Skip to main content

KETIKA USIA HANYALAH HITUNGAN ANGKA: MASIH BISAKAH BELAJAR PROGRAMMING?

Sebuah pertanyaan paling klasik terkait belajar pada saat manusia sudah tua adalah:
"Bisakah aku belajar di usia 35, 40 dan seterusnya?" Dan pada kesempatan menulis saya ingin mengutip salah satu pertanyaan yang paling terkait dengan misi blog ini:
ilustrasi programming
ilustrasi programming
"Bisakah saya belajar programming, koding dan software pada saat saya telah tua?"

Saya maklum jauh sebelum jawaban itu ada faktanya orang di sekeliling kita, mereka kebanyakan memberikan jawaban yang sama, mengeluhkan keterbatasan diri mereka dan berkata:

"Saya sudah tua, otak saya sudah lemah, saya tidak bisa belajar lagi, apalagi jika harus belajar hal itu (koding, programming)"

Saya tidak terkejut jika menemukan, sejak mudapun mereka sebenarnya tidak mau belajar, mempelajari dan berfikir lebih keras. Saya hanya ingin mengingatkan, kita semua bisa berubah dan belum terlambat mencoba sesuatu walaupun hitungan usia sudah banyak. Itu hanyalah hitungan.

Perhatikan calon calon orang yang akan menjadi tua dan tidak melihat pilihan apa apa, yakni anak anak selepas tamat SMA tidak lagi belajar apa apa. Mereka juga kelak akan mengatakan hal yang sama. Kecuali jika mereka segera ingin berubah secepatnya.

BENARKAH SUSAH BELAJAR KODING KETIKA USIA KITA SUDAH TUA?
Salah! Jika anda ingin mengatakan:
Anakku harus belajar SD selama 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun. Lalu dia mengambil jurusan pada saat kuliah selama paling sedikit 6 semester, anda benar! Dan dia bisa menjadi professional paling tidak pada usia 22 tahun. Dia bisa menjadi seorang ahli mesin, penasehat keuangan, Teknik sipil dsb. Benar, itu benar. Itu adalah planning yang paling umum di tengah masyarakat dunia sejak turun temurun. Dunia pendidikan.

Akan tetapi jika anda ingin belajar programming dan belajar sedikit kalkulus anda akan menemukan programming itu adalah sebuah ketrampilan khusus yang harus diasah setiap hari. Anda tidak perlu menjadi muda kembali untuk melakukannya.

Namun jika anda tetap keberatan dengan alasan saya, saya akan mencoba menjelaskan ketakutan anda melalui alasan alasan berikut dibawah ini:

1. Anda sudah terlanjur percaya bahwa belajar itu lebih mudah dilakukan pada usia muda.
Ya, ya saya percaya. Karena ketika telah menjadi seorang tua anda harus mengurus keluarga, segala pikiran, tenaga dan finansial anda terkuras untuk hal itu. Tapi saya kuatir anda menjadikan alasan itu untuk melupakan belajar! Saya kuatir anda semakin percaya sama lagu sampah dengan syair: Belajar di waktu kecil bagaikan mengukir diatas batu (sulit tetapi berbekas abadi) belajar setelah dewasa bagaikan mengukir di atas air (mudah tapi tidak berbekas)

Tidak itu hanya syari untuk memotivasi anak anak. Dan sebagai orang dewasa anda tidak perlu menanggapinya apalagi harus tersinggung!

Yang anda butuhkan hanyalah meluangkan waktu, anda punya kelebihan setelah tubuh dewasa pada umumnya anda lebih sedikit tidur dan mulailah belajar! Jika anda selalu berkata otakku sudah penuh, memoriku sudah lemah, anda keliru lagi. Anda tidak perlu menghafal apa apa. Sebagai seorang dewasa anda justeru di untungkan oleh pikiran yang semakin logika!

Anda harus tahu satu hal, berfikir itu adalah logika! Dan dengan logika anda tidak perlu kuatir bahwa otak anda telah kekurangan ruang memori karena memikirkan banyak hal. Itu hanya perasaan anda saja. Dan jika anda memang berniat masih ingin menciptakan sesuatu, masih ingin menyumbangkan buah pikiran anda untuk dunia, usia 40 dan usia 20 tahun tidak ada bedanya.

2. Takut gagal
Semakin banyak hitungan usia semakin besar ketakutan akan kegagalan. Orang muda tidak mempermasalahkan kegagalan, masa depan mereka masih panjang.

Anda mungkin berfikir, usiaku sudah hampir kepala empat, dan aku harus memulai sesuatu dari awal? Usia berapa nanti baru sukses? Iya kalau sukses, kalau tidak? Anda harus tahu lagi satu hal, tubuh boleh cepat menua, tapi otak tidak akan pernah kering jika terus digunakan untuk belajar, bahkan hal itu akan membuatnya tumbuh lebih besar dari yang anda bayangkan.

Jadi itu bukan pikiran, tapi tekanan psikologis yang harus anda atasi. Takut memulai sesuatu pada batas hitungan usia bisa jadi merupakan kekeliruan terbesar umat manusia.

3. Tekanan sosial
Berapa lama anda bekerja hingga suatu hari boss diperusahaan tempat anda bekerja telah di ganti dan tiba tiba anda menyadari usianya adalah 15 tahun dibawah anda? Hal ini akan menjadi cermin buruk setiap waktu anda bersama lingkungan anda, maka dari itu mari lupakan hitungan usia anda.

Anda mungkin terkena omelan isteri di rumah: "Anak anak sekolah, eh bapaknya masih sekolah juga, kapan ada waktu untuk anak anak?" Ini terjadi pada saat proses, dan akan berbeda jika anda telah sukses.

Saya belajar sendiri bahasa programming selama dua tahun, selama itu saya menahan diri saya dari segala tekanan di tempat pekerjaan, keluarga dan diri saya sendiri. Saya memiliki atasan dan saya berusaha menjadi lebih besar dari dirinya, melihat lebih banyak posisinya dan akhirnya saya mengerti semua itu hanyalah masalah sepele yang tidak perlu di besar besarkan.

Setelah 2 tahun saya benar benar banyak mengerti bukan hanya bahasa programming web seperti HTML, CSS dan JavaScript. Tetapi juga fungsi fungsi matimatis daripada algoritma pemrograman. Dua tahun lalu saya benar benar "buta huruf" perihal tersebut. Kini saya tidak bisa lagi berhenti.

Belajarlah setiap hari, walau anda tidak muda lagi anda tetap akan mampu merobah dunia.

4. Masalahnya orang orang muda memotong kesempatan orang orang tua bekerja di suatu perusahaan IT
Masalahnya itu hanya syarat tertulis. Perusahaan membutuhkan tenaga ahli seorang yang memiliki kecakapan dan berguna untuk memajukan bisnis, bukan usia anda. Kenyataannya? Di zaman internet anda bisa mendapatkan pekerjaan online, mendapatkan projek tanpa perlu mengekspos informasi personal anda. Kerjakan projek IT sampai selesai, selesaikan dengan sempurna, dan anda akan mendapatkan uangnya.

Belajar programming adalah menciptakan sebuah dimensi ruang dan waktu untuk karir anda terutama di zaman sekarang.

Programming tidak membutuhkan tubuh muda, atau kecepatan usia muda demi mencapai goal. Programming adalah menciptakan sebuah sistem yang dapat bekerja sendiri untuk membantu anda. Itu adalah sistem dan kecerdasan berkat jerih payah kita dalam belajar. Jika anda ingin belajar sendiri tanpa guru di zaman now, juga sangat mudah. Begitu banyak informasi yang tersebar di internet.

Kesimpulannya, anda harusnya tetap belajar.

www.editblogtema.net

Comments

  1. wow this is an EXCELLENT post Sofyan

    i can relate so well to it as i remember when i was in school i was patient of anemia and was also suffering with mental weakness

    i was only ten grade passed when i got married , i did my secondary education after early few years of my marriage

    then i got job as principal in a private school and my husband motivated me for further studies ,and i did my B>A and then Masters in english literature

    meanwhile i found that with each attempt my brain is getting better by the grace of Lord!

    my eldest son who is software engineer often advises me to learn programming i will but only reason is lack of time
    i am glad you shared this :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. I just highlight people must study and learn everything until they are going old. No matter what.

      I start learn and continue until the end

      Delete

Post a Comment

Ajukan pertanyaan, kami mungkin tidak bisa langsung menjawabnya. Namun pertanyaan anda mungkin berguna dan penting bagi pembaca blog ini.

Terimakasih

Salam dari Admin
Anissa Auliasari

Popular Posts

CARA MEMPERBAIKI ADD NUMBERING DAN ADD BULLETS YANG TIDAK BISA TAMPIL PADA POSTINGAN BLOG

Tulisan ini di posting adalah katika terdapat problem yang muncul setelah template telah di kustom dan postingan di cobakan atau di publish. Terutama karena hal ini terjadi pada tema EditBlogTema yang dibuat untuk sementara berdasarkan tema sederhana bawaan blogger.
Problem tersebut muncul karena pada saat menuliskan beberapa item dalam bentuk daftar atau list ternyata tidak terlihat pada postingan padahal postingan sudah terlanjur di publish ke hadapan pembaca. Setelah saya cari di dasbor ada tool yang bernama "Add Numbering dan Add Bullets" yang tidak bekerja.

Sudah tentu ini pasti celah kelemahan tema jadi harus segera di perbaiki. 

Ketika menulis pada dasbor blog dan di preview sepertinya tidak ada yang salah diatas tool "compose" terdapat add numbering dan add bullets tersebut dan pada saat dilakukan penulisan dalam bentuk list keduanya tampak berfungsi dengan baik, tapi apa yang terjadi pada saat artikel setelah di publish? Maksud menampilkan daftar atau list…

GOOGLE PAGERANK vs ALEXA

GOOGLE PAGERANK
Kalau dengan Google Pagerank jadi ingat saat membuka blogger tahun 2014 waktu itu Blog dengan Google Pagerank tinggi benar benar dijadikan "primadona"nya blogspot. Namun apa yang terjadi segalanya berubah. Google telah melakukan update algoritmanya secara besar besaran, dan kini walaupun pagerank masih penting namun telah berubah menjadi rahasia dapurnya Google.
Selama bertahun tahun Google PageRank telah menjadi benchmark yang penting untuk menilai kualitas suatu website namun  pada April 2016 menjadi bulan yang penuh dengan kehebohan bagi komunitas pemasaran digital pada umumnya dan SEO (Search Engine Optimization) khususnya.

Berbagai website dan blog terkemuka SEO sedunia banyak yang memberikan komentar mengenai hal tersebut. SearchEngineLand menyebutkan bahwa sejak Jumat, 15 April 2016, tiba tiba saja Google PageRank lenyap dari Google Toolbar!

MASIH PENTINGKAH GOOGLE PAGERANK ITU?

Ada yang berpendapat Google pagerank masih penting, tetapi tidak sedikit pak…

DOWNLOAD TEMPLATE BLOGGER CONTEMPO ORIGINAL STYLISH

Ada permintaan yang harus saya penuhi, yakni bagaimana jika saya membuat template sederhana yang tidak perlu edit HTML pada saat merubah menu navigasinya? Dan template itu harus contempo. Saya pikir itu mudah, basisnya contempo, yang tidak di inginkan oleh pengguna adalah tampilannya tetap sama dengan contempo asli.
Ya mengapa tidak? Kita dapat memanfaatkan halaman statis atau widget page, atau mengatur perintah CSS untuk memanipulasi widget link blogger menjadi widget menu navigasi. Akan tetapi saya pikir pikir widget halaman atau page lebih mudah di bentuk karena dalam setiap template terbaru ID-nya adalah sama: Pagelist. Dan saya tidak perlu menulis kode CSS untuk widget link Blogger.
Hasilnya adalah kalian tidak perlu mengedit menu navigasi blog melalui cara edit HTML lagi. Cukup melalui dasbor blogger dengan memilih tataletak. Lalu menghapus dan menambahkan judul menu berikut link yang menyertainya berdasarkan label postingan kalian.
CARA MENGEDIT MENU NAVIGASI CONTEMPO ORIGINAL ST…

MARI MENYULAP TEMPLATE BLOGSPOT BAWAAN EMPORIO

4 varianTemplate terbaru milik blogspot blogger memiliki banyak sekali kelebihan: Kemudahan mengedit dan memkustomisasi template, kaya dengan style dan warna. Cobalah! Ini adalah panduan lengkap cara "mengoprek" template bawaan (default) blogger menjadi beda dan tampak premium. Ikuti secara seksama. Sisanya ada ditangan sobat sendiri...
Bagian Isi:
Kelebihan template bawaan bloggerKelebihan varian terbaru template bloggerMerombak heading blogger agar dinamisMemasang related postMemasang menu navigasiMenambahkan CSSMenambahkan HTMLMenambahkan Javascript Langkah merubah Desain Template blogger:
(Menggunakan HTML untuk mengubah desain blog)
Login ke Blogger.Pilih blog untuk diperbarui.Di menu sebelah kiri, klik Tema.Di sebelah kanan agak keatas ada ikon tiga titik klik dan, klik Edit HTML.Buat perubahan yang Kalian inginkan.Klik Simpan tema. Template adalah bagian terpenting dari sebuah blog tidak perduli sobat ngeblognya pakai platform Wordpress, Jimdo, Wix atau Blogspot dan lai…

KABAR BURUK BAGI PENJIPLAK KONTEN EFEKNYA SANGAT BURUK BAGI DIRI SENDIRI

Pada site adedansasa.com ada sebuah artikel yang mendapatkan pengunjung luarbiasa, jumlahnya telah menembus lebih seratus ribuan pengunjung. Namun artikel tersebut telah di jiplak habis habisan oleh blog blog lain yang sebenarnya berpotensi jadi blog hebat asalkan mau bekerja keras.
Artika tersebut berjudul: Tahukah kamu bedanya iPhone bekas Jepang...
Benar benar di jiplak habis dan posisi artikel jiplakannya sudah menempati posisi kedua pada mesin telusur, saya ikuti terus sampai akhirnya situs itu sudah tidak bisa dibuka lagi alias di banned padahal samasekali tidak saya laporkan, lho. Lihat posisinya:

Ya artikel itu berada di posisi kedua setelah adedansasa.com. Sebenarnya saya bersikap ora op opo saja. Namun ternyata tidak dapat bertahan lama karena algoritma Google mulai bekerja dengan baik. Yang anehnya posisi itu tetap disana walau halamannya sudah tidak bisa di akses lagi.
HATI HATI MENYALIN DAN MENJIPLAK TULISAN ORANG LAIN
Bukan hanya perkara cara Google menghukum, akan tetapi leb…

SOHO TEMPLATE BLOGGER YANG KEREN

Bagi kami ke empat template terbaru blogger adalah keren semua, mudah di modifikasi dan memiliki pengaturan CSS untuk warna, layout hingga tombol reaksi. Soho sedang kami garap agar menjadi lebih keren lagi dan dapat dipergunakan oleh para blogger yang membutuhkannya secara gratis. 
Ini menjadi PR baru lagi untuk pembuatan template redesain terbaru. 
Sebenarnya sedikit ambigu untuk mengatakan bahwa kita telah membuat template kita sendiri, paling tidak ketika kita tahu sumber kodenya berasal dari Google/blogger dan bukan hanya kode source, seluruh prosedur, segala elemen, material pada hakikatnya sudah di buat oleh oleh blogger dan para pembuat template hanya mendesain ulang. Kami ingin lebih jujur dengan redesain template ini menurut seberapa banyak kadar perombakan telah di lakukan melalui modifikasi HTML, seberapa banyak kita menggunting dan menambahkan fitur baru dengan kode yang telah kita tulis sendiri.
Kita tidak bisa membuat template tanpa mengikuti kaidah dan aturan blogger sehi…

BAHKAN PEKERJAAN PROGRAMMERPUN AKAN SEGERA DI AMBIL ALIH OLEH TEKNOLOGI A.I.

Kita tahu, pekerjaan pekerjaan dan bidang usaha di masa lalu yang kita anggap selamanya ada di peradaban manusia ternyata hilang oleh waktu, contohnya: Tidak ada lagi warnet zaman bapak bapak kita nongkrong di masa remaja mereka dulu. Ya bidang usaha yang sempat populer tersebut telah mati karena teknologi gagdet yang sedang kita pakai sekarang: Perangkat mobile dengan kecepatan internet yang cepat.Koran. Tidak banyak lagi orang baca koran, dan itu berimbas pada pekerjaan pekerjaan di pabrik surat kabar, usaha agen majalah, penjaja koran hingga usaha induknya: penerbitan koran. Itu bukan pekerjaan yang bisa di banggakan lagi oleh generasi berikutnya. Dulu orang terpaku pada halaman koran, sekarang orang terpaku pada layar hape.Kamera saku semakin menghilang karena telah di gantikan oleh kamera yang lebih praktis: kamera ponsel. Tidak ada lagi tukang photo keliling seperti dulu di kampung kampung.Banyak lagi hal lain yang patut kita jadikan referensi untuk melihat ke depan.Bidang usaha …
2018 - © The EditblogTema