2020 DESAIN TEMPLATE WAJIB MOBILE FRIENDLY
Quality Templates. Hari segini bagi siapa yang sedang membangun halaman website (termasuk blogging…

Quality Templates. Hari segini bagi siapa yang sedang membangun halaman website (termasuk blogging, karena blogger itu juga adalah website) maka mereka harus memperhatikan satu hal :
Halaman web harus mobile!
antar muka mobile template notable
antar muka mobile template notable
Mobile dalam istilah web adalah perangkat genggam atau mudah di bawa kemana mana, jangan salah mendefinisikannya, karena ada saja orang suka usil bahas hal hal sepele kayak salah satu admin blog ini he he he...secara umum di masa lalu orang mendefinisikan mobile dengan istilah:

 let's see! it is a mobile canteen (Lihatlah! Itu kantin yang berpindah pindah)

Jadi mobile pada zaman dulu, sebelum perangkat genggam hadir di dalam genggaman manusia adalah segala sesuatu dalam bentuk properti bergerak yang dapat dan mudah di bawa berpindah pindah, atau segala sesuatu yang dapat bergerak dan dapat di pindah pindah dengan mudah. Istilah zaman now: Sangat mobile!

Sekali lagi dalam istilah web desain mobile berarti perangkat mobile, bisa ponsel atau smartphone atau hape, bisa tablet bahkan laptop super tipis. Akan tetapi karena web berorientasi kepada banyak kegiatan dan manusia membutuhkan mobilitas yang sangat tinggi, maka istilah mobile-pun melekat pada perangkat genggam yakni: Hape, ponsel atau smartphone.

PROYEK GOOGLE

Nah demi mengejar trend ini Google membuat proyek AMP (Accelaration Mobile Page) dimana halaman web di optimalkan kecepatan, performa, dan antarmukanya pada layar hape sehingga membuat pengguna nyaman mengaksesnya. Jadi memang demikian tuntutan zaman. Bayangin saja menurut TEKNO:

Pada tahun 2016 yang lalu, berdasarkan survei  yang dilakukan UC Browser, terdapat 95,4 persen pengguna internet di Indonesia membaca konten berita dari smartphone.

Kemudian sebanyak 45,9 persen mengakses berita dari televisi, hanya tinggal 15,9 persen dari majalah atau koran, 15,3 persen dari komputer, baik desktop maupun laptop serta 4,7 persen mengakses berita dari radio. Trend membaca konvensional ini terus saja menyust dari tahun ke tahun. Zaman sudah tidak memungkinkan lagi orang untuk kembali kemasa lalu.

Bayangin! Survey ini setali tiga uang dengan survey survey lainnya, yang membuat kita harus waspada adalah hanya tinggal 15,3% pengguna membaca di internet menggunakan desktop dan latop! Pantesan pada stats di dasbor saya, terkadang hanya 12% editblogtema di baca atau di kunjungi melalui perangkat komputer termasuk desktop dan laptop, sisanya berasal dari pengguna mobile.

Bayangkan betapa besar potensi halaman mobile mendapatkan pengunjung dan berapa kerugian halaman web yang seharusnya bagus namun karena mengabaikan akses mobile, harus kehilangan kesempatan (baca: keberuntungan) karena halaman tersebut hanya nayaman apabila di akses melalui halaman desktop, laptop atau notebook?

Belum lagi seberapa besar peluang bisnis yang kita dapatkan dari sekian milyar manusia di muka bumi yang mengunjungi halaman web hanya melalui ponsel? Apa yang terjadi sesungguhnya adalah begini:

Algoritma terbaru Google (Bert) sangat memahami manusia, input tersebut yang dipergunakan oleh Google memberikan kita kesempatan agar mengoptimalkan halaman web atau blog kita salah satunya adalah dengan mengganti template yang buruk (tua dan tidak sesuai lagi dengan zaman) dengan template terbaru yang lebih responsive dan mobile friendly. Dan keharusan ini berdampak langsung terhadap usaha kita di dunia web. Jika kita sedikit mau meluangkan waktu untuk memperhatikan dan mempelajari situs situs besar dan sukses di tanah air seperti kompas, kaskus, tribun mereka sudah terlebih dahulu menggunakan halaman yang sangat mobile friendly.

Mereka ini sangat di sukai oleh google dan tidak pernah repot repot mikirin teknik SEO segala macam. Bagi situs yang mengutamakan konten berita original seperti mereka teknik SEO Neil Patel tidak berguna dan masuk ke tong sampah! Demikian juga DA dan PA mereka gak perlu sakit kepala toh backlink mereka banyak, kompas saja dengan mudah dapat DA sampai lebih dari 80-an, padahal mereka tidak pernah susah mikir mencarinya.

Dan bisnis mereka berkembang bersama dengan teknik itu, akses perangkat mobile dan membuat konten, tidaklah mengherankan mengapa pengunjung atau visitor mereka begitu masif, adalah karena mereka telah memenuhi seluruh syarat dan prasyarat website modern. Dan untuk melakukan hal tersebut samasekali tidak rumit. Buat halaman web kita lebih mobile friendly.

DESAIN TEMPLATE BLOG HARUS MOBILE FRIENDLY

Dan itulah sebabnya mengapa desain sebuah template harus mobile, kami mulai menggunakan tool responsive untuk melakukan pengujian template agar menjadi mobile friendly pada saat dipergunakan, dan beberapa tool online telah tersedia gratis, namun hanya tiga tool ini yang paling kami rekomendasikan karena antarmuka dan tampilannya yang sederhana dan mudah di pergunakan. Tiga tool tersebut adalah:

1. DESIGNMODO.COM
Antarmukanya lengkap. Kita dapat mengetikan alamat atau URL blog kita ke dalam kotak dialog yang tersedia pada menubar yang berwarna ke biruan diatas halamannya dan dengan menekan 'enter' pada keyboard kita akan melihat seperti apa tampilan halaman web kita pada segala ukuran layar peragkat.
tampilan tool designmodo
tampilan tool designmodo
Tool ini rekomen banget, nyaris memiliki berbagai jenis ukuran layar untuk pengujian desain template kita. Perhatikan saja pada menubar kebiruan diatas halamannya terletak sebelah kanan terdapat tool yang apabila di klik dapat menentukan pilihan layar seperti apa blog akan di tampilkan. Tidak perduli layar desktop yang gede, laptop, tablet hingga berbagai ukuran layar hape.

Dan kita dapat membuka dan mengeksplorasi halaman blog melalui layar layar sentuh virtual tesebut.

Tool yang satu ini simple, kita masukan URL atau alamat blog kita ke dalam kotak dialog yang tersedia di bawah image perangkatnya lalu menekan 'enter' pada keyboard atau 'GO!' pada ujung kotak dialog, maka kita akan melihat seperti apa tampilan halaman blog kita melalui 4 pukuran layar perangkat yang berbeda sekaligus!
tampilan halaman amiresponsive
tampilan halaman amiresponsive
Dan kita dapat membuka dan mengeksplorasi halaman blog melalui layar layar sentuh virtual tesebut.

3. RESPONSINATOR.COM
Cara menggunakannya hampir mirip dengan tool DESIGNMODO.COM. Sama sama memiliki menubar di atas halamannya. Bedanya designmodo memiliki perangkat lebih lengkap, sedangkan responsinator lebih mengutamakan mobile.
tampilan tool responsinator
tampilan tool responsinator
Kita dapat mengetikan alamat atau URL blog kita ke dalam kotak dialog yang tersedia pada menubar yang berwarna hijau gelap diatas halamannya dan dengan menekan 'enter' pada keyboard kita akan melihat seperti apa tampilan halaman web kita pada beberapa jenis ukuran layar peragkat mobile.

SHARE:

SHARE YA...

Comments

  1. Benar benar lagi saya butuhkan nih mbak, opsi template yang engga saja enak dilihat dari tab dan pc, tapi juga hp yang layarnya semakin menciut...darikemaren lagi nyoba nyoba ngubah ubah dulu tapi baru pake blog dummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus sekali kk pakai blog dummy, saya punya banyak blog dummy buat latihan dan belajar jadi cepat mengerti kode kode CSS, HTML, Js dan Php. Pecaya deh kak..hasilnya gak perlu contek artikel orang lain melainkan hasil latihan dan investigasi template template buatan orang he he he..

      Delete
  2. Eh responsinator itu bagus deh tampilannya.
    Sekarang makin banyak yang berlomba menampilkan template cantik-cantik, meski kadang mobile viewnya lelet hihihi.

    Satu hal yang saya tidak mengerti, bukan website media kayak kompas dan lainnya itu di hape nggak asyik banget, lelet, tapi mereka selalu merajai page one hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rey mereka media mainstream. Mereka mobile biarpun lelet kalau sudah punya kerajaan dan dan rakyat setia Google akan 'mencintai' mereka

      Delete
  3. Mantap mas, saya suka templatenya

    ReplyDelete
  4. Keren bangeet design nyaaa

    ReplyDelete
  5. wajib mas sepertinya... karna ya gmna lagi bnyk org akses di hp juga.

    ReplyDelete
  6. Wahhh pengen banget buat desain menu seperti itu, tapi diterapkan di blog saya susah sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya hanya perlu membiasakan diri berlatih. Buat blog dummy kayak Mbak Gustyanita

      Delete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari