4 CARA INI MEMBUAT TAMPILAN TEMPLATE NOTABLE BLOGGER JADI: K E R E N

Quality Templates. Notable adalah model paling bontot (terakhir) dari empat template bawaan blogger terbaru (yang telah di rilis tahun 2017) setelah itu sampai sekarang blogger belum melakukan update template.
tampilan antarmuka notable re-desain pengujian perangkat layar menengah sedang
tampilan antarmuka notable re-desain pengujian perangkat layar segala jenis laptop
Beda banget sama wordpress yang mempunyai banyak pilihan pada dasbor settingannya. Keempat template masing masing memiliki 5 varian, setiap varian secara kasat mata hanya tampak pada perbedaan warna saja.
  1. Contempo. Berada pada urutan pertama. Kami telah meredesain templat ini.
    contempo default belum di re-desain
    tampilan contempo default belum di re-desain
  2. SOHO. Berada pada urutan kedua. Kami juga telah meredesain template ini
    default sebelum di redesain
    tampilan soho default belum di re-desain
  3. Emporio. Berada pada urutan ketiga
    sebelum di redesain
    tampilan emporio default belum di re-desain
    4. Dan, Notable berada pada urutan ke empat atau terakhir
    sebelum di re desain
    tampilan notable default sebelum di re-desain
Sampai hari ini tgl 25 Jan 2020 bertepatan imlek, editblogtema masih memakai template terakhir (notable) yang telah di re-desain. Berhubung kami telah banyak membahas contempo, kali ini saya (Anissa) sebagai konstributor desain editblog akan membahas 4 poin penting sebagai ciri ciri khas  template yang satu ini.

Urutan diatas tidak serta-merta membaut template yang satu lebih unggul daripada yang lain, bisa jadi contempo berada pada urutan paling atas karena ia adalah template baru blogger pertama yang selesai di desain. Sedangkan Notable misalnya adalah template terakhir dari 4 varian utama diatas.

1. JANGAN UTAK ATIK IKON SVG TEMPLATE NOTABLE

Keempat template blogger terbaru ini sama sama memiliki ikon svg bawaan yang terintegrasi penuh dengan template blogger.

Keempatnya hanya menggunakannya untuk navigasi dan ikon favicon lambang blogger. Dan yang paling sering kita gunakan adalah ikon navigasi 'menuIcon' (harus di tulis dengan 'I' capital baru bekerja di dalam template) dan untuk contempo dan soho karena sidebarnya berada di kiri navigasinya menggunakan ikon 'backArrowIcon'. Sedangkan untuk emporio dan Notable menggunakan 'forwardArrowIcon'.

Perhatikan baik baik dengan teliti, penulisannya tidak boleh salah:
  • menuIcon
  • backArrowIcon
  • forwardArrowIcon
Lebih jelasnya baca tulisan kami di blog ini: LUPAKAN FONT AWSOME!
Lalu apa poinnya? Ketika kalian mencoba merobah ikon tanpa merombak bagian pengaturan CSSnya, misalnya merobah 'forwardArrowIcon' menjadi 'closeIcon' agar tampilan berbeda, maka hal itu akan merusak tampilan 'FeaturedPost"

Lho kok bisa? Iya memang demikian. Ikon memang berbubah jadi 'X', Namun Featured Post tidak akan bersembunyi lagi pada saat konten di buka akan bertengger di bagian atas halaman konten.

Normalnya pada template template terbaru, Featured post hanya tampil pada halaman awal atau homepage blogger.

Jadi, merobah ikon pada template Notable akan merusak fitur 'Featured Post'. Disini saya tidak akan membahas cara mengatasinya, itu akan di bahas pada artikel terpisah melalui blog ini.

2. MODIFIKASI TAMPILAN AVATAR ATAU GAMBAR PENULIS DI ATAS POSTINGAN TEMPLATE NOTABLE

Kalian jangan keliru, tampilan profile di atas setiap postingan tidak sama dengan gambar proffile penulis pada bagian bawah artikel, postingan atau konten yang kita buat.

Kalau kalian membuka situs situs ternama dunia seperti Forbes, New York Times, Washington Post, Stright Times dll. Sebagian besar artikel mereka memiliki gambar penulisnya dalam bentuk bulat penuh di atas setiap postingannya. Dan photo photo ini secara otomatis akan menampilkan setiap penulis yang berbeda beda, sesuai dengan identitas penulis.

Dan ini sangat bermanfaat untuk menciri cirikan penulis, terutama pada blog yang memiliki tim konstributor seperti editblogtema. Jika Anissa yang menulis, maka photo profile Anissa yang akan muncul secara otomatis, jika Sofyan yang menulis, maka photo Sofyan yang akan muncul, jika Adelina yang menulis maka Photo Adelinalah yang akan 'mejeng, di atas postingan yang di tulisnya.

Dan template notable memiliki fitur itu secara default! Namun tampilannya perlu di modifikasi, tampilan aslinya adalah sebagai berikut:
pada template blogger notable
tampilan asli gambar penulis pada template notable sebelum di modifikasi
Tampilannya tampak persegi, monoton dan standar. Jadi kita perlu merombaknya agar tampak seperti apa yang kalian inginkan atau bisa seperti tampilan pada blog editblogtema sekarang ini. Untuk panduannya kalian bisa membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul:

NOTABLE THEME: CARA MENAMPILKAN GAMBAR PROFILE PENULIS KEREN DI ATAS SETIAP POSTINGAN

3. MODIFIKASI HURUF PERTAMA YANG BESAR DAN ARTISTIK TEMPLATE NOTABLE

Template emporio juga memiliki fitur huruf pertama 'gede' dan artistik. Jadi jika kalian beranggapan untuk model template wordptess unggul karena ditulis dengan inti php dan banyaknya pengaya addon, kalian harus reset ulang pemikiran itu.

Template blogger memang ditulis berbasis HTML dan, hari ini HTML berkembang lebih progressif, lebih banyak opsi desain yang akan kita dapatkan melalui imajinasi kita.

Sekali lagi, saya ingatkan kalau kalian membuka situs situs atau website ternama dunia, mereka juga menggunakan 'firs-letter' gede ini. Sebut saja Forbes dan National Interest. Jadi secara default (bawaan) Notable memiliki dua fitur desain global: Gambar profile penulis di atas postingan dan Huruf pertawa yang artistik pada awal tulisan!

Namun kalian tidak dapat mengkustomnya melalui pengaturan tema desainer melalui dasbor blogger, kalian harus melakukannya melalui halaman editor HTML blogger. Bentuk pengaturan CSS 'first-letter' ini di dalam halaman editor blogger adalah:
body.item-view .Blog .post-body::first-letter{
float:$startSide;
font-size:$(body.text.font.size * 2 * 2);
font-weight:600;
line-height:1;
margin-$endSide:18px
}
Pada editblogtema nilai dalam bentuk angka yang disorot kuning telah berubah menjadi:
body.item-view .Blog .post-body::first-letter{
float:$startSide;
font-size:$(body.text.font.size * 5 * 2);color: red;
font-weight:400;
line-height:1;
margin-$endSide:13px
}
Saya juga menambahkan aba aba color: red; guna membuat huruf pertama tersebut berubah menjadi merah
Untuk menampilkan huruf awal atau huruf petama besar, kalian tidak boleh meletakan gambar diatas postingan. Harus pada pragraf kedua dst.
 Tiga template  lainnya tidak memiliki fitur ini, namun tentu saja dengan mudah kita dapat memodifikasinya, misalnya dengan menambahkan kode drop cap pada awal penulisan artikel blog.

Sederhana sekali bukan?

4. MENGATASI TULISAN (UKURAN FONT) TERLALU KECIL PADA TAMPILAN MOBILE TEMPLATE NOTABLE.

Ukuran huruf pada template Notable secara default (bawaan) dapat di gambarkan sebagai berikut:
Terlalu besar dan jarang (font tampak besar dan line-heigt terlalu tinggi) sedangkan pada tampilan mobile (hape atau smartphone) tampak terlalu kecil. Namun sayangnya kalian tidak akan menemukan cara yang pas jika melalui pengaturan dasbor blogger desainer tema blogger.

Jadi mau tidak mau kalian harus melakukannya melalui opsi editor HTML blogger dan panduannya telah kami tulis melalui blog ini dengan judul:

TEMPLATE BLOGGER NOTABLE: CARA MERUBAH UKURAN FONT TULISAN UNTUK TAMPILAN MOBILE

Demikianlah 4 poin troubleshooting template notable. Kalian ini dapat menggunakan template keren ini layaknya template dengan desain global yang mendunia. Memiliki standar yang bagus untuk sebuah tema blogger yang SEO friendly.

Selebihnya kalian bisa lakukan perombakan antar muka template dengan cara pengaturan tema blogger melalui dasbor pengaturan blogger...

Ingin mencoba Notable basic silahkan baca halaman download:

TEMPLATE NOTABLE REDESAIN UPDATED



SHARE YA...

Comments

  1. Understood! I can runs it on my site. Thank you for share ��

    ReplyDelete
  2. Wahhh pasti seru banget yaa kak bisa utak atik theme blogpsot seperti ini, jadi bisa membuat template jadi seperti yang kita inginkan. Apalagi kalau misal ada tampilan yang tidak kita sukai pun bisa kita ubah, seru banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung sih. Kalau suka pasti asik xixixi..

      Delete
  3. I woul like to know how to add background color indeed?
    Thank you..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Agyt,
      It just inline codes of CSS, just keep on eyes:

      the original CSS put as default is:

      font-size:$(body.text.font.size * 2 * 2);

      Then you can change some and then put additional CSS codes after it like these in below:

      color: indigo;background:#F0F8FF;

      That all!

      Delete
  4. sempet mau fokus buat tema sendiri, tapi susah karna kerjaan offline jg nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama juga kerjaan offlineku kan masih sekull...cuma iseng manfaatin waktu

      Delete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari