keatas
Informasi dari webmaster tool Google: tindakan halaman di nonaktifkan untuk sementara, ...Does it means parmanent? .....NO...! It is being temporary!...Oh..feel like my site subjectly to be suspended......ok, hanya sementara ya...katanya sih sedang maintenance selama seminggu...halaman tetap di crawl kok.

EMPAT PERAMBAN INTERNET INI BAGUS UNTUK BLOGGING

Mengutip Wikipedia:
Penjelajah web, peramban web atau penelusur web (Inggris: web browser) adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi dari Internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan pengidentifikasi sumber seragam yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.
Meskipun penjelajah web terutama ditujukan untuk mengakses Internet, sebuah penjelajah juga dapat digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau berkas pada sistem berkas. Beberapa penjelajah web yang populer adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, Opera, dan Safari.
Browser untuk blogging
Browser untuk blogging
Setelah Uni Eropa memprotes dan menghukum Google dengan tuduhan monopoli mesin penelusuran, orang orang mulai menginstal beberapa browser buatan Eropa di perangkat windows dan Android.

Bagi saya yang terbiasa blogging mobile (Tidak menggunakan laptop, tapi menggunakan perangkat Android), Saya memasang paling tidak 6 aplikasi peramban (browser) ke dalam ponsel dan tablet Android kesayangan:
  1. Chrome
  2. Firefox
  3. Yandex
  4. Edge
  5. Qwant
  6. DuckDuck Go
Namun ternyata hanya empat browser berikut yang paling banyak saya pergunakan.

1. Chrome
Chrome tetap menjadi browser utama pada saat saya mengakses dasbor blog melalui perangkat Android, terutama chrome berjalan istemewa pada perangkat Tablet yang telah saya lengkapi dengan keyboard dan mouse logitech (maaf menyebut merek). Browser yang satu ini saya pergunakan paling banyak untuk mengakses pengaturan halaman editor HTML blogger.

Ya chrome dapat membaca code source blogger dengan sempurna, tentu saja karena baik UI (User Interface) dan UX (User Experience)-nya telah dibuat oleh tim ahli Google. Saya dan Anissa dapat membuat atau mendesain ulang template blog seperti contoh yang sedang di pergunakan oleh blog editblogtema sekarang ini.
mobile blogger with Google chrome
mobile blogger with Google chrome - milik admin
Alasan saya menggunakan tablet Android ketimbang iPad sudah pernah saya ceritakan, iPad (sebelum ia menggunakan iPadOS) tidak mampu mengakses browser sampai ke bagian terdalam, misalnya saya tidak pernah dapat dengan mudah mengakses editor HTML blogger baik dengan menggunakan chrome maupun menggunakan browser bawaan (safari) pada iPad. Hal yang dengan mudah dapat saya lakukan melalui tablet Android dimana pengalaman menggunakannya tidak beda dengan laptop windows bahkan dengan kelebihan kecepatan karena kompresinya yang tinggi.

Jadi ada beberapa keuntungan pada saat menggunakan Chrome pada saat blogging:
  1. Secara alamiah chrome adalah besutan Google sama seperti blogger juga. Mereka jelas sangat kompatibel satu sama lain hingga sampai kepada bagian bagian paling kecil terutama akan terasa manfaatnya jika kalian menggunakan perangkat mobile baik tablet maupun ponsel Android.
  2. Chrome sangat kompatibel dengan perangkat bersistem operasi Android sebagai peramban bawaan.
  3. Chrome mudah di pergunakan, paling banyak penggunanya dan terintegrasi dengan mesin pencari Google. 
Chrome hampir sempurna bagi seorang yang menggeluti dunia blogging terutama yang menggunakan platform 'Blogger' Blogspot. Dan terutama jjika kalian bloggingnya melalui perangkat tablet seperti saya - bukan PC laptop atau Desktop. Menggunakan Chrome akan membuat pengalaman bekerja melalui internet terasa menyenangkan.

2. Firefox
Firefox adalah browser hebat dan dalam beberapa hal memiliki kemampuan mirip dengan Chrome, dalam beberapa di luar kaitannya dengan blogger mereka setara. Jika kalian memiliki dan menggunakan laptop dengan sistem operasi windows rasanya menggunakan Firefox menjadi pengalaman yang lebih baik untuk blogging.
add on AddToAny pada browser Firefox
add on AddToAny pada browser Firefox
Kalian dapat mengakses dasbor blogger hingga ke bagian editor HTMLnya, mengedit atau bahkan membuat template blog dari nol. FireFox diluar itu jika di gunakan buat browsing halaman web memiliki kelebihan karena menggunakan AddOn. Tombol berbagi AddToAny. Dimana kita dapat membagikan postingan kita melalui tombol tersebut untuk meningkatkan trafik blog. Kalian dapat memasang Addon atau pengaya peramban Firefox pada perangkat mobile dan PC melalui pengaturannya.

Firefox juga dapat di setting sebagai peramban bawaan perangkat.

Dan jika sekedar menggunakan Firefox untuk mengakses blogger, kita akan mendapatkan keuntungan: Tombol berbagi AddToAny yang lengkap sama lengkapnya degnan tombol berbagi AddThis, tanpa harus menginstalnya ke dalam template blogger. Hal ini akan membuat kita tidak perlu memasang tombol berbagi tambahan lagi dan template blogger akan berlari kencang tanpa beban eksternal link.

3.Yandex
Yandex adalah salah satu peramban responsif buatan Benua Biru Eropa. Yandex bagus untuk meningkatkan trafik blog karena kecepatan dan mobilitasnya yang tinggi. Dengan mengakses halaman blog melalui peramban ini kalian akan memiliki dua keuntungan:
  • Tombol bawaan 'back to top' yakni sebuah tanda panah pintasan untuk mengembalikan halaman ke atas setelah scrolling halaman jauh ke bawah. Dengan tombol berbentuk panah ini kita dengan cepat akan kembali ke atas setelah membaca konten blog atau konten web lainnya. 
  • Tombol atau menu translator yang dapat di pergunakan offline juga. Dengan translator pop up ini kita bahkan dengan mudah dan instan menstransletkan halaman blog dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Tinggal tekan, klik atau sentuh tombol bahasanya, tiba tiba saja blog kita berubah jadi bahasa Inggris! Kalian dapat mengkopi halaman yang telah berubah bahasa tersebut dan menjadikannya khusus blog berbahasa Inggris, Russia, dll. Umumnya translet-nya sudah baik, namun lebih baik lagi di cari dulu kelemahannya sebelum di terbitkan.
halaman mobile blog via peramban yandex
halaman mobile blog via peramban yandex
Ingat, kedua fitur diatas hanya akan muncul pada halaman mobile, apabila kita mengakses blog melalui layar hape atau smartphone.

Jadi kita ulangi, dengan mengakses blog secara mobile (via hape) kita mendapatkan dua keuntungan: tombol navigasi back to top dan tombol translator bawaan browser.

4. Microsoft Edge
Edge adalah peramban besutan Microsoft, tadinya di PC Microsot memiliki Internet Explorer yang masih di pergunakan hingga saat ini. Microsoft juga memiliki webmaster mirip Google Webmaster, yakni Bing Webmaster, namun bing dapat dengan mudah di akses melalui browser lain seperti chrome. Dengan menggunakan browser ini kalian juga dapat mensetting search engine dengan 4 pilihan:
  1. Bing
  2. Yahoo
  3. Google
  4. DuckDuck Go
Sama seperti Chrome, Edge dapat dipergunakan dengan baik untuk mengakses dasbor blogger hingga ke bagian editor HTMLnya, namun sama seperti Firefox, saya menemukan kesulitan jika hal tersebut di lakukan melalui perangkat mobil.
bing webmaster
bing webmaster
Pada perangkat laptop terutama windows, Edge bekerja sempurna tentu saja karena kompatibilitasnya: Sama sama di buat oleh Microsoft. Mircrosoft juga adalah pembesut aplikasi aplikasi perkantoran yang melegenda: Microsoft Office.

Sisanya Qwant dan DuckDuck Go menang pada perlindungan privasi pengguna, namun memiliki beberapa kelemahan terkait pekerjaan blogging yang tidak saya sebutkan dalam kesempatan kali ini. Di lain waktu akan saya jelaskan.
sofyan Ya-an
Pekerja keras yang tidak fokus Menulis hanya buat kesenangan

3 komentar

  1. Nice info. Favorit saya chrome karena bisa dikaitkan langsung dengan alexa. Tapi lainnya firefox, aol, bing, yahoo, dan satu lagi browser sambil beramal seputar lingkungan, yaitu ecosia. Sayang ya browser sosial lainnya geevv kok udah bangkrut

    BalasHapus

Posting Komentar

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE

Kirim Email