YANG MANA YANG BENAR: MENDAHULUKAN KONTEN ATAU SEO?

SEO menjadi mitos, mengapa saya katakan demikian karena kita membacanya setiap waktu di internet: SEO, SEO...Kita melupakan untuk apa dan tujuan sebenarnya dari SEO, yakni meningkatkan performa Halaman WEB di mata mesin pencari. Jadi jika sebelumnya kita tidak memiliki halaman WEB, apanya yang mau di 'SEO'? Tapi saya harus memaklumi jika pada setiap Matriks penjual jasa SEO, SEO selalu berada jauh di atas konten. Mungkin karena saya memandang segala sesuatu di internet dengan cara terlalu leterleks.
seo image
seo image - Google
Tetapi apakah strategi SEO mereka itu sangat penting? Tidak, asalkan kita mengerti bagaimana caranya blogging secara mendasar.

Sebelum membahas lebih jauh kita perlu mundur untuk melihat diri kita sendiri, apakah kita adalah seorang blogger pemula, apakah blog kita di optimalkan untuk tujuan bisnis? Jika ya SEO adalah kebutuhan nomor ke 13, jika tidak, SEO tidak perlu terlalu di pikirkan. Perhatikan Matriks berikut yang sengaja 'menggiring' kita untuk menomor satukan SEO:

SEO adalah prioritas Jasa SEO
SEO adalah prioritas Jasa SEO
Pada Matriks diatas SEO di letakan nomor satu. Kita akan melihat ini dimana mana. Dan saya maklum karena provider juga cenderung mempercayai mitos ini, dan tentu saja mereka tidak akan memberikan 'job' kepada halaman blogger yang tampilannya di dalam parameter tampak buruk. Jadi para pemilik Jasa SEO memanfaatkannya mereka membuat kampanye berulang ulang secara sistematis dan jumlah mereka sangat banyak. 

Mereka tidak bermaksud demikian? Sah sah saja mengutamakan subjek bisnis: Jasa SEO. Namun kita tidak boleh lupa teknik menyampaikan informasi di zaman now sudah begitu hebatnya. Mereka tidak salah secara kasat mata kita yang salah karena menjadikannya persepsi kita.

Perlahan lahan otak kita menelan hal itu dan mulai mempercayainya. Dan ingat provider juga telah terpengaruh. Namun meminjam matriks diatas, yang kita butuhkan sebagai prirotas kita dalam blogging sebenarnya adalah:
konten yang berkualitas adalah prioritas blogging
konten yang berkualitas adalah prioritas blogging
Bagi saya yang tidak memprioritaskan SEO, maka kontenlah yang harus selalu di prioritaskan. Toh SEO akan dapat datang kapan saja ketika kita membutuhkannya, akan tetapi konten? Dan tidak kalah pentingnya untuk prioritas  pengujian adalah halaman yang mobile, lalu kecepatan blog. Bagi saya SEO adalah yang terakhir!

Terutama bagi blogger pemula tanpa konten kalian tidak akan memiliki halaman blog yang memiliki pengunjung, kalian juga harus memperhatikan halaman yang mobile dan cepat, lalu berbagi dengan group yang tepat di Facebook, Twitter dan medsos lainnya. Ketiga hal diatas sudah merupakan elemen dari SEO. Sedangkan menggunakan jasa pengoptimalan SEO adalah solusi yang terakhir.

Jadi sebenarnya halaman blog yang SEO itu adalah:
  1. Memiliki konten konten yang berkualitas. Buat dan tulislah konten yang baik sebanyak banyaknya, saya pasti akan berkunjung, kalau bisa mulai hari ini saya akan menghindari blog yang SEO, dan saya percaya algoritma Bert Google akan mengcounter teknik teknik SEO yang menyimpang. Teknik yang alami itu adalah konten!
  2. Mobile friendly. Gunakan template yang mobile friendly dan responsif.
  3. Menggunakan template yang cepat. Sederhanakan template agar pengunjung betah dan tidak terpental karena blog kelamaan loading
  4. Selalu berbagi ke media sosial. Jangan lupa berbagi ke medsos (Facebook, Twitter, Tumblr dll)
  5. Terakhir barulah menggunakan jasa SEO. Tidak mungkin SEO terlebih dahulu jika belum memiliki halaman web atau blog.
Sederhana itu kuat dan tahan lama. Jadi jika kita telah menerapkan hal diatas, masih perlukah kita berkecil hati jika di sebut tidak memliki halaman blog yang SEO? Janganlah terburu buru mempercayai kampanye SEO.

Anehnya banyak jasa SEO mengatas namakan atau paling tidak mengaitkan 'bisnis' mereka dengan Google. Padahal dalam banyak kesempatan walau secara tidak tersirat Google telah membantah hal tersebut.

Misalnya Google tidak pernah mengakui parameter MOZ yang bernama DA dan PA. Tapi blogger atau pemilik web mempercayainya. Mungkin karena Google sendiri tidak menyediakan parameter apa apa, dan mungkin juga karena pada akhirnya provider projek juga mempercayainya.

Maaf jika tulisan ini hanyalah opini saya. Saya hanya tidak ingin jasa SEO mengklaim telah berhasil meningkatkan performa halaman blog kita padahal sebenarnya halaman blog kita memang telah meningkat performanya secara alami. Segalanya hanya menunggu waktu. 

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

6 Comments

  1. bagi blogger senior, SEO is the priority

    ReplyDelete
  2. Saya mendahulukan konten dulu kak, terutama menulis hal hal yang saya sukai, insyaAlloh nanti ada aja pengunjungnya, terutama yang butuh info atau bacaan itu dan akhirnya nyasar di blog sy

    ReplyDelete
  3. konten is king ya mbak Anisa? tapi kalau bisa dibilang menurut saya Seo is Queen, kalau keduanya dipadukan dengan pas, hasilnya pun sangat josss.!

    ReplyDelete
  4. kalau saya apapun itu deh.. yang penting bsa share tulisan dengan urutan yang baik

    ReplyDelete
  5. Saya senang, setiap kali berkunjung ke sini templatenya selalu ada perubahan, entah nambah yang ini, nambah yang itu, dan hari ini ada pinkysnya bikin saya hepi :D

    Btw, konten berkualitas itu PR banget buat saya, makanya saya memilih konten yang saya kuasai saja, entah itu berkualitas ataupun remeh hahaha.

    Kalau masalah SEO sebisa mungkin juga menerapkan dikit-dikit SEO meski sama aja sulit bersaing bahahahahaha

    ReplyDelete

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE