Sedang bersaing menuju masa depan: React, Angular dan Vue

Siapa yang tidak kenal dengan Javascript? Ibarat bagian dari tubuh aplikasi aplikasi berbasis Web dan tentu saja termasuk web design, Javascript adalah tulang punggungnya. Akan tetapi jika kalian adalah masih pemula di dalam dunia pengembangan WEB kalian juga akan memiliki pilihan untuk mempergunakan framework front end-nya. Karena telah ada 3 pilihan yang tidak dapat di abaikan yang  mana sih akan menjadi yang terbaik di masa depan?.
vue vs react vs angular
vue vs react vs angular
Menurut survey pada tahun 2019 yang lalu React adalah pilihan yang paling banyak di ambil oleh pengembang aplikasi front end. Sedangkan pada tahun sebelumnya Vue secara mengejutkan telah berada di urutan kedua. Padahal kita jarang mendengar framework yang satu ini, apa sih Vue?

Bahwa setiap orang memiliki level pengatahuan dan keahlian yang berbeda hal ini menjadi menarik untuk di ikuti manakah yang terbaik antara Angular, React dan Vue sebagai front end framework Javascript?

1. React
Di tahun 2020 React masih menempati posisi teratas sebagai framework JS yang paling banyak dipergunakan oleh pengembang aplikasi front end.

Di kembangkan oleh Facebook, React adalah framework yang sangat populer di gunakan untuk membuat dan mengoperasikan interface yang dinamis pada halaman web. Di sisi lain, Angular juga sangat berpotensi dan sangat efesien sebagai framework pada Javascript dan telah di pergunakan untuk mengembangkan Single Page Application (SPA) oleh Google.
Framework ini membuat para Developer merasa aman mempergunakannya karena telah memiliki komunitas dan librari yang stabil dan besar.

Hari ini Facebook dan Instagram menggunakan framework ini.

2. Angular
Di pergunakan dan terus dikembangkan oleh Google. Mulai tahun 2010 Angular JS di perkenalkan sebagai aplikasi front end. Pada tahun 2016 tim inti Google telah memiliki Angular berbasis inti TypeScript, RxJS dan ZoneJs. Framework ini masih aman di pergunakan karena telah memiliki librari yang stabil dan besar

Termasuk kalian jika menggunakannya sebagai aplikasi front end dalam mengerjakan suatu proyek yang terkait platform besutan Google.

Bukalah hal yang tangung tanggung jika hari ini Google dan Wix adalah dua perusahaan besar yang menggunakan Angular.

3. Vue
Vue adalah framework yang paling muda, paling bungsu dan paling baru. Namun sebagai salah satu framework Javascript, ia memiliki potensi dan prospek masa depan yang cukup cerah.

Pengguna Vue adalah GitLab dan Alibaba yang secara signifikan cukup kuat untuk menaikan popularitasnya dan kelihatannya akan memenangkan posisi tinggi sebagai pilihan framework Javascript di masa depan.
perbandingan react, vue dan angular
perbandingan react, vue dan angular
Ya lah... Dilihat dari tabel statistik di atas, Vue memang berpotensi meraih kemenangan di masa depan.

Bagi Kalian masih baru dan sedang bersemangat menjadi pengembang aplikasi front end, pelajari salah satu framework di atas!

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

2 Comments

  1. Ini artikel buat progamer ya, kalo aku cuma bisanya pakai aplikasi, tidak bisa buat aplikasi kang.😌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekedar untuk informasi pengatahuan umum, mas Agus. Kalau tutorialnya ada di blog saya yang lain, itupun tidak pernah saya share ke umum, hanya buat konsumsi anggota forum saja.

      Pengatahuan ini penting untuk generasi muda di masa depan

      Delete

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE