HORE! ADA PERUBAHAN BARU LAGI DI DASBOR BLOGGER

Perubahan benar benar sangat membantu untuk kemudahan pengalaman pengguna (user experience) dan lagian memenuhi kriteria user friendly juga lho. Bayangkan melalui perubahan ini membuat pengalaman membuat konten, menulis dan memposting artikel menjadi terasa menjadi mudah baik melalui layar laptop maupun layar mobile (handphone).

Kalau kalian akses dasbor blogger kalian akan menemukan bagian "Post" dengan mengkliknya maka akan kalian temukan tampilan sebagai berikut:
dasbor baru blogger bagian posting
Tampilan baru dasbor blogger pada laptop untuk  bagian 'Posts"
Kalian perhatikan bagaimana tampilan baru daripada perubahan itu bukan? Tampilan terbaru ini lebih banyak menampilkan snippet atau kutipan daripada konten atau artikel yang telah kita tulis baik dalam bentuk yang sudah di terbitkan maupun dalam bentu draft sekaligus.

Namun pada bagian atas dasbor terdapat menu yang dapat kita klik untuk mengembalikan tampilan menjadi default. Terdapat juga tampilan untuk menampilkan hanya artikel yang telah di publish, atau hanya draft. Dan pilihan tampilan: Dalam bentuk grid dengan banyak snippet atau kutipan seperti gambar di atas atau dengan bentuk list dengan sedikit kutipan (terkadang hanya menampilkan judul saja) tampilannya adalah seperti gambar berikut:
Dasbor blogger terbaru opsi list bukan grid
Tampilan atau opsi list bukan grid
Nah untuk membuat postingan baru cukup klik tanda Plus di dalam lingkaran warna oranye di kiri bagian bawah dasbor tsb.

Sedangkan jika dilihat dari tampilan mobile (hape, ponsel atau smartphone adalah sebagai berikut:
Tampilan dasbor pada mobile untuk bagian Posts
Tampilan dasbor pada mobile untuk bagian Posts
Untuk membuat postingan baru sama saja: cukup klik tanda Plus di dalam lingkaran warna oranye di kiri bagian bawah dasbor tsb. Sedangkan untuk menampilkan menu cukup klik hamburger menu (garis lapis tiga) pada bagian kanan atas halaman dasbor tersebut.

Baca juga: Baru kemudahan pengeditan HTML blogger melalui ponsel

Tampaknya perubahan ini ada hubungannya dengan tampilan aplikasi terbaru blogger di Store ponsel Android: Lebih mobile, lebih user friendly dan meningkatkan pengalaman pengguna. Saya pribadi sih sangat terbantu dengan perubahan antar muka yang terbaru ini, terutama ketika ingin melakukan penulisan melalui ponsel. Apalagi jika ponsel dengan layar 6" keatas benar benar sangat meningkatkan pengalaman menulis yang lebih baik.
dasbor blogger pada aplikasi Android
dasbor blogger pada aplikasi Android
Pada aplikasi Blogger mobile untuk android postingan terbaru dapat di buat dengan mengklik gambar atau ikon pensil di bagian kiri bawah dasbor dalam lingkaran warna oranye. Namun hari ini sedikit sekali blogger yang memanfaatkan aplikasi tersebut karena mengakses browser (terutama chrome) melalui mobile (hape) sudah sedemikian mudahnya berkat kompresnya yang tinggi.

SHARE YA...

Comments

  1. Kok di smartphone aku tampilan blogger masih sama saja, apa karena aku pakai browser Opera ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti perubahan sebelumnya, bertahap tidak langsung merats

      Delete
  2. kebetulan gw juga pake opera mobile, dan tampilanya gak semua berubah, cuma di komen aja yang udah tampilanya udah mobile, untuk aplikasi blogger gw juga pake, cuma yg versi baru udh gak bisa mengurutkan post lagi kayak yg di versi lama, last update sama last craeted

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap bisa kok sortir :berdasarkan draft, artikel yang telah diterbitkan, artikel terbaru, artikle terlama dst cukup klik menu bagian atas sebelah kiri, disamping kategori berdasarkan label. Tampilan juga mmeiliki dua opsi: grid dengan snippet, atau list, hanya tampil judul saja.

      Tidak ada fitur yang hilang, hanya antarmukanya yang berbeda tampilan

      Delete
  3. Kok punyaku masih sama, ya?
    Cuma di status itu yang beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perubahan tidak sertamerta pada setiap perangkat, tergantung up to date browser, software dan juga wilayah domestik.

      Delete
  4. Saya udah balikin lagi ke tampilan lama, soalnya kayak merasa kurang familier dan kurang puas dengan tampilan barunya, khususnya komen, yang kadang terbaca unknown hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, Mbak, tapi Fitur profile unknown di pilih berdasarkan kategori tertentu oleh Google dengan alasan khusus. Tetapi fitur lama akan hilang setelah penggantian antarmuka telah "merata" nanti. Nah...mau gak mau harus ikutin hihihi...

      Ada berton ton alasan segala hal berubah terutama menyesuaikan dengan perubahan lain lain di internet. Lama lama kita akan terbiasa juga akhirnya.

      Delete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari