Skip to main content

YAKIN TIDAK MEMILIKI KONTEN DUPLIKAT DI HALAMAN BLOG KALIAN? COBA UJI DISINI!

alias copy paste
konten duplikat alias copy-pste?
Tentu saja setiap blogger yang baik tidak ingin memiliki konten duplikat, duplikat artinya menduplikasi tulisan orang lain. Demikian pula dengan editblogtema. Karena sering mengutip dari berbagai sumber tentu insiden konten duplikat tidak dapat terelakan.

Namun menduplikat dari blog kita yang lain dan memasukan konten tersebut ke blog kita bisa terbaca sebagai duplikat juga. Ada sebuah situs yang menyediakan tool untuk mendeteksi apakah halaman web memiliki konten duplikat atau tidak. Saya cukup terkejut ketika memeriksa konten konten editblogtema yang terdeteksi sebagai duplikat, tool tersebut bahkan dapat mendeteksi konten yang kita kutip hingga ke DEEP WEB, DARK WEB dan situs situs sensitif! Wah bahaya juga ya.

Saya juga memeriksa halaman halaman blog yang di bawahnya ada tertera PROTECTED BY DMC. Namun memiliki lebih 59% konten duplikat. Bah...ternyata semua situs sama saja meminta kita memasang link mereka dengan bayaran backlink. Alasannya bisnis banget ya....
gambar halaman tool siteliner
gambar halaman tool siteliner
Nah yang saya terkejut adalah ketika saya meneliti satu persatu sebuah halaman blog tampak mengesankan, dengan embel embel 'DMC Protected' di bawahnya malah memiliki lebih separohnya adalah halaman duplikat, dan saya lebih terkejut lagi ketika mengklik

'Click here to see your duplicate content.'

Halaman itu memang telah menduplikat banyak sekali situs situs lain dan itu benar benar tidak dapat di pungkiri karena Siteliner memiliki kemampuan membawa kita ke halaman yang di duplikat halaman yang telah memiliki kemapanan tinggi.
tool untuk memeriksa halaman duplikat
tool untuk memeriksa halaman duplikat
Namun nampak cukup adil untuk mengatakan perihal kandungan dan kadar duplikat konten yang telah kita ikuti pada situs lain. Contohnya:
  • Kita merujuk kepada suatu halaman hanya sekedar untuk referensi, siteliner tampaknya mampu membedakannya. Beberapa kutipan dapat di abaikan sebagai tidak termasuk menduplikat.
  • Kita merujuk kepada suatu halaman dan mengambil ide tulisan dari suatu situs. Walaupun bahasanya telah di rombak total 99% Siteliner tetap dapat mengenalinya sebagai konten duplikat. 
  • Siteliner terlihat mampu membaca tulisan yang dibuat oleh manusia dan di modifikasi oleh mesin.
Yang jelas saya cukup terpesona dengan kecerdasan sistemnya, mungkin mereka menggunakan sistem A.I. yang terhubung dan memanglah karena situs ini milik copyscape yang terkenal. 

Tapi kalau kita pasang DMCA protected gratis di bagian footer blog kiranya cuma buat nakut nakutin maling konten saja.

Eh hampir lupa, bahkan berhati hatilah dengan gambar gambar yang kalian comot dari internet, karena ia juga dapat di masukan sebagai konten 'copy-pste' mesin dengan kemampuan A.I. memiliki kemampuan:
  1. Membaca tag dan alt pada struktur gambar tersebut
  2. Menganalisa kemiripannya dengan yang di posting oleh situs lain
  3. Mengetahui situs mana yang pertama menggunakannya.
  4. Mengatahui sejauh mana prosentasi sebuah tulisan dan sebuah gambar telah di edit.
  5. Mendeteksi foot print atau 'history' melalui mesin penelusur pada waktu seseorang mendownload atau menduplikasi bagian dari konten tersebut.

APAKAH KITA PERLU KUATIR?

Tidak perlu sih kekuatiran berlebihan. 

Sepanjang menduplikasi karya orang adalah pekerjaan yang tidak terpuji, kitapun pasti tidak ingin melakukannya. Namun pada zaman segalanya mulai di proteksi, kita perlu lebih berhati hati lagi dan bertindak bijak agar tidak menjadikan kebiasaan menduplikasi karya orang lain sebagai hal biasa.

Kita juga tidak tahu kapan 'seseorang' datang mengklaim hak mereka, bukan? Dan harus di ingat segala sesuatu di internet telah di atur dan di lindungi oleh undang undang ITE. Jangan sampai kita terjerat kasus hukum yang tidak akan membuat hidup kita menjadi nyaman dalam jangka waktu tertentu.

Kalau kalian panasaran mau cek blog kalian masukan saja halaman siteliner, dibawah ini linknya:

Tolong di share ya..

Mungkin Anda Suka:

Comments

  1. Aku cek ada sekitar 20% konten duplikat, kira-kira bahaya tidak ya?

    Kalo common content 41 persen dan unique content 39 persen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibawah 40% masih aman, tidak seluruh konten duplikat, hanya sebagian

      Delete
  2. Saya sudah pernah coba nih di website ini.
    Dulu waktu tahun 2018 awal-awal semangat ngeblog, tiap hari kerjaan saya ya utak atik HMTL dan ngecekin performa blog hahaha.

    Kalau saya katanya ada 18% duplikat, tapi memang terbatas sih ya, nggak semuanya bisa dicek secara free, kudu premium :D

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum... selamat tahun baru 2020... maaf laa baru sempat nak datang jenguk ke blog ni... insya allah sy akan kembali fokus sm mcm sebelum ni.... harap2 tak serik utk terjah blog sy nanti ya...

    ReplyDelete
  4. Barusan saya cek, blog saya terdeteksi 10% duplicate content mas. Tapi masih aman kok ini, karena sepanjang syaa nulis ga plagiat punya orang lain,

    ReplyDelete
  5. Duplikat 16 persen
    Common Content 13 persen
    unique content 51

    Wahhhh.....
    ternyata kurang banyak nih copasnya...

    Hahahhaaa...

    ReplyDelete
  6. Jadi penasaran ingin check secara kan blogku cerita tentang anakku, tentang bahasan2 yang kayanya semua dr isi kepalaku dengan bahasaku, apakah tedeteksi duplikat.

    Aku gambar nyari di free pic sih biassnya yang tak edit lagi. Kalau di Kompasiana mereka detect juga.

    ReplyDelete
  7. wah ini bsa nanti dicoba di blog saya, kalo sampe ada kan ribet ehehe

    ReplyDelete
  8. Terima kasih informasinya, langsung cek...

    ReplyDelete
  9. saat test hasilnya 12% duplikat haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punyaku lebih parah karena sering ngutip Wikipedia

      Delete
  10. saya punya artikel kayaknya banyak "dicopy paste", sehingga ada artikel yang berdasarkan pengalaman dituduh 100% plagiat…..

    Luar biasa dunia plagiat tanah air.....

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya.

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar.

Komentar yang kami hapus dan masih menyisakan profile komentatornya bukan komentar kritik, kami tidak anti kritik samasekali. Tapi komentar yang menyertakan link aktif. Karena saran kritik dan bahkan celaan untuk blog dengan niche seperti ini amatlah penting untuk di jadikan alat koreksi. Terimakasih!

Popular Posts

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

KISAH MENAKJUBKAN DI DALAM CANGKANG TELUR

Kisah UAS Dan Mellya Juniarti: Tidak ada yang abadi.

Copyright © editblogtema. All rights reserved.