EditblogTema

Desain Panduan Perihal Kami
×
template design by: Anissa Auliasari

Inspire to clever

CARA MENGEDIT HALAMAN EDITOR HTML BLOGGER MENGGUNAKAN HAPE

AvatarOleh:
Umumnya ketika kita telah memiliki sedikit pengatahuan koding dan sedikit menguasai pengatahuan dasar CSS, HTML dan JS, di tambah dengan sedikit hobi atau 'bakat' desain kita dapat atau mampu membuat template. Template blogger di buat berbasis HTML. Tanpa  sebuah template, platform blogger akan kesulitan berjalan untuk menampilkan halaman web atau halaman blog kita.
ilustrasi mengakses halaman editor HTML via ponsel
ilustrasi mengakses halaman editor HTML via ponsel
Template mudah di dapat, platform blogger itu sendiri telah menyediakan template dasar yang dapat langsung kita pergunakan pada saat pertama memulai ngeblog. Namun suatu saat kita akan jenuh dengan tampilannya dan merasa tampilan halaman blog kita tidak tampak profesional karena terlalu biasa, terlalu mirip dengan tampilan blog blog para pemula, walaupun mesin penelusur (search engine) tidak terlalu mempersoalkannya, namun tampilan dapat dengan signifikan mempengaruhi manusia, sedangkan pengunjung halaman web atau blog adalah manusia.

Disamping itu tentu saja pertimbangan optimasi template, template bawaan yang sederhana secara default tidak di optimalkan sebagaimana layaknya template template yang di buat oleh para desainer web secara premium. Melalui pengatahuan dan penguasaan HTML kita akan mampu membuat suatu template yang premium.

Sampai disini kita tidak akan melanjutkan pembahasannya, karena postingan ini saya buat berbasis pertanyaan beberapa orang pengunjung:
BISA GAK SIH MENGEDIT BAGIAN HALAMAN EDITOR HTML TEMPLATE BLOGGER MELALUI HAPE, PONSEL ATAU SMARTPHONE?
Saya menjawabnya bisa karena saya sendiri sering melakukannya, dari memasang dan menghapus widget, hingga mengedit bagian HTML melalui  ponsel dengan layar 5,5 inch demi untuk merombak tampilan halaman blog secepatnya pada saat berada di coffee shop, jam istirihat bekerja, atau dalam perjalanan.

Padahal hape itu juga yang saya pergunakan untuk menelpon, menjawab WA, dan vieo call dengan keluarga juga. Saya bersyukur banyak hal mulai dapat di tangani oleh peralatan genggam ini, karena saya selalu berfikir futuristik, saya jadi yakin suatu hari peralatan genggam ini akan memiliki kemampuan seperti laptop zaman sekarang, entah dengan kombinasi teknologi, UI, dan UX apa. Yang jelas saya sudah dapat memanfaatkannya sekarang walau dengan teknologi masih menurut zaman now (entah bagaimana zaman next)

MANFAAT MENGERJAKAN PENGEDITAN HALAMAN HTML BLOGGER VIA PONSEL
Tentu saja 15 tahun yang lalu adalah hal yang tidak masuk akal mengerjakan pengeditan HTML melalui perangkat mobile. Namun hari ini segalanya telah berbeda, kemampuan perangkat mobile seperti ponsel telah meningkat secara signifikan.

Sebenarnya saya sering menggunakan cara manual yakni langsung melalui browser chrome melalui hape oppo A83, tapi cara ini tentu sulit bagi yang belum terbiasa mengenali kode kode CSS, HTML dan JS. Saya melakukannya dengan cara mengscroll halaman editor HTML tersebut untuk menemukan untaian kode yang dapat merobah bagian tertentu template blog. Ada keuntungan dan kepuasan sendiri ketika saya melakukannya, toh saya tidak sedang terburu buru.

Adapun manfaatnya (paling tidak bagi saya) adalah:
  • Petama saya dapat terus 'menghapal' sumber kode template dan mengingatnya
  • Kedua meningkatkan ketrampilan saya dalam mengatasi kesulitan teknis dan troubleshooting dalam kondisi yang paling minim fasilitas.
  • Ketiga melatih kesabaran dan ketelitian
  • Keempat mengurangi ketergantungan saya terhadap perangkat PC baik desktop maupun laptop.
  • Membuka peluang mengembangkan aplikasi  (terutama aplikasi web) hanya bermodalkan gagdet mobile seperti ponsel.
Plus dengan mengerjakan template melalui hape tersebut membuat saya dengan mudah menyembunyikan pekerjaan saya terhadap orang orang di sekeliling saya, karena mereka menyangka saya sedang main game, atau chatting atau update medsos. Padahal saya sedang mengerjakan 'projek-projek' kecil. LOL.

CARA MENGEDIT TEMPLATE VIA EDITOR HTML MENGGUNAKAN PONSEL
Dengan asumsi hape Androidlah yang paling banyak di pergunakan oleh para blogger, maka cara paling mudah melakukan pengeditan HTML template blogger melalui ponsel Android adalah dengan cara memasang sebuah aplikasi editor kode dan diantara sekian banyak aplikasi aplikasi tersebut saya memilih aplikasi 'Code editor; kalian dapat langsung memasangnya dengan mengklik tautan Play Store berikut:
Android mobile code editor from github
Android mobile code editor di PlayStore
Cara penggunaannya terbilang mudah, user interfacenya sederhana dan 'Hand Friendly' banget sehingga kalian dapat menggunakan aplikasi ini dengan mudah, sebenarnya ia memiliki dua versi yang gratis dan berbayar. Sampai saat ini saya masih menggunakan versi yang gratis.

Aplikasi editor kode ini memiliki tool yang lengkap dan bisa terhubung ke akun Github dengan cara login, memiliki tombol pencarian untuk memintas ke kode yang kita inginkan denganc ara mengetik tag atau kode kode HTML tertentu ke dalammya. Cara kerjanya persis dengan versi dekstop, namun dengan interface mobile.
tampilan code editor pada layar hape
tampilan code editor pada layar hape
Jika kalian sudah mulai terbiasa membuka dan mengedit bagian bagian tertentu melalui halaman editor blogger, kalian pasti akan mengenali tag tag HTML berikut:
<head>
</head>
<body>
</body>
<data:post.body/>
Atau style CSS berikut:
<style>
</style>
]]></b:skin>
DST....

Nah melalui aplikasi editor ini kita dengan mudah menuliskan tag tag tersebut ke dalam kotak pencarian, dan kotak pencarian akan menemukannya dengan cepat. Setelah menemukannya kita dengan mudah menemukan sumber kode yang mau kita edit dan kita simpan.

Kalian dapat mengikuti cara penggunaannya melalui videonya terlebih dahulu yang di sertakan pada paket pengunduhan sebelum menggunakannya. Yang perlu kita lakukan adalah berlatih dan memiliki keinginan kuat untuk belajar dengan cara memanfaatkan sumber daya yang kita miliki. Tidak perlu berkecil hati kalau belum memiliki laptop. Manfaatkan saja ponsel yang ada.
Kalian harus bersyukur karena zaman now sudah sedemikian maju dan mudahnya bagi kita untuk melakukan pekerjaan melalui perangkat yang sebelumnya tidak pernah terfikirkan oleh para pendahulu kita. Jadi kita harus memanfaatkannya dengan sebaik baiknya.

Sekali lagi Tidak perlu berkecil hati kalau belum memiliki laptop. Manfaatkan saja ponsel yang ada. Jika kalian rajin tidak menutup kemungkinan kalian akan mampu mengembangkan aplikasi kalian sendiri melalui gagdet mobile.

Kedepannya tentu semakin banyak peangkat mobil atau ponsel murah namun dengan teknologi dan fitur yang lebih maju lagi.

8 comments:

  1. ini mah harus pakai browser khusus ya emang.. yg support fitur find hehe. mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai chrome. Tapi kan ceritanya dibantu sama aplikasi code editor, jadi gak perlu mikir browser

      Delete
  2. Wah ternyata ada aplikasinya tersendiri yaa, saya edit lewat blogger.com langsung rasanya bikin kesel, karena tampilannya tidak responsive mobile dan saat ingin edit malah susah untuk di navigasi didalam kodingannya.. Dengan aplikasi ini lihat kodenya jadi lebih gampang dan praktis yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya menurut saya sampai hari ini aplikasi ini yang paling enak dipergunakan buat editing HTML melalui hape 😊

      Delete
  3. Saya kalo ngeblog pake komputer.
    Thanks buat tutoring :)

    ReplyDelete
  4. Thumbnails do not display properly on notable themes, any css to rectify this defect.

    ReplyDelete
    Replies
    1. can you sshow me your site, I have no idea because I am using Notable with no problem

      Delete

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

2018 - © The EditblogTema