Skip to main content

KINDLE AMAZON YANG REVOLUSIONER, MERUBAH CARA ORANG DALAM MEMBACA BUKU

amazon kindle water proof
amazon kindle water proof
Tahu gak kalian, pasar buku di Amerika sempat mulai sangat panik ketika Amazon Kindle di publikasikan? Hal itu terjadi pada tahun 2010 yakni sembilan tahun yang lalu, karena ternyata lebih separoh buku buku digital di Amazon Kindle ternyata gratis! Apalagi terdapat kecenderungan popularitas yang terus meningkat di Amerika, Kanada, Australia dan Eropa (umumnya di negara negara maju).

Tentu saja buku buku gratis ini muncul di tengah kepanikan para penerbit bahwa harga buku elektronik, yang harganya 10 dolar AS per judul untuk terbitan baru dan yang paling laku, bisa menjatuhkan pasaran buku hardcover yang harganya bisa sampai 25 dolar AS atau spaling sedikitnya 13 dolar AS untuk sampul tipis.

Lho kok pakai main gratis? Atau paling tidak jauh lebih murah daripada beli buku konvensional, tentu saja karena beaya "cetaknya" gak ada lagi. Menggandakannya juga tinggal "copy-paste" begitu sih kira kira tekniknya. Namun jangan coba coba mencuri hak cipta orang lain, proteksinya sangat kuat dan mumpuni.

Hanya pemegang hak cipta seperti Amazon saja yang dapat melakukannya. Biarpun ambil untungnya kecil namun karena daya "cetaknya" yang massive ditambah dengan dengan media kampanye online dengan jangkauan tidak terbatas, jelas semakin membuat buku buku konvensional semakin terpojok di negara negara maju.

Para penulis telah bereksprimen dengan cara baru, menulis dan tidak berharap dapat untung sebesar pada zaman dulu namun ternyata mereka tetap dapat keuntungan, buku buku elektronik bersponsor, buku yang terus menerus hidup di internet. Bagaimana menurut opini pembaca di Amerika?

Misalnya Pamela Deron, 29 tahun  yang awalnya coba-coba membaca "Already Dead" mengatakan bahwa setelah membaca buku digital gratis itu ia cukup ketagihan dan, "Setelah menghabiskan US$50 saya akhirnya memiliki seluruh koleksi buku Joe Pitt."

Mari kita lanjutkan membaca...

PENGALAMAN MENCOBA MEMBACA BUKU DI AMAZON KINDLE
Saya memakai kacamata, pakain minus dan silinder pula, awalnya saya pikir lebih nyaman baca buku kertas. Soalnya Zaman kami remaja yang lahir tahun 2000 keatas kami memang lebih banyak beraktifitas melalui layar dari laptop, tablet hingga hape. Setelah mencoba amazon memang benar, layar itu mirip kertas hitam putih dan sama sekali tidak melelahkan mata. Di pikir pikir aneh dan semakin bikin ingin tahu juga.

Jelas teknologi telah membuatnya sedemikian rupa. Bukankah kertas juga adalah produk teknologi? Dulu nenek juga memperingatkan mama, jangan kelamaan baca buku, nanti matanya rusak. Ngaku ya bu.

Sebenarnya Amazon telah mempublikasikan kindle sejak November 2007 melalui online, tapi tidak langsung populer seperti sekarang, membaca buku tidaklah semudah mendengarkan musik.  Apple sukses dengan iPod tapi Amazon harus bersabar karena sadar betapa sulitnya mengalihkan kebiasaan orang membaca buku konvensional ke buku digital. Namun sekarang semua itu mulai berubah.

 TEKNOLOGI E-INK
Sebuah teknologi bernama e-ink atau elektronik ink akhirnya di temukan. E-ink merupakan teknologi layar yang sangat menyerupai kertas. E-ink jelas berbeda dibandingkan teknologi layar lainnya semisal LCD ataupun OLED.

Jika LCD, yang umum digunakan pada komputer, ponsel pintar, maupun tablet, menggunakan backlit dan blue light, layar e-ink tidak menggunakan keduanya. Backlit (cahaya yang muncul dari balik layar) dan blue light (merupakan spektrum cahaya buatan yang bisa dilihat mata, penyebab warna-warni) merupakan dua elemen dari sebuah layar elektronik yang menjadi pelaku utama penyebab mengapa mata manusia bisa kelelahan pada saat membaca atau menonton di layar perangkat elektronik.

Karena gak pakai backlight dan blue light, e-ink, meskipun lebih menyehatkan mata dibandingkan teknologi layar lainnya, pada akhirnya hanya memiliki warna hitam dan putih semata. Selain itu, e-ink, sebagaimana kertas pada umumnya, hanya bisa dibaca di ruangan terang.

Layar e-ink tidak akan terlihat di ruangan gelap -- sangat berlainan dengan layar elektronik yang memanfaatkan LCD atau OLED. Demikian pada awalnya. Namun teknologi terus saja berkembang hingga memasuki tahun demi tahun, suatu ketika buku digital akan lebih menyehatkan mata dibanding dengan kertas konvensional, misalnya muncul ide gelombang retina yang mampu merangsang syaraf mata untuk lebih aktif secara alamiah pada saat terpaku pada tulisan e-Ink. Kami sangat menyukai istilah: Segalanya memang akan berubah, tidak akan ada yang abadi di dunia termasuk buku buku konvensional, bahkan buku amazon kindlepun akan demikian.

So puduaye, segala hal baru datang mulanya akan di sikapi dengan waspada dan was was. Lalu setelah menjadi kebutuhan dan akan digantikan lagi oleh hal baru. amazon kindle sendiri telah lahir beberapa generasi, generasi terbaru tahun 2019 adalah Kindle Kids Edition yang berisikan 1000 buku, tool building word dan parental control. Seribu buku itu banyak banget.

Wajar dong Amazon membuatnya karena Amazon pada awalnya memang jualan buku. Dan membeli amazon kindle juga berarti membeli ribuan buku sekaligus. Kalau di hitung harganya yang berkisar 3 jutaan rupiah itu sudah relatif murah.

Bukan hanya bisa membaca, tetapi buku buku di amazon kindle juga memiliki sistem audio, artinya kalian juga bisa mendengarkan isi buku dalam beberapa bahasa.
Caranya:

Untuk mendengarkan suara buku:
  • Dari beranda Layar Aplikasi Baca Tablet kindle, ketuk salah satu buku untuk membukanya
  • Pada saat membaca, ketuk bagian tengah layar lalu ketuk ikon  untuk mendengarkan buku.
  • From the mini-player screen, tap the DownloadDari layar kecik ketuk ikon Download  untuk memulai mendownload suara buku tersebut
  • Tap the mini-player to show the full screen player after the audio book has been downloaded. Saat download selesai, ketuk layar mini untuk kembali ke layar penuh 
  • Pilih opsi atau pilihan pemutar audio kalian berikut:
Penjelasan Ikon:

Mainkan Judul
 Jeda Judul
 Ke bab selanjutnya
 Ke bab sebelumnya
 Lompat 30 detik selanjutnya
Lompat 30 detik sebelumnya
AAtur kecepatan narasi
 Atur waktu istirahat Kindle

Untuk lebih jelas mengenai fitur dan spesifikasinya saya sertakan videonya:
Alasan mengapa membeli amazon kindle kalau menurut saya adalah:
  1. Murah ya relatif sih, harganya yang berkisar 1,4 - 1,7 juga dengan ruang simpan 4-32 GB memang tidak dapat dibandingkan dengan tablet hiburan, semurah murahnya kindle paling sedikit dapat menyimpan 250 buku tebal tebal (gak kuat ngitung halamannya)
  2. Batterynya tahan lama. Sekali charge, memakan waktu paling lama 1 jam namun setelah itu tidak perlu di charge hingga 8 minggu.
  3. Dengan tablet kindle kita akan merasa membaca buku biasa, bukan tablet dan memiliki fitur fitur baca yang dapat disesuaikan menurut kenyamanan masing masing orang.
  4. Ringan dan flexible. Tablet kindle teranyar sangat tipis. Kalau seandainya kalian membawa 10 novel ke dalam tas cukup berat dan merepotkan juga, tapi hanya cukup satu kindle kalian sudah bisa membawa ribuan buah buku bersama kalian. Kindlenya hilang? Buku tersebut tidak akan hilang asalkan kalian kembali membeli amazon kindle baru dan memasukan ID amazon kindle kalian di perangkat baru, semua buku akan kembali ke dalam perangkat yang  baru. Wah mudah banget koleksinya.
  5. Nyaman saat membaca. Ya itu tadi lho teknologi E-Ink ternyata memang memiliki keunggulan tersendiri. Disamping itu buku buku grafis dengan gambar menarik khas gaya DC komik Amerika juga banyak. Kedepannya bukan hanya melalui membaca dan mendengarkan, mungkin juga bisa buat nonton grafis dengan animasi yang lebih seru..

  6. Kalian juga bisa membaca dimana saja, sambil berendam dan mandi, di dalam mobil, di dalam kamar. Ditepat terang atau gelap
Amazon Kindle ini sangat populer di luar negeri Amerika, Kanada dan Eropa, namun masih belum banyak peminatnya di tanah air. Kalian juga bisa mendownload aplikasi Amazon kindle melalui tablet, hape Android atau iPad dan iPhonenya Apple, melalui store masing masing yang ada di dalam perangkat kalian...

Comments

  1. Aku baru tau lho ada teknologi kayak gini. Patut banget dicoba di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Indonesia juga sudah banyak kok di jual via toko online

      Delete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan dan berikan detailnya untuk memudahkan kami menganalisa dan troubleshooting agar kami dapat membantu atau membantu memecahkan masalah seputar kode kode HTML, CSS dan JS template blog kalian

Jika ingin komen dengan menyisipkan kode HTML, parse terlebih dahulu kodenya di :
Blogcrowds
Lalu hasil parse pastekan ke dalam kotak komentar.

Bagaimanapun pertanyaan, kritik, saran dan masukan dari kalianlah yang membuat blog ini tetap bertahan dan ada.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

Popular Posts

MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah karena terdapat problem yang muncul setelah template di buat dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal sudah di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki.

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tesebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list tadi hanya menampilkan tulisa…

BENANG MERAH CINTA SANG PENCIPTA

Andy Weir menulis sebuah cerpen pada tahun 2009, cerpen yang sangat menarik, indah sekaligus menakutkan jika dia bercerita perihal ide realitas hidup kita, semacam multiverse dalam fiksi sains dan fisika.
Aku adalah Tuhan dan Kamu sedang dalam perjalanan pulang ke rumah ketika kamu meninggal... Sebuah kecelakaan mobil, sebenarnya bukan peristiwa luarbiasa tetapi kematian tidak pernah memberikanmu pilihan. Kamu meninggalkan seorang isteri dan dua orang anak. Kematianmu itu tidak terlalu menyakitkan, paramedis telah berusaha menyelamatkan hidupmu, tetapi tidak ada harapan, tubuhmu telah hancur, dan itu lebih baik, percayalah kepadaku....
Dan disana, kamu akhirnya bertemu dengan Aku.

"Apa yang terjadi? " kamu bertanya. " Dimanakah aku kini ? " 
"Kamu sudah meninggal," Jawabku dengan suara datar. Bukan seperti nada yang menarik seperti yang kamu harapkan. 
"Apakah tadi aku ditabrak truk?...Sebuah tanjakan.." 
"Benar" Jawabku 
"Aku....…

Kisah UAS Dan Mellya Juniarti: Tidak ada yang abadi.

Sudah lama saya tidak menulis di halaman blog ini, karena lebih banyak terfokus pada pekerjaan sehari hari. Sampai akhirnya saya tergelitik untuk ikutan menulis tentang UAS, setelah membaca berita yang bertebaran di internet.
Menulis menurut sudut pandang saya sendiri. Atau lebih spesifiknya sebagai seorang blogger.

Fakta 1. Ustad Abdul Somad - Mellya Juniarti Resmi bercerai.
Peristiwa ini menarik perhatian saya apalagi tentang hubungan dua insan yang pernah bertekad memilih hidup bersama selamanya. Siapa sih yang ingin berpisah? Gambar di atas sudah bertebaran di internet, di medsos dan tidak akan dapat di hapus lagi dari dunia maya karena jalin menjalin sangat kuat di dalam library di dunia website.

Saya tahu itu karena saya peminat web dan mengerti segala impikasinya terhadap kehidupan dan privasi manusia pada saat ini. Dunia sekarang telah hampir kepada dimana dinding, lantai dan langit dapat mendengarkan setiap perkataan dan bahkan helaan nafas kita.

Ya, photo itu telah di postin…

PANDUAN LENGKAP MENGEDIT TEMPLATE EMPORIO

Untuk template blogger default versi 3 Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lain lain. Tidak perduli sobat memakai template premium berbeli atau hanya sekedar memakai template yang telah tersedia secara defau…

ALASAN MENGAPA MENGGANTI SISTEM ANDROID KE SISTEM OPERASI BARU NYARIS MUSTAHIL AKAN SUKSES

Huawei jelas sedang mencoba dan itu pasti akan ada harganya: Akan hadir sebuah sistem baru yang akan membuat kita panasaran seperti apa bentuk dan performanya jika dibanding dengan Android yang selama ini telah memberikannya "nyawa" untuk hidup dan menjadi sebesar sekarang.
Karena kita tahu sehebat apapun sebuah mesin gagdet tiada akan ada artinya tanpa sistem operasi, software dan aplikasi, maka suatu gadget  itu ibarat raga tanpa nyawa. Dilatari nasibnya yang ter"aniaya" oleh Trump (baca:Amerika)  tentu sangat menarik untuk mengikuti perkembangan nasib dari Huawei. Akankah Huawei tetap menjadi besar setelah menggunakan sistem operasinya sendiri?

Baca juga:
Siapa pemenang, siapa pacundang Amerika atau Cina? bagian pertamaSiapa pemenang, siapa pacundang Amerika atau Cina? bagian Kedua Oke mari kita simak penjelasan yang saya simpulkan dari pendapat para ahli mengapa hal itu sulit menjadi kenyataan:
1. Terlihat sederhana Platform mobile beserta ekosistemnya itu sanga…
Copyright © Editblogtema. All rights reserved.