WARNING DI TAHUN 2020, SUDAH MOBILE-KAH HALAMAN BLOG ANDA?

Sudah baca kabar terbaru dari Google terkait halaman website? Baru saja di umumkan kalau raksasa teknologi internet ini akan memperlakukan halaman  mobile (halaman web atau halaman blog) yang tampil melalui layar hape dan tablet sebagai prioritas alias akan di anak - emaskan pada sisi mesin penelusuran - ketimbang halaman web atau blog yang hanya 'kece' pada tampilan PC dekstop/laptop. Kali ini benar benar harus kita patuhi.
zamannya web mobile
zamannya web mobile

PENGINDEKSAN HALAMAN MOBILE DI DAHULUKAN
Google telah mengumumkan bahwa pada bulan September 2020 semua situs (baik web dan tidak terkecuali halaman blog) akan dirayapi dan diindeks oleh Google menggunakan pengindeksan mobile-first.  Yang tampilan mobilenya akan di dahulukan, di prioritaskan dan di 'anak emaskan'.

Halaman yang tidak mobile tidak akan di prioritaskan lagi. Jadi jika tidak mengikuti trend,  bersiap siaplah kehilangan ranking dan trafik.

Banyak laporan awal mengatakan bahwa ini akan terjadi pada akhir tahun tetapi posting blog ini dari Google mengatakan perubahan ini akan terjadi pada bulan September.
contoh halaman web atau blog yang mobile friendly
contoh halaman web atau blog yang mobile friendly

Artinya nanti (di bulan September) yang punya halaman blog AMP dan jenis halaman mobile lainnya jika benar benar valid akan di dahulukan di tampilkan ke tampuk penelusuran paling atas di halaman utama web. Demikian pula dengan halaman halaman blog atau halaman web klasik yang mobile friendly, akan di dahulukan daripada halaman web atau blog yang hanya bisa tampil cantik pada layar dekstop dan laptop, tapi 'memble' pada saat di tampilkan oleh layar kecil seperti hape dan tablet.
indexing halaman mobile editblogtema
indexing halaman mobile editblogtema
Karuan ini akan menjadikan blog blog yang selama ini hanya bagus untuk tampilan desktop dan laptop 'dipinggirkan'.

Dan, Google tidak mau di salahkan karena hal ini sudah di sosialisasikan selama hampir 4 tahun. Jika anda tidak perduli anda akan segera kehilangan pengunjung yang potensial dari para pengguna mobile (hape).

Kapan itu efektif?  Ya September 2020 ini. Sedangkan sampai hari ini data statistik sudah menunjukan dengan jelas sebanyak 70% halaman paling atas telah di dominasi oleh tayangan web melalui perangkat mobile. Bagi sebagian blogger yang halaman blognya memang sudah mobile friendly, tentu nantinya semuanya akan berjalan mulus.

POKOKNYA PENCARIAN MOBILE AKAN DI DAHULUKAN. TITIK.
Sudah masanya anda memikirkan untuk "menyingkirkan" halaman yang melulu hanya terfokus pada ukuran layar besar seperti komputer desktop dan laptop. Sekali sekali lihat juga halaman blog melalui layar hape untuk melihat benarkah halaman blog kita sudah mobile? jika tulisannya kekecilan dan terasa tidak responsif segera robah template blog anda!

Uji halaman blog anda disini:

APAKAH HALAMAN WEB ANDA MOBILE FRIENDLY?
Jika anda adalah blogger, 4 template terbaru blogger beserta varian variannya sudah mobile friendly sejak dari orok. Sedangkan jika anda menggunakan template bawaan yang lebih lama, mohon maaf saya katakan kurang atau tidak mobile friendly.

Template bawaan (default terbaru) yang mobile seperti saya maksudkan diatas adalah:
  1. Contempo
  2. Soho
  3. Emporio
  4. Notable
Anda dapat memilih salah satu dan mengedit tampilannya melalui dasbor blogger untuk disesuaikan dengan selera anda sendiri. Editblogtema menggunakan Notable yang telah di re-desain ulang oleh Anissa Auliasari.

Sedangkan pengguna template lama sebaiknya mendesain ulang template tersebut melalui opsi editor HTML jika masih tetap ingin menggunakannya terutama bagian pengaturan CSS-HTML, jika tidak ganti template dengan tema yang lebih modern dan mobile sesuai dengan tuntutan zaman sekarang.

Adapun template lama yang saya maksud adalah:
  1. Sederhana
  2. Tampilan Dinamis
  3. Jendela Gambar
  4. PT. Keren Sekali
  5. Watermark
  6. Kelembutan
  7. Perjalanan
Mengapa kita harus perduli?
Karena September 2020 sudah dekat, Google sudah memperingatkan, jika anda tidak segera mengambil tindakan itu salah anda sendiri. Jika Google memiliki masalah dalam mengakses situs Anda dengan mobile-crawler, sementara situs blog anda masih menggunakan template jadul, maka itu dapat mempengaruhi pengindeksan dan peringkat halaman web Anda di Google. Situs anda tidak memiliki trafik lagi. Tidak yakin baca peringatan Google pada screenshoot berikut di bawah ini:
pengeindexan halaman web mobile di dahulukan
pengeindexan halaman web mobile di dahulukan
Jika anda menerima notifikasi seperti diatas pada halaman webmaster, anda harusnya kuatir, dan segera merubah blog anda menjadi halaman yang mobile...
gak mungkin ngeblog pake laptop di kolam renang
gak mungkin ngeblog pake laptop di kolam renang
Lagian gak mungkin kan update apa apa pake laptop di kolam renang? Pek apa lagi klo gak mobile (hape)...

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

4 Comments

  1. Waktu pertama kali mendesain ulang Notable di blog, beberapa masalah muncul. Layar harus ditap zoom-in, teks halaman terlalu kecil dan saling berdekatan. Setelah diperbaiki memang benar, blog jadi lebih nyaman dan user-friendly.

    Kalau masih ada masalah teks terlalu kecil, saling berdekatan terdeteksi, jangankan orang lain, kita sendiri sebagai pemilik blog mungkin merasa kurang nyaman. Dengan ukuran teks yang pas, line-height yang proporsional, pembaca pun mudah memahami isi postingan blog kita.

    Di sisi lain, adanya perayap bot mesin pencari mendeteksi kesalahan pada kebergunaan seluler, dengan kata lain: bot saja menginginkan kemudahan (utamakan) kepada pembaca, search engine adalah nomor dua.

    ReplyDelete
  2. Memang nggak bisa dipungkiri lagi, sekarang zamannya mobile. Handphone canggih udah dijual dengan harga yang terjangkau. Lagian, sekarang apa apa udah bisa lewat hp doang. Dan faktanya lebih banyak orang mengakses internet lewat hp. Dibanding laptop sekarang ini. Jadi tampilan untuk hp/mobile harus ditingkatkan ngikutin layar yang makin memanjang kebawah hauahayhaha

    ReplyDelete
  3. Terimakasih semua atas kunjungannya: 2020 adalah tantangan blogging yang harus kita hadapi dengan penuh semangat!

    ReplyDelete

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE