December 03, 2019

BELAJAR HTML UNTUK CEWEK

Learn coding online
Learn coding online
HTML adalah bahasa dasar untuk membangun atau membuat halaman web. Wah pas banget untuk blogger yang kepingin membuat template mereka sendiri, alasannya adalah karena:
  1. HTML adalah bahasa markup standar untuk halaman web
  2. With HTML you can create your own Website.Dengan HTML kalian dapat membuat halaman website kalian sendiri. Keren bukan?
  3. HTML sangat mudah di pelajari - Kalian pasti bisa!
Contoh HTML:
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>
Judul Halaman</title>
</head>
<body>
<h1>Ini namanya Heading</h1>
<p>Ini Namanya Pragraf.</p>
</body>
</html>
Jika kalian menggunakan platform blogger buat ngeblog, maka kalian akan mengetahui bahwa blogger itu dibuat berbasis HTML atau inti dasar HTML.

Coba saja buka pengaturan blog kalian, pasti mirip deh dasarnya sama kode diatas, bedanya kode kode pada template sudah panjang banget karena sudah di tambahkan banyak atribut, dan kode kode widget tambahan. Misalnya kalian dapat mengenalinya di dalam template blogger  melalui tag tag berikut:
<html> dan ditutup dengan </html>
<head> dan ditutup dengan </head>
<body> dan ditutup dengan </body>
Saya merekomendasikan w3school untuk mempelajari HTML. Jika kalian ingin membuat templat blogger sendiri,  pelajari dan kuasai HTML terlebih dahulu sambil mempelajari CSS dan Javascript. Dan mempelajari tiga bahasa pengembangan web ini tidaklah sulit.

Betapa tidak, sintaks sintaks-nya sangat mirip dengan bahasa manusia (Inggris) yang kalian butuhkan adalah membiasakan diri membaca dan memahaminya.  Selanjutnya belajar koding tidak perlu menghafal, cukup memahami atau logika.

Pada postingan sebelumnya saya juga telah menuliskan keuntungan belajar koding secara online:

Keuntungan belajar di W3School:
  1. Belajar tanpa beaya.
  2. Belajar hanya ketika kalian merasa nyaman dan siap.
  3. Belajarnya hanya dari perangkat komputer kalian sendiri.
  4. Menyelesaikan pelajaran dalam hitungan minggu.
  5. Kelulusan (di akui) melalui Internet.
Kalau kalian melakukannya melalui kursus konvensional,  3 bahasa yakni html,  css dan javascript akan memakan beaya sampai jutaan rupiah dengan waktu berbulan bulan.

Saya sendiri berencana akan mengambil tiga serifikat bahasa web:
  1. HTML
  2. CSS
  3. Javascript
Tapi mengingat beaya sertifikatnya yang seharga diatas satu jutaan,  saya tunda dulu takut merepotkan orang tua. Sertifikat ini penting untuk mendapatkan pengakuan dan mengerjakan proyek proyek yang ditawarkan di internet nantinya. 

Kedepannya Admin blog berencana membuka kursus online versi Indonesia sederhana dan gratis melalui halaman ini... 

Born in 29 Jan 2002 in Batam. I am a student of Senior High School (SMA) Now I am living in Bandar Lampung, Love HTML, Javascript, python and C++

5 comments:

  1. Butuh mengosongkan gelas kalau belajar HTML sih....
    Hahaha, soalnya butuh ketelitian.
    Kelemahanku adalah "detail dan teliti" yang kurang sehingga sering kali typo, kelebihan atau kurang spasi. kan bikin kacau....anyway, rferensinya tetep bisa dicatet karena meki ga ahli minimal harus ngerti itu prinsipku.

    ReplyDelete
  2. Saya masih kepo nih dengan : w3school .

    Kalau Agan buka kursus online versi Indonesia. Saya dukung nih, siapa tahu saya juga bisa ikutan kursus. :)

    ReplyDelete
  3. Waduh kepingin sih bisa belajar html..keren gitu ya kl cewek bisa cooding. Tpi kadang liat huruf yg rapet dan banyak.. Mata sy jadi siwer nih..maklum dh mak"😁.btw Bandar lampungnya dimana.. Sybjg dr bandar lampung looh wk wk

    ReplyDelete