Skip to main content

40 prediksi masa depan yang paling mendekati kebenaran di tahun 2019

Telah beredar WA dari salah seorang menteri (Menteri Perindustrian) yang belum diketahui kebenarannya, karena waktu saya cari di Google tidak ketemu tulisan yang serupa dan bagaimana pesan seperti ini telah beredar di WA belum di ketahui asal usulnya. 
40 prediksi terkait teknologi di masa depan
40 prediksi terkait teknologi di masa depan
Harus di akui, teknologi pasti akan merubah cara hidup manusia, sekaligus cara kita memandang alam semesta secara keseluruhan di masa depan. Terlepas dari semua itu pesan ini terlihat keren alias COOL :D. 

*WA dari _Ignasius Jonan_*
Selamat Datang Di Masa Depan
(tidak ada salahnya mencerna Nadiem)

Ada beberapa hal yang paling sering mengganggu generasi tua jika bicara soal kemajuan:
  1. Lapangan pekerjaan akan di ambil alih oleh teknologi, bagaimana dong kelak anak cucuku bekerja?
  2. Teknologi akan merubah cara pandang lama, dimana kelak cara hidup generasi masa depan lebih terbuka, melanggar tabu lama. Dan akan memiliki cara pandang dan nilai baru terhadap dunia.
  3. Teknologi akan menghancurkan kemapanan selama ini.
  4. Dll
Saya jelaskan satu persatu:
  1. Poin satu, tidak ada yang perlu di kuatirkan dengan kemajuan teknologi, dia mungkin akan melenyapkan pekerjaan bengkel mobil, motor. Tapi dia menghasilkan mobil atau kenderaan autnonom yang membutuhkan tenaga tenaga ahli yang belum ada sebelumya, terbuka peluang dari bisnis komponen, jasa peningkatan software hingga hardwarenya. Contoh lain: Aplikasi Gojek memang efektif membunuh dan merampas pekerjaan para tukang ojek tradisonal, tapi lihatlah betapa menurut data, justeru :tukang ojek" bertambah dua kali lipat daripada sebelumnya. Teori eksponensial yang menjelaskan: Bahwa teknologi mengurangi risiko tapi membuka lapangan pekerjaan baru yang lebih luas dan tidak terbatas. Yang hilang itu adalah pekerjaan lama dan jadul, yang datang kemudian adalah pekerjaan baru dan modern. Kamera dengan kertas filem memang telah runtuh dan berhasil "membunuh" puluhan ribu tenaga kerja. Tapi lihatlah setelah itu, kamera digital muncul dan terpasang di ponsel ponsel pintar, pabrikan ponsel tumbuh dimana mana membuka peluang pekerjaan "elektronik" dan menampung berjuta juta tenaga kerja. Jadi kekuatiran diatas hanya bersifat temporal.
  2. Poin kedua, Teknologi akan merobah cara pandang dan gaya hidup generasi yang akan datang. Yang berfikir demikian pasti para orang tua, termasuk saya juga. Tetapi ingatlah, orang orang tua kita sebelumnya juga menghawatirkan nasib kita, kakek nenek dulu juga menghawatirkan orang tua kita, namun hidup harus berjalan terus, zaman modern tidak akan ada status quo lagi. DAn sekarang baik baik saja. Jika kita berkata generasi sekarang begini dan begitu, sebenarnya tidak ada perbedaan dengan zaman dulu, hanya saja tidak terekspos seperti sekarang. Semua generasi hidup pada zaman mereka sendiri. Mereka tidak bisa "dipenjarakan" di zaman kita yang telah semakin menua. Tidak ada yang bisa kita lakukan apabila menyangkut perubahan zaman. Mereka akan hidup di zaman mereka sendiri, kita wajib membekali mereka dengan beberapa pengajaran dan nilai yang luhur.
  3. Poin ketiga, seperti kata Einstein: Tidak ada yang abadi, kecuali perubahan itu sendiri. Jadi jika teknologi merampas masa lalu itu adalah hal yang tidak bisa dihindarkan. Dulu ada pekerjaan pekerjaan yang pada masa sekarang telah hilang, dan kelak akan banyak pekerjaan masa kini yang akan hilang. Sekarang anda bangga memiliki mobil, kelak memiliki mobil hanya merepotkan saja. 
  4. Beberapa hal penting lain adalah, kemajuan telah membuat dunia menjadi begitu sempitnya. Ada masa suatu hari manusia berekspansi hingga keluar angkasa untuk mengeksplorasi pulau pulau di alam semesta. Maka kemajuan teknologi adalah sebuah keniscayaan. Apapun harganya. Dan teori ekponensial mengatakan kemajuan itu bertambah cepat dan cepat....tidak mungkin lagi dapat dihindari.

Inilah dia 40 prediksi yang menarik :


01. Bengkel perbaikan kendaraan akan hilang.
02. Mesin yang menggunakan bensin memiliki 20.000 bagian. Motor yang menggunakan listrik hanya memiliki 20 bagian.
Mobil listrik dijual dengan garansi seumur hidup dan hanya diperbaiki oleh dealer. Hanya perlu waktu 10 menit untuk mencopot dan mengganti motor yang menggunakan listrik.
03. Motor listrik tidak diperbaiki di dealer tetapi akan dikirim ke bengkel perbaikan regional yang akan memperbaikinya menggunakan robot.
04. Motor listrik anda yang gagal fungsi akan ditunjukkan oleh lampu yang menyala, lalu anda akan pergi ke tempat yang menyerupai mesin cuci mobil, dan mobil anda akan ditarik sementara anda ngopi dan motor mobil anda akan diganti dengan yang baru.
05. SPBU atau pompa bensin akan hilang.
06. Meter parkir akan digantikan oleh meter dispenser listrik.
Banyak perusahaan akan memasang stasiun isi ulang listrik; sebenarnya hal itu sudah dimulai.
07. Kebanyakan pabrik kendaraan (yang cerdas) telah mengalokasikan uangnya untuk mulai membangun pabrik yang hanya membuat mobil listrik.
08. Industri batu bara akan hilang.
Perusahaan minyak dan gas akan hilang. Pengeboran minyak akan hilang. Ucapkan selamat tinggal kepada OPEC.
09. Rumah runah akan menghasilkan dan menyimpan energi listrik pada siang hari dan akan menggunakan serta menjualnya listriknya ke grid.
Grid akan menyimpan dan menyalurkannya ke industri yang banyak menggunakan listrik. Apakah anda sudah melihat atap Tesla?
10. Bayi sekarang hanya akan melihat mobil pribadi di musium. Masa depan mendekati kita lebih cepat daripada yang bisa kita tangani.
11. Pada tahun 1998 Kodak memiliki 170.000 pegawai dan menjual 85% foto kertas di seluruh dunia.
Hanya dalam beberapa tahun model bisnis mereka hilang dan mereka bangkrut. Siapa yang mengira itu akan terjadi?*
12. Apa yang terjadi pada Kodak dan Polaroid akan terjadi di kebanyakan industri dalam 5-10 tahun yang akan datang... dan kebanyakan orang tidak melihat itu akan terjadi.
13. Apakah pada tahun 1998 anda mengira bahwa 3 tahun setelahnya anda tidak akan pernah lagi mem-foto menggunakan film?. Dengan telepon cerdas sekarang, siapa yang masih memiliki kamera dengan film?.
14. Kamera digital ditemukan tahun 1975. Barang pertama hanya memiliki 10.000 piksel, tetapi mengikuti hukum Moore.
Dengan perkembangan teknologi yang eksponensial, barang yang semula mengecewakan menjadi super dan menjadi mainstream hanya dalam waktu yang singkat.
15. Hal itu terjadi lagi (tapi jauh lebih cepat) dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), kesehatan, kendaraan listrik, pendidikan, pencetakan 3D, agrikultur dan lapangan pekerjaan.
16. Lupakan buku 'Kejutan Masa Depan', ucapkan selamat datang kepada Revolusi Industri keempat.
17. Software telah dan akan terus mengacaukan banyak industri tradisional dalam 5-10 tahun mendatang.
18. Uber (seperti halnya Gojek di Indonesia) hanya piranti software, mereka tidak memiliki mobil, tapi sekarang mereka adalah perusahaan taksi terbesar di dunia! Tanyakan pada supir taksi apakah dulu mengira hal itu akan terjadi.
19. Airbnb sekarang adalah perusahaan hotel terbesar di dunia, walaupun mereka tidak memiliki properti apapun.
Tanyakan pada hotel Hilton apakah dulu mereka mengira hal itu akan terjadi.
20. Artificial Intelligence: komputer akan menjadi lebih baik secara eksponensial dalam hal memahami dunia.
Tahun ini, komputer mengalahkan pemain game terbaik kdi dunia, 10 tahun lebih cepat daripada yang diharapkan.
21. *Di USA, pengacara muda sudah tidak memiliki pekerjaan*.
Berkat Watson IBM, anda bisa memperoleh nasehat hukum dalam hitungan detik (saat ini untuk hal-hal dasar), dengan akurasi 90% dibandingkan 70% akurasi yang dilakukan manusia.
Jadi jika anda belajar hukum, berhentilah segera. Kebutuhan pengacara akan berkurang 90%, hanya spesialis serba tahu yang masih akan tetap bertahan.
22. Watson telah membantu perawat dalam mendiagnosa kanker, 4 kali lebih akurat dibandingkan perawat manusia.
23. Facebook sekarang memiliki software pengenal pola yang dapat mengenali wajah jauh lebih baik daripada manusia. Pada tahun 2030 komputer akan lebih cerdas daripada manusia.
24. Kendaraan otomotif: Pada tahun 2018 mobil tanpa supir pertama sudah muncul.
25. Dalam waktu 2 tahun ke depan seluruh industri akan dikacaukan.
Anda tidak akan ingin memiliki mobil lagi karena anda akan memanggil mobil dengan telepon anda, mobil itu akan muncul di lokasi anda, dan mengantarkan anda ke tempat tujuan anda.
Tidak perlu bingung memarkir mobil itu, anda hanya akan membayar jarak tempuh dan anda dapat tetap produktif selama berkendara. Anak-anak jaman sekarang tak pernah punya sim dan tak pernah memiliki mobil.
26. Hal itu akan mengubah kota-kota kita, karena kita hanya perlu mobil 90-95% lebih sedikit. Kita dapat mengubah lahan2 parkir menjadi taman-taman kota.
27. Sekitar 1,2 juta orang meninggal karena kecelakaan tiap tahun, termasuk yang disebabkan mengendarai sambil mabuk.
Sekarang kita memiliki satu kecelakaan tiap 60.000 mil; dengan kendaraan tanpa supir angka itu akan turun menjadi 1 kecelakaan tiap 6 juta mil. Ini akan menyelamatkan jutaan nyawa tiap tahunnya.
28. Kebanyakan perusahaan mobil tak diragukan lagi akan menjadi bangkrut.
Perusahaan mobil tradisional hanya mencoba pendekatan evolusioner dan hanya berusaha membuat mobil yang lebih baik, sementara perusahaan teknologi (Tesla, Apple, Google) melakukan pendekatan revolusioner dan membangun komputer di atas roda.
29. Lihat apa yang dilakukan Volvo sekarang; tidak ada lagi mesin pembakaran internal di kendaraan mereka mulai tahun ini untuk model 2019, semua menggunakan listrik atau hybrid, dengan maksud nantinya akan melenyapkan pula model2 hybrid.
28. Banyak ahli-ahli teknik di Volkswagen dan Audi takut terhadap Tesla, dan memang seharusnya begitu.
Lihat semua perusahaan yang menawarkan mobil listrik. Beberapa tahun lalu keberadaan mereka tidak bisa dirasakan.
29. Perusahaan asuransi akan mengalami kesulitan masif; tanpa kecelakaan, biaya akan menjadi lebih murah. Model bisnis asuransi mobil akan hilang.
30. Real estate akan berubah. Jika orang bisa bekerja pulang-pergi, mereka akan tinggal di tempat yang jauh untuk hidup di lingkungan yang lebih terjangkau dan lebih menyenangkan.
31. Mobil listrik akan menjadi mainstream pada tahun 2030 an. Kota menjadi tidak berisik karena semua mobil baru akan menggunakan listrik.
32. Kota juga akan memiliki udara yang lebih bersih.
33. Listrik akan menjadi sangat murah dan bersih.
34. Produksi listrik tenaga surya telah mengalami kurva pengembangan eksponensial selama 30 tahun, tetapi sekarang anda dapat melihat dampak perkembangan tersebut.
Dan sekarang perkembangan itu sedang dipacu lebih kencang lagi.
35. Perusahaan energi fosil sedang berusaha mati2an membatasi akses ke grid untuk mencegah munculnya pesaing yang muncul dari instalasi listrik tenaga surya di rumah-rumah, tetapi upaya itu tidak akan bisa berlanjut - teknologi tidak akan bisa dibendung.
36. Kesehatan: Harga Tricorder X akan diumumkan tahun ini.
37. TV dan Koran akan mati dengan sendirinya, siapa yang sekarang baca koran atau siapa yg sekarang melihat TV sebagian kecik orang-orang tua diatas 50 tahun. Millenial beralih ke Youtube dan sejenisnya lebih cepat.
38. Layanan Perbankan dan Ticketing sudah swa Mandiri tidak perlu Customer Service atau Teller, akan ada jutaaan profesi pekerjaan yang hilang 10-20 tahun kedepan. Sudah siapkah kita?
39. Layanan Kesehatan. Banyak perusahaan akan membuat perangkat medikal (yang disebut 'Tricorder' dalam film Star Trek) yang bekerja dengan telepon anda, yang akan memindai retina anda, sampel darah anda, dan napas anda.
Lalu dia akan menganalisa 54 bio-marker yang akan meng identifikasi hampir semua jenis penyakit. Saat ini sudah terdapat lusinan aplikasi telepon untuk tujuan kesehatan.
40. Sarjana Bahasa. Bayangkan ini bukan hal yang main main, mesin A.I. akan memiliki kecerdasan berlipat lipat kali manusia ketika ia bertindak sebagai juru bahasa, penulis karya sastra, mengalih bahasakan buku buku digital secara online.

tangkapan layar WA
tangkapan layar WA
Belajar bahasa mungkin tetap memiliki nilai positif bagi kesehatan syaraf oral manusia. Tapi untuk sasaran kemampuan profesi dan juga bisnis di masa depan manusia tidak lagi dapat dibandingkan dengan mesin (A.I.). Mereka lebih akurat dan cepat, lebih banyak menguasai bahasa asing ketimbang kemampuan kita.

A. I.
Jadi ucapkan selamat datang di  Masa Depan, dan selamat tinggal Masa Lalu....
Namun jangan terlalu di anggap serius karena waktu itu berjalan melingkar: Dari masa lalu ke masa kini lalu ke masa depan. Seberapa besar-pun keinginan kita untuk kembali ke masa lalu, dan pergi ke masa depan, tidak lain masa kini tetaplah yang terindah!


www.editblogtema.net

Mungkin Anda Suka:

Comments

  1. Pernah juga liat film fiksi yang memindahkan kesadaran manusia kedalam robot, dan bisa dibayangkan kalau itu bisa terjadi, mungkin manusia bisa hidup abadi haha, tapi sayangnya gak mungkin.

    ReplyDelete
  2. Technology akan membuat kerja manusia lebih sedikit.
    Maka yang akan bertahan adalah..........
    jadi, dari sini kita sudah bisa prediksi untuk pendidikan anak-anak kita arahnya kemana. Karena kelak banyak profesi sudah diganti robot dan atau AI.


    Suka takjub dengan film-film science-fiction akan tetapi film yang tayang 10tahun lalu skrg sudah menjadi kenyataan, bukan lagi fiksi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lapangan kerja tidak akan berkurang hanya berganti ke level lebih mudah. Misalnya dibutuhkan para engineer, kreator entertain. Masa industri 4.0 adalah masa terbukanya lapangan pekerjaan yang sangat cocok untuk generasi sesudah milenial, yakni Gen Z.

      Tidak ada yang berubah dengan jumlah lapangan pekerjaan hanya bertransformasi saja. Mobil otomatis memang bakal membuat bengkel konvesional jadi tidak berguna, tapi akan membutuhkan tenaga trampil autonom. Jurubahasa digital memang membunuh para jurubahasa manusia. Tetapi di butuhkan para penulis kode kode A.I.

      Contoh kamera runtuhnya era kamera filem memang di sertai dengan PHK puluhan ribu pekerja. Tapi jangan lupa kamera digital yang muncul membuka dua kali atau tiga kali lipat lowongan pekerjaan akibat produsen dan pagrikan hape tumbuh di seluruh dunia.

      Kemajuan ekponsial justeru membuka lapangan kerja berlipat lipat.

      Contoh ojek tradisional hanya terbatas. Setelah aplikasi gojek muncul pengojek justeru berlipat lipat ganda jumlahnya jika dibanding dulu kala. Mengapa? karena faktor informasi yang telah merata, terarah dan sistematis

      Delete
  3. wah ngomongin soal prediksi masa depan, mungkin nih bro, mungkin saat semua itu terjadi, kita sudah tidak ada di dunia ini :D

    ReplyDelete
  4. Pengacara akan berubah jadi konsultan hukum onlain berarti ya
    Padahal saat ini profesi tersebut dari segi honor (kalau lihat yang ada di tipi2), lumayan banyak ya..
    Saya tertarik tu yang energi yang dikumpulin di siang hari

    Lalu yang masalah foto pake film bener juga sih, kebayang dulu banyak studio foto yang nunggu fotonya jadi aja kudu nunggu beberapa hari
    Sekarang udah tergantikan pakai smartphone

    ReplyDelete
  5. Terlebih dari semuanya itu... adalah bagaimana cara kita menyikapi perkembangan teknologi tersebut :).

    ReplyDelete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya untuk memudahkan kami menganalisa dan troubleshooting agar kami dapat membantu atau membantu memecahkan masalah seputar kode kode HTML, CSS dan JS template blog kalian

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar.

Bagaimanapun pertanyaan, kritik, saran dan masukan dari kalianlah yang membuat blog ini tetap bertahan dan ada.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

Popular Posts

ANDA PANASARAN, APAKAH IMUWAN PERCAYA KEPADA TUHAN?

Pertanyaan yang paling menggelitik para penganut agama perihal apakah ilmuwan percaya agama dan bagaimana cara mereka memandang penciptaan alam semesta diantaranya adalah:
Apakah Einstein percaya doaApakah Ilmuwan percaya akan keberadaan TuhanBagaimana dia memandang penciptaan Alam Semesta?Beda, beda banget dengan kita. Sebagian besar faktanya tercermin dari hasil penelitian ilmiah yang mereka presentasikan di depan umum, sebagian lagi dari statemen dan jawaban jawaban yang telah di publikasikan pada saat ceramah  sesi ilmiah yang pernah di berikannya.
Kita sedang membicarakan empat orang Ilmuwan dan penemu hebat, ilmuwan paling beken sepanjang masa: Albert Einstein, Stephen Hawking, Thomas Edison dan Charles Darwin. Terlepas bagaimana para pemeluk Agama yang taat memandang mereka, tidak dapat di sangkal lagi, ide ide, teori teori dan penemuan mereka telah meraut bulat lonjongnya dunia yang sedang kita huni di Dunia sekarang ini. Sebagian besar hasil sumbangsih mereka bahkan ikut andi…

CARA MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah karena terdapat problem yang muncul setelah template di buat dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal sudah di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki.

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tesebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list tadi hanya menampilkan tulisa…

2 CARA KEREN MEMASANG NAVBAR MENU PADA TEMPLATE NOTABLE

Saya suka Notable, bergaya desain rockpool, template ini dinamis, kencang, aman dan stylish. Tetapi untuk membuatnya tampak beda (stylish) kalian harus berusaha merubah, mengedit dan menambah pada bagian CSS, HTML atau bahkan hingga menambahkan Javascript. Salah satu cara merombak tampilannya adalah dengan menambahkan navbar custom ke dalam template Notable. Dan jika kalian ingin template tersebut menjadi beda, tampak premium dan lebih bagus performa nya, maka kalian dapat mengikuti langkah langkah berikut:
1. Menambahkan navbar dengan drop down Silahkan pasang template notable ke blogger untuk percobaan kalian, lalu masuk ke bagian pengaturan dasbor blogger. Saya anggap kalian telah menggunakan tampilan dasbor terbaru blogger: Pilih temaKlik menu (tiga titik bersusun)Ketika muncul menu dropdown pilih: Edit HTMLPerhatikan gambar: Pada halaman editor HTML blogger cari kode </head> dan letakan saja kode CSS berikut tepat diatasnya: <style>
body {margin:0;font-family:Arial}
.topnav …

PANDUAN MEROMBAK TEMPLATE BLOGGER SOHO

SOHO adalah template terbaru, template ini dapat di rombak dengan mudah karena memiliki pengaturan CSS yang melimpah.
Dalam kesempatan ini saya akan memberikan 6 trik merobah tampilan template Soho, yakni:
Menambahkan photo profile penulis di atas setiap postinganMerobah tampilan ikon menu pencarian menjadi kaca pembesar pada semua ukuran layar. Secara default ikon kaca pembesar hanya tampil pada layar ponsel, sedangkan pada ukuran layar PC laptop apalagi desktop tampilannya akan menjadi kata: 'Search'Mengatur margin konten, lebar konten, dan lebar sidebarMerobah tombol 'Subscribe' atau 'Langganan' menjadi berbentuk ikon Amplop Surat.Cara menghilangkan background gambar kucing pada bagian header template.Cara menghilangkan Judul Recent PostsTiga hal diatas cukup signifikan dapat merobah tampilan template SOHO kita menjadi lebih berwibawa dan berkarakter! Mari kita mulai. 1. MENAMBAHKAN PHOTO PROFILE DI BAGIAN ATAS SETIAP HALAMAN POSTINGANIni cocok untuk halaman b…

PANDUAN LENGKAP SEDERHANA MENGEDIT TEMPLATE EMPORIO

4 varianTemplate terbaru milik blogspot blogger memiliki banyak sekali kelebihan: Kemudahan mengedit dan memkustomisasi template, kaya dengan style dan warna. Cobalah! Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lai…
Copyright © EDITBLOGTEMA. All rights reserved.