BEDANYA TEMPLATE BLOGGER GENERASI PERTAMA DENGAN GENERASI KEDUA

Iseng karena sekarang lebih banyak ngedam di rumah daripada nangkring di kafe, saya buka buka dasbor blogger tidak dengan maksud bikin konten artikel sih, tapi pas fitur tersebut di buka ternyata ada fitur baru yang cukup berguna bagi yang hobi utak atik mengedit template.

Tapi jangan sering di cobakan ke blog utama ya, buat saja blog lain yang di khususkan untuk di utak atik, kan nanti hasil templatenya bisa di simpan untuk di bagikan ke teman teman secara gratis he he he...
zaman old vs zaman now
zaman old vs zaman now
Sampai saat ini template blogger itu masih di golongkan dalam dua generasi template, yakni template blogger generasi pertama (klasik) dan template blogger generasi kedua.

FITUR BARU DASBOR BLOGGER UNTUK MEMUDAHKAN PENGGANTIAN TEMPLATE.
Namun terlebih dahulu kami jelaskan bahwa dasbor blogger mulai Maret 2020 telah menambahkan tool atau fitur baru, yakni sebuah tool yang berisi fitur untuk memudahkan pengguna berganti template dari klasik ke template terbaru dan atau sebaliknya dari template terbaru menjadi template yang lebih klasik secara otomatis. Mari kita coba.

  • Pertama buka dasbor blogger
  • Pilih tema atau theme, akan terlihat tampilan seperti pada gambar berikut:

untuk melakukan pengeditan template
fitur dasbor blogger 
Perhatikan gambar di atas pada bagian kanan atas tampilan tema terdapat tiga titik bersusun yang apabila di klik akan memunculkan menu dropdown berisikan menu menu yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan pengeditan template.
untuk melakukan pengeditan template
fitur dasbor blogger 2
Pada gambar selanjutnya kita memilih menu baru yang di rilis di bulan Maret 2020, yakni 'Beralih ke tema klasik generasi pertama'. Jika pilih akan muncul halaman popup yang berisi pilihan:
menu pop up pada fitur baru dasbor blogger
menu pop up pada fitur baru dasbor blogger
Popup berisi pesan untuk penggantian template yang telah ada menjadi template lama (klasik generasi pertama)) atau sebaliknya pindah dari klasik ke template terbaru (template generasi ke 2)
yang menariknya sekalipun favicon blog juga hilang pada template klasik. Di bawahnya lagi terdapat pilihan: cancel (batalkan), switch without backup (beralih tanpa mencadangkan) dan backup and switch (cadangkan lalu beralih)

Perbedaan Template default generasi pertama (klasik) versus Template default generasi kedua.

Sebenarnya ada template yang jauh lebih klasik yang dipergunakan oleh blogger pada tahun 2003 dan 2006, template itu adalah satu satunya template yang dapat di pergunakan oleh para blogger zaman dulu, dan pada masa itu belum ada tablet dan ponsel. Bahkan pada masa itu Laptop saja masih terlihat belum umum kali ya...Tentu saja desain halaman web masih terpusat pada ukuran layar desktop PC yang lebih mirip pesawat telivisi dan lebih banyak dipergunakan di kantor kantor daripada di rumah rumah rakyat.

Dan tampaknya mulai tahun 2007 setelah versi terbaru blogger (template default versi kedua generasi pertama) di perkenalkanlah template template default blogger dengan desain baru, namun template template tersebut juga masih bergaya klasik: Homepage hingga konten dengan sidebar, dan pada saat di buka melalui layar yang lebih kecil tampilannya tetap sama: Homepage hingga konten dengan sidebar tetap muncul sekaligus sehingga semua elemen dan tulisan menjadi ikut terlihat menciut. Template template tersebut diantaranya adalah: Sederhana (simple), PT. keren Sekali (Awsome Inc.), Perjalanan (travel) dst...(AdaSekitar 7 varian utama bersama varian variannya.)

Namun template template generasi kedua awal ini telah memiliki pengaturan untuk tampilan mobile, yakni, kalau kita buka dasbor pengaturan blogger tampilan-nya akan tampak sebagai berikut:
caption pengaturan mobile template generasi kedua awal

Namun dunia web dengan cepat berubah, perangkat perangkat genggam mendesak perangkat perangkat meja seperti komputer dan laptop sehingga merampas hampir 80% akses ke internet dalam waktu kurang dari 7 tahun. Akses melalui desktop dan laptop kini tinggal kurang dari 20%. Ini menjadi tantangan bagi para web desainer untuk mendesain template web yang responsif dan mobile friendly.

Dan barulah pada tahun 2017 lalu blogger menambahkan 4 varian template lagi, kali ini benar benar sangat responsif dan mobile friendly. Template template tersebut adalah: Contempo (bergaya desain Indie), Soho (bergaya desain fancy), Emporio (berya desain vegeclub) dan Notable (berya desain rockpool). Editblogtema menggunakan template Notable bergaya desain rockpool yang telah di desain ulang.

Keempat template terbaru ini sudah tidak memerlukan pengaturan untuk tampilan mobilenya, semuanya sudah otomatis.

Perbedaan tampilannya adalah sebagai berikut:
Template generasi ke 2 vs Template generasi ke 3
Template generasi ke 2 vs Template generasi ke 1
 Gambar di atas adalah perbedaan tampilan antara template generasi ke dua dengan template generasi pertama (klasik) jika di tampilkan melalui desktop. Tentu saja template klasik bisa di buat responsif dan mobile jika kita memiliki ketrampilan desain dan memiliki pengatahuan CSS, HTML dan Javascript. Lalu bagaimana jika kedua template tersebut di akses melalui layar kecil seperti tablet dan hape?

Perhatikan gambar berikut untuk template generasi kedua:
template generasi kedua di lihat dari layar mobile
template generasi kedua di lihat dari layar mobile
Pada template generasi kedua baik pada layar hape dan tablet nilai responsif dan mobilenya harus sepuluh (10) tulisan dapat dibaca dengan mudah, semua fungsi dapat berjalan dengan baik dan di buka melalui tombol navigasi mobilenya.

Perhatikan gambar berikut untuk template generasi pertama (klasik):
template generasi pertama di lihat dari layar mobile
template generasi pertama di lihat dari layar mobile
Pada template generasi pertama baik pada layar hape dan tablet nilai responsif dan mobilenya hanya mendapatkan nilai tiga (3). Tampak nyata sekali jika template klasik tidak support untuk tampil pada layar yang lebih kecil daripada layar ukuran standar desktop dan laptop. Pada template generasi kedua yang lebih lama terdapat pengaturan mobile untuk menyesuaikan tampilan template blogger pada setiap ukuran layar terutama mobile.

Blog editblogtema.net menyediakan template gratis yang di modifikasi dari template terbaru blogger. Silhakan pilih menu 'download' pada navigasi menu di atas halaman blog ini.

Mudah mudahan ke depannya akan hadir template template baru generasi ke tiga ya sobat sobat...

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

9 Comments

  1. Hahaha tergoda juga dong saya mau cobain, tapi takutnya malah bikin makin kacau semuanya .
    Kayaknya lebih bagus dicoba di blog percobaan hehehe.

    Sekarang makin banyak ya template blog yang gratisan, tapi yang defaultnya blogger udah kece sih menurut saya, apalagi kalau bisa dimodifikasi kayak gini :D

    ReplyDelete
  2. Templat templat terbaru mudah di modifikasi terutama bagian CSSnya

    ReplyDelete
  3. Iya ya, kalo tidak salah dulu template blogger generasi pertama itu kaku, aku buka pakai Nokia E63 tulisannya berjejer kurang rapi dan juga warnanya cuma putih dan biru, padahal kalo ke warnet template nya bagus.

    Tapi sekarang semua template bisa menyesuaikan, baik dengan tablet, hape, ataupun PC.��

    ReplyDelete
  4. langsung dipraktekin nih. saya suka bosan sebenarnya dengan tampilan-tampilan. cuma lebih repot kalau penataan jadi semburat jadinya dibiarkan gitu aja selama ini hehe.

    ReplyDelete
  5. makin kece ya template yg sekarang, hhh
    pengen ganti tempate jg aku tuh, tp dh keburu sayang dan malas otak atiknya, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, kan sedang belajar web desain....he he he

      Delete
  6. jadi inget awal awal make blogspot & beruntung juga pernah ngerasain model klasik "old" nya si blogspot ini, jadi flasback lagi nih hehehe
    dulu belum ada hape android, tampilan blog pilihannya masih 1 di layar komputer, sederhana bangetttt

    ReplyDelete
  7. Nice post, impressive. It’s quite different from other posts.Animated Flyers

    ReplyDelete

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE