DOWNLOAD TEMPLATE CONTEMPO INDIGO 2

Mengapa saya akhirnya membuat template blogger sendiri adalah berawal dari rasa ingin tahu yang besar terhadap desain tampilan halaman web.
Pertama kali saya menggunakan templat standar dari dasbor blogger hanya bertahan seminggu karena pada saat blogwalking, saya melihat halaman blog para blogger sangat keren. Dan saya tidak membuang waktu untuk mencari tahu.

template contempo indigo
template contempo indigo

DEMO  DOWNLOAD

Ternyata mereka membeli template template tersebut, mereka menyebutnya dengan template premium. Wah keren, Guys,  saya segera akrab dengan halaman halaman penyedia template premium sebut saja,  Gooyabi,  Envanto,  Bloggertheme dll. 

Saya sudah beli hingga selusin template, dan semenjak itu gonta ganti template melulu anehnya saya merasa semua template tidak ada yang memuaskan. Padahal diantaranya ada yang dibeli hingga seharga 350ribuan. 

Akhirnya saya berhenti membeli desain desain hebat tersebut. Dan mulai berfikir, bagaimana sih caranya membuat template sendiri?  Sejak saat itu saya jadi rajin mengunjungi stackflow, w3school, codepen. Dan belajar web desain dan koding tentu saja dengan waktu yang sangat terbatas di sela sela rutinitas belajar yang padat. 

Jerih payah mulai terlihat setelah lebih satu tahun belajar otodidak,  seseorang yang sudah ahli menyarankan, "jadilah dirimu sendiri". Karena sehebat apapun sebuah desain tidak akan bisa terlepas daripada subjektifitas. Saya merasa itu ada benarnya. Jadi saya akhirnya membuang semua template berbeli dan mulai menggunakan template template buatan sendiri. 

Modifikasi & Redesain

Disamping template yang saya buat sendiri dari NOL, saya mengedit templat template bawaan (default)  blogger dan sebisanya hanya memanfaatkan sumber kode yang sudah ada,  hanya merombak tampilan, merombak elemen dan memodifikasi material desain asli. Saya menyukai model template terakhir (yakni redesain dari tamplate blogger asli)  karena kode keamanannya memenuhi standard keamanan Google. 

Dan memang saya mulai kerasan menggunakan template redesain yang kami redesain sendiri. Terutama yang hasil kerja dari empat varian templat blogger terbaru: contempo, emporio, soho dan notable. Notable rockfol saya terapkan ke site editblogtema.net. Sedangkan contempo indie saya terapkan ke blog: https://www.editblogtemplate.editblogtema.net/

Demikianlah secuil pengalaman saya dari buta koding dan buta desain web, sampai memahami sedikit teknik mendesain template HTML. 

Kesimpulannya (saya tidak bilang ini cocok untuk semua orang) 
  • Blogging itu bermanfaat untuk belajar (saya tidak memanfaatkan adsense) 
  • Blogging menambah wawasan kita menjadi semakin luas. 
  • Melalui blogging terbuka lebar kesempatan belajar khusus koding terutama bahasa pemrograman web seperti CSS, HTML,  Javascript dll. 
Dan masih banyak lagi manfaat manfaat lainnya.

Ada dua template contoh hasil redesain template contempo yang bahkan memiliki tampilan dan fitur premium.  Memanfaatkan sumber code bawaan sehingga menghasilkan sebuah template yang responsif, mobile dan tampil high profile di tangan blogger yang piawai menulis dan mengatur gambar pada halaman blognya.
Template yang headernya di dominasi warna indigo ini memang di desain untuk berbagai kebutuhan blogging, bergaya indie dan mampu tampil pada setiap ukuran layar dengan cara yang memukau.

Ok, sudah kayak promo saja ya, namun benar template ini telah di desain/redesain berbasis template contempo yang bagus, asal kalian tahu saja empat template bawaan blogger terbaru (rilis tahun 2017) mewakili empat aliran desain:
  1. Indie (contempo)
  2. Fancy (Soho)
  3. Vegeclub (emporio)
  4. Roockpool (notable)
Jadi sekarang kalian jadi jelas jika contempo adalah beraliran 'indie' bukan.

Tentu saja ini bukanlah template paling hebat di dunia, karena semua hasil karya desain itu pasti mengandung unsur subjektif. Adapun fitur kedua template ini adalah:
  • Basis template ini adalah: Blogger theme 'Indie' CONTEMPO.
  • Header dan Navbar di rombak menjadi sticky fixed responsif dan mobile friendly.
  • Tombol menu pencarian di ganti: Full Screen
  • Memiliki sidebar seperti template klasik-neo modern (Sedangkan yang non sidebar memiliki sidebar tersembunyi yang dapat di klik seperti contempo default.
  • Tampilan High Profile. Secera keseluruhan tampil Sederhana, elegan, responsif dan mobile friendly
  • Breadcrumbs: Yes (hidden)
  • Related Posts: Yes
  • Tombol berbagi: Bawaan
  • Dapat di edit melalui dasbor editor desainer template blogger
  • Dominasi warna: Indigo
  • Untuk mempercepat loading tampilan thumbnail di tiadakan hanya tinggal snippet, namun thumbnail featured Post tetap tampil.
  • Telah dikembangkan selama satu tahun. Dan selama itu terus di uji cobakan ke berbagai niche blogger.
Yang berminat silahkan request saja gratis.

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

0 Comments