FAKTA KOPI YANG MENGILHAMI NAMA JAVA PROGRAMMING

Lho apa hubungan kopi dengan koding? Mungkin bukan hubungan spisies tanaman dengan kode kode teknologi bahasa program akan tetapi lebih kepada insipirasi yang telah di datangkannya.
ada hubungan bahasa program dengan kopi
ada hubungan bahasa program dengan kopi
Tidak heran pada saat menulis koding saya duduk di kafe dan memesan secangkir kopi, tadinya saya mengyangka khasiat kopi hanyalah untuk menahan kantuk dan agar saya dapat mengerjakan penulisan lebih lama. Akan tetapi setelah saya browsing dan bertanya kepada ahlinya, mereka sepakat memberikan jawaban yang mirip atau hampir sama:
  1. Kalian tidak perlu takut mengkonsumsi kopi karena anggapan orang kopi bisa mengakibatkan dehidrasi adalah anggapan yang salah. Kopi tidak akan mengakibatkan tubuh dehidrasi. Asalkan jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.
  2. Asal muasal Khasiat kopi di temukan oleh Kambing. Lho kok bisa? Dulu di Etophia seorang pengembala kambing memperhatikan dengan seksama setiap kali hewan hewan gembalaannya itu sehabis memakan kopi, hewan hewan tersebut berubah menjadi lincah dan periang.
    kambing minum kopi
    gambar kambing minum kopi
  3. Kafein mampu melepaskan asam lemak dari jaringan di dalam tubuh hal ini membuat mood kita meningkat.
  4.  Lebah madu sangat tertarik pada kafein. Peneliti menemukan kafein meninggalkan efek yang sangat baik dan jangka panjang untuk lebah madu.
  5. Minumlah kopi sebelum tidur siang. Peneliti menemukan, minum kopi yang dilanjutkan dengan tidur siang selama 15 menit akan membuat orang merasa sangat terjaga dan menjadi bugar sesudahnya.
  6. Hanya ada jenis kopi di dunia: Robusta dan Arabica. Robusta lebih produktif, tahan penyakit, serta tinggi kandungan kafeinnya. Arabika tingkat keasamannya yang lebih tinggi serta mempunyai aroma yang lebih kompleks. Robusta cenderung lebih murah dari pada Arabika. Sebagian besar kopi spesial biasanya memakai arabika.
  7. Dalam secangkir kopi terdapat vitamin B2 sebanyak 11% itu adalah jumlah yang disarankan setiap harinya, 6% vitamin B5, dan 3% Mangan dan Kalium. Tetapi, lebih baik pilih kopi yang tanpa bahan kimia, dan juga dihidangkan dengan gula yang tidak berlebihan. Sangat baik untuk program diet.
Itulah khasiat minum kopi secara teratur setiap harinya. Sayangnya kebiasaan ngopi saya di barengi dengan kebiasaan merokok. Sebenarnnya masih ada satu ton khasiat lainnya. Lalu apa hubungannya dengan bahasa programming?

NAMA BAHASA PROGRAMMING JAVA  TERINSPIRASI DARI NAMA KOPI.
Seperti yang telah kita singgung pada salah satu 7 item yang saya kemukakan diatas, ada dua jenis kopi di dunia yakni Robusta dan Arabica.
logo Java
Logo Java
Nah di Indonesia ada sejenis kopi Jawa yang memiliki kualitas spesial kopi tersebut termasuk jenis kopi keluarga Arabica yang memiliki hubungan spesial dengan salah satu bahasa program paling terkenal dan paling banyak di pergunakan di dunia pada saat ini: JAVA. 
Nah bagi James Gosling dan rekan-rekannya di Sun Microsystems, kopi yang diseduh di sebuah kafe Peet telah menjadi inspirasi untuk nama bahasa pemrograman komputer baru yang berhasil ia dikembangkan. 
Java menjadi pilihan menggantikan nama Oak, dari jenis pohon yang tumbuh di depan jendela ruang kerja Gosling. Greentalk adalah nama yang diperkenalkan Gosling pertama kali untuk bahasa pemrograman tersebut dengan file ekstensi ".gt" sebelum menjadi Oak.

Oak sudah dipakai perusahaan lain, yaitu Oak Technology sebagai merek dagang produk mereka. Usaha untuk mengganti nama ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Nama-nama yang kemudian menjadi kandidat adalah Silk, DNA, dan Java. Entah siapa yang pertama kali mengusulkan nama Java atau sejak kapan nama Java dipakai, tidak begitu diperhatikan karena alternatif pilihan nama tersebut dilakukan secara kolektif. Kelak Kim Polese, manajer pemasaran saat itu yang sekarang adalah CEO Marimba Inc. akhirnya memakai merek dagang Java.
Jadi sekarang kalian tahu paling tidak betapa istemewanya kopi bagi seorang programmer yang duduk sepanjang waktu di sebuah meja di hadpan layar monitor sambil menikmati secangkir kopi.

MENGAPA BAHASA PROGRAM JAVA SANGAT POPULER?
Nah ini intinya yang ingin saya bahas:
  1. Bahasa yang sangat mudah di mengerti dan di pelajari. Sintaksisnya saja mirip bahasa manusia. Dan dia juga di ciptakan untuk memecahkan problem yang terdapat pada bahasa C dan C++. Jika kalian pernah belajar bahasa C dan C++ amatlah mudah mempelajari bahasa JAVA
  2. JRE (Java Runtime Environment) membuat ia dapat berjalan secara konsisten di seluruh platform. Yang perlu dilakukan oleh seorang programmer adalah menginstal JRE ke komputer dan semua program Java mereka dapat digunakan dengan sangat baik.
  3. Bahasa pengkodean ini mengembangkan fitur yang dikenal sebagai objek Java yang memungkinkan seorang programmer untuk menggunakan kembali kode-kode umum saja. Bentuk pewarisan kode ini membuat pengodean menjadi mudah, cepat, dan murah.
  4. Java API . Java API tidak terlalu rumit untuk dikuasai oleh pemula dan yang perlu dimulai hanyalah mempelajari sebagian darinya.  Setelah itu kalian dapat bekerja dengan nyaman dengan fungsi utilitas Jawa, Kalian dapat mempelajari segala sesuatu yang lain sambil melakukan pekerjaan.
  5. Editor sumber kode Java memiliki Lingkungan Pengembangan Terpadu, sangat kuat dan stabil, yang tidak hanya memungkinkan pemrogram untuk menulis kode lebih cepat dan lebih mudah, tetapi juga dilengkapi dengan fitur debugger otomatis dan terintegrasi.
Masih kurang? Dengan menguasai bahasa pemrograman ini kalian berpeluang menjadi pengembang aplikasi, games dll di perangkat mobile berplatform Android!

Beri Komentar atau, Ajukan Pertanyaan

6 Comments

  1. Betul juga sih kalau dipikir2..Saya juga pecandu kopi...Awal kenal kopi yaa saat jaman hp java dan ngeblog juga pake java kala itu...Seperti Xtgem, Mwb , Dan Wenru. Meski sekarang semua blognya sudah tutup..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang pada tutup, padahal saya tau itu dari sini

      Delete
    2. Xtgem bukannya masih buka kang satria, kalo mwb dan wenru emang udah tutup kayak wapka.😂

      Delete
  2. Baru tahu kalo mau tidur siang harus minum kopi dulu biar segar. Tapi kalo minum kopi bukannya malah ga ngantuk, gimana mau tidur siang..😂

    ReplyDelete
  3. Oh karena terinspirasi dari kopi makanya dinamakan Java dan berlogo secangkir kopi panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh tumben suhu Herman nongol, sungkem hu.🙏

      Delete

2 IN 1: from EDITBLOGTEMA to EDITBLOGTEMPLATE