TITLE TEXT DAN ALT TEXT GAMBAR: TRIK JITU MENAIKAN PERFOMA POSTINGAN BLOG

Title text dan ALT text
title text dan ALT text
Keywords
Sebagai pemula, bersaing dengan menggunakan keywords sangatlah berat. Trik itu telah menjadi komoditas dan monopoli website website besar dan premium. Web yang mampu membayar tinggi untuk mengkampanyekan konten mereka. Contohnya Tribun.

Akan tetapi tentu saja masih banyak yang tersisa dari teknik diatas jika kalian mau bekerja lebih keras sampai keringatan. Namun saya ingin berbagi pengalaman untuk mengakali kesenjangan ini, tidak ada salahnya kalian membacanya, gratis kok. He he he..

Title Text dan Alt Text pada Gambar
Apaan itu? Sebagian kalian pasti sudah mengerti jika tidak saya sarankan untuk membaca postingan saya yang sebelumnya di blog ini:
CARA MENGOPTIMALKAN GAMBAR AGAR CEPAT DIBACA OLEH MESIN PENELUSUR
Pada postingan tersebut saya telah menjelaskan bagaimana menjadikan gambar sebagai motor yang dapat memicu konten dan halaman blog kalian cepat terendus oleh mesin pencari dan bertengger di atas halaman Google. Caranya:

Cara memberi Judul dan ALT Gambar:
Begini cara memberikan tag dan judul (caption) pada gambar:
  • Masuk ke dasbor blogger
  • Buat atau compose satu postingan
  • Masukan gambar dengan cara biasa. 
  • Selanjutnya ikuti penjelasan bergambar di bawah ini:
title text: klik ditengah gambar
title text: klik ditengah gambar
1 Klik persis di tengah gambar menggunakan mouse atau jari kalau layar sentuh akan muncul pilihan di bawah seperti : small, Medium, Large, X-Large, Original size, left, center, Right, Add Caption, Properties, dan Remove. Pilih Properties
title text: pilih property
title text: pilih property

2 Setelah Properties dipilih akan muncul dua kotak dialog dengan dua kolom isi bagian atas dengan judul gambar, contoh diatas judul gambar adalah "gambar anissa', dan bagian bawah dengan text ALT "anissa photograph" dan tekan OK
caption hanyalah opsi namun penting
tambahkan caption
3 Anda juga bisa menambahkan "Caption" dengan mengklik pilihan Caption untuk memberikan penjelasan tangkapan gambar misal: Hak cipta gambar: Google.

Cara diatas efektip untuk membantu mesin pencari mengenali image atau gambar dan mengangkutnya ke halaman utama web. Namun memang sebaiknya Text ALT berisi penjelasan spesifik, misalnya bukan hanya "anissa photograph" tapi mungkin: "Anissa yang hobby jepret photo pakai kamera saku" dsb. Sedangkan caption gambar hanyalah opsi tambahan.

Kesimpulannya gambar harus di lengkapi dengan:

  1. Title text
  2. Alt text
  3. Dan Caption


Buktinya?
Ketika artikel ini saya sodorkan ke hadapan kalian, sebelumnya beberapa jam yang lalu saya telah menulis artikel tentang gerhana. Judulnya:  GERHANA MATAHARI 2019 DI LANGIT KOTA BATAM. Pada saat saya tulis judul tersebut di kolom pencarian Google, yang muncul adalah:
gerhana 26 Des 2019 di langit batam
gerhana 26 Des 2019 di langit batam
Sungguh mengecewakan! Tidak ada editblogtema. Bahkan Tribun yang baru beberapa menit merilis artikel serupa langsung berada di pencarian teratas! Tapi benarkan artikel saya tersebut tidak dibaca sama sekali? Rasa panasaran membuat saya buru buru memeriksanya, astaga ternyata telah di kunjungi lebih 200 x dalam 57 menit. Mengapa itu bisa terjadi?
Nah rahasianya ada pada gambar, ketika saya klik "images" dibawah kotak isian pencarian Google diatas, terlihat hasilnya sebagai berikut:
gerhana matahari dilangit kota Batam
gerhana matahari dilangit kota Batam
Sekarang perhatikan gambar pada urutan pertama, itu adalah gambar dari situs salah satu konten editblogtema yang terkait! 
Begitu pengunjung mengklik langsung datang ke halaman postingan tersebut. Artinya apa?
Artinya benar kata John Mu, salah seorang ahli webside Google, pencarian gambar pada web telah meningkat 40% daripada tahun tahun sebelumnya. Jadi mengapa kalian tidak memanfaatkan itu? Mengapa buang buang waktu dan tenaga bersaing dengan situs situs besar berebut kata kunci postingan texttual?

Jadi disini sangat jelas, jika ingin konten, artikel atau postingan kalian cepat terindex google dan berada pada posisi teratas mesin pencarian ikuti saran saya:

  1. Sertakan gambar pada konten, gambar harus ringan ya...kalau bisa beberapa gambar.
  2. Lengkapi gambar dengan Tag dan Alt seperti petunjuk diatas.
  3. Pilih tag degnan text atau kata kata yang terkait dengan postingan demikian juga dengan Alt-nya. Lebih baih baik lagi kalau melengkapi gambar dengan 'caption' sebagai tindakan opsional.
Selamat membuat konten...


Tolong di share ya..

Comments