TIPS MEMPERCEPAT LOADING TEMPLATE YANG SERING DI ABAIKAN OLEH PENGGUNA

5 tips di bawah ini saya buat dan saya jadikan postingan setelah meneliti template template yang sering dipergunakan oleh para blogger terutama yang pemula. Penting untuk di ketahui bahwa kecenderungan mesin pencari adalah template yang yang cepat, sederhana dan praktis (sesuai dengan misi blog) biasanya template sederhana selalu cocok untuk misi blogging apapun.
HOW BECOME FASTER THAN A CHEETAH (CARA AGAR LEBIH CEPAT DARIPADA SEEKOR CHEETAH)
template mobile editblogtema
template mobile editblogtema

1. Jangan masukan link font awesome ke dalam template. 
Font awesome memang sangat keren, karena mampu manampilkan berton ton ikon yang cantik. Font awesome banyak di pergunakan oleh template template yang di buat dengan booststarp dan terbukti mampu membuat template terlihat lebih 'eye catching'.

Akan tetapi sayang dengan memasang ikon awesome pada dasarnya akan membuat loading template kita menjadi melambat hingga 25% karena template terbebani dengan loading eksternal, dimana template harus terhubung dengan situs librari ekesternal ikon ikon tersebut di simpan yakni di librari yang samasekali terpisah dengan platform blogger.

Sebagai gantinya pergunakan ikon SVG yang lebih terintegrasi dengan blogger, kalian bisa mencarinya di internet.

2. Jangan memasang tombol berbagi pihak ketiga kedalam template
Tombol berbagi seperti ADDthis, Addto Any dll memang sangat cantik, sangat lengkap dan juga memiliki kekuatan untuk membantu menaikan trafik, tapi kalau kita mau berhitung dengan pengurangan kecepatan hingga 20% akibat loading menjadi berat, rasanya hal itu menjadi tidak sepadan.

Gunakan saja tombol share bawaan blogger, namun sialnya tombol bawaan tidak lengkap karena hanya menyediakan tombol berbagi: Facebook, Email, Pinterest, dan Twitter.

Tidak ada linkiden, tidak ada tumblr, tidak ada WA, tidak ada yang lainnya. Jadi untuk mengatasi (menyiasati itu) Kalian gunakan saja fasilitas berbagi dari addons browser seperti FireFox. Pasang addons tombol berbagi AddtoAny di Firefox dan kalian tetap akan dapat berbagi sama saja dengan pengalaman berbagi jika misalnya kalian harus memasang tombol AddtoAny langsung ke template blogger. Namun dengan cara ini tidak akan mengurangi atau mempengaruhi kecepatan loading halaman blog kalian lagi.

Tidak masalah jika kalian menggunakan chrome, namun pasang juga browser lain seperti firefox, Yandex, qwant dll ke dalam perangkat kalian. Browser browser ini memiliki kemampuan dan fitur fitur yang berbeda pada saat mengakses dan menampilkan halaman blog, diantaranya memiliki addons tombol berbagi yang sangat lengkap.

jadi pas mau berbagi misalnya buka halaman melalui firefox dan manfaatkan addons AddtoAny-nya Firefox untuk membagikan halaman konten kalian.

3. Ukuran dan format Gambar salah.
Ukuran gambar terlalu besar juga dapat merugikan karena pasti akan membebani kecepatan loading,  Kalian tidak harus memasang lazyload karena ia adalah bentuk script yang dapat meningkatkan jumlah DOM dan mengurangi performa template. Lebih baik atur saja ukuran gambar setiap kali kalian memposting konten blog.

Namun ukuran gambar juga terkait erat dengan format gambar, beberapa format gambar terbukti memiliki daya kompresi yang tinggi dan baik untuk halaman web seperti:
  • WEBP. Format ini adalah format terbaik dan terbaru gambar dan mampu mengkompres ukuran gambar hingga 20% tanpa kehilangan kualitas tampilannya.
  • JPG bukan JPEG, JPG lebih tinggi kompresinya jika di banding dengan JPEG.
Kalian dapat melakukan konversi yakni dengan cara memasang konvertor pada perangkat kalian untuk memformat gambar gambar sebelum di pergunakan buat ngeblog.

4. Hindari terlalu banyak Javascript di dalam template, jika mungkin gunakan CSS saja.
Javascript adalah bahasa program web yang paling banyak di pakai pada template template premium, sehingga dapat menampilkan berbagai tombol reaksi yang mencengangkan. Akan tetapi pemakaian Javascript yang berlebihan untuk men'style' tampilan template dapat merugikan kecepatan loading blog secara signifikan. Template varian varian terbaru blogger sangat minim javascript, namun memiliki fitur yang yang tetap ciamik untuk standard dan ukuran desain web.

Saya mengerti kalian terkadang ingin navbar yang 'fixed' di atas header blog. Namun sampai saat ini hal itu hanya dapat dilakukan dengan javascript. CSS dapat membuat halaman yang sticky, namun tetap tidak se kinclong yang dapat di lakukan oleh javascript. Dalam beberapa hal tombol 'back to top' juga dibuat dengan javascript, walaupun sebenarnya kita dapat membuat tombol pintasan yang sama hanya dengan menggunakan CSS.

Gunakan CSS style akan tetapi kurangi penggunaan tag <style>..</style> di dalam template dengan hanya menempkan setiap CSS baru di atas kode <style> lama. CSS 3 memiliki fitur yang mudah di fahami dan di pergunakan. Namun walaupun jauh lebih ringan daripada javascript, penggunaan CSS berlebihan tetap akan merugikan kecepatan template blogger.

5. SEDERHANAKAN TEMPLATE.
Tampilan template sederhana namun memiliki karakteristik yang kuat dengan tujuan blogging jauh lebih baik daripada template dengan banyak elemen walaupun secara kasat mata tampak cantik.
teruslah belajar
teruslah belajar
Pergunakan hanya fitur dan elemen yang kita butuhkan, misalnya jika kita tidak membutuhkan suatu widget, jangan pasang widget tersebut ke dalam template. Jika mungkin jangan menghiasi blog dengan widget widget yang tidak produktif.

Mesin pencari menyukai hal hal seperti berikut: Kecepatan, kesederhanaan dan kepraktisan.

lagipula hal hal sederhana biasanya lebih mudah masuk kemana mana...Dan jangan lupa, terus belajar! Jika berminat silahkan download template klasik melalui link di bawah ini:


Atau kunjungi:
Download Template karakteristik Simple Klasik

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

10 Comments

  1. semakin cepat loading blog maka semakin bagus
    biar cepat ketahuan beritanya

    iklan jangan banyak2
    bikin gangguan saja padahal di situs besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar iklan yang banyak apalagi yang pop up sangat merugikan kecepatan loading tempalte blog

      Delete
  2. iyaa sih bener. untuk blog saaya yang ini speed nya sampe 30 an doang utk mobile hehe

    ReplyDelete
  3. Saya harus belajar banyak lagi nih tentang hal-hal yang mempercepat loading blog, sampai saya hapus dong iklannya, saking diserang ads otomatis dan jadi lemot.

    Btw, untuk mengecek loading blog yang bagus itu pakai apa ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Template mbak Rey, sudah bagus kecepatannya, karena memang memiliki struktur bawaan yang sederhana. Pertahankan atau tingkatkan saja.

      Tes kecepatan bisa menggunakan GTMetrix atau PageSpeed, jadi sederhana saja.

      Delete
  4. Saya masih nggak begitu paham, walaupun sempet belajar soal templete, tapi baru beberapa hari aja sudah puyeng. Sampai sekarang template blog saya juga masih belum diperbaiki😂
    Karena nggak tahu caranya😟

    ReplyDelete
  5. Rentang kecepatan loading yang baik itu skornya dari berapa sampai berapa. Beberapa blog mempunyai kecepatan blog yang kurang, tapi trafiknya tinggi.

    Tolong jelasin.

    www.keepburger.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. 75-100 itu sudah cukup bagus. Tentu saja trafik blog mempunyai banyak alasan mengapa trafiknya tinggi: Contoh karena memang telah memiliki 'pelanggan atau pengikut setia', koten yang dibutuhkan oleh banyak pengunjung dll, akan tetapi basis pengunjung bagi blogger apalagi pemula salah satunya adalah kemudahan mengakses blog itu dari sisi pengunjung, salah satunya adalah kecepatan loading agar calon pengunjung tidak terpental. Dan itu bukan satu satunya, yang tidak kalah penting adalah: konten yang berkualitas, diperlukan dan orisinal. Telah kami bahas di dalam artikel lain di dalam blog ini.

      Sekali lagi blog yang memiliki trafik tinggi itu tidak datang dalam waktu satu bulan, ia memetik hasil itu setelah rentang waktu lama.

      Delete
  6. Oke kayaknya harus berbenah lagi. Untuk tampilan komputer, template aku kenceng aja hampir menyentuh angka 100. Kalo tampilan mobile nya mentok 70an. Masalahnya mungkin di gambar ya hm

    ReplyDelete
  7. Iya, resize foto2 sebelum di-upload di blog itu penting banget, biar ga keberatan kan :D Template blog aku juga sederhana sih...lebih praktis dan ga keramean dipandang hehehe :)

    ReplyDelete

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE