November 03, 2019

INI DIA DAFTAR BLOGGER PALING SUKSES DI DUNIA

Ariana Huffington penemu Huffington Post
Ariana Huffington pendiri blog Huffington Post
Umumnya para blogger sukses itu telah ngeblog sejak tahun 2005 atau lebih kurang 14 tahunan telah berlalu. Pada waktu itu blogger memang relatif masih baru dan apapun hal hal baru akan lebih menarik perhatian orang.  14 tahun kemudian mereka telah sukses membangun image, backlink dan bisnis khas mereka melalui blog blog tersebut. Jangan bandingkan dengan editblogtema yang beru mulai setahun yang lalu :D.

Yang jelas segala sesuatu harus melalui proses dalam waktu. Mari kita simak Blog mana saja itu.

1. Huffington Post
HuffPost
Di buat: Tahun 2005
Pengunjung Unik bulanan: 110.000.000 orang
Penghasilan bulanan: US$ 14.000.00,- (atau hampir setara dengan RP. 200.000.000.000,- perbulan)
Pemilik pertamanya adalah seorang blogger wanita cantik berusia 69 tahun berdarah Yunani Amerika bernama Ariana Huffington dengan nama blog "The Huffington Post" yang juga sukses menjadi penulis 5 buah buku laris.

Awalnya blog itu tidak menghasilkan uang (sama seperti editblogtema sekarang he he he...Amin) dan sudah barang tentu Ariana menulis tanpa mendapatkan uang. Terakhir kemudian Blog itu fokus pada hal hal terkait politik. Sudah barang tentu kapasitas Arianalah yang membuat blog itu kemudian menjadi sebuah media online yang sangat besar. Dia seorang wanita cerdas, cantik, penulis piawai, dan seorang jurnalis yang handal. Kemampuan itu tentu saja terasah berkat kerja keras.

Kalian juga tahu setelah sebuah media menjadi besar akan banyak tawaran berbisnis berdatangan. Misalnya tawaran monetesi, affiliasi dengan bayaran yang fantastis. Dan oleh karena Huffington Post kemudian di kelola secara professional dan tumbuh besar dalam skala global, gak kebayang lagi deh sibuknya menjadi penulis disana...

Di indonesia Kompas juga menerapkan bisnis afiliasi konten iklan, awalnya sih monetesi pakai adsense. Tetapi mereka menjadi besar dan kemudian keluar untuk membangun provider mereka sendiri. Good bye Adsense.

Pelajaran yang dapat diambil: Jangan meremehkan niche sebuah blog, banyak orang menilai berita politik tidak akan menarik, namun jika di sajikan dengan baik ternyata mampu menarik begitu banyak pengunjung. Astaga sampai ratusan juta orang segitu perbulan kalau editblogtema apa gak jadi overload ntar.

2. TMZ
tmz
TMZ







Didirikan: Pada tahun 2005
Pengunjung perbulan: 30.000.000 orang
Penghasilan: Tidak di tampilkan
Tahun 2005 adalah tahun yang bagus untuk blogger Life Style. Dan Blog ini berkutat seputar gossip selebriti, gaya hidup, pokoknya segala hal terkait riuh rendahnya kehidupan manusia. Mereka sukses mengguncang khalayak Amerika dengan berita skandal, photo photo seksi. Ciri khasnya yang juga banyak di tiru oleh blog blog sukses tanah air adalah Judul yang yang memancing rasa ingin tahun pembaca. Contoh: SEUMUR HIDUP ANDA AKAN RUGI JIKA TIDAK MEMBACA INI.

Tentu untuk masa sekarang judul judul buzzer serupa telah menjadi hal biasa namun pada masanya TMZ telah meraih moment ciri ciri khas tersebut lebih duluan.

Pelajaran yang dapat di ambil  bercermin dari kesukesan meraka adalah: Berikan apa saja yang di inginkan oleh orang orang: Mereka ingin mendengar skandal berikan mereka skandal, atau mereka ingin gossip, se*ks dll maka berikan saja. Maka kita akan sukses mendatangkan ratusan juta peminatnya.

3. BUSINESS INSIDER
business insider
business insider








Didirikan: Pada tahun 2009
Pengunjung bulanan: 25.000.000 orang
Penghasilan: Tidak ditampilkan
Saya sering membuka blog yang lebih tepat disebut media online Amerika ini terutama karena dia paling banyak menampilkan berita seputar Singapore yang hanya berjarak 40 menit naik Feri dari Batam.

Blog ini meliput konten konten terkait analisa bisnis, industri dan keuangan. Dia menjadi saingan serius bagi media media besar seperti Forbes dan CNBC. Meskipun belum memiliki jumlah penulis sebanyak para saingannya itu.

Pelajaran yang dapat diambil: Permudah penyajian topik untuk pembaca, begitu pembaca merasa mudah mencerna suatu topik hal tersebut akan menjadi nilai bagi pemasaran blog kita.

4. MASHABLE
Mashable
Mashable






Didirikan: Tahun 2005
Pengunjung unik bulanan:  24.000.000 orang
Penghasilan: US$2.000.000,- (setara dengan 29 Milyar Rupiah perbulan).
Mashable menampilkan berita berita tekno dan medsos. Berita berita dari medsos seperti Facebook dan Twitter telah sukses menaikan trafik pembaca Mashable.

Pelajaran yang dapat kita ambil adalah: Bagaimanapun saluran medsos akan mampu menjadi "amplitude" untuk menaikan trafik pengunjung. Jadi menghindari media sosial seperti FAcebook, Twitter, Instagram dll pada zaman medsos sekarang sudah tidak masuk akal bagi blog kalian.

5. Life Hacker
Lifehacker
Lifehacker








Didirikan :Tahun 2005
Pengunjung unik bulanan: 23.250.0000 orang
Penghasilan: Tidak ditampilkan
Judul blog ini terlihat berani dan penuh percaya diri. Blog ini kemudian banyak menginsipirasi blog atau website lain dengan topik yang hampir sama. Berisi konten konten trik dan tip cara download, cara masak yang beda, hingga cara hidup yang lain.

Pokoknya blog ini memberikan isi yang berbeda daripada umumnya orang kebanyakan jalani dan hadapi namun konten kontennya di butuhkan untuk memecahkan masalah dengan cara beda namun bisa bekerja dengan baik.

Pelajaran yang dapat diambil: Berikan pemecahan yang dibutuhkan orang, maka orang akan selalu datang berkunjung ke halaman blog kita.

Kesimpulan:
Blogger sukses itu pada faktanya memiliki hal hal dibawah ini:

  1. Telah melewati waktu dan di perjuangkan dengan sungguh sungguh dan konsisten. Kebanyakan mereka berasal dari tahun sebelum 2010.
  2. Memiliki konten konten yang bermanfaat, memberikan solusi dan menyediakan apa yang pengunjung inginkan
  3. Memiliki nama semacam "trademark" sehingga para pelaku bisnis bersedia melakukan afiliasi dan memakai jasa halaman webblog tesebut sebagai media yang kredibilitas dan terpercaya.
  4. Tentu saja berasal dari negara yang lebih besar seperti USA lebih memiliki peluang bagus. Namun Globalisasi telah mempersempit batasan itu pada saat sekarang. Sekalipun kaliasn berasal dari negera negara Afrika kalian tetap akan mendapatkan peluang yang bagus.
  5. Memiliki saluran berbagi di medsos seperti Facebook, Twitter, Instagram
  6. Sederhana
  7. Dll
Masih ada beberapa blog yang lahir pada tahun 2005 dan sukses meraup milyaran rupiah setiap bulannya, seperti:
  • TEchCrunch yang sekarang sudah menjadi milik AOL.
  • PerezHilton.
  • Gizmodo, yang ini malah dibuat pada tahun 2002
  • Dan masih banyak lagi.
Semoga bisa menjadi motivasi kita semua untuk maju...


www.editblogtema.net

A coding addict, a hard smoker, love boxing even not a boxer. Love maths even not a scientist

4 comments:

  1. Yang kayak gini selalu bisa memotivasi para blogger untuk terus semangat dalam berkarya.
    Emang blogger lebih terkenal di tahun 2000 an ya mas...
    Semangat💪💪💪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, karena pada waktu itu blogger masih merupakan hal baru

      Delete
  2. sy cuma terlewat 5 tahun dari mereka hehehe

    ReplyDelete
  3. Makasih buaaanyaaaakkkkkk!!!

    Postingan ini, kayak vitamin banget buat para blogger untuk selalu semangat.
    Saya selalu meyakini, tidak ada sesuatu yang sia-sia dari sebuah konsistensi.

    Dan 'sederhana' itu bener-bener PR banget ya :D

    Sederhana, tapi menyediakan solusi bagi pengunjungnya.
    Duhhh PR dan target banget nih :D

    ReplyDelete