December 01, 2019

Meningkatkan skill koding dengan memainkan game Elevator Saga

Saya sedang kepincut yang namanya Javascript dan mencari cara untuk menguasainya sampai ke "akar akarnya" Belajar koding itu berita bagusnya adalah tidak perlu memiliki kemampuan "menghafal" karena beberapa jagoan koding dewasa yang saya kenal malah cenderung terlihat "pelupa" benar saja tuh setidaknya demikian karakter mereka yang saya kenal. Mereka suka lupa dimana melatakan kunci kenderaan, lupa dimana menaroh dompet, lupa nama teman temannya. Parah gak tuh?
ilustrasi game elevator
ilustrasi game elevator
Lol bercanda. Tapi itu yang saya temukan pada saat mengamati mereka. Dan jangan salah, mereka sangat logika, segala pertanyaan dan tantangan di jawab dengan logis dan masuk akal. Mereka terlihat tertutup dan hanya berbicara dengan teman yang benar benar mereka sukai. Jadi belajar koding itu adalah belajar LOGIKA.

Tulisan ini sebenarnya mengajak kalian mencoba cara meningkatkan kemampuan koding kalian terutama Javascript dengan cara bermain game. ya..Ini buktinya Javascript dapat dilibatkan dalam pembuatan game.

Elevator Saga adalah game seru yang menggunakan JavaScript untuk mengontrol elevator. Mulainya sederhana, dimulai dengan satu lift, dan 3 lantai. Tugas Kalian adalah memindahkan 15 orang dalam waktu lebih kurang 60 detik.
Kalian melakukan ini dengan cara mengedit JavaScript yang disertakan pada halaman, dan kalian bisa melakukannya untuk hal-hal seperti:
  •  mengendalikan kemana elevator pergi
  •  mengendalikan apa yang terjadi ketika tombol lift ditekan
  •  buat perubahan berdasarkan berapa banyak orang yang ada di lift
Jika ingin memainkannya silahkan kunjungi webnya langsung, cobalah robah nilai nilainya pada kode Javascript yang tertera di dalam kotak kode kode game tersebut;
MAINKAN ELEVATOR SAGA
Kalian tidak perlu terlalu banyak pengetahuan JavaScript untuk memainkan game ini, dan itu tidak terlalu teknis kok. Tetapi Kalian akan membutuhkan pikiran untuk menyelesaikan masalah dan harus memiliki insting membangun perangkat lunak. Jika Kalian belum memilikinya, maka game ini akan membantu untuk membangunnya. Perhatikan kode Javascript game elevator berikut:
{
init: function(elevators, floors) {
var elevator = elevators[0]; // Let's use the first elevator
// Whenever the elevator is idle (has no more queued destinations) ...
elevator.on("idle", function() {
// let's go to all the floors (or did we forget one?)
elevator.goToFloor(3);
elevator.goToFloor(3);
});
},
update: function(dt, elevators, floors) {
// We normally don't need to do anything here
}
}
Yang harus kalian lakukan
Secara teorinya sih, Kalian bisa membuat elevator naik dan turun dengan cukup cepat dan itu akan membuat semua orang melewatinya. Ini berfungsi di tingkat pasangan pertama tetapi setelah itu kalian perlu mengoptimalkan ketrampilan kalian karena semakin banyak jumlah pasangan demi pasangan yang mulai harus di pindahkan.

Berikut beberapa hal yang perlu Kalian pikirkan:
  • Koordinator elevator - Jangan hanya membuat dua elevator mengambil jalur yang sama, itu boros.
  • Memprioritaskan lantai yang lebih ramai - Beberapa lantai lebih sibuk daripada yang lain, yang berarti naik dan turun secara berurutan tidak akan memotongnya
  • Mengoptimalkan rute Kalian - Menjumlahkan perjalanan yang sia-sia. Kalian harus berhati-hati dalam mengendalikan kemana elevator pergi.
  • Kapasitas elevator - Kalian harus berhati-hati dalam menjejalkan terlalu banyak orang dalam lift.
Itulah  beberapa hal yang harus Kalian pikirkan dan tulis kode. Kalian perlu memikirkan seluruh sistem dan bagaimana membuat agar orang orang bergerak cepat.

LHO KOK BISA GAME INI MENINGKATKAN SKILL KODING SAYA?
Lah iyalah. Meskipun game ini tidak menggunakan JavaScript yang kompleks, itu akan meningkatkan keterampilan yang akan Kalian gunakan untuk pengembangan diri. 

Kalian harus memikirkan strategi dan alur kerja. Kalian akan mengoptimalkan kode JavaScript yang sedang kalian pelajari karena semakin lama menggulir semua baris untuk membuat perubahan. Maka kalian bahkan dapat mulai bereksperimen dengan algoritma yang berbeda.

Kalian dapat meningkatkan keterampilan dan bersenang-senang sekaligus. 
Mungkin terasa seperti membuang-buang waktu dengan permainan, tetapi sesungguhnya hal ini tanpa terasa meningkatkan kemampuan koding kalian. Lakukan saja walau hanya beberapa menit.

Born in 29 Jan 2002 in Batam. I am a student of Senior High School (SMA) Now I am living in Bandar Lampung, Love HTML, Javascript, python and C++

7 comments:

  1. Sebenernya saya juga ada ke tertarik kan untuk belajar coding namun karena tidak ada yang membimbing jadi saya bingung kalau ada masalah mau tanya siapa. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar sendiri, bang. Otodidak via sekolah sekolah gratis online misalnya melalui w3school.

      Delete
  2. Ada juga game di ccode.org bisa ningkatin coding juga hehehe

    ReplyDelete
  3. salam kenal mbak, kalau masalah coding, saya harus mempelajari dulu tu, ya bisa sampai berminggu-minggu baru bisa, tergantung tingkat kesulitannya

    ReplyDelete
  4. Wah baru denger ka game elevator saga.. kayanya seru ya nggame sambil belajar coding

    ReplyDelete
  5. wah, kalo ada gam yang bisa digunain buat nunjang pembelajaran coding seperti ini, kek nya belajar coding gak bakal susah-suah banget deh. Pernah ada niat untuk belajar coding, sedikit ngulik kok kayaknya udah nngak kuat ya, dan akhirnya ndak belajar lagi kwkwkwkwk

    ReplyDelete