3 CARA REALISTIS BLOGGING PEMULA SUKSES MENDATANGKAN HINGGA RIBUAN PENGUNJUNG PERHARI

Saya telah melakukan kegiatan ini, blogging, youtube, hingga mengelola beberapa akun media sosial. Untuk blogging sendiri saya telah menjalaninya hingga bertahun tahun menggunakan beberapa platform: Wix, Wordpress, Blogger, Jimdo hingga Weibo. Jujur saya tidak sukses. Tapi bukan tidak ada hal yang tidak saya pelajari. Bahkan banyak. Mari simak berbagi pengalaman dari saya. Tuliskan juga pengalaman anda semua, jika beruntung saya akan membuat konten dari pengalaman teman teman semua.
harus bekerja serius
harus bekerja keras dan serius

Pertama. Blogging tidaklah semudah yang pemula bayangkan, iya memang mudah ketika kita masih memiliki semangat, sama seperti pekerjaan lain, mudah ketika orang masih memiliki semangat ingin melakukan pekerjaan tersebut dan mendapatkan karir berupa kenaikan posisi, kenaikan gaji, dan kenaikan prestasi. Nah kebetulan saya melakoni keduanya. Blogging saya tidaklah jelek jelek amat kalau mau dikatakan standard. Oke saya akui semua orang memiliki kriteria mereka sendiri. Akan tetapi aman jika saya katakan semenjak tahun 2017, salah satu blog saya telah mendapatkan kunjungan satu juta kali. Dua blog saya pernah saya pasang adsense karena memang telah memenuhi atau memang karena beruntung saja.

Saya bekerja diperusahaan asing dengan standar Eropa-Amerika, waktu dan disiplin adalah hal yang sangat penting. Blogging masih merupakan hobi belaka. Hobi ya hobi, mau dapat uang, mau keluar uang  saya masih sangat tidak perduli. Bayangin saja saya membeli template template premium hingga jutaan rupiah hanya untuk mencoba, mempelajari sumber kodenya terutama terkait trik desain. Ujung ujungnya saya hanya percaya pada template buatan saya sendiri atau buatan Anissa, alasannya adalah karena lebih aman, lebih simpel dan lebih mudah di mengerti. Lagipula kami selalu mengujinya dan tanpa malu malu bertanya pada pakar koding dan pakar keamanan di sebuah forum ternama.

Kita sedang membicarakan bagaimana mendatangkan hingga ribuan pengunjung perhari, sedangkan kita hanyalah pemula? Jika nantinya anda tidak cocok dengan isi tulisan ini paling tidak anda tahu satu jalan dimana mungkin kelak anda memiliki kemampuan untuk melakukannya mengapa tidak? Ingat akan selalu ada jalan walau untuk masa sekarang mungkin anda merasa belum mampu atau belum ingin melakukannya.

1. Menggunakan Google Ads
Google Ads (sebelumnya Adwords) adalah produk Google, mungkin anda pernah sesekali melihat iklan pada situs anda yang telah menggunakan adsense melihat tayangan promo atau kampanye dari sebuah situs: 'Tirto.id, terpercaya, informatif..bla bla' ketika di baca ada tulisan yang tidak kentara: Ads by google dibawahnya ya sebuah situs seperti Tirto.id memiliki strategi seperti itu.Yakni mengkampanyekan lamannya, itu terlihat sukses.

Ya jika bersedia mengkampanyekan halaman blog dengan beaya  mulai 100 ribuan-sampai 2 jutaaan mengapa tidak? Dengan tujuan memperkenalkan blog blog kita ke hadapan pemirsa secara online mengapa tidak?

Tentukan sasaran target atau paling tidak ikuti saja saran dan petunjuk google. Google pemilik pasar online dengan bermilyar pengguna, jika kita ingin halaman web kita banyak pengunjung dan di kunjungi google akan memberikannya, jika ingin konten pada halaman kita mendapatkan lebih banyak klik Google juga akan memenuhi hal tersebut. Namun pengoptimalannya juga sedikit banyak bergantung kepada pengatahuan kita.

Halaman telah di monetisi dengan adsense? Tidak masalah kita dapat memanfaatkan Google Ads untuk meningkatkan pengunjung plus klik. Prinsipnya uang mencari uang. Walaupun sebenarnya Google Ads lebih di tujukan kepada bisnis dengan model branding dan produk produk nyata. Namun Google Ads bukanlah satu satunya ada pesaing potensial yang dalam beberapa hal telah mengalahkan Google: Facebook Ads.

2. Facebook Ads
Tidak kalah massif-nya dalam mendongkrak jangkauan bisnis adalah Facebook Ads. Bahkan ini menurut saya lebih mudah karena bisa terintegarasi langsung dengan media sosial milik kita baik itu facebook maupun Instagram. 

Untuk mempromosikan halaman web sama saja caranya dengan menjalankan bisnis online lainnya melalui facebook. Kita harus membuat halaman atau Facebook Page (tadinya Fan Page) melalui Page Facebook ini kita dapat mendaftarkan sistem pembayaran atau dana kampanye kita dengan cara pembayaran melalui kartu kredit. Cara sama saja dengan cara Google bisnis yang telah kita bahas sebelumnya. 

Kita dapat memilih apakah ingin mengkampanyekan situs kita secara keseluruhan ataukah hanya mengkampanyekan salah satu konten kita saja agar banyak di baca dan di kunjungi.

Facebook menawarkan jasa kampanye mulai 12 ribuan perhari sesuai dengan target yang kita inginkan, semakin besar anggaran akan semakin besar jangkauan. Bayangkan Facebook akan berkampanye kepada penggunanya sendiri dan menggiring mereka 'keluar' untuk mengunjungi website milik kita karena kita telah membayar. Jumlah pengunjungnya bisa luarbiasa dan semuanya nyata.

Facebook juga menghitung dan memisahkan antara pengunjung organik dengan pengunjung berbayar. Cara ini membuat kita mudah mendapatkan gambaran dan mengambil keputusan untuk menambah dan memangkas beaya pengiklanan.

3. Usaha sendiri: Berbagi dengan rajin ke media media sosial dan mengunjungi forum forum ternama.
Cara terakhir ini cara yang saya lakukan, cara seorang yang memiliki keterbatasan dana, dan lagipula saya tidak berharap terlalu banyak. Cukup tulisan saya dibaca dan bermanfaat ya sudah.

Adalah keliru jika hanya mengandalkan Traffik dari mesin pencari Google, kita juga seharusnya mendaftarkan situs kita ke mesin pencari Bing milik microsof dan yahoo. Bahkan juga ke mesin mesin pencari lainnya walaupun mereka tidak sebesar Google.

Sedangkan membagikan postingan di grup grup media sosial yang penggunakan memiliki intereset terhadap konten konten yang kita tawarkan sangat membantu dalam mem-'booster' halaman kita untuk menjadi ramai dengan pengunjung. 

Lakukan secara rutin setiap kali setelah selesai membuat postingan, konten atau artikel di blog anda. Kita harus melakukannya dengan konsisten dalam jangka panjang karena kita tahu untuk sukses tidak akan semudah membalikan telapak tangan.

Cara 1 dan 2 dapat kita lakukan jika uang bukan masalah sedangkan kita menginginkan popularitas halaman web. Namun cara terakhir (atau cara ke 3) tetap manjur walaupun cukup lama sebelum target dapat kita capai, cara terakhir ini saya rekomendasikan jika anda tidak ingin mengeluarkan budget kampanye.

Saya tidak mau membohongi anda, blogging itu memang bisa dipergunakan untuk mendatangkan penghasilan, tapi bukan dengan adsense. zaman sekarang itu bukan model lagi, itu segera berlalu. Anda tetap bisa blogging dan mendatangkan penghasilan dengan membangun merek, atau melakukan branding. Bila halaman web dirasa tidak cukup buatlah konten video, anda bisa mendaftarkan diri untuk membuat akun Youtube.

Saya ingin mengatakan untuk sekarang memang memulai blogging itu mudah, anak SD juga bisa, tapi yang sangat sulit adalah memelihara dan menjaga konsistensinya. kalau dari awal niat blogging buat cari uang memang akan rumit karena diatara seribu belum tentu satu berhasil. Terutama jangan membohongi para pemula dalam hal ini. Kalau mau blogging mending dijadikan hobi saja terlebih dahulu. 

Dari judul postingan ini saya tidak sedang mengajarkan blogger untuk jadi mata duitan, saya hanya menunjukan cara yang yang telah saya lewati dengan 3 cara diatas, untuk meningkatkan traffik pengunjung. Setelah itu berhasil barulah Anda bisa berfikir untuk mencari uang.

Pertama: Saya membuat sebuah blog baru umur satu bulan traffiknya sangat tinggi, visitornya hampir sejuta, saya bandingkan dengan salah satu blog lama saya yang sudah bangkotan alias sudah berumur 3 tahun traffiknya kalah 5 kali lipat! Performa? Jangan di tanya yang umur satu bulan gak perlu mikir optimasi dan SEO sudah automatis! Ya karena blog yang baru sebulan itu menggunakan jasa ads facebook, ranking alexanya jadi tinggi, lebih mudah di cari di mesin pencari...kurang ajar benar kesaktian uang...

Jadi prinsipnya ada mengandung kebenaran juga: Uang bisa buat cari uang.

Apa boleh buat walaupun blog bangkotan telah saya optimasi sampai gak tidur hingga larut malam alias KALAH JAUH. Namun saya tetap lebih mencintainya karena disana letak manisnya perjuangan saya. Blog usia satu bulan memang dapat menghasilkan uang, tapi kepuasannya semu, seolah itu bukan perjuangan sejati saya. Jadi bagi saya perjuangan blogging itu tetaplah:
  • LANDASANNYA KERJA KERAS
  • LALU BERBAGI (promo, dll)
  • SETELAH ITU BARU CARI UANG
Cari uang itu terakhir. karena memang ia tidak bisa dilakukan dengan ucapan 'simsalabim' harus bekerja keras terlebih dahulu. Cari uang itu butuh proses dan waktu, jadi jangan bermimpi setelah 3 bulan blogging lalu menghasilkan uang. Jangan bohongi pemula ya..

Semoga membantu.

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

0 Comments