November 14, 2019

BEZELESS TREND LAYAR GADGET MASA KINI

Trend teknologi layar gadget masa kini adalah sebuah gagdet dengan layar tanpa bingkai (atau bezel less) sebenarnya sudah sangat mulai menyita perhatian pencinta gagdet sejak tahun 2017 yang lalu. Trend ini menjadi style atau gaya dan mulai menjadi standar layar masa kini. Terbukti dengan berlomba lombanya produsen gagdet membuat smartphone layar smartphone tanpa bingkai seperti di masa lalu.

Zaman retina display telah berlalu, super amoled juga. Apalagi Hape tipis. Tidak ada lagi produsen yang membanggakan betapa rapatnya layar gagdet buatan mereka. Kerapatan pixel, ketipisan dimensi fisik tidak terlalu penting lagi karena hal itu sudah menjadi kebutuhan gagdet masa kini. Masa depan sekarang beralih ke BEZEL LESS kemudian layar gagdet yang dapat dilipat!
hape tanpa bezel
hape tanpa bezel
Adapun keuntungan menerapkan bezeless untuk memanjakan konsumen (baca pengguna) adalah:
  1. Layar gagdet menjadi lebih lega, ukuran fisik bisa setara dengan ukuran layar. Bandingkan dengan gagdet smartphone masa masa tahun 2012, bezel tebal, layar sempit.
  2. Layar adalah alasan kenyamanan bagi pengguna, bukan hanya sekedar bermain game, tapi juga untuk berproduktivitas termasuk membaca dan menonton.
  3. Laptop tanpa bezel juga akan mempu menggantikan fungsi desktop masa lalu dengan mudah dari segi kenyamanan dalam berproduktivitas.
  4. Tablet tanpa Bezel akan mempu menggantikan fungsi laptop masa lalu dengan mudah dari segi kenyamanan dalam berproduktivitas.
  5. DLL
tablet atau iPad tanpa bezel
tablet atau iPad tanpa bezel
Memang di mulai dari smartphone, trend kemudian menular ke tablet tablet dengan layar lebih besar. Tablet tablet yang memiliki layar bezel less ini menambah pengguna semakin yakin suatu hari nanti peminat laptop akan semakin berkurang, betapa tidak, dimensi layar sudah semakin lega berbanding dengan ukuran fisiknya yang 10 inch keatas, lebih tipis daripada laptop namun memiliki OS atau sistem operasi yang semakin kuat cepat dan gesit karena daya kompresi yang lebih tinggi.

Saya pribadi menyukai tablet selain bisa buat bermain, dan masih bisa buat nelpon, ngeblog, kameranya juga hebat dan kuat. Hal yang tentu saja tidak di miliki oleh laptop. Misalnya saja pada saat memotret ini di tempat kerja ketika smartphone saya bermasalah saya mengambil gambar dengan ukuran 25% di reduce (di kurangi atau di kecilkan) menggunakan Tab S2 saya yang telah berumur 4 tahun, hasilnya sungguh melebihi ekspektasi:
Gambar tampak detail dan jernih, sehingga lumayan untuk melengkapi laporan pengujian peralatan berat yang sedang saya lakukan.

Dan ternyata lini laptop juga tidak mau ketinggalan akan trend bezel less ini. Laptop masa kini juga mulai mengadopsi style zaman sekarang. Layarnya menjadi semakinlebar berbanding dengan dimensi fisiknya. Saya membayangkan betapa jadulnya laptop saya yang kemaren setelah melihat di toko elektronik begitu bervariasinya model laptop namun dengan kecenderungan layar yang semakin lega. 
laptop beze less
laptop beze less
Kalau di ukur dimensi body laptop laptop tersebut sama dengan laptop saya di rumah, tapi ukuran layarnya lebih besar dan lebih lega.

Bercermin dari waktu kita dapat menyimpulkan trend paling populer akan perkembangan model gagdet dari waktu ke waktu adalah:
  1. Fisik yang semakin tipis. Mulai tahun 2012 tabloid tabloid tekno yang meliput smartphone pada masa itu beramai ramai mengemukakan keunggulan setiap smartphone yang memiliki dimensi tipis, ringan dan memiliki desain terbaru.
  2. Mulai tahun 2014 kerapatan layar dalam menampilkan gambar visual menyita perhatian pencinta gadget genggam smartphone di seluruh dunia, bukan hanya layar ketahanan battery juga menjadi isu penting dan di barengi peningkatan software.
  3. Tahun 2017 dimensi layar berubah dan pada tahun 2018 hape hape tanpa bezel menjadi populer! Pada tahun tahun ini ketahanan battery mulai mendapatkan perbaikan, yang juga tidak kalah menjadi perhatian para produsen gagdet adalah menurunya penjualan laptop di seluruh dunia.
Itulah sebabnya laptop pada akhirnya mulai bertransformasi dalam bentuknya yang mulai berubah daripada sekarang. Kita masih menunggu perubahan selanjutnya.

Betul kata Einstein: Tidak ada yang abadi di dunia, kecuali perubahan itu sendiri.

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist