December 05, 2019

FAKTA BLOGGING: KONTEN ADALAH RAJA

konten adalah raja
konten adalah raja - desain gambar: Anissa
Kalau kalian di ajukan pertanyaan sebagai blogger pemula seperti saya mana yang akan kalian prioritaskan diatara pilihan pilhan berikut:
  • Konten
  • Konteks
  • Keywords
  • Usia domain
1. Konten
Konten adalah bentuk tulisan, artikel, gambar atau video dll hal yang kita posting di halaman blog kita untuk di suguhkan ke hadapan pembaca. Kalian bayangkan sebuah halaman blog tanpa konten. Pembaca mengunjungi halaman yang kosong dan tidak mendapatkan manfaat apa apa dan kecewa. Konten umumnya berbentuk tulisan atau artikel di dalam blog. 

Dari penjelasan di atas kalian mengerti betapa pentingnya konten bagi sebuah halaman blog. Konten itu ibarat darah di alam nadi kehidupan bagi sebuah halaman blog, tanpa konten blog akan mati. Tidak akan ada orang yang akan mengunjungi untuk tidak mendapatkan apa apa.

Konten yang baik adalah konten dalam bentuk tulisan, gambar atau video yang berkualitas, menarik dan bermanfaat. 

Namun seburuk buruknya konten tetap akan ada pengunjungnya walau hanya sekedar untuk mencela. Saya heran ketika orang berhenti menulis dan membuat konten pada blognya

2. Konteks
Konten memang dapat memenuhi syarat untuk membuat blog hidup, tapi tidak cukup untuk membuatnya popular, untuk itu kalian harus memahami konteks. Saya dan ribuan orang membaca dan menonton filem Harry Potter, pernahkah kalian terfikir sedemikian banyak kisah kisah perihal kehidupan fiksi penyihir telah di rilis dan mengapa hanya tulisan JK. Rowling yang menjadi hits?

JK. Rowling tentu belajar dan banyak membaca juga, kehidupan penyihir telah berlalu ribuan tahun yang lalu bukanlah hal yang menarik bagi dunia modern. 

Tapi bagaimana jika kehidupan penyihir tersebut di kemas di kehidupan modern kota terbesar dan ter-modern di Eropa, yakni London? Dan pada tahun tahun saya masih duduk di bangku sekolah TK, kisah itu begitu viral, kini setelah saya remaja dan mulai dewasa saya mengerti bagaimana penyihir itu menembus tembok kota dan masuk ke dunia mereka. Begitu menarik, kisah lama menjadi hal baru yang membuat kita panasaran.

Dan bagaimana jika tokoh tokohnya adalah anak anak?

Mungkin popularitas Harry Potter  sudah mulai memudar, tapi kalian juga harus melihat bagaimana perusahaan Facebook, Amazon dan Google di lahirkan. Mereka tidak mungkin jadi sebesar ini jika mereka di bangun 2000 tahun yang lalu pada saat teknologi penopangnya belum ada dan belum dapat di fahami oleh manusia. Juga belum di butuhkan.

Jadi untuk sukses menulis fahamilah konteks!

3. Keywords
Keywords adalah sebuah kata atau serangkaian kata yang di tuliskan ke kotak dialog mesin pencari oleh calon pengunjung untuk menemukan halaman web yang ingin mereka temukan. 

Jadi ia terkait dengan mesin pencari. Yang harus kalian ingat adalah, sepenting apapun keywords tidak akan ada artinya jika halaman blog kalian tidak memiliki konten alias kosong. Jika kalian telah memiliki berton ton konten baru hal ini bermanfaat. Kalian dapat mengotimalkan halaman web kalian dengan reset keyword agar halaman web berada di dalam prioritas mesin pencari.

Gunanya? Agar ketika orang mengetikan sebuah "kunci kata" halaman kalian berada di atas daftar mesin pencarian dan di suguhkan paling duluan ke hadapan pembaca contoh: Kalian tuliskan di kotak pencarian Google begini: "memperbaiki add numbering blog" maka yang akan keluar adalah antrian sebagai berikut:
memperbaiki add numbering dan add bullets
Contoh keywords 
 Postingan admin editblogtema di atas telah di kloning oleh penulisnya sendiri melaui sebuah situs dengan cara benar benar "copy-paste" dan merubah tahun penulisan menjadi 2018/08. ide percobaan ini ternyata tidak membuat tulisan aslinya "turun" dari peringkat atas.

Namun kalian harus tahu 'keywords" tidak selamanya sakti. Dia adalah umpan bagi mesin pencari dan ketika algoritma Google berubah bisa saja segalanya juga ikut berubah.

4. Usia domain blog
Di masa lalu, usia domain sering di anggap sebagai faktor untuk mengukur reputasi sebuah halaman website. Semakin tua usia domain, semakin terlihat "keren" blog tersebut. Menurut pakar pada waktu itu dengan pede menjelaskan: Dari lamanya (baca tuanya) usia domain jelas terlihat konsistensi sebuah blog. Sedangkan konsistensi erat kaitannya dengan reputasi.

Sayang seribu kali sayang di era modern tahun 2018-2019 hal itu ternyata di pandang rendah, karena Google sendiri mengatakan ketimbang menghidupkan domain lama yang telah terbengkalai lebih baik membuat blog baru yang fresh. 
Baca:  FAKTA ATAU MITOS:USIA DOMAIN MENINGKATKAN RANKING WEBSITE.
 Ini juga membuat bisnis jualan blog zombie jadi tidak bermanfaat samasekali.
Lalu terlepas jika kalian masih percaya kesaktian berbagai tool pihak ketiga, dari yang terkenal seperti MOZ dan yang kurang terkenal seperti Nibbler, pada tool mereka pengukuran usia domain tampak "lenyap" berganti dengan notifikasi: "Sorry, we cannot check the domain age of .net or .com websites."

Di masa lalu kita juga menerima pengakuan dari Google bahwa "meta tag" sudah tidak terlalu penting lagi begitu juga dengan "backlink" mulai di kurangi peranannya. Karena Google telah memiliki Algoritma baru yang lebih cerdas.

Jadi apa yang paling penting?
Di era modern ini? Jelas sekali konten! Karena walaupun konten dianggap tidak berkualitas sekalipun masih memiliki paling sedikitnya pengunjung walaupun akhinya mereka pergi. Lalu konteks hanya jika kalian telah memahaminya dengan baik.

Lagian sebenarnya subjek subjek diatas memang tidak bisa dibanding bandingkan dengan konten.
www.editblogtema.net

I am a student of Senior High School (SMA) I am living in Bandar Lampung, Selalu tertarik dengan HTML, sedang belajar Javascript, python dan C++

3 comments:

  1. BEnar ya, usia domain udah nggak pengaruh banget lagi sekarang.
    Banyak loh blog dengan usia domain di atas 5 tahun, tapi performa masih kecil, kalau dilihat-lihat karena jarang update deh.

    Btw, konten is the king ini bikin kepala kita kudu mikiiirrrr terus yak, kudu kreatif tapi manfaat :D

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat di twitter. Konten is the king. Sharing is teh kong :)

    ReplyDelete