December 02, 2019

9 SITUS TEMPAT BELAJAR KODING TERBAIK

Selagi kalian masih muda, dan kalian terbiasa mengoperasikan komputer: Laptop, Desktop, iPad, Tablet dan bahkan Smart-phone, maka sesungguhnya kalian memiliki kesempatan yang sangat besar untuk tetap bisa belajar layaknya sekolah formal namun melalui jalan online!
cewek programmer
cewek programmer
Belajar Online? Mengapa tidak? Tidak ada yang salah dengan belajar online. Kalau bisnis online terbukti sukses, belanja online juga bisa, mengapa harus tertutup kesempatan belajar online? Tidak banyak alasan untuk menolaknya, sekalipun masih ada orang berpikirnya begini: Tidak afdol kalau belajar online, harus melalui guru langsung.

Itu namanya paradigma lama, saya belajar secara online, tanpa guru dan walaupun belum terlalu menguasai pelajaran koding seperti yang telah saya targetkan, namun saya telah menguasai beberapa bahasa program web tanpa keluar uang sepeserpun selain hanya waktu dan quota internet. Saran saya jangan mempersulit diri kita sendiri dengan banyak alasan untuk tidak belajar. Hari segini bisnis saja tanpa atribut online sulit sekali untuk maju.

Masuk komunitas Online

Kalian bisa mencari komunitas di media sosial atau bahkan di internet dan mendaftar menjadi anggotanya, misalnya stackoverflow, dimana para developer, programmer dan kodinger bertemu saling membahas koding dan membantu kalian. Di facebook, Twitter dan bahkan di Linkiden ada banyak grup dan halaman serupa yang dapat kita ikuti. Hal ini tentu akan berguna untuk menambah wawasan kita terhadap pengetahuan programming.

Belajar di w3school 

Situs yang satu ini memiliki banyak kelebihan untuk pelajar pemula dan para remaja yang ingin mempelajari koding dasar. Baiknya lagi sebagai blogger mata pelajaran HTML pada situs ini dapat dengan baik di terapkan misalnya untuk membuat dan mengedit template blogger.

Tampilan situsnya yang bersahaja, sederhana dan terkesan jadul malah membuat kita lebih mudah mengikuti setiap mata pelajaran yang diberikannya, di samping itu w3school menyediakan tempat berlatih menulis atau mengedit kode kode HTML, CSS, dan JavaScript pada bagian editor HTML mereka yang sederhana dan efektif. Untuk urusan kemudahan saya rasa w3school dapat saya rekomendasikan pada kalian. Belajar di situs ini gratis dan tidak perlu mendaftar.

Keuntungan belajar di W3School:
  1. Belajar tanpa beaya
  2. Belajar hanya ketika kalian merasa nyaman dan siap
  3. Belajarnya hanya dari perangkat komputer kalian sendiri
  4. Menyelesaikan pelajaran dalam hitungan minggu
  5. Kelulusan (di akui) melalui Internet
Setelah menyelesaikan satu studi bahasa program kalian akan di tawarkan sertifikat kelulusan dan hanya perlu membayar $95.00 (1.3 juta rupiah) itupun hanya jika kalian mau. Sertifikat ini akan membuat kalian di akui sebagai programmer dan berguna untuk mendapatkan proyek proyek web dan aplikasi di internet guna menghasilkan uang. Saya telah menyelasaikan beberapa mata pelajaran koding di sini namun belum ada rencana mengambil sertifikat karena keterbatasan uang, maklum masih hidup sama orang tua he he he...

Dan yang paling penting bagi kalian yang kesulitan belajar dalam bahasa Inggris, w3school memberikan pilihan kalian dengan tombol beralih bahasa, termasuk beralih ke bahasa Indonesia. Jadi kalian tetap bisa belajar koding dalam bahasa Indonesia!

Menulis kode di CodePen 

Namun kalian juga bisa bermain main di codepen, tuliskan saja "codepen" di pencarian Google maka kalian dengan mudah menemukannya lalu mendaftarlah. Setelah berhasil mendaftar kalian boleh mencoba "Pen" yakni menulis koding atau mengkopi kode kode yang telah kalian buat ke dalam kotak editor HTMLnya.

Banyak blogger memenfaatkan CodePen untuk menulis kode kode template atau widget buatan mereka disini. Misalnya mbak Arlina dan Mbak Igniel. Mereka berdua ini adalah pembuat template blogger yang telah di akui oleh dunia blogging.

Tempat belajar koding rekomendasi:
  1. Codecademy, Disini kalian di ajarkan cara menulis perintah sederhana dalam JavaScript, HTML dan CSS, Python, dan Ruby.  Rekomen banget pokoknya. Saya yakin hanya dalam beberapa bulan kalian akan memahami dasar dasar penulisan koding melalui situs yang satu ini.
  2. GirlDevelopIt. Yang urutan kedua ini favorite saya: GirlDevelopIt, sesuai dengan namanya ditujukan untuk para cewek, nonprofit (tidak mencari keuntungan finansial) coba saja baca statemen site yang satu ini:

  3. "Girl Develop It adalah organisasi nirlaba bertujuan untuk memberikan peluang yang terjangkau dan bebas penilaian bagi wanita yang tertarik mempelajari pengembangan web dan perangkat lunak. Melalui kelas pribadi dan dukungan komunitas, Girl Develop It membantu wanita dari berbagai latar belakang mencapai tujuan teknologi mereka dan membangun kepercayaan dalam karier dan kehidupan mereka sehari-hari."
  4. Udacity di Stanford University adalah salah satu dari banyak situs yang membuat kursus sekelas perguruan tinggi — termasuk Pengantar Ilmu Komputer — tersedia secara online dan GRATIS. Wah pasti keren dong kalau belajar disini, ntar ilmu kodingnya akan setara perguruan tinggi bertaraf Internasional Amerika.
  5. Code Racer. Jika belajar di perguruan tinggi tampak agak lambat, pertimbangkan Code Racer, "permainan koding langsung dengan multi-pemain." Disini pemula dapat belajar membangun situs web menggunakan HTML dan CSS, sementara yang lebih berpengalaman dapat menguji kemampuan mereka dalam koding perangkat lunak. Wah ini cocok buat para blogger juga ya...
  6. Computer Clubhouse, yang didirikan oleh Resnick, di persembahkan untuk "membantu kaum muda dari masyarakat berpenghasilan rendah untuk belajar mengekspresikan diri mereka secara kreatif dengan teknologi baru," seperti yang dia jelaskan.  Menurut perkiraan Clubhouse, lebih dari 25.000 anak bekerja dengan mentor melalui program ini setiap tahun. 25 ribu??? Mengapa bukan kalian saja diantaranya?
  7. CoderDojo. Melalui sesi yang dipimpin oleh sukarelawan CoderDojo, kaum muda dapat belajar kode, melakukan tur perusahaan teknologi dan mendengar pembicara tamu.  (Tahu cara membuat kode? Kalian dapat mengatur CoderDojo Kalian sendiri!)
  8. Code School menawarkan kursus online dalam berbagai bahasa pemrograman, desain, dan alat web.
  9. Girls Who Code, yang ditujukan khusus untuk anak anak perempuan berusia 13 hingga 17 tahun, memasangkan instruksi dan bimbingan untuk “mendidik, menginspirasi, dan memperlengkapi” para siswa untuk mengejar impian rekayasa dan teknologi mereka.  “Hari ini, hanya 3,6% dari perusahaan Fortune 500 yang dipimpin oleh para wanita, dan kurang dari 10% perusahaan yang didukung modal ventura memiliki pendiri wanita.  Namun wanita menggunakan internet 17% lebih banyak daripada pria, ”catat situs web tersebut. Wah lagi lagi programmer untuk cewek ya...
  10. Black Girls Code. Melalui lokakarya untuk cewek cewek muda kulit berwarna, Black Girls Code bertujuan untuk membantu mengatasi "kelangkaan wanita Afrika-Amerika dalam sains, teknologi, teknik dan profesi matematika," pendirinya adalah Kimberly Bryant telah menulis, dan telah membangun "generasi baru pembuat kode, pembuat kode yang  akan menjadi pembangun inovasi teknologi dan masa depan mereka sendiri. " Lagi lagi ini memberikan kesempatan buat kalian yang cewek jadi programmer handal di muka bumi ini.
Sebagai catatan bagi kalian yang benar benar ingin belajar programmer atau ilmu koding, kebanyakan tempat tempat sekolah dan kursus kursus online telah menawarkan mata pelajaran HTML, CSS dan JavaScript secara gratis. 

Contohnya situs W3School. Jika kalian harus belajar di tempat kursus kalian harus mengeluarkan beaya hingga beberapa ratus ribu rupiah, namun melalui kursus kursus atau sekolah online yang telah banyak tersedia oleh badan badan non-profit Internasional, kesempatan itu dapat kalian dapatkan dengan mudah. Tentu saja kebanyakan situs situs ini masih dalam bahasa Inggris, namun w3school menyediakan opsi beralih dari bahasa yang satu ke bahasa yang lain termasuk bahasa Indonesia.

I am a student of Senior High School (SMA) I am living in Bandar Lampung, Selalu tertarik dengan HTML, sedang belajar Javascript, python dan C++

6 comments:

  1. kalo saya otodidak,,, kadang blog sendiri jadi sasaran hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaupun belajar otodidak, hasilnya akan sama atau melebihi pendidikan di bangku sekolah formal.

      Namun belajar otodidak bukan berarti kita belajar dengan cara suka suka kita tanpa disiplin, tanpa komitmen dan tujuan. Matode belajar otodidak hanya dapat diakui jika :

      1. Disiplin, menyediakan waktu belajar paling tidak 1.5 jam setiap harinya. Tidak melanggar disiplin tersebut
      2. Konsisten. Belajar dari dasar dan hingga selesai.
      3. Memiliki tujuan. Setelah mata pelajaran koding (programming) di kuasai harus tahu target yang akan di capai.
      4. Menjadi anggota komunitas programmer dan mulai ikut mengerjakan projek projek kecil yang di tawarkan di internet baik yang berbaasi HTML maupun pengkodean aplikasi.
      Itu artinya harus rela tidak tidur hingga larut malam.

      Semangat terus, Mas!

      Delete
    2. Nah, ini....lupa aku tulis selain ketelitian aku ini ga sabaran.
      pernah otak atik blog, udah 3jam berajaln karena sedikit kesalahan harus cek satu persatu...kan butuh waktu lebih lama.
      Akhirnya aku nyerah.....udahlah, gitu2 aja biarin....hahahaha.
      Udah ga sabar dan ga bisa begadang kaya dulu.

      Delete
  2. Aseekk, noted.
    Saved deh referensinya.
    Karena emang kita harus faham.

    ReplyDelete
  3. Kalo kode2 sederhana sering ke w3school. Lumayan bisa praktek dan liat hasilnya langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mereka menyediakan halaman editor HTML buat latihan. Namun karena basis mereka HTML sangat kompatibel jika di terapkan ke blogger

      Delete