INILAH MANFAAT MENULIS DAN BLOGGING BAGI KESEHATAN JIWA

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan lenyap dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” – demikian kata Pramoedya Ananta Toer. Kemudaian saya juga mengutip kata kata mutiara dari  Professor Dr. Buya Hamka: "Jika ingin abadi, menulislah!".
Kedua tokoh diatas semasa hidupnya memiliki pandangan hidup yang sangat bertentangan alias bertolak belakang, akan tetapi mereka tampak sefaham terhadap kegiatan dan segi positif dalam menulis

Saya bertahan dan mencoba menulis, swear tidak melulu dalam artian mendapatkan penghasilan atau uang. Sebagai remaja putus sekolah karena sakit,  saya akhirnya merasa sangat kesepian. Dalam hati kecil saya iri melihat mereka yang masih dapat pergi ke sekolah mengenakan seragam dan bercanda ria dengan sesama teman pelajar.
adel: menulis untuk abadi
Adelina Sofyan
Sampai akhirnya saya menemukan kehidupan lain di internet: Menulis, mengapa tidak? Paling tidak dengan modal menulis saya dapat membuat sebuah halaman web sendiri dan menghidupkannya. Mungkin bagi para pelaku web atau blogger itu dinamakan sebagai konten. Bagi saya itu adalah kegiatan menulis.

Dulu sewaktu kecil di tahun 2010 (usia 7 tahunan)  saya sering di ajak ke mall dan selalu berkunjung ke toko buku Gramedia oleh ortu. Begitu tertarik dengan tulisan dan gambar gambar di dalam buku tersebut. Suatu hari terpikir bagaimana sih caranya membuat buku yang dibaca orang?

Buku tempat saya berbagi pikiran, buku yang pada sampul-nya ada nama saya: By: Adelina Sofyan.

DAN WAKTUPUN TERUS BERLALU...
Buku tidak lagi seperti dulu, keberadaan fisiknya tampak perlahan mulai digantikan oleh khazanah digital. Satu lemari buku pada waktu dulu kini dapat disimpan di dalam kartu memori yang sekecil ukuran ujung kuku.

Tampilannya ketika dibuka juga tidak kalah menarik, penuh warna warni. Bahkan dihiasi oleh gambar gambar hidup penuh animasi. Saya pernah membaca buku komik digital. Homepagenya di kemas sedemikian rupa, isinya selain tulisan juga berbentuk gambar animasi dan video ringan. Saya ingin menulis dan di tuangkan ke dalam bentuk buku digital. Saya sadar karena bentuk buku seperti itulah yang akan di baca di masa depan.

Saya lahir sebagai generasi Z, dan mencoba membayangkan apa yang akan terjadi pada ledakan kecerdasan mesin pada zamannya generasi Alpha di depan saya kelak. Mereka mungkin sudah tidak akan membaca buku konvensional lagi seperti yang dilakukan oleh ibu ibu kita dari generasi milineal. Dan saya merasa beruntung bisa memulai menulis pada aplikasi web seperti blogger, Wix, Drupal dan Wordpress. Paling tidak melaluinya saya merasa telah memiliki harapan akan dapat mengekspressikan apa yang ingin saya sampaikan kepada dunia.

Keuntungan yang saya peroleh dari ngeblog adalah:
  1. Saya dapat menyalurkan hobi menulis dan melupakan keterbatasan fisik saya.
  2. Saya dapat belajar banyak cara berfikir sistematis
  3. Saya dapat menyalurkan dan menuangkan buah pikiran saya
  4. Saya dapat mengenal orang orang hebat dari artikel artikel yang mereka tulis.
  5. Ilmu komputer saya semakin dalam, dan saya akhirnya bisa membaca dan menulis koding dimana ilmu ini adalah ilmu masa depan.
Hal itu akhirnya berdampak positif bagi perkembangan jiwa saya, karena seperti yang telah singgung diatas, akibat dari kekurangan fisik dari segi kesehatan saya bahkan harus istirahat duduk di bangku sekolah, saya tentu saja sempat bersedih, akan tetapi orang tua saya membesarkan hati saya. Saya akan mengambil paket C agar mendapatkan tanda lulus SMA nanti jika kesehatan saya telah memungkinkan.

Namun para pakar kesehatan sepakat dengan dengan dampak positif bagi kesehatan tubuh dan jiwa sebagai berikut:
  1. Menulis adalah bagian dari komunikasi juga. Artinya walaupun dengan segala keterbatasan melalui tulisan saya telah berkomunikasi dengan dunia.
  2. Menulis dapat mengekspresikan perasaan. Artinya dengan cara ini saya bebas meluapkan perasaan saya tanpa kehilangan martabat dan harga diri saya.
  3. Menulis untuk blog memaksa saya membiasakan diri menjadi formal. Sehingga mampu mengasah kecerdasan saya. Memaksa saya belajar teknik menulis yang baik dan memaksa saya belajar lebih bayak hal sebagai bahan yang akan saya tuliskan. Memaksa saya menjawab tantangan dari pertanyaan para pengunjung yang sangat kritis.
  4. Menulis dapat menyembuhkan luka perasaan dan melupakan kesedihan untuk selamanya.
  5. Menulis mengajarkan saya menjadi lebih fokus, lebih logis, lebih pragramatis.
Melalui blogging saya dipaksa mencari banyak referensi, diantaranya menemukan halaman yang di penuhi oleh bahasa dan koding, dan saya mulai mempelajarinya. Apakah menurut kalian hal tersebut kurang berharga?

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

6 Comments


  1. Betul banget mas banyak manfaat dari menulis. Selain menambah wawasan untuk diri kita. Menulis juga dapat menjadikan diri kita dipandang orang dengan karya yang kita tulis.😊😊

    ReplyDelete
  2. ini ditulis sama anak nya atau adiknya mas? :D hehe asik banget liat thumbnailnya hihi

    ReplyDelete
  3. Haha Betul kali nih Gan.

    Saya kalo udah stres biasanya malah nulis.

    Jadi energi negatif berubah jadi postingan blog. Hehe

    ReplyDelete
  4. Iya, jiwa jadi berasa nyaman tiap kali kelar sebuah tulisan... Hepi lagi kalo ngebaca tulisan teman :)

    ReplyDelete
  5. Terimakasih sudah share kak

    ReplyDelete
  6. Ingat ketika belum kenal blog, bingung mau share puisi saya kemana, hehe

    Sekarang ntah sudah berapa judul
    Puisi saya di blog yang muncul

    Memang menulis
    Merubah cemberut jadi manis
    Mengganti kurang ke optimis
    Memindah tak enak kearah laris

    :D

    ReplyDelete

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE