KONTEN BERKUALITAS AGAR BLOG HIDUP ABADI

Blog abadi dengan seribu konten berkualitas
ilustrasi pengunjung
Para blogger semua walau ngakunya hanya hobi nulis pasti pernah lihat lihat dasbor blog, berapa kali sih tulisan saya telah di baca orang? Berapa pengunjung telah mengunjungi konten yang telah susah payah saya tulis?

Ya ada kepuasan spesial pada saat mengetahui bahwa tulisan kita ternyata telah di baca orang dan apalagi setelah mengetahui ia sangat bermanfaat bagi orang lain atau para pembaca tesebut. Manfaat lain adalah: Performa blog meningkat, seperti yang sering Google berikan pesan melalui notifikasi analitiknya: Karena tulisan anda bermanfaat, performa blog anda meningkat!

Dan ranking Alexa naik drastis, Tool seperti Moz memperlihatkan bahwa DA dan PA kalian meningkat. Tapi bukan itu, yang jelas kita puas karena ternyata tulisan kita telah di baca!

Tapi bagaimana jika kita melihat daftar tulisan kita hanya di baca oleh puluhan orang padahal telah kita rilis berbulan bulan? Mengapa orang tidak memperhatikannya? Keywords atau kata kuncinya yang salah? Tidak juga, sebenarnya yang paling mempengaruhi di baca atau tidaknya tulisan kita adalah:
  • Tampilan blog (kecepatan, kerapian, kemudahan dll)
  • Misi blog (blog memiliki niche)
  • Branding blog (blog telah memiliki nama dan konsisten)
  • Penulis blog (membuat konten berkualitas, menarik dan mudah di baca)
Semua itu mudah kalian dapatkan, dengan konsistensi menulis dan belajar. Kalian harus melatih diri dalam membuat konten konten, belajar terus menerus, konsisten dan BERSABAR. Mengapa saya katakan Bersabar? Kalian harus tahu, ketika awal buku Astronomi Johannes Kepler di tulis, tidak ada pembacanya, dan pada masa itu tidak bakalan di baca orang. Tetapi dengan mata bersinar, di tengah kesulitan hidup dan marabahaya yang mengancam nyawanya, Kepler berkata: 
"Buku telah aku tulis! Dan aku tidak perduli walau seratus tahun lagi baru bertemu dengan pembacanya!" 
Kalian bayangkan, setelah berabad abad kemudian buku itu menjadi literatur wajib di perguruan tinggi ilmu Astronomi. Nah jika kalian melihat tulisan kalian belum di baca orang, bekerja lebih keras lagi agar blog kalian mendapatkan pengunjung, teruslah menulis, karena tulisan juga akan membuat hidup kalian menjadi lebih abadi. Lho kok bisa?

Ya karena, pada masa masa kekacauan Eropa semasa hidupnya, kuburan Kepler di obrak abrik orang, siapa sih yang kenal dengan Johannes Kepler kalau bukan karena bukunya? Dan pusara yang di rusak lalu dilenyapkan orang hanyalah sekedar sebuah pusara dengan  sebuah batu nisan. 

Hari ini Kepler tetap hidup di dalam bukunya, begitu fenomenal, begitu agungnya. Dan mereka yang menghancurkan pusaranya telah dilupakan orang bagaikan hanya segumpal debu di dalam sejarah.

TULISAN AKAN DIBACA PADA WAKTUNYA
Perhatikan, walau telah menulis ribuan artikel, saya juga sama di blog ini pengunjung saya sangat sedikit. Namun ketika saya menulis di media besar seperti medium, jalan tikus dan Kaskus, hanya butuh sehari tulisan saya telah di baca ribuan kali! Jadi benar, media mempengaruhi jumlah pengunjung. Saya tidak tahu bagaimana template mereka. Yang saya percayai adalah nama besar Medium, Kaskus, Kompas dll.

Pada saat saya bandingkan dengan blognya Dahlan Iskan, ya ampun walau hanya sebuah blog, beberapa tulisannya bahkan telah dibaca orang hingga jutaan kali dalam waktu hanya sebulan! Jadi benar karena penulisnya adalah seorang Dahlan Iskan. Manusia dan mesin pencari mengenalnya. Tulisannya tidak membutuhkan kata kunci, tapi saya mengakui kredibilitasnya, dan dia memang seorang penulis yang lugas dan menarik di bidangnya.

Bidang apa? Dahlan Iskan tidak pernah lari dari topik topik teknologi, politik, ekonomi. Setiap orang yang berminat di bidang itu tidak keberatan membaca tulisan beliau.

mari saya tunjukan berapa pengunjung yang membaca salah satu atau beberapa tulisan saya melalui cuplikan gambar gambar berikut:
jumlah kunjungan pembaca
Jumlah kunjungan 4.295 
Setelah tiga bulan tulisan saya dengan judul "Memperbaiki add numbering dan Add bullets.." telah di kunjungi sebanyak 4.295. itu adalah postingan yang paling banyak di kunjungi. namun itu karena tulisan itu telah berusia diatas 3 bulan cobalah perhatikan postingan berikut:
jumlah pengunjung artikel gerhana
Artikel Gerhana dikunjungi lebih 500 x hanya dalam sehari

Saya panasaran dengan blog yang lain, bagaimana jumlah kunjungan meningkat dari waktu ke waktu. Perhatikan artikel artikel pada blognya Anissa Auliasari yang saya sendiri adalah penulisnya di bawah ini, tanpa keyword, tanpa trik apa apa:
konten milik adelinasasa blog
salah satu tulisan di blog adelinasasa mencapai 88.409 pengunjung!
Walaupun memiliki lebih banyak pengunjung, namun bukan berarti adedansasa.com lantas berada diatas performa blog editblogtema. Yang mau kita tekankan disini adalah: Setiap tulisan akan dibaca pada waktunya.

MUNGKIN PEMBACA BELUM MEMBUTUHKAN TULISAN KITA

Pembaca artikel saya dibawah adalah golongan pembaca khusus, jadi memang tidak saya targetkan untuk Di baca oleh misalnya, teman teman sesama blogger he he he...
Artikel cangkang telur
Artikel cangkang telur

Saya hanya ingin memberikan pandangan lain, pada saat yang sama saya juga kecewa dengan beberapa artikel dengan pengunjung yang sangat sedikit. Padahal artikel tersebut telah saya tulis beberapa bulan yang lalu. Perhatikan lebih selusin artikel yang telah saya tulis hampir tidak mendapatkan pengunjung:
artikel miskin pengunjung
artikel miskin pengunjung
Tangkapan layar diatas telah saya ambil beberapa minggu yang lalu. Walaupun sekarang pengunjung terus meningkat, namun sangat kecil sekali malah saya berpikir pikir, jangan jangan saya sendirilah pengunjungnya.

Kesimpulan:

Saya sadar, setiap orang memiliki trik sendiri untuk menarik pengunjung. Saya mungkin hanya mengandalkan faktor "keberuntungan" akan tetapi percayalah setiap tulisan memiliki penggunanya sendiri, baik secara teknis ia telah ditingkatkan (melalui teknik SEO) ataupun tidak. Di masa algoritma Google semakin cepat berubah ubah, saya lebih fokus menulis dan membuat konten.

Tolong di share ya..

Comments

  1. gw ngeblog karna memang hobi bang, bukan berarti gw pinter nulis bukan, gw seneng punya blog dan akan gw isi dengan tulisan sesuka-suka gw, dah gitu aja si hehe :D

    ReplyDelete
  2. Membaca tulisan diatas saya jadi teringat 3 bulan yang lalu saya berharap tulisan saya bisa tembus di angka 2000. Tetapi setelah terus berusaha cuma sampai di angka 600 bahkan kurang...😄😄


    Mudah2han tahun 2020 bisa sampai 5000 atau lebih.. ( Menghayal...😂😂 Kalau udah sibuk nulis juga ogah kadang2.😂😂😂 )

    ReplyDelete
  3. Ah....aku setuju, orang akan membaca pada waktunya.
    Sebagian tulisan sharing aku ingin orang mendapatkan ilmunya jika mengandung ilmu, kalau cuma cerita bahagia berharap orang ikutan bahagia.
    Aku pasrah juga sih...nulis sih nulis saja, hahaha.
    Kaya kapan waktu, ikut lomba ikut ya ikut saja sekedar sharing pengalaman, ternyata menang ya itu bonus....

    ReplyDelete
  4. Balik lagi ke niat ngblog ya.. dly emang sempet mau dijadiin utama.. tp emang sulit sampai saat ini.. jadi buat hobi aja bang ga teelalu dipikirin

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari