CARA NYAMAN BEKERJA DAN BOGGING MENGGUNAKAN IPAD DAN TABLET ANDROID TUA

Jika pada beberapa tulisan saya menulis tentang cara bekerja menggunakan tablet Android, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi bagaimana caranya supaya nyaman bekerja dengan menggunakan iPad model lama.

iPad Apple

Ini saya lakukan semata mata karena perangkat perangkat tablet sebenarnya dapat di manfaat kan buat bekerja atau . Jika kebetulan kalian melakukan perjalanan dan malas membawa laptop yang besar, dan jika pekerjaan kalian masih dalam batas pekerjaan wajar, ringan, sekedar membuat laporan, menulis, mengedit dokumen dan gambar, seharusnya baik iPad maupun tablet Android dpat melakukan hal tersebut dengan sempurna. Sama seperti tablet android, iPad telah lama di lengkapi oleh asesories tambahan seperti di bawah ini:

1. Keyboard. Keyboard iPad terkenal presisi dan nyaman digunakan buat mengetik. Tidak seperti keyboard yang diperuntukan untuk tablet android yang banyak keluaran tiruannya, keyboard untuk iPad terkesan ekslusive dan bagus. Keyboard ini bisa digunakan untuk mengetik laporan, menulis email dengan cepat bahkan menulis sebuah buku baik fiksi mapun non-fiksi jika kalian mau.
contoh iPad menggunakan keyboard
Keyboard iPad yang dapat kita jumpai dipasaran, termasuk di Batam umumnya terbuat dari bahan aluminium. Ada juga keyboard yang telah dilengkapi dengan perangkat telapon dan pena stylus dan diperuntukan buat iPad mini. Umumnya keyboard iPad telah berfungsi sekaligus sebagai dock agar iPad dapat ditegakan secara portrait atau secara landscape (posisi vertical atau horisontal)
ipad jadul dengan keyboard
ipad jadul dengan keyboard
Namun di pasaran juga tersedia bermacam dudukan iPad yang dijual secara terpisah.

2. DOCK. Dock iPad yang dijual terpisah dari keyboard dulu banyak juga dijumpai dipasaran, dock dock ini dillengkapi dengan charger atau power bank, ada juga dock yang dilengkapi dengan speaker untuk mendengarkan musik. Ketika bekerja menggunakan dock ini kalian hanya tinggal meletakan keyboard didepannya dan mengetik sambil mendengarkan musik.

Dock seperti ini tidak ada lagi di jual namun terdapat banyak model baru buatan cina yang murah meriah dan lebih modern di pasaran. Jika kalian masih memilikinya tidak ada salahnya masih memanfaatkannya.

Dock iPad yang diilengkapi dengan speaker 

Gambar diatas adalah gambar dock yang di lengkapi dengan speaker stereo dengan kualitas suara bagus sehingga kalian bisa bekerja sambil meletakan keyboard didepan layar ipad dan mendengarkan musik pavorite.
Gambar dock sekaligus charger dan multi plug 

3. USB on The Go. Atau OTG,
Adalah asoseries pelengkap yang berfungsi sebagai konektor ke usb sehingga iPad berfungsi layaknya PC laptop/dekstop. Dengan asoseries ini kalian bisa memindahkan data dari USB ke iPad atau seballiknya data dari iPad ke USB. Sebenarnya mentrasfer dokumen dapat kita lakukan dengan berbagai cara: menyimpannya di cloud seperti dropbox, google drive, sugar sync dll dan dapat kita akses kembali melalui PC atau komputer dii kantor maupun di rumah. Namun bagi kita yang terbiasa menggunakan USB sebagai sarana penyimpanan OTG sangatlah diperlukan.
contoh OTG USB untuk iPad
contoh OTG USB untuk iPad
Cara ini sudah tidak berlaku lagi di tahun 2018 karena produk telah dihentikan penjualannya. Ruang simpan iPad juga semakin besar.

Gambar diatas menunjukan lubang lubang untuk memasukan USB, kartu SD kecil dan kartu SD besar. Sama seperti pada tablet Android Samsung keluarga galaxy OTG dapat ditemukan dengan mudah dipasaran.

Nah kita telah menjelaskan tentang tiga asoseries penting untuk kenyamanan bekerja dengan iPad, lalu pekerjaan apa saja yang dapat dilakukan dengan semua itu? Ya pekerjaan sepeerti yang biasa kita lakukan di laptop dan PC semisal, mengcreate dan mengedit dokument office, baik itu dalam bentuk Microsoft Office, word dan membuat presentasi. Pekerjaan yang biasanya terkait dengan laporan keuangan, laporan inspeksi baik harian, mingguan maupun bulanan.

4. SOFTWARE PENDUKUNG

Nah disamping perangkat atau device tambahan diatas, iPad juga menyediakan sofware sofware pendukung pekerjaan di App. storenya. App store adalah toko buat tablet dan ponsel milik apple. Kalau untuk urusan produktivitas di PC kita menggunakan Microsof Office yang berbayar lumayan mahal maka di App Store ada banyak aplikasi office murah dan bahkan gratis, diantaranya:

ages, Number dan Keynote: Adalah aplikasi perkantoran milik apple, sama saja dengan Microsof office, kalian bisa melakukan pekerjaan memakai formulasi hitung menghitung dan tabel seperti di microsoft excel, kalian juga dapat melakukan pengetikan di word dan membuat presentasi. Dalam hal presentasi iwork bahkan presentasinya dapat dilakukan dengan menggunakan iPhone sebagai remote control, tinggal gunakan keynote remote, keren kan
contoh spreadsheet milik Apple
Gambar contoh lembaran spreadsheet iwork tidak ada bedanya dengan Microsoft Excel 

-GOOGLE DRIVE. Google Drive adalah alternative penyimpanan, selain harddisk iPad yang terbatas atau bahkan USB, dengan menyimpan dookumen di Google Drive kalian akan dapat mengaksesnya dimanapun dengan berbagai perangkat komputasi seperti tablet, PC laptop/dekstop, bahkan pakai ponsel. Kartu pembukanya adalah email google dan password kalian sendiri.

Google Drive termasuk Cloud Store, atau gudang penyimpanan di awan. Kita dapat mensinkronkan ID google kita di Ipad dengan internet, begitu megolah dokumen di iPad, dan dapat segera mengupload dan menyimpannya di gooogle drive. Bukan hanya itu, dengan Google drive kita di beri akses mengedit dokumen yang telah tersimpan langsung di google drive, tidak perlu harus membuka iwork terlebih dahulu.

Saya rasa masih banyak software pendukung yang tersedia di App Store, tapi hanya dengan dua software yang telah ditampilkan diatas saja telah dapat memenuhi kebutuhan kalian berkomputasi menggunakan iPad.

Tablet Android

Tablet Android tua seperti Tab S1 dan Tab S2 dapat di manfaatkan buat blogging dan juga bekerja. Tetapi yang paling saya rekomendasikan adalah Tab S2.

Alasan karena harganya yang sudah sangat murah saya coba rekomendasikan tablet Samsung S2 buat para blogger sebagai alternative pengganti laptop. Disamping karena fisiknya yang tipis, ringan daya battery yang kuat 8-10 jam pemakaian terus menerus, tablet ini berbeda dengan iPad yang tidak bisa buat nelpon. Dan artikel ini saya tujukan buat berbagi pengalaman.

Lebih mobile, praktis dan cepat
Tablet S2 milik penulis

Tab S2

Sampai sekarang saya masih menggunakan tablet ini buat ngeblog, awalnya saya menggunakan asesories keyboard buatan samsung, tetapi kemudian terdapat cacat pada saat pengetikan misalnya setelah pemakaian selama setahun tidak bisa lagi mengetikan beberapa karakter huruf, padahal harganya diatas 500 ribuan.
Saya menggantinya dengan keyboard buatan logitech. Dan ajaibnya walau hargnya berkisar RP 280-300 ribuan, keyboard ini benar benar nyaman di pakai: tombolnya responsive, daya tahan battery hingga setahun dan kekuatan fisiknya sangat bagus, pokoknya tahan bantinglah. Klo menurut saya kualitas, spek dan performanya melebihi keyboard yang lebih mahal. Mungkin karena logitech memang sudah terkenal sebagai spesialis pembuat keyboard atu mungkin karena perkembangan teknologi terbaru.

Disamping itu saya juga akhirnya membeli mouse logitech yang ternyata sangat berguna membantu saya dalam membuat template blog.

Tetapi terlbih dahulu kita bahas spek TAblet S2 menurut GSM Arena

TEknologi NETWORK :
GSM / HSPA / LTE

Diumumkan:
2015, July (tiga tahun yang lalu)

Dimensi body:
198.6 x 134.8 x 5.6 mm (7.82 x 5.31 x 0.22 in)

Berat:
265 g (Wi-Fi) / 272 g (LTE) (9.59 oz)


SIMCard:
Nano-SIM

DISPLAY /Tipe layar:
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

Ukuran:
9.7 inches, 198.2 cm2 (~74.0% screen-to-body ratio)

Resolusi:
1536 x 2048 pixels, 4:3 ratio (~320 ppi density)

PLATFORM / OS:
Android 5.0.2 (Lollipop), upgradable to 6.0.1 (Marshmallow) - T710, T715
Android 6.0.1 (Marshmallow), upgradable to 7.0 (Nougat) - T719N


Chipset:
Exynos 5433 - T710, T715
Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652 (28 nm) - T719N

CPU :
Octa-core (4x1.9 GHz & 4x1.3 GHz) - T710, T715
Octa-core (4x1.8 GHz Cortex-A72 & 4x1.4 GHz Cortex-A53) - T719N

GPU :
Mali-T760 MP6 - T710, T715
Adreno 510 - T719N

MEMORY:
Card slot :microSD, up to 256 GB (dedicated slot)

Internal
32/64 GB, 3 GB RAM

KAMERA UTAMA:
Single 8 MP, AF

Video :
1440p@30fps

SELFIE CAMERA :
Single 2.1 MP

Browser HTML5 :
- ANT+ support
- MP4/H.264/WMV player
- MP3/WAV/eAAC+/WMA/Flac player
- Photo/video editor
- Document editor

BATTERY :
Non-removable Li-Ion 4000 mAh battery

Harga sekarang:
Seken sekitar 2,8 - 3 jutaan rupiah (di Batam)

Jika misalnya anda terbiasa melakukan pengetikan via layar sentuh tablet ini sangat pas buat mengedit tulisan pada saat perjalanan. Akan tetapi karena saya serius memakainya dan sampai jarang menggunakan MacBook Air, maka saya melengkapinya dengan dua asesories penting ini yakni:

KEYBOARD BLUETOOTH:
mempercepat pengetikan pada layar sentuh tablet
Itulah keyboard yang sedang saya gunakan sekarang, saya bahkan membandingkannya dengan kenyamanan mengetik pada Macbook yang sekarang lebih sering saya tinggal di rumah. Benar, itu memang logitech k380 harganya di Batam waktu itu hanya berkisar RP. 280ribuan cukup murah untuk sebuah produk yang berkualitas dan terbukti sangat baik performanya.

Dengan keyboard ini saya dapat menggunakan tombol tombol short cut layaknya di PC dan hampir semuanya berfungsi sangat baik. Misalnya keyboard ini sangat membantu saya pada saat melakukan pengeditan HTML di dasbor blogger melalui tablet S2 saya. Saya masuk melalui Browser Google Chrome, jika saya mencari kode tertentu pada halaman HTML saya cuku menekan ctrl+F dan mengetikan kode yang sedang saya cari pada menu pencarian yang muncul di atas kanan halaman HTML blogger tersebut dan menekan "enter" pada keyboard kode akan segera ditemukan dengan warna disorot kuning. Cepat sekali.

Artinya keyboard ini membantu saya mendesain template web/blogger dengan cepat pada saat saya berada di kafe, atau dibawah pohon di tepi pantai. Saya sungguh menyukainya.

MOUSE
sangat membantu navigasi dan drag komponen blog
Kesulitan menggeser widget dengan sentuhan jari adalah problem klasik pada saat kita bekerja dilayar android baik itu hape dan tablet sama saja. misalnya pada halaman tataletak bloggger kita bermaksud memindah mindahkan widget menggunakan hape atau tablet android bisakah kita menggesernya dengan jari? Tidak bisa! Belum ada UI (user interface) untuk itu pada platform Android. 

Jadi saya membeli mouse untuk android (ingat mouse ini dua jenis: untuk windows dan untuk android) harganya sedikit lebih murah daripada keyboard dengan merek yang sama.

Dengan mouse bluetooth yang memiliki kursor layaknya PC kesulitan saya terpecahkan: Saya dapat menggeser geser dan memindah mindahkan widget blogger pada dasbor sesuka hati saya. Saya juga dapat menyorot kode kode di halaman HTML dan menghapusnya melalui tuts "del" setelah itu melalui keyboard bluetooth. Akhirnya Tablet+keyboard+Mouse menjadi sebuah kesatuan yang tidak terpisahkan.

Alasan saya membeli kedua asesories ini juga adalah karena saya dapat memanfaatkan aplikasi aplikasi perkantoran gratis android dan bekerja dengan bantuan tablet beserta asesoriesnya. Benar benar gagdet gagdet yang mampu membunuh PC!

DIPERGUNAKAN BUAT SMARTPHONE

Smartphone layarnya juga semakin lebar rata rata hape keluaran baru memiliki layar 6" keatas. Hal ini terjadi karena bezel hape semakin tipis dan berkurang jauh daripada tahun tahun sebelumnya. Hal ini menguntungkan bagi produsen smarptphone untuk membuat layar hape semakin lebar tanpa menambah bobot dan dimensi body sehingga tetap nyaman dalam genggaman tangan manusia.

Nah kedua asesories yang saya sebutkan diatas dapat di pergunakan sama baiknya pada smartphone. Mengenai smartphone para ahli teknologi percaya bahwa:

  1. Smartphone mulai melenyapkan telivisi
  2. Smartphone mulai melenyapkan fungsi utama arloji
  3. Smartphone perlahan lahan mengenyahkan komputer
  4. Smartphone jelas melenyapkan radio fm
  5. Smartphone melenyapkan Tape Recorder
  6. Smartphone nyaris melenyapkan kamera konvensional (siapa yang masih cinta sama kamera saku?)
  7. Smartphone melenyapkan konsol game watch
  8. Smartphone melenyapkan kalender
  9. Smartphone akan segera melenyapkan kartu ATM
  10. Smartphone akan melenyapkan dompet dengan walletnya
  11. Smartphone mungkin akan lenyap, tapi setelah dia menelan korban teknologi lainnya.
Bagaimanan menurut anda? Perubahan selalu berada didepan mata kita tanpa kita sadari ikut menarik kita kedalam pusaran arusnya....

Dilain kesempatan saya akan mengulas tentang tablet lain yakni TAb S3


Selamat berproduktivitas!
BACA JUGA: PERANGKAT HAPE DAN TABLET REKOMENDASI
Tolong di share ya..

Comments

  1. Kayanya emang bener kalau mau ngerjain blog di ipad enak pake keyboard dibanding ngetik2 touchscreen rasanya lama juga ya

    ReplyDelete
  2. Wow perangkatnya super komplit 🤣 aku blogging cuma modal hp dan browser lite dan sinyal antara E dan 3G 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta kang satria tablet nya kang jaey, banyak yang nganggur tablet nya.😁

      Delete
    2. Saya lebih senang melihat orang blogging via mobile/handphone..itu prioritas Google kedepannya lho

      Delete
  3. Kalo aku malah kurang suka tablet yang besar, soalnya sudah dibawa kemana-mana. Jadi paling pakai hp android 6 inci soalnya lebih ramping dan mudah dibawa.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. salut, sy lebih respek sama orang blogging mobile sperti pake hape gitu

      Delete
    2. Soalnya enak dibawa kemana saja, buat blog walking juga enak.😁

      Delete
  4. Saya juga punya ipad yg model lama, ya tapi sekarang uda agak kurang fungsinya, layar sedikit burem dan pecah keinjek anak haha
    Speaker jg kresek2, tp kmaren beli layarnya juga sih biar psling ga belingnya ga bahaya soalnya tajem
    Pingin jg nambahi keyboard soale klo ngetik pke touchkreen rawan bgt typo

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang juga gak dimanfaatkan jadi barang rongsokan

      Delete
  5. Boro2 ngeblog pakai i pad. Nulis komen ini aja pakai hp asus zenfone yang masih jaringan 3G. Hahaha.

    ReplyDelete
  6. Kalau saya ngeblog di mana saja its OK, asal ada keyboardnya.
    Soalnya jari saya lumayan jempol semua hahaha.
    Keliatannya aja kurus, tapi tulangnya gede :D

    Tapi sementara ini, saya ngaman ngeblog di laptop sih :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari