KETIKA GOOGLE TIDAK LAGI MENJADI MESIN PENCARI UTAMA PARA BLOGGER HARUS WASPADA

Google Chrome
Google Chrome
Di mulai dari benua biru, mulai Maret 2020 Google tidak akan menjadi mesin pencari utama lagi disana dan Google telah di hukum membayar denda sebesar 5 Miliar Dollar Amerika dengan tuduhan telah melakukan monopoli bisnis iligel. Google juga akan berancang ancang untuk menghindari hukuman lain jika benua benua lain mulai mengikuti jejak Uni Eropa.

Bayangkan berapa jumlah pengguna ponsel di dunia ini, dan mereka mengakses blog kita melalui perangkat mobile. Artinya mau tidak mau beberapa teknik SEO untuk meningkatkan trafik blog menjadi mentah lagi, saya sudah sering menulis, tidak akan berpegang pada jenis SEO apapun karena hal itu tampak semakin absurd. Dengan semakin banyaknya pengguna internet menggunakan mesin mesin pencari selain Google, maka kata kunci alias keyword adalah omong-kosong paling tidak pada browser browser alternatif ini.

Bayangkan ketika sebagian pengguna mulai sadar betapa pentingnya privasi dan tidak mau dikuntit terus menerus oleh jenis mesin pencari tertentu, mereka akan mninggalkan chrome dan memilih mesin pencari yang ternyata sangat banyak tersedia di dunia ini. Oh ternyata Google bukan satu satunya.

Akan seperti apa pengaruhnya terhadap ranking dan peringkat pencarian halaman Blog kita kali ini?  Jika yang kita maksud pencarian Google, tidak akan ada yang berubah, tetapi jika yang kita maksud jumlah kunjungan pada hasil penelusuran, jelas banyak perbedaannya. Bagaimana jika trafik anda menjadi terbatas di Google karena sebagian besar orang beralih atau pindah ke Yandex, DuckDuckGo, Bing, Microsoft atau Swisscows?

Apakah peghasilan dari adsense terpengaruh? Sedikit banyaknya pasti dong, mereka tidak mengakses blog kita melalui Google lagi karena alasan privasi dan kebebasan. Kecuali jika algoritma Google berubah lagi dan melakukan penyesuaian. karena bisnis adalah bisnis.

Mari kita bahas kelebihan masing masing mesin pencari alternatif ini:

1. Yandex

Saya menempatkan Yandex pada urutan pertama, karena cepat. Saya tidak tahu mengapa blog saya sangat cepat pada saat di akses oleh browser dan mesin pencari Yandex, disamping itu Yandex tidak terlihat menyimpan "dan mengumpulkan barang barang pribadi saya" bersamannya. Besok atau lusa saya akan melakukan update blog melalui browser ini.

Google melakukan pengumpulan data pribadi pengguna dengan alasan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, tapi sebenarnya demi untuk mengumpulkan minat pengguna dan menjadikannya sebagai data statistik, lalu melalui itu mereka menghujani halaman browser dengan iklan yang mengganggu. Bisnis oriented.

Yandex ini buatan Russia, namun saya tidak kuatir menggunakannya setelah melakukan beberapa pengujian. Sebagai kompetitor yang potensial Yandex memiliki kelebihan sebagai berikut ketika menampilkan halaman blog kita:
  1. Sangat kompatibel dengan HTML 5
  2. Sangat cepat, responsif dan mobile friendly. 
  3. Tampilan blog menjadi lebih kaya.
  4. Pada tampilan mobile Yandex juga memiliki translator otomatis sehingga blog dapat dibaca dalam berbagai bahasa. Translator akan muncul otomatis saat halaman di gulir.
  5. Masih pada tampilan mobile, dengan membuka halaman blog melalui browser Yandex,  akan muncul navigasi "black to top" otomatis dalam bentuk ikon panah sehingga kita dapat kembali ke halaman atas blog lebih cepat. 
  6. Modern dan stabil
  7. Kualitas Eropa

2. DuckDuckGo

Saya juga memprioritaskan mesin pencari DuckDuckGo. Mungkin karena tidak banyak menyimpan beban atribut dan berbagai kantong cache, DuckDuckGo terasa sangat enteng. Browser ini sangat mengutamakan keamanan privasi penggunanya. Inilah satu satunya browser yang paling tidak pernah mengumpulkan data dan informasi pengguna di Planet bumi pada saat ini. 

Saya dapat mengatakan kelebihannya sebagai berikut:
  1. Kompatibel dengan HTML 5
  2. Cepat dan ringan
  3. Sangat aman dan melindungi privasi pengguna.
  4. Modern dan stabil
  5. Kualitas Eropa

3. Qwant

Mesin pencari asal Perancis ini berorientasi pada perlindungan privasi, memiliki antarmuka yang sangat cantik dan berlari sangat kencang. Saya melihat kesamaan performa dengan mesin mesin pencari yang memiliki orientasi serupa nomor satu dan nomor dua di atas.

Bing dan Yahoo

Bahkan Bing dan Yahoo memiliki Webmaster seperti Google, walaupun tidak se-populer Google, namun fiturnya tidak bisa di remehkan terutama dalam keamanan. Kita dapat memasukan link halaman blog yang berisi konten kita ke mesin pencari Bing Webmaster dan memintanya untuk mengindexnya.

Kedua mesin pencari ini sangat piawai dalam memandu pengguna mencari produk produk yang mereka inginkan.

4. Swisscows

Swisscow adalah alternatif Google terbaik. Browser dan mesin pencari ini tidak akan menyimpan data pribadi, alamat IP, permintaan pencarian atau melakukan pengidentifikasi yang bersifat pribadi lainnya. Ini adalah mesin pencari yang sangat baik untuk kesehatan pribadi kita.

5. Search Encrypt

Mesin pencari ini memastikan hak privasi dan aktifitas kita aman pada saat online. Jelas ini sangat menguntungkan pengguna. 

Semua browsser di atas dapat kita download di perangkat Android. Namun di UE mesin mesin pencari ini telah dijadikan sebagai mesin pencari default pada (bawaan perangkat) Android. 

Jadi Google bukan satu atunya lagi. 

Artinya apa? Kita tampaknya harus mereset ulang pandangan kita, bukan kunci kata atau keyword lagi. Itu mungkin berlaku pada mesin pencari milik Google, namun tidak pada mesin mesin pencari alternatif yang tentunya akan semakin banyak di gunakan orang di masa depan.

Mungkin perubahan ini untuk jangka waktu tertentu mempengaruhi trafik pencarian sebuah halaman blog dan menyurutkan penghasilan para publisher yang selama ini terlalu bergantung pada optimasi mesin pencari Google, mementahkan sistem ranking MOZ, dan membuat banyak tool online optimasi SEO menjadi kelabakan. Demikian juga dengan parameter kecepatan  dan syarat syarat konten kanonik.

Berita baiknya bagi kita para blogger adalah:
  1. Kita akan memiliki lebih banyak pilihan dan kecepatan peramban plus mesin pencari
  2. Konten tetap nomor satu sebagai standar SEO. Buatlah konten yang berkualitas
  3. Privasi kita lebih terlindungi.
  4. Kemanusiaan lebih di hargai ketimbang mesin
  5. Bisnis online lebih aman.
Berita buruknya:
  1. Mungkin akan mengurangi penghasilan publisher adsense
  2. Mungkin akan menyurutkan trafik, karena pengguna ber-migrasi ke mesin pencari alternatif.
  3. Mementahkan jasa SEO berbayar yang selama ini telah menguras uang menadi tidak banyak berfungsi lagi.
Dan tampaknya Google telah mematuhi hal tersebut: Pada bulan Juni 2020 Mereka mulai membunuh chrome pada setiap perangkat, termasuk pada opsi desktop, laptop, windows dan lain lain, artinya untuk kedepannya mesin telusur Google akan jauh berkurang peranannya. Mungkin secara kasat mata pengaruhnya tidak akan terasa. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk bersiap siap mulai dari sekarang....

Tolong di share ya..

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

8 Comments

  1. teknologi begitu cepat berkembang….. inventor saling bersaing merebut pasar

    ReplyDelete
  2. kadang kala saya rasa bagai tidak terkejar teknologi pada hari ini terlalu pantas dan juga terlalu banyak kegunaannya hehe

    ReplyDelete
  3. Duh, gimana ya? Saya pasrah aja, ada sih tanam iklan, tapi ga ada buahnya :(

    ReplyDelete
  4. Saya sudah beberapa bulan terakhir nggak mengurusi SEO. Dulu seneng banget belajar SEO sampai berhasil menjadikan beberapa tulisan berada di page one. Eh, sekarang...
    Ah, sejak blog saya sudah banyak yang tahu, cukup menulis dengan baik tanpa memikirkan SEO lagi.
    Tapi, sedih juga sih.

    Semangat untuk semuanya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEO penting, namun bagaimana cara mengoptimalkannya tidak terlalu penting mengikuti saran orang orang lagi..

      Delete
  5. Wowwww, ternyata banyak banget ya mesin pencarian, saya familiernya Google sih :D
    Kalau yang muncul di blog saya biasanya yang lain selain Google cuman Bing dan Yahoo saja.

    Btw, kayaknya untuk di Indonesia juga masih lebih familier google ya, meski ada juga yang pake yahoo atau bing :)

    Btw, saya justru lebih suka langsung praktek sih ketimbang mengikuti saran orang lain, bikin puyeng, hahaha

    ReplyDelete
  6. Saya kira ini hoaks ternyat beneran ya😭, sedih sih tapi terima saja.
    Dan ternyata banyak banget mesin pencari selain google. Saya tahunya cuma google, bing,
    Dan setelah baca artikel ini saya langsung indeks blog ke yandex😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal pengidexan qwant, yandex, duck sama saja menggunakan bing dan Yahoo. Mereka hanyalah mesin penelusur alternatif

      Delete

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE