Skip to main content

7 bahasa pemrograman jadul yang sakti

example of old programming languages - editblogtema
example of old programming languages
Bahasa bahasa program komputer juga mengalami masa masa pasang surut, bahkan tidak sedikit bahasa programming yang dulunya begitu populer akhirnya mati dan menghilang. Beberapa bahasa program lain yang sedang di kembangkan bahkan layu sebelum berkembang. Ada juga yang terus bertahan dan menjadi semakin populer.

Di luar bahasa program yang telah ada pada masa ini dan begitu populer, inilah 7 bahasa programming jadul, namun pada masanya adalah merupakan bahasa programming yang sangat sulit di pelajari karena rumitnya dan juga karena keterbatasan perangkat teknologi mesin atau perangkat keras dalam membaca bahasa dan instruksi dari bahasa pemrograman pada masa itu.

1. COBOL
Kalau tidak membaca, saya bahkan tidak tahu bahwa bahasa yang satu ini pernah ada. maklum saya lahir di zaman di mana dominasi bahasa bahasa programming seperti Java, HTML, Python, web Assembly telah merajai pelajaran coding dan atau bahasa pemrograman.
bahasa cobol
cobol
Padahal Cobol sebenarnya adalah sebuah bahasa pemrograman yang sangat legendaris dan ia telah menginsipirasi dan bahkan telah meninggalkan DNA-nya kepada bahasa bahasa pemrograman masa kini.

Ia  di ciptakan pada tahun 1959 oleh salah satu ilmuwan komputer perintis Grace Hopper. Pria ini juga lho yang ternyata telah mencipatakan dan mempopulerkan istilah "bug" atau celah atau lubang keamanan pada suatu penulisan pemrograman komputer. Istilah yang menjadi bahasa sehari hari programmer dan bahkan orang awam pada masa sekarang.

Sampai sekarang Cobol masih di ajarkan dalam bentuk mata pelajaran referensi pemrograman di sekolah komputer. Tapi tahukah kalian, tahun 2000 yang silam organisasi keuangan merekrut ulang para Programmer veteran yang telah tua demi menggali sumber kode lama Cobol dan memperbaiki masalah yang sedang mereka hadapi. Dan tahun 2017-2018 yang lalu Computer world melaporkan bahwa Programmer muda, yang mengerti COBOL, mendapatkan tawaran gaji yang sangat fantastis!

Menariknya lagi bahasa Cobol juga di gunakan oleh dinas pertahanan militer Amerika dan memiliki sintaks mirip bahasa Inggris sehingga mudah sekali di pelajari dan di mengerti. Namun berbeda dengan bahasa bahasa pemrograman yang lebih modern seperti y=x, Cobol menggunakan lebih banyak kata (lebih 300 kata) seperti:
"Move X to Y"

2. ALGOL
Kependekan dari Algorithma Language. Di ciptakan pada tahun 1958, adalah keluarga bahasa pemrograman komputer yang sangat penting, awalnya dikembangkan pada pertengahan 1950-an, yang sangat berpengaruh terhadap banyak bahasa pemrograman lain dan merupakan metode standar untuk deskripsi algoritma yang digunakan oleh Association for Computing Machinery (ACM) dalam buku teks dan telah menjadi sumber akademis selama lebih dari tiga puluh tahun.
bahasa algol
Algol
Dalam arti bahwa sintaks sintaks dari sebagian besar bahasa modern adalah sangat mirip satu sama lain "seperti-Algol",  bisa dibilang Algol yang paling berpengaruh dari empat bahasa pemrograman tingkat tinggi lain yang pernah ada jika di bandingkan dengan: FORTRAN, Lisp, dan COBOL.

Ia juga dirancang untuk menghindari beberapa masalah yang dirasakan dengan FORTRAN dan akhirnya memunculkan banyak bahasa pemrograman lain, termasuk PL / I, Simula, BCPL, B, Pascal, dan C.

Jadi jika kalian ingin belajar bahasa pemrograman lama yang mengedapankan Algoritma, Algol adalah sumbernya. Pelajar plajar IT zaman dulu dengan bangga mempelajari bahasa pemrograman ini. Kelas kelas menjadi sepi pada saat pembahasan algoritma oleh Professor mereka.

Dan yang mengejutkan Algol ini adalah sumber DNA bahasa bahasa pemrogramman modern di masa kini, jika kalian pernah mempelajarinya akan terlihat DNA DNA tersebut pada bahasa bahasa pemrograman modern yang sedang kalian pelajari dan sedang kalian pergunakan.

3. Pascal
Di beri nama seperti nama ilmuwan matimatikan Blaise Pascal, bahasa pemrograman yang satu ini di temukan pada tahun 1968. Pascal terlihat lebih modern daripada pendahulunya dan segera menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer pada masa itu dan juga pada tahun tahun selanjutnya.

bahasa pascal
Pascal
Apalagi Pascal di pergunakan untuk pengembangan komputer Apple, dan Pascal sendiri adalah turunan bahasa Algol dan memiliki versi yang paling luas di pergunakan yakni Turbo Pascal yang di ciptakan pada tahun 1983 dan masih di pergunakan sampai saat sekarang untuk pembelajaran pemrograman berorientasi objek.

Penulisan bahasa Pascal mirip sekali dengan cara penulisan bahasa pemrograman modern pada umumnya.

4. PL/I
Kependekan dari "Programming Language One".
bahasa PLI
PL/I
Tidak bisa mengabaikan bahasa yang satu ini walau telah jadul. Ia di ciptakan oleh sekelompok ahli di bawah arahan perusahaan raksasa komputer IBM pada tahun 1964 tetapi baru dirilis pada tahun 1969. Bahasa ini kemudian menjadi sangat populer pada awal tahun  1970. Bahasa ini juga memiliki sintaks mirip bahasa Inggris.

Bahasa yang di tujukan untuk mengganti bahasa COBOL, FORTRAN dan bahasa bahasa pemrograman lainnya pada masa itu. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk mainframe IBM System  360, yang berfungsi untuk banyak keperluan seperti pembukuan hingga astrofisika. Lebih banyak di pergunakan oleh negara negara  Uni Soviet ketimbang negara negara barat. 

Namun karena menggunakan dan memakan begitu banyak sumber daya bahasa PL/I tidak lagi di pergunakan pada masa sekarang walaupun telah di perbaharui setahun yang lalu.

5. Fortran
bahasa Fortran
Fortran
Bahasa yang satu ini relatif sangat rumit dan sulit di pelajari karena di tujukan untuk komputasi imliah di kalangan ahli dan masih di pergunakan sampai masa kini. Sintaks sintaksnya adalah kode kode rumit yang harus benar benar di fahami, jika kalian ingin mempelajari bahasa yang satu ini kalian juga di sarankan untuk menguasai matimatika kalkulus terlebih dahulu.

Fortran di rilis pada saat penerbangan satelit pertama ke luar angkasa bumi.

6. LISP
Singkatan dari "List Processing" Di buat pada tahun 1958.
Bahasa LISP
LISP
Bahasa yang satu ini menurut saya terbilang bahasa yang memiliki kans masa hidup panjang. Bahasa ini adalah cikal bakal bahasa prmrograman berorientasi ke A.I. (Artificial Inteligent) atau di gunakan untuk membuat kecerdasan buatan.

Sebagai gambaran: Semua kode program ditulis sebagai ekspresi-s, atau daftar dalam tanda kurung. Pemanggil fungsi atau bentuk sintaksis ditulis sebagai daftar dengan fungsi atau nama operator terlebih dahulu, dan argumen berikut; misalnya, fungsi f yang mengambil tiga argumen akan disebut sebagai (f arg1 arg2 arg3).
Kalian pernah nonton filen A.I.? Nah robot robot itu menjadi pintar dan bisa berfikir, memiliki kesadaran yang kognitif dan memiliki keputusan bertindak mereka sendiri di luar kendali manusia karena mereka memiliki kecerdasa A.I. karena mereka di buat dengan bahasa pemrograman beroreintasi A.i. Bahkan para ilmuwan memiliki ketertarikan sekaligus kecemasan terkait A.I. ini. Sebagian mereka mengatakan A.I. berpotensi mengancam keberadaan manusia pada saat merka kelak telah melebihi kita kecerdasannya.

Jika kalian berminat menjadi ilmuwan A.I. bahasa pemrograman ini rasanya masih wajib dipelajari.

7. APL
Yang terakhir adalah APL atau singkatan dari "A Programming Language" ini di tujukan untuk matematika terapan dan sangat populer di tahun  1960.
Bahasa APL
APL
Bahasa ini sederhana dan sangat jelas penulisannya. Penulisnya adalah Ken Iverson, dan dia menerima Turing Award untuk bahasa pemrograman ini.

Tetapi APL memiliki beberapa kelemahan, diantaranya penggunaan huruf Yunani  dan simbol yang tidak jelas,akibatnya programmer harus menggunakan keyboard khusus. Juga dibaca dari kanan ke kiri, seperti bahasa Arab dan bahasa Ibrani (Yahudi).

7 bahasa pemrograman jadul ini pernah ada. Mungkin mereka di buat jauh sebelum kita di lahirkan, tetapi mereka semua begitu mengagumkan, pintar dan cerdas. Dan harus di ingat tidak akan ada masa sekarang tanpa masa lalu...

www.editblogtema.net

Comments

  1. Sekalian saya tiap ke sini jadi belajar ilmu2 pemrograman nih mas, lumayan biar ngasah otak supaya nggak tumpul, walaupun lumayan rumit juga yach buat sy yang ga ada basic ilmu dasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, mbak. Saya senang jika artikel saya bermanfaat. Insyaalah tahun depan saya kuliah bagian pemrograman :)

      Delete
  2. Bahasa pemrograman ini benar-benar jadul, aku sih bayanginnya ya bahasa yang pertama dikenal seluruh umat itu sejenis HTML yang semakin dikembangkan.
    Eh, ternyata ada nama-nama bahasa pemrograman yang asing dan aneh. Terus juga ada bahasa Fortran yang mengharuskan seseorang yang ingin menguasai harus belajar matematika dulu, khususnya kalkulus.

    Aku belajar HTML dan sejenisnya aja sudah kesulitan, apalagi bahasa-bahasa lama yang pastinya jauh lebih jadul.

    Tapi, keren hasil penelitiannya Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemrograman tidak selalu harus belajar matimatika jika hanya misalkan berakhir menjadi seorang developer software dan terjun ke bisnis. Tapi wajib jika ingin berlanjut ke sains komputer. Baca artikel saya yang terbaru mbak einid :)

      Delete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya untuk memudahkan kami menganalisa dan troubleshooting agar kami dapat membantu atau membantu memecahkan masalah seputar kode kode HTML, CSS dan JS template blog kalian

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar.

Bagaimanapun pertanyaan, kritik, saran dan masukan dari kalianlah yang membuat blog ini tetap bertahan dan ada.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

Popular Posts

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah karena terdapat problem yang muncul setelah template di buat dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal sudah di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki.

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tesebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list tadi hanya menampilkan tulisa…

BENANG MERAH CINTA SANG PENCIPTA

Andy Weir menulis sebuah cerpen pada tahun 2009, cerpen yang sangat menarik, indah sekaligus menakutkan jika dia bercerita perihal ide realitas hidup kita, semacam multiverse dalam fiksi sains dan fisika.
Aku adalah Tuhan dan Kamu sedang dalam perjalanan pulang ke rumah ketika kamu meninggal... Sebuah kecelakaan mobil, sebenarnya bukan peristiwa luarbiasa tetapi kematian tidak pernah memberikanmu pilihan. Kamu meninggalkan seorang isteri dan dua orang anak. Kematianmu itu tidak terlalu menyakitkan, paramedis telah berusaha menyelamatkan hidupmu, tetapi tidak ada harapan, tubuhmu telah hancur, dan itu lebih baik, percayalah kepadaku....
Dan disana, kamu akhirnya bertemu dengan Aku.

"Apa yang terjadi? " kamu bertanya. " Dimanakah aku kini ? " 
"Kamu sudah meninggal," Jawabku dengan suara datar. Bukan seperti nada yang menarik seperti yang kamu harapkan. 
"Apakah tadi aku ditabrak truk?...Sebuah tanjakan.." 
"Benar" Jawabku 
"Aku....…

Kisah UAS Dan Mellya Juniarti: Tidak ada yang abadi.

Sudah lama saya tidak menulis di halaman blog ini, karena lebih banyak terfokus pada pekerjaan sehari hari. Sampai akhirnya saya tergelitik untuk ikutan menulis tentang UAS, setelah membaca berita yang bertebaran di internet.
Menulis menurut sudut pandang saya sendiri. Atau lebih spesifiknya sebagai seorang blogger.

Fakta 1. Ustad Abdul Somad - Mellya Juniarti Resmi bercerai.
Peristiwa ini menarik perhatian saya apalagi tentang hubungan dua insan yang pernah bertekad memilih hidup bersama selamanya. Siapa sih yang ingin berpisah? Gambar di atas sudah bertebaran di internet, di medsos dan tidak akan dapat di hapus lagi dari dunia maya karena jalin menjalin sangat kuat di dalam library di dunia website.

Saya tahu itu karena saya peminat web dan mengerti segala impikasinya terhadap kehidupan dan privasi manusia pada saat ini. Dunia sekarang telah hampir kepada dimana dinding, lantai dan langit dapat mendengarkan setiap perkataan dan bahkan helaan nafas kita.

Ya, photo itu telah di postin…

PANDUAN LENGKAP MENGEDIT TEMPLATE EMPORIO

Untuk template blogger default versi 3 Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lain lain. Tidak perduli sobat memakai template premium berbeli atau hanya sekedar memakai template yang telah tersedia secara defau…

ALASAN MENGAPA MENGGANTI SISTEM ANDROID KE SISTEM OPERASI BARU NYARIS MUSTAHIL AKAN SUKSES

Huawei jelas sedang mencoba dan itu pasti akan ada harganya: Akan hadir sebuah sistem baru yang akan membuat kita panasaran seperti apa bentuk dan performanya jika dibanding dengan Android yang selama ini telah memberikannya "nyawa" untuk hidup dan menjadi sebesar sekarang.
Karena kita tahu sehebat apapun sebuah mesin gagdet tiada akan ada artinya tanpa sistem operasi, software dan aplikasi, maka suatu gadget  itu ibarat raga tanpa nyawa. Dilatari nasibnya yang ter"aniaya" oleh Trump (baca:Amerika)  tentu sangat menarik untuk mengikuti perkembangan nasib dari Huawei. Akankah Huawei tetap menjadi besar setelah menggunakan sistem operasinya sendiri?

Baca juga:
Siapa pemenang, siapa pacundang Amerika atau Cina? bagian pertamaSiapa pemenang, siapa pacundang Amerika atau Cina? bagian Kedua Oke mari kita simak penjelasan yang saya simpulkan dari pendapat para ahli mengapa hal itu sulit menjadi kenyataan:
1. Terlihat sederhana Platform mobile beserta ekosistemnya itu sanga…
Copyright © editblogtema. All rights reserved.