINGANIni cocok untuk halaman b…
Copyright © EDITBLOGTEMA. All rights reserved.