EDIT HTML BLOGGER TERBARU YANG SULIT DI EDIT

Entah teman teman mengalaminya atau tidak, HTML editor blogger terbaru terasa memiliki kekurangan dibanding dengan editor HTML lama.

Di samping tampilan dasbor yang baru dan fresh ternyata bagian edit HTML atau kita sebut saja sebagai halaman editor HTML blogger sulit di pergunakan pada saat mengedit html langsung di dalamnya. Sebelumnya tidak demikian.

Atau mungkin hal ini hanya terjadi sementara? atau hanya terjadi di perangkat saya? Tidak juga, saya telah mengujinya melalui tablet denga opsi browser chrome "desktop"  saya tidak bisa melihat bagian tag penutup </body> ke bawah.

Cobalah teman teman tekan CTRL+F lalu ketika kotak dialog pencarian muncul di bagian atas kiri halaman editor ketikan </body>, dan hasilnya tag penutup body  tersebut masih bersembunyi dibawah dan tidak bisa di scroll ke atas sehingga kita hanya bisa mengira ngira pada saat meletakan kode khusus seperti yang kita inginkan di atas tag tersebut.
halaman editor blogger terbaru, tidak mudah di edit
Halaman editor blogger terbaru
Alternatif: Gunakan notepad
Memang benar kita dapat mengkopi seluruh kode HTML di dalam template bloggger melalui edit HTML tersebut dan mempastekannya ke dalam notepad untuk melakukan pengeditan. Dengan cara:

  • Masuk ke dasbor atau pengaturan blogger. 
  • Pilih tema atau theme. 
  • Pilih "Edit HTML"
  • Pada halaman Edit HTML atau halaman editor HTML blogger letakan dan klik kursor mouse, lalu pada keyboard atau papan ketik tekan CTR+A secara bersamaan. Maka ketika seluruh halaman HTML atau seluruh kode HTML tersorot, kembali ke keyboard untuk menekan CTRL+C secara bersamaan.
  • Lalu buka notepad atau MS word di PC/Laptop kalian dan setelah notepad terbuka klik kursor disana pada keyboard PC/Laptop, tekan CTRL+V. Maka seluruh kode akan ter copy seluruhnya ke notepad. 
  • Dan lanjutkan melakukan pengeditan di halaman notepad tersebut. Notepad terdapat pada setiap laptop atau PC berbasis Widows. 
  • Jika pengeditan selesai kalian dapat  mengkopi semua kode HTML dari notepad dan menghapus seluruh kode HTML di halaman HTML blogger dan mempastekan seluruh  kode HTML yang telah kalian edit ke dalam halaman HTML blogger dengan cara yang sama dengan langkah diatas. 
  • Save template, jika terjadi kesalahan halaman editor HTML gak bakalan mau di save. Ulangi dan cari kesalahannya. 

Tapi bukan alternatif itu yang saya maksud atau yang saya inginkan, saya ingin tetap bisa mempergunakan halaman editor HTML blogger secara langsung agar setiap kode yang saya edit dapat saya uji langsung di browser secara online. Ya seperti sebelum sebelum ini.

Pada pengujian diatas saya hanya bisa melihat kode JS yang telah saya letakan sebelumnya di atas tag penutup </body> sedangkan tag penutup </body> tidak dapat di scroll ke atas. Saya harap ini adalah "bug" yang segera diperbaiki oleh pihak Google. Masalahnya pasti ada pada halaman editor HTML blgger itu sendiri.

Ketika saya melakukan pengeditan melalui Desktop dengan layar 24" ternyata masalahnya sama, yang belum saya lakukan adalah mencobanya pada laptop seharga diatas 50 juta, lol.

www.editblogtema.net

Comments

  1. Wah, baru tahu kang Sofyan, soalnya udah lama tidak edit html di blogger. Biasanya aku edit pakai Opera android dan lancar aja sih, kalo laptop tak punya soalnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari