MENGAPA FAVICON TIDAK ADA PADA DASBOR BLOGGER TERBARU.

Menurut halaman webniagahoster: Favicon, adalah kependekan dari favorite icon, yakni gambar ikon website yang berfungsi sebagai identitas visual website. Favicon biasanya muncul di tab dan bookmark browser.

Jadi mengerti, bukan? Sebab kalau kalian tidak menggantinya yang muncul adalah favicon Blogger dengan lambang huruf 'B' berwarna oranye. Cara memasang favicon sangatlah mudah.
editblogtema favicon
editblogtema favicon
Nah saya sempat dibuat bingung pada saat mau mengganti favicon blogger saudara sepupu, kok gak ada pengaturannya? Saya sampai nyoba nyoba pasang template bawaan blogger yang lama tetap saja gak ada widget pengaturannya. Sempat kepikiran kalau opsi mengganti favicon ini telah di 'tiadakan' oleh Google atau pihak blogger. Sampai akhirnya saya teringat: Ini adalah pengaturan dasbor baru Blogger, lalu bagaimana jika pengaturan blogger (dasbor blogger) saya kembalikan ke pengaturan lama? 

Benar saja pas pengaturan di ganti menjadi pengaturan blogger (dasbor) lama, widget favicon-pun muncul pada layout yakni widgetnya pada bagian paling atas! Untungnya pengaturan baru ini masih belum tuntas menggantikan pengaturan dasbor blogger lama ya... :D.

DASBOR/PENGATURAN BLOGGER LAMA:

Namun coba perhatikan tampilan dasbor blogger yang lama di bawah ini:
widget pengaturan faviconnya di letakan pada bagian paling atas
Dasbor lama blogger
Pada pengaturan Dasbor blogger yang lama, Kalian dapat melihat di atas navbar ada widget pengaturan favicon.

Nah jadi bagi kalian yang belum tahu hal ini sekarang kalian jadi mengerti, yang belum mengerti silahkan saja di utak atik dulu. Namun lakukan pada blog percobaan ya.

Jadi untuk sementara jika kalian ingin melakukan penggantian pavicon blognya blogspot,  sedangkan kalian sudah terlanjur menggunakan dasbor pengaturan blogger terbaru,  maka kalian bisa pindah ke pengaturan atau kembali ke dasbor blogger lama terlebih dahulu.  Caranya mudah saja:

Masuk ke dasbor baru blogger, >> scroll menunya sampai paling bawah >> pilih 'kembali ke Blogger klasik'

MENGAPA KITA HARUS MENGGANTI FAVICON.

Pertanyaannya mengapa kit harus mengganti favicon? Tidak lain adalah agar supaya tampilan halaman blog kita menjadi tampak lebih professional. Kalau tidak di ganti ya pasti favorite icon-nya tetap ikon blogger. Ketika seseorang blogger telah membali domain sendiri, maka ia pasti menginginkan halamannya blognya menjadi halaman miliknya seutuhnya. Favicon juga mencerminkan identitas halaman, bahkan bisnis yang sedang kita jalankan jika memang memilikinya.

Cara memasang favicon dapat dengan mudah kalian lakukan karena petunjuknya telah banyak di tulis oleh para blogger senior. Sebagai gambarannya adalah:
  • Masuk ke pengaturan dasbor blogger lama.
  • Pilih layout
  • Klik widget icon (letaknya paling atas layout blogger) 
Begitu kalian klik kalian akan memilih untuk mengupload gambar, sampai disini ada hal yang harus kalian ketahui terlebih dahulu:
  • Buat gambar bujur sangkar dengan dimensi ukuran 100x100, harus benar benar persis bujur-sangkar ukuran dimensinya, dan ukuran gambar tidak boleh lebih dari 100x100.
  • Sebaiknya format gambar PNG (dengan background transparan) kalian dapat menggunakan generator online untuk membuat favicon atau aplikasi mobile di android. Kalau bisa buat manual ya buat saja.
Selebihnya kalian bisa searching di Google.

Namun beberapa minggu kemudian.......favicon telah muncul pada pengaturan dasbor Blogger terbaru!

DASBOR PENGATURAN BARU (Telah dilengkapi dengan favicon)

Dasbor baru terus diperbaharui, dan akhirnya  setelah beberapa minggu tulisan ini di publikasikan saya menemukan menu 'favicon' pada pengaturan dasbor baru, cobalah masuk ke pengaturan dasbor Blogger baru.
  1. Pilih pengaturan
  2. Pada bagian kanan muncul menu perhatikan 'favicon' berada pada menu urutan ke 7, mungkin bisa saja berubah jika ada penambahan menu baru oleh Google ke depannya.
Lihat Gambar:
pengaturan pavicon blogger
Jadi dasbor baru memang telah mulai stabil untuk menggantikan dasbor pengaturan blogger lama selamanya.

Ikuti triks, tips dan tutorial yang kami sediakan..

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

11 Comments

  1. betul mas, kita harus ikuti aturan yg diminta aja. nanti muncul sendiri fav icon. mantap mas artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pavicon milik sendiri tidak bisa muncul dengan sendirinya kalau kita tidak menggantinya.

      Namun kalau pengaturan dasbor terbaru, mungkin akan berubah juga nantinya (ditambahkan pengaturan paviconnya )

      Delete
  2. Ya ampun ini yang kurasakan akhir2 ini mb aulia, kaget juga pas aku search di page google, tetiba faviconku yang biasanya ketampil gambar kue, e tetiba jadi ga ada, alias gambar buletan bumi aja huhu, padahal biar kelihatan klo ada ciri khasnya,

    Tapi dashboardku masi tampilan lama mb, belum aku coba ganti lagi sih faviconnya....nah di tata letak trus favicon dashboard lama sih masih logo kue itu, e tapi pas di cari lewat google ga kliatan simbulnya. pengen cari favicon yang gratis dimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah tampilan pavicon jadi ikon bulatan bumi, atau ikon Google Itu tandanya konten telah di index oleh Google.

      Yang jadi konsen tulisan diatas adalah opsi penggantian pavicon tidak atau belum ada pada pengaturan / dasbor blogger terbaru.

      Untuk menggantinya maka kita perlu mengembalikan pengaturan Dasbor blogger tersebut ke pengaturan lama.

      Delete
  3. Itu salah satunya kenapa saya enggan beralih ke dashboard blogger yg baru. Secara tampilan memang lebih simpel dan lebih mudah dipahami, tapi kadang loadingnya lebih lama.

    Moga ke depannya jadi lebih baik lagi, sebagai orf yg masih bingung dgn favicon sendiri dan kepingin ngeganti terus, fitur pengganti yg mudah ini memang baiknya tetap ada.

    ReplyDelete
  4. ini yg ku cari cari, thnks infonya

    ReplyDelete
  5. the best banget kontentnya ini yang saya cari, terimakasihh yaaa janagan lupa mampir yaa :) hallovriend.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Awalnya sempet bingung juga nyarinya, ternyata favicon berada di menu setting - Dasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang pengaturan baru blogger sudah mulai lengkap, dan favicon bisa di pasang atau di robah melalui setting dasbor blogger terbaru...

      1. Masuk kepengaturan blogger baru
      2. Klik setting
      3. Disebelah kanan muncul >basic>title>.....dst. Paling bawah adalah Favicon dan klik itu.

      Delete
  7. Aku sudah kembali ke blogger tampilan lama, tapi katanya anda sudah di mode lama. Terus saya cek tata letak gk ada tabel faviconnya yg ada cuma tajuk. Ini gimana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sekarang pengaturan dasbor blogger telah dilengkapi dengan tool pemasangan/pengeditan favicon,

      Masuk kepengaturan dasbor blogger terbaru
      Pilih setting
      Di kanannya muncul menu dan tinggal cari lalu klik 'favicon'

      silahkan kembali baca artikel diatas (karena pertanyaan telah kami perbaharui)

      Terimakasih telah berkunjung dan bertanya.

      Delete

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE