BERAPA SIH SKOR MINIMAL RANKING DOMAIN AUTHORITY UNTUK BLOG?

Web analysts
Illustration Web analysts 
Pertanyaan ini di ajukan oleh seorang websider kepada John Mueller ahli SEO web Google. Dan apa jawaban para ahli di sisi Google?

Baiklah saya jelaskan terlebih dahulu latar belakang alias duduk perkara mengapa saya menulis artikel ini. Yakni ketika mendapat masukan dari seorang teman pemiliki halaman web (bukan platform blogger) dia mengatakan ranking Alexa editblogtema cukup tinggi tapi mengapa DA-nya rendah? Dan saya memang tidak begitu perduli dengan standard tool pihak ketiga seperti MOZ dan Alexa jadi saya klik link site MOZ yang dia berikan: DA blog saya hanya 10, dan PA-nya 26.
DA dan PA editblogtema
DA dan PA editblogtema
Sekarang mari saya jelaskan apa kata Google terkait dengan tool ini.
Domain Authority atau DA adalah sebuah metrik yang kelola oleh blog SEO populer bernama MOZ dan tidak ada kaitannya dengan Google samasekali. MOZ juga sering kelimpungan pada saat algoritma Google berubah rubah. Fungsinya sama dengan metrix Alexa yang di kelola oleh pebisnis online raksasa Amazon.

Bedanya Alexa pernah di pergunakan oleh Google atau bekerja sama dengan Google. Sedangkan MOZ tidak.

DA hanyalah suatu metrik yang mencoba mendefinisikan kualitas suatu blog semacam sistem ranking, di buat untuk perusahaan dan blog blog seperti yang sedang kita kelola. Jadi jelas tidak ada pengaruhnya bagi ranking sejati blogger yang kini telah menjadi rahasia dapurnya Google. Dulu Google pernah memiliki pagerank, lalu sekarang sudah tidak dipergunakan lagi. Hal hal yang sekarang perlu kita abaikan agar tidak membuang tenaga, pikiran dan juga waktu.

LALU APA HUBUNGAN DA DENGAN BISNIS?

Nah itu baru pertanyaannya.

Ketika sebuah pemilik suatu prdoduk ingin mempromosikan produk mereka, mereka selalu mencari sebuah halaman website yang terbaik. Tapi bagaimana cara mereka mengetahuinya? Bagaimana mereka mengetahui sebuah website secara spesifik? Tidak mungkin bisa. Mereka adalah pemain. Nah dengan tujuan membantu para pemain seperti inilah MOZ membuat konsep 'Domain Authority'.

Untuk membantu para pemain mendapatkan website yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sama saja dengan Alexa. Bedanya jika Alexa di miliki oleh para ahli SEO dan para pebisnis yang memang berpengalaman di bidang bisnis sekaligus, MOZ di buat oleh para ahli yang spesialis di bidang SEO. MOZ populer, Alexa kuat.

Mengapa pemilik produk perduli?  Karena mereka membayar untuk analitik MOZ,  dan membaca Matrik tersebut sebagai patokan untuk mengetahui "bagus tidaknya sebuah blog.

Namun soal akurasinya untuk bogging di tahun 2019 - 2020 sudah mulai dipertanyakan, apalagi semenjak algoritma Bert telah diterapkan.

TIDAK MENCERMINKAN POSISI BLOG TINGGI DI MATA MESIN PENCARI

Dan, tingginya DA tidak lantas membuat blog kalian menjadi tinggi di mata mesin pencari. Saya akhirnya menganalisa 25 sample, blog dengan DA hanya 9 memiliki pengunjung organik hingga beribu ribu pengunjung setiap hari, jauh mengalahkan editblogtema yang 10, dan blog dengan DA 60 hanya memiliki pengunjung kurang dari separohnya.

Jika ada yang mengatakan tingginya DA menaikan Ranking Website dan meningkatkan trafik, (DA=Website Rank=Traffik) itu tampak seperti mitos. Google tidak bekerja dengan cara demikian.

Pada ranking Alexa pengunjung sangat penting, dan pada akhirnya beberapa pemain bisnis memilih blog yang lebih 'ramai'. Saya tidak akan membahas apa penyebabnya karena itu akan sangat panjang dan mengundang perdebatan. Saya bukan ahli SEO, saya hanya ingin hal hal sederhana tanpa kerumitan. Logis dan praktis.

Jadi kesimpulannya meskipun blog kalian memiliki DOMAIN AUTHORITY yang tinggi, tidak berarti lantas blog kalian memiliki ranking tinggi di sisi mesin pencari (Search Engine). MOZ bukan Google, DA tidak ada hubungannya dengan Search Engine, tool itu hanya mencoba melihat trend, dan pada masa kini lebih sering 'kelimpungan' karena algoritma sang 'God Father' Google berubah rubah.

Ranking Google tergantung pada faktor UX (User Experience atau pengalaman pengguna) diantaranya, kesederhanan, kecepatan halaman, konten yang berkualitas.

Jika kalian berhasil menyiasati manusia, maka halaman blog kalian akan mendapatkan ranking satu di mesin pencari. Faktor Manusia no. 1 Dan baru kemudian ranking mesin pencari. Tidak ada lagi back link, dan DA tidak penting.

 JADI SEBENARNYA PENTING GAK SIH DOMAIN AUTHORITY ITU? 

Tergantung. Tentunya ia berguna bagi blog yang mendapatkan tawaran pekerjaan sedangkan pemilik produk menggunakan matriks Moz berbayar.  Biasanya pemilik produk akan mengajukan syarat ranking DA dan PA.

Namun bagi saya semua metrik itu terlihat hanya sebagai mitos. Sepanjang itu tidak ada hubungannya dengan tool Google, boleh dikatakan metrik DA dan PA pihak ketiga tidak berguna bagi editblogtema. itu logikanya, Google tidak mungkin mengikuti standard Moz tapi Moz harus mengikuti aturan main Google.

Mari saya tegaskan sekali lagi, sama seperti jawaban expert (para ahli SEO disisi Google) saya tidak menyarankan kalian mengejar DA dan PA di luar alasan di atas. Tetapi jika sekedar ingin melihat matriks dari sudut berbeda yo wis saja.

Tapi, jika kalian tetap bertanya berapa minimal ranking Domain Authority yang disarankan? Saya jawab 40 ke atas. Mengapa? karena sebagai seorang blogger mungkin kalian dapat membeli backlink yang sesuai dengan niche blog kalian, semakin banyak kalian memiliki backlink yang sesuai dengan niche blog, itu akan membantu menaikan ranking DOMAIN AUTHORITY kalian. Jadi saran saya DA harus 40 keatas.

Intinya kalian dapat memiliki backlink dengan cara apapun yang kalian inginkan dan melihat ranking DA kalian naik, bisa mengikuti saran ahlinya. Dan jika kalian pebisnis carilah halaman web yang banyak pengunjungnya sperti kaskus dan forum forum populer. Tidak bisa mengandalkan matriks yang bukan bersumber dari Google. Saya lebih respek kepada sistem ranking Alexa karena target bisnisnya jelas dan memiliki keterkaitan alami: Amazon yang sekarang sudah berdiri hampir setara dengan Google. Terutama apabila kalian berharap dari monetisi adsense gunakan parameter Google analitik.

Sedangkan yang berafiliasi dengan iklan Amazon gunakan Alexa karena mereka memang tool milik sang inventor.

Saya tidak akan mengejar backlink sepanjang Google tidak menuntut itu. Saya hanya ingin trafik. Karena trafik erat kaitannya dengan bisnis. Saya lebih kuatir melihat Google analitik ketimbang halaman MOZ.

Jadi itu alasannya mengapa editblogtema tidak memiliki backlink yang sesuai dengan niche, dan itu absurd, karena blog ini adalah panduan, tutorial dan pembahasan teknis seputar blogging. Akan tetapi puluhan konten editblogtema telah mendapatkan tempat yang tinggi di sisi mesin pencari. Itu menurut Google sendiri lho.

Percayalah tidak ada satu apapun yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan SEO, selain membuat konten, meningkatkan kecepatan blog dan membayar kampanye untuk mempromosikan halaman blog. Buatlah konten yang berkualitas, jangan membuang waktu mengejar ranking jika 'hadiahnya' hanyalah perasaan bangga yang semu...

KESIMPULAN


Faktanya:

Google

1. Pemilik platform blogger(orang dalam)
2. Pemilik browser chrome
3. Pemilik Search Engine
4. Pemilik G-analitik
5. Pemilik Algoritma
6. Performa berdasarkan UX

Moz

1. Pihak ketiga (orang luar)..
2. Pemilik matriks Domain Authority
5. Performa berdasarkan Backlink
Bagaimanapun MOZ adalah situs blog yang sangat populer di kalangan blogger dan memiliki keahlian analisa yang tinggi, membuat standar matriks DomainAuthority bukanlah perkara sederhana. Namun pertimbangan saya untuk mengabaikan dan tidak mengabaikannya (buktinya saya akhirnya menulis tentang Domain Authority) antara lain:

  • Tinggi dan rendahnya trafik blog hampir tidak bisa dikaitkan dengan DA, tapi banyaknya Backlink sih iya. Sementara pada kasus blogging modern backlink tidak sepenting zaman dulu.
  • Moz bukan Google, atau tidak ada hubungannya dengan Google, sehebat apapun analisa Domain Authority (DA) mereka hanyalah patokan sementara. Google memiliki bisnis mereka sendiri, standar yang lebih relevan dengan blogging milik mereka, lebih tahu rahasia dapur dunia blogging (terutama yang berflatform blogger, meskipun WP adalah milik Wordpress, namun mereka berada dalam analitik Google juga)
  • Traffik seratus kali lebih penting daripada DA.
  • Untuk menaikan trafik zaman now bukan dengan menaikan ranking DA setinggi tingginya. Tetapi meningkatkan pengalaman pembaca (manusia) atau UX sedangkan UX itu dapat di tingkatkan dengan banyak faktor seperti: menyederhanakan halaman, meningkatkan kecepatan halaman, membuat konten berkualitas dan atau berkampanye  atau mengkampanyekan halaman web kita secara premium! Dll.


Tolong di share ya..

SHARE YA...

Comments

  1. Sama mas, sy juga ga peduli pnilaian moz ini, selama ini bahkan ga pernah gerti apa itu pa da yg suka diributkan bloggerbpencari job. yg penting rajin nulis aja lengkap n informatif prinsipku, ntar jg dicari sendiri ma pembaca yg butuh

    Pembahasan kali ini cukup bergizi nih, saya taksinau dulu

    ReplyDelete
  2. Sekarang klien minta apa-apa pasti DA dan PA bukan statistik blog lagi.. emang itu ngaruh banget sama performa blog sih yaa.. saya juga sama setiap mau cari klien pasti dimintanya mengenai DA dan PA nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejatinya Itu tidak terlalu berhubungan dengan performa blog. Itu hanya matrik

      Delete
  3. saya jarang mikirin ini mas. yaa.. share aja. masalahnya agak pusing juga saya kalau ngejar target DA dan PA. makanya saya cuekin aja mas... biar berjalan apa adanya saja. walau optimasi juga harus dilakukan, tapi ala kadarnya juga mas.

    ReplyDelete
  4. Kalau untuk meningkatkan DA blog itu bagaimana ya mas, saya mentok mentok disana aja. Yang naik malah PA nyaa, ajib dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Usia blog, perbanyak backlink yang sesuai niche blog

      Dua dua nya sebenarnya bukan standar Google untuk menaikan ranking halaman blog.

      Delete
  5. Menariqueeee bahasan ini.

    Saya tetep pemuja DA/PA/SS, sekarang ketambahan DR dan Alexa dong hahaha

    DA/PA itu sungguh masih misteri, Tapi kalau Alexa saya sedikit memantau pergerakan blog saya, sepertinya memang Alexa dipengaruhi banyaknya konten yang kita tulis.

    Waktu saya masih sanggup menulis tiap hari, Alexa Rank saya melangsing dengan fantastis, sekarang udah jarang nulis, alexa jadi menggendut lagi.

    Jadi Alexa itu kayaknya BB kali ya, kalau mager ya gendut hahahaha

    Sejujurnya saya masih bingung banget dengan beragam ilmu-ilmu SEO yang beredar, saya membaca banyak banget teori-teori yang ditulis para suhu di beberapa blog, yang isinya kurang lebih sama, hahaha.

    Tapi, saya kurang bisa percaya begitu saja, jadinya, saya berpatokan di website besar yang selalu ada di page one Google seperti Tribun, kompasiana, dan semacamnya itu.

    Lalu, website itu yang saya pelajari, dan tahu nggak sihh...???

    Website-website tersebut itu, masha Allaaaahh lemooottnyaaaaa minta ampun.
    Ya iyalah, iklannya segambreng.

    Tapi, mereka selalu menguasai page one google loh, padahal kalau dicek pakai test kecepatan google, sama sekali jauh dari fast loading.

    Namun yang pasti, website-website tersebut juara banget rangkingnya dengan memakai mungkin pihak ketiga, seperti DA/PA besar banget, SS minim.
    Alexa rank kecil, bahkan kalau nggak salah Tribun tuh pemegang utama rank 1 alexa Indonesia.

    Saya rasa, mengapa para website bisnis terkenal masih membutuhkan blog-blog dengan DA/Pa/Alexa tersebut, karena mereka berkaca di website besar yang leletnya minta ampun itu.

    Makanya, syarat DA/PA gede itu masih selalu didengungkan oleh para pemberi job :)

    ReplyDelete
  6. thanks ilmunya nih,, bahasannya sangat bermanfaat dan saya masih sangat haus dengan bahasan seperti ini, terima kasih bang!
    from : aorlin.com

    ReplyDelete
  7. bermanfaat...jadi ngerti soal DA...

    # DA saya 0 sepertinya….

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena blog saw an fibrosis belum berumur 3 bulan, itu juga ketidak sesuaian matriks ini dalam meranking halaman web.

      Delete
  8. Menariks ekali bahasannya, karena algoritma Google senantiasa berubah setiap saat. Saya sih penting nulis dengan harapan memberi manfaat bagi yang baca, memberi manfaat bagi saya. Manfaat sih macam-macam. Yang jelas asas manfaat ini menduduki posisi teratas.

    ReplyDelete

  9. Wooww yuuhuuu!!. Lengkap sekali penjelasannya.😄😄

    Bicara soal DA PA dan sejenisya seperti penjelasan lengkap diatas. Mungkin bagi website pebisnis atau perusahaan hal itu sangat mungkin untuk dikejar.

    Tetapi bagi orang awam SEO seperti saya yaa tidak terlalu mengejar DA atau PA yang harus diangka 10 atau lebih.

    Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi saya untuk mengejarnya meski secara perlahan.😄😄😄

    ReplyDelete
  10. Ini saya kutip pernyataan master master saat debat perihal ranking DA dan PA yang jelas setelah nulis ini entah mengapa DA blog ini naik satu tingkat he he he..

    "Saya bingung kenapa banyak yg sedih DA/PA nya pada anjlok. Faktanya, Google tidak menggunakan metrik tersebut sebagai tolok ukur untuk meranking sebuah website. Bahkan MOZ sendiri yang mengatakan hal tersebut:

    “Domain Authority is not a metric used by Google in determining search rankings and has no effect on the SERPs."

    https://moz.com/learn/seo/domain-authority

    Jadi intinya, DA hanya menunjukkan jumlah backlink dari sebuah domain dan tidak memberi tahumu apa pun tentang kualitas backlink tersebut. DA juga tidak akan mempengaruhi peringkat website mu di google maupun penghasilanmu. Kenapa kalian peduli dengan metrik MOZ tersebut itu yang membuat saya heran (kecuali jika kalian jualan backlinks/domain) Padahal dari dulu saya sering banget bilang kalau metric seperti DA/PA itu gampang banget dimanipulasi.

    Gak percaya?

    Bisa kalian lakukan langkah-langkah dibawah ini:
    1. Blast domain mu dengan backlink dari GSA atau low quality PBN (Public bukan Private)
    2. Submit link mu ke indexing service. Tunggu 1-2 minggu.

    Saya jamin DA/PA bakalan naik-naik ke puncak gunung trus habis itu ditampar ma google :D
    Jadi apa yg paling penting sis?

    Yang paling penting adalah peringkat mu di google (SERP), trafikmu, dan penghasilan yg kamu dapatkan. Udah itu aja. Lupakan cara naikin DA/PA!

    Gimana caranya bisa peringkat tinggi di google sis?
    Dengan cara membangun backlink berkualitas. Read more => https://ads.id/forums/index.php?thr...rganic-traffic-onpage-and-offpage-seo.284864/

    So, jika DA/PA kalian turun drastis, jangan bersedih hati.

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari